Banyakin Konsumsi Vitamin C di Bulan Juni-Juli!

Matahari bersinar terik, tapi anginnya kencang. Angin yang membawa udara dingin. Sangat tidak nyaman. Tubuh akan berusaha dengan sangat keras untuk tetap sehat. Di saat seperti ini kita wajib banget untuk banyakin konsumsi vitamin C di sepanjang bulan Juni-Juli ini. 


banyakin konsumsi vitamin C di sepanjang bulan Juni-Juli


Entah sudah berapa kali saya mendengar orang mempertanyakan kenapa bulan Juni ini ada banyak hujan. Aneh, katanya. Kebetulan saya punya alergi dingin yang akan kambuh selama bulan Juni-Juli, jadi saya tidak terlalu menganggapnya aneh. Kalau di negeri 4 musim, saat ini adalah musim gugur. Gitu saja menurut saya. Makanya panas dan dingin bergantian.


Bulan banyak wabah

Di bulan seperti Juni-Juli biasanya kebutuhan untuk memperkuat imunitas sangat tinggi. Memang sih, kebutuhan vitamin C bukan hanya di dua bulan berawalan huruf J ini. Pasti ingatlah, kalau bulan Mei-Juni biasanya penyakit mata menyerang... menjadi wabah di mana-mana. Bagaimana bulan yang lain? Coba deh amati sekitar.

Kita tinggal di wilayah tropis yang sangat melenakan. Banyak sekali virus dan sejenisnya yang selalu siap menyerang. Beberapa jadi wabah. Dan suka tidak suka, tuberkulosis menjadi ancaman nyata sepanjang tahun. Kita ni punya rekor terbanyak ketiga di seluruh Indonesia.

Jadi, aslinya setiap saat badan kita dalam kondisi berbahaya karena adanya "penyakit rakyat" yang selalu kembali pada musim-musim tertentu. Bulan Juni-Juli ini yang paling urgen menurut pengalaman saya.

Bulan Juni-Juli ini cukup berat bagi saya. Orang seperti saya akan merasakan kedinginan, namun kulit terasa seperti sangat kering. Influenza memburuk di awal musim, itu sudah pasti. Yang terburuk dan terlama, biasanya. Artikel di Cakrawala Susindra yang dibuat di bulan Juni-Juli tak jauh dari tema "dingin" karena memang sangat mengganggu bagi saya pribadi. Contohnya artikel Hujan di Bulan Juni ini.

Oh ya, ada satu lagi ancaman di dua bulan ini sampai jadi PKMM, yaitu subvarian baru dari Omicron yang disebut BA.4 dan BA.5. Masih bisa menyerang orang yang sudah vaksin 1 dan 2. Ja di, ayok banyakin vitamin C-nya!


Tanda wajib minum Vitamin C

Sebenarnya tubuh kita itu sangat cerdas, lho. Bisa memberi tanda bahwa dirinya kekurangan sesuatu. Kalau pemilik tubuh jeli, pastinya akan tahu.

Ada tanda khas saat tubuh kekurangan vitamin C. Jika tanda ini muncul, sebaiknya segera penuhi kebutuhannya.




Berikut tanda wajib minum vitamin C:

  1. Sistem kekebalan tubuh melemah sehingga mudah sakit
  2. Badan terasa lesu dan mudah lelah
  3. mengalami sakit pada sendi
  4. Gusi mudah berdarah
  5. Mudah terjadi memar
  6. Luka sulit sembuh
  7. Kulit mengalami masalah
  8. Berat badan naik
Tanda nomor 7 dan 8 ini jarang diketahui oleh orang awam, padahal sangat penting. Apalagi bagi perempuan seperti saya, yang berat badannya mudah sekali naik, serta kulit sering lebih kering-kusam dari biasanya. 

Manfaat vitamin C untuk kulit sudah dikenal sejak dulu yaitu sebagai anti-aging yang mencegah kulit cepat keriput serta melindunginya dari kekusaman. Hal ini karena vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan efek buruk lingkungan.

Vitamin C juga bisa mencegah berat badan naik? Iya, benar. Ini bukan mitos. Vitamin C memang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh.

Ada satu pola di masyarakat awam, setelah menjadi ibu, semua yang terbaik diberikan pada anaknya. Tak lagi memperhatikan diri sendiri. Beli susu atau vitamin untuk diri sendiri rasanya berat sekali. Ini menjadi sumber beragam masalah kesehatan. Termasuk 8 tanda defisiensi/kekurangan vitamin C di atas.

