Membuka Usaha Pembayaran Tagihan dan Pulsa di Desa

Tinggal di desa itu sangat menyenangkan. Tenang dan bisa lebih membumi. Peluang hidup lebih baik juga tak kalah dengan tinggal di pusat kota. Meski ada ini itu – dan banyak juga jumlahnya – yang tak bisa didapatkan di desa,  tapi diganti dengan yang lainnya. Banyak juga usaha potensial, misalnya usaha pembayaran tagihan dan pulsa. Mau tahu caranya?



Tidak di desa, tidak di kota, transaksi digital pasti terjadi di era disrupsi ini. Apalagi sejak pandemi memang banyak hal yang bisa didapatkan secara online. Semua bisa dibayar secara online.


Mengingat masa sebelumnya

Saya ingat, di masa lalu, sering dimintai tolong oleh tetangga untuk mentransferkan uang, membelikan pulsa, atau membayarkan tagihan. Jadinya kami kenal cukup baik dengan ATM Setor Tunai, karena tidak nyaman menyimpan uang di rumah. 

Saya bisa memahami kesulitan mereka yang sedang minta tolong. Biasanya karena sedang tidak bisa melewati antrian panjang saat membayar tagihan karena suatu uzur. Jadinya ya memakai prinsip tetangga adalah saudara dekat, sesekali kami bantu pembayarannya, karena semua rekening bank saya sudah mobile.



Memang hanya mereka yang dekat saja yang berani meminta tolong. Tapi bayangkan jika tidak ada kesempatan sama sekali, sementara waktu itu sangat sedikit usaha sejenis PPOB yang melayani kebutuhan di atas.

Perlu diketahui bahwa jumlah warga Indonesia yang memiliki rekening bank masih termasuk sangat sedikit. Survei kecil saja, sebelum masa pandemi, pemilik rekening bank di dukuh saya tinggal masih bisa dihitung dengan jari. 

Selingkaran rumah kami 4 ke kanan, kiri, depan dan belakang tak ada yang punya. Masa pandemi membuat mereka jadi punya rekening bank untuk menerima uang dari pemerintah. Sekarang mereka sangat akrab dengan belanja online karena dinilai praktis dan harganya jauh lebih murah. Tinggal bagaimana literasi finansial mereka harus diperbaiki.


Peluang bisnis berbasis PPOB

PPOB atau Payment Point Online Banking adalah layanan khusus untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran menggunakan sistem perbankan. Layanan ini bisa diakses siapa saja sebagai juragan maupun konsumen. Caranya juga sangat mudah dan merupakan salah satu bentuk usaha baru yang bermodal kecil. 

Jenis layanan yang diberikan dalam bentuk PPOB adalah:

  1. Tagihan listrik pasca bayar
  2. Pembelian token listrik prabayar
  3. Pulsa untuk ponsel
  4. Paket internet
  5. Tagihan kartu kredit
  6. Tagihan PDAM
  7. Cicilan kendaraan bermotor
  8. Iuran rutin BPJS Kesehatan
  9. Dan masih banyak lagi.


Mudahnya, kita seakan membuka bank, konter pulsa, konter PLN dan PDAM, dan kantor-kantor lainnya di rumah sendiri. Semua jenis layanan tersebut bisa diberikan pada para tetangga dan masyarakat sekitar. 

Sebelumnya, para tetangga harus datang ke masing-masing instansi terkait untuk membayarkan tagihan-tagihan seperti yang tersebut di atas. Berkat adanya vendor PPOB, semua layanan tersebut dapat dilakukan di satu lokasi, bahkan di satu rumah. Siapa saja bisa mengambil peluang ini bermodal gawai, sinyal internet dan dana saldo secukupnya.


BukaWarung di rumah

Bicara tentang peluang usaha berbasis PPOB, maka BukaWarung pilihannya. BukuWarung adalah platform untuk UMKM yang menyediakan pembukuan dan memfasilitasi pembayaran, layanan finansial dan perdagangan melalui satu aplikasi.



Saat ini sudah ada lebih dari 7 juta orang yang menjadi juragan BukaWarung. Angka yang fantastis, namun jika melihat jumlah warga di Indonesia, akan terlihat betapa potensialnya usaha ini. Apalagi jika melihat sebarannya yang sudah pasti tidak merata. Coba tengok di desa sobat Cakrawala Susindra saja. Apakah sudah ada, dan berapa jumlahnya.

Bisa dilihat kan, bagaimana peluang usaha ini masih sangat terbuka lebar. 

BukaWarung merupakan salah satu jenis aplikasi keuangan yang mudah dan lengkap. Sangat cocok untuk pengembangan usaha, pencatatan keuangan, dan pembayaran digital. Juga cocok digunakan oleh agen pembayaran, agen pulsa atau PPOB untuk jualan pulsa, token listrik, top-up e-wallet, paket data hingga tagihan apapun. Semua layanan ini bisa dilakukan menggunakan HP saja, tak mewajibkan punya personal computer atau laptop.


Mengapa BukaWarung?

BukuWarung membantu juragan semua untuk memiliki laporan usaha yang rapi. Laporan keuangan keluar secara otomatis berdasarkan transaksi. Jadi tak ada lagi masanya mengikat kepala demi konsentrasi saat menghitung laba rugi dan semua transaksi yang pernah terjadi. Fokus saja untuk mendapatkan transaksi sebanyak mungkin demi penghasilan berlipat-lipat.

