Ingin Membeli Asuransi Astra? Kenali Dulu Manfaat dan Jenis-jenisnya

Asuransi merupakan perjanjian atau pertanggungan antara tertanggung dengan perusahaan asuransi. pengambil asuransi disebut tertanggung. Sebagai tertanggung, kita berkewajiban membayar premi atau iuran. Sebagai imbal balik, perusahaan asuransi memiliki kewajiban memberikan jaminan penuh terhadap tertanggung apabila terjadi sesuatu yang mengakibatkan kerugian sesuai dengan perjanjian atau polis yang telah dibuat. 

Itu kurang lebih penjelasan seputar asuransi yang perlu diketahui semua sobat Cakrawala Susindra.

ketahui manfaat dan jenis asuransi sebelum beli-susindra


Meskipun kata asuransi sering didengar, tapi kenyataannya, masih banyak masyarakat yang belum memahami apa itu asuransi dan apa saja manfaat yang bisa mereka rasakan. Padahal asuransi sangat penting karena memberikan perlindungan sesuai dengan jenis asuransi yang digunakan.

Masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa asuransi tidak penting, padahal pemikiran itu jelas-jelas salah besar. Tahu nggak, kalau setiap produk asuransi memiliki banyak manfaat. Agar tidak ragu saat akan membeli asuransi, mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:


Manfaat Asuransi Secara Umum

Asuransi merupakan produk keuangan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap berbagai resiko yang mungkin terjadi tiba-tiba. Berikut adalah manfaat asuransi secara umum yang wajib diketahui oleh calon nasabah baru:


1. Memberikan Perlindungan dan Keamanan

Memiliki asuransi akan membuat hidup lebih aman karena tertanggung terlindungi dari kemungkinan resiko kerugian finansial yang ada. Karena Pihak perusahaan asuransi melindungi objek yang diasuransikan oleh nasabahnya.


2. Sebagai Tabungan serta Investasi

Asuransi juga bisa menjadi tabungan hari tua atau investasi loh? Apabila nasabah mendaftar asuransi, maka pada akhir kontrak bisa memperoleh jaminan pengembalian investasi. Tidak hanya itu, karena perusahaan asuransi menawarkan fleksibilitas dalam memilih jangka pertanggungan. Jadi, jangan hanya punya deposito saja, pastikan punya asuransi juga.


3. Memberikan Ketenangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa asuransi adalah produk keuangan yang menawarkan perlindungan terhadap resiko-resiko yang bisa saja terjadi dikemudian hari. Tentu saja jika sudah memiliki perlindungan maka akan menimbulkan rasa aman dan tenang karena tidak lagi khawatir jika suatu saat mengalami hal tak terduga sesuai dengan polis asuransi yang dibeli.


4. Mengatur Keuangan Yang Lebih Baik

Membeli asuransi berarti harus membayar premi secara rutin setiap bulannya, nah ini secara tidak langsung telah mengajarkan nasabah untuk mengelola keuangan sehingga bisa mengatur keuangan lebih baik lagi. Tidak hanya itu, asuransi bisa menjadi tabungan di masa depan, karena apabila nasabah mengalami kerugian atas risiko yang dijamin oleh polis asuransi, maka dapat meringankan biaya yang dikeluarkan atas kerugian tersebut.


5. Meminimalisir kerugian

Manfaat asuransi yang terakhir adalah membantu meringankan biaya kerugian atas risiko yang terjadi. Apabila nasabah mengalami hal yang tak terduga dan mengakibatkan kerugian seperti harus membayar biaya perawatan rumah sakit, mama biaya tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.




Kenali Manfaat Asuransi Astra Berdasarkan Fungsinya

Setelah mengetahui manfaat asuransi secara umum, pastinya calon nasabah juga ingin tahu manfaat asuransi berdasarkan fungsinya. Apalagi bagi nasabah yang ingin membeli asuransi astra, pastikan akan mencari informasi terkait manfaat asuransi ini. Berikut penjelasan jenis-jenis asuransi astra beserta manfaatnya:


1. Asuransi Kendaraan Garda Oto

Apabila ingin memberikan perlindungan terhadap kendaraan kesayangan, asuransi Garda Oto bisa menjadi pilihan. Garda Oto adalah salah satu produk asuransi astra yang dikhususkan untuk perlindungan terhadap kendaraan.

Asuransi kendaraan Garda Oto memberikan perlindungan atas resiko yang terjadi akibat kecelakaan pada kendaraan, kehilangan atas pencurian dan huru-hara. Jaminan yang diberikan ialah biaya perbaikan kendaraan, biaya medis yang disebabkan kecelakaan dan biaya ganti rugi kehilangan kendaraan.

2. Asuransi Kesehatan Garda Medika dan Garda Health

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan atas biaya pengobatan rumah sakit. Jadi, ketika sakit, pemilik asuransi kesehatan akan lebih tenang karena biaya yang dikeluarkan untuk perawatan rumah sakit ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang disepakati.

Dari namanya saja,  pasti calon nasabah sudah tahu bahwa manfaat asuransi kesehatan Garda Medika dan Garda Health berfungsi untuk melindungi diri dari resiko-resiko yang mungkin terjadi akibat menurunnya kesehatan.



Asuransi Astra Garda Medika adalah asuransi yang melindungi kesehatan orang pribadi dan karyawannya. Astra Garda Medika menawarkan layanan asuransi kesehatan karyawan di perusahaan dengan perlindungan yang lengkap mulai dari basic product hingga additional product. Sedangkan