Suplemen vitamin C

Ada cukup banyak makanan yang memiliki vitamin C dengan jumlah tinggi. Sebut saja jambu biji, jeruk, dan pepaya. Kebetulan semuanya yang saya sebut itu juga jenis buah lokal. Sangat bagus dikonsumsi oleh anak dan orang dewasa. 

Selain buah, ada juga suplemen vitamin C seperti redoxon yang sangat digemari. Minum suplemen memang lebih digemari masyarakat daripada buah yang entah kenapa selalu mahal harganya. Sangat berbeda dengan di luar negeri yang harga buahnya bisa lebih murah. 



Dengan alasan harga, keefektivan, dan kelengkapan vitamin-mineral, saya jadi lebih sering memilih suplemen vitamin C. Pilihan yang menurut saya lebih ekonomis jadinya.

Iya, lebih ekonomis karena suplemen vitamin C memang diformulasi secara khusus untuk bertahan lama di dalam tubuh. Redoxon misalnya, tahan sampai 24 jam, sehingga cukup minum satu untuk kebutuhan seharian. 

Ada saran yang perlu saya sampaikan saat memilih suplemen vitamin C, yaitu jangan yang memiliki rasa atau sifat asam. Terutama yang punya masalah lambung, saran ini harus diingat benar. 

Saran lainnya adalah yang tidak mengandung pemanis buatan, yang sudah diberi tambahan mineral Zinc, dan yang aman bagi tubuh. Minum vitamin C pada pagi/siang/sore hari. Dan, sebisa mungkin hindari minum pada malam hari menjelang tidur.  

Penutup

Tubuh kita sangat butuh vitamin C. Vitamin C bisa menjaga tubuh selalu sehat dan stamina selalu baik. Tubuh akan mengabarkan pada pemiliknya kapan dirinya mengalami kekurangan vitamin C dalam bentuk beberapa gejala seperti 8 tanda yang saya paparkan di atas.

Apakah tanda-tanda di atas Sobat Cakrawala Susindra rasakan di bulan Juni-Juli ini? Hohoho. Saya yakin mayoritas menjawab iya, karena memang di bulan ini, cuaca dan musim sangat tidak ramah pada tubuh. Jangan tunggu tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Cukupi terus sepanjang waktu karena kita tinggal di negara tropis yang semua bisa berkembang dengan sangat baik, termasuk virus dan bakteri. Mereka ancaman nyata bagi tubuh manusia.




25 Komentar

  1. Bulan ini cuacanya tak menentu memang, apalagi sistem imunitas menurun belum lagi terlalu sibuk dengan pekerjaan. Jadi, penting untuk membentengi diri dengan vitamin C agar tidak terkena virus dan mudah sakit. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. ipehalena.com2 Juli 2022 20.32

    Aku suka banget Redoxon ini. Apalagi ko pake es batu diminum pas siang terik. Rasanya beuh enggak ada lawan.

    BalasHapus
  3. Betul, bulan Juli ini banyak yg sakit flu batuk pilek, termasuk anak saya. Alhamdulillah di rumah tersedia vitamin c

    BalasHapus
  4. stay safe and stay healthy everyone <3

    BalasHapus
  5. Benar banget Kak, tubuh kita memang kita sendiri yang tahu sudah cutup kan asupan yang masuk ke dalam tubuh termasuk proteksi diri dengan vitamin C, redoxon pasti dong pilihannya

    BalasHapus
  6. Iya nih mbak bulan2 cuaca mulai gak jelas, aku juga heran masih sering hujan gede di rumahku. Anak2 juga sempat pilek makanya juga kukasi suplemen. Salah satunya emang vitamin C bagus banget buat menambah imunitas ya mbak. Sekalian banyakin makn buah yang banyak mengandung vitamin C juga :D

    BalasHapus
  7. Iyanih mba, mamah aku sempat sakit 2x biasanya mamah selalu aktif. Mungkin harus aku kasih Redoxon jg biar cukup kebutuhan vitamin c nya ya mba..aku suka Redoxon..smoga semuanya sehat selalu ya mba.

    BalasHapus
  8. Hujan bulan Juni memang aneh karena biasanya bukan Juni itu bulan panas2nya. Tapi di masa sekarang mah ngaco ya jadwal musim hujan dan kemarau kita, memang perlu perkuat vitamin C dan Redoxon bisa diandalkan.