Pekerjaan akuntansi keuangan usaha seperti catat segala transaksi pemasukan, pengeluaran, utang piutang, stok produk hingga kasir online sudah dibuat oleh sistem dalam BukaWarung, meskipun alat kita hanya berupa HP. Pencatatan keuangan juga menjadi lebih rapi. Bahkan bisa langsung melihat keuntungan penjualan setiap saat.



Menariknya, jenis usaha ini bisa dibuat di rumah sendiri, digabung dengan usaha kelontong, warung makan, kedai minum, tempat kos, rumah belajar, bengkel, agen wisata, toko online, koperasi dan semua jenis usaha yang ada. Kan modal utamanya adalah HP, saldo yang disetorkan dan koneksi internet stabil.

Kita bisa berjualan pulsa, token listrik PLN, top-up e-wallet, paket data hingga bayar tagihan. Semuanya bebas biaya admin dan menyediakan beragam metode pembayaran. Bahkan melalui BukaWarung bisa transfer ke rekening bank apapun secara gratis. Lupakan bea admin Rp6500,- yang kadang nyebelin itu. 

Kalau mau level up alias kelihatan sebagai warung yang professional, bisa mencetak nota juga, lho, seperti tempat usaha bonafid lainnya. Nota ini tersedia secara otomatis, tinggal print saja. 

Kalau mau 100% pakai HP, kirim notanya via WhatsApp saja. Tetep mau yang dicetak? Mudah…. Bisa pakai bluetooth printer. Tergantung berapa modal usaha yang sobat semua siapkan. Makin lengkap makin baik, tapi bisa dicapai secara bertahap. Karena bisnis yang baik itu yang berkembang. Iya, kan?



Bagaimana? Mau segera BukaWarung? Segera Daftar Vendor PPOB saja. Saya ada rekomendasi vendor ppob yang sangat cocok bagi sobat semua, di mana pun berada. 

Berikut yang akan sobat dapatkan jika mendaftar di BukaWarung:

  1. Jenis jualan lengkap, yaitu pulsa, token listrik PLN, top-up e-wallet, paket data hingga bayar tagihan.
  2. Bisa bayar dan tagih antar bank, GRATIS biaya admin!
  3. Terima laporan keuangan otomatis, mulai dari harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan, dalam bentuk PDF atau Microsoft Excel.
  4. Bisa untuk catat utang dan ingatkan pelanggan untuk bayar.
  5. Mengelola stok barang jadi anti ribet karena bisa langsung lihat jumlah stok barang terupdate, atur jumlah, bahkan menambahkan harga jual. 
  6. Bisa catat transaksi lebih dari 1 bisnis, bahkan bisa memisahkan pembukuan usaha dan pribadi.
  7. Bisnis kecil bisa punya nota keren
  8. Seluruh data tersimpan aman, bisa diakses kapan saja dan dimana saja. 
  9. Bisa dipakai di semua jenis bisnis UMKM dan pekerjaan sampingan
  10. Bisa dibuka di mana saja, bahkan di desa atau dukuh kecil. 
  11. Remaja, mahasiswa atau ibu rumah tangga bisa menjalankan usaha ini.

Kalau mau tahu lebih banyak, bisa cari tau di semua akun sosial media BukaWarung: 

Instagram: @bukuwarung_

Facebook: BukuWarung Indonesia

Twitter: @BukuWarung

Youtube: BukuWarung


10 Komentar

  1. Informasi yang sangat bermanfaat bu... sukses selalu untuk tulisannya keren.

    BalasHapus
  2. Nah, bisnis kayak gini memang berpotensi besar karena di desa juga jarang ada yang usaha seperti itu. Ada juga beberapa masalah yang harus dihadapi sih, tapi ide bagus. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  3. Sekarang semua serba mudah ya, Mbak. Mau transfer ataupun melakukan pembayaran lain nggak perlu lama-lama antri, karena sudah banyak toko kelontong yang menyediakan layanan tersebut.

    BalasHapus
  4. Aku meski punya mobile banking, jarang ada yang minta bantuan buat transfer ini itu secara online. Paling sama keluarga sendiri. Kalau orang lain, mereka pergi ke agen. Ada beberapa yang melayani. Soal BukaWarung, kayanya ini cocok buat Kakakku. Dia ada usaha kecil-kecilan di rumahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Mas Indra memang tipe yang mudah menawarkan bantuan. Jadi ya begitulah. Kalau sudah ada usaha gini, ya diarahkan ke sana saja.

      Hapus
  5. Buat para pengusaha khususnya pengusaha UMKM memang butuh pencatatan transaksi maupun keuangan yang baik supaya bisa memprediksi ke arah mana usahanya sebaiknya usahanya dikembangkan ya mbak.
    BukaWarung ini kyknya praktis dan mempermudah pekerjaan pencatatan itu yaa

    BalasHapus
  6. Sisi lain dari pandemi ya Mbak. Masyarakat yang tinggal jauh dari kota mulai harus beradaptasi dengan jenis transaksi online. Di kampung2 sekitarku pun begitu. Mereka mulai kenal transaksi online, minimal rekening dak kartu atm lah untuk kebutuhan menerima bantuan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)