    BalasHapus
  9. Wah bener banget nih. Harus memperbanyak asupan vitamin c untuk menambah imunitas tubuh. Masalahnya akunya angin²an... Ga rutin tiap hari.

    BalasHapus
  10. biasanya bulan Juni Juli tu panasnya lagi aduhai banget tapi beberapa hari lalu di Semarang hujan dueres pwool mbak. ajaib memang ya cuaca akhir2 ni dan memang kita butuh banget asupan vitamin C supaya tetep waras hehehe

    BalasHapus
  11. Aku juga minum Redoxon untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dan zink nya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh..

    BalasHapus
  12. Karena vitamin C itu adalah asam askorbat, jadi kami suka sekali minum suplemen vitamin C redoxon. Apalagi menggunakan air dingin dan diminum saat siang hari lepas beraktivitas di luar rumah. Aahh~
    Segarnyaaa..

    BalasHapus
  13. Ah iya, vitamin C adalah vitamin yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh ya mbak
    Makanya penting banget banyak mengonsumsi vitamin C di saat cuaca nggak stabil seperti di bulan Juni Juli ini

    BalasHapus
  14. Yeaaay, aku juga dari jaman gadis rajin konsumsi redoxon buat nambah daya tahan tubuh. Selain praktis, redoxon ini enak banget dikonsumsi, apalagi kalau pakai air es. aduh segeeerrr

    BalasHapus
  15. Betul banget, di daerahku juga begitu mbak angin kencang tapi suhu udara panas makanya aku sempat drop daya tahan tubuh anbruk. Memang harus rajin komsumsi vitamin.

    BalasHapus
  16. Benwr banget cuaca sekarang lagi panas cetar, bawaannya pengen es mulu kalau dituruti bikin batuk flu.

    Wajib menjaga stamina tubuh apalagi covid masih tinggi dan anak2 sudah full.ptm.

    Redoxon fav akuu jigaa makkk.

    BalasHapus
  17. Meski cuaca saat ini tidak bisa diprediksi lagi tapi mengonsumsi vitamin memang sebuah upaya kita untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh. Vitamin c ini beruntung mudah kita dapatkan ya...

    BalasHapus
  18. Saya nih, gampang bener ngedropnya kalau kelupaan konsumsi vitamin C. Selain itu, tanda-tandanya yaa, gampang kena sariawan. Kalau udah gitu, langsung deh buru-buru beli Redoxon dekat rumah, praktis karena ada kemasan sachetnya juga.

    BalasHapus
  19. wah benar mbak, di Bogor juga anginnya dingin banget dan rasanya seperti menusuk-nusuk tulang, biasanya sih enggak begitu. ternyata emang musimnya yaa. iya nih harus banyakin minum vitamin C yaa. dulu waktu hamil aja saya minum redoxon tapi ternyata emang kudu rutin minum yaa agar kebutuhan vitamin C kita terpenuhi

    BalasHapus
  20. Juni n juli identik pancaroba y mba tiba2 saat panas gk tahun turun hujan lsg deress perlu bngt memang tambahan suplemen vitamin C kyk redoxon ini akupun stock d rumah

    BalasHapus
  21. Cuaca memang kurang bersahabat, perubahannya bisa drastis banget, kalau imun ga kuat bisa sakit, asupan vit C untuk daya tahan tubuh jd penting ya

    BalasHapus
  22. Aku juga sebel nih Mbak Susi, kok rasa-rasanya baru kemarin berobat, kok sekarng belum sembuh-sembuh juga. Tapi udah bosen minum obat juga. Makanya, aku gencar-gencarin aja banyak makanan buah dan termasuk suplemen vitamin juga. Redoxon ini tuh enak karena selain ada vit C juga ada vit D nya. Makanya banyak dicari pas masa wabah kemarin ya

    BalasHapus
  23. Iya sih Mbak, saya mudah lelah dan sendi-sendi agak sakit nih di bulan-bulan ini. Selain karena faktor U, juga karena sedang musimnya ya ternyata. Banyak minum vitamin C solusi tepat, ya :)

    BalasHapus
  24. Apalagi di Bogor, perlu banget vitamin C untuk menguatkan imun tubuh. Kadang hujan gede satu hari, eh besoknya panas seharian. Cuacanya ekstrim banget, jadi memang perlu asupan ekstra buat tubuh.

    BalasHapus
  25. noted nih, yang penting kalau minum vitamin C jangan menjelang tidur yak... aku kadang mlam hari malah minum.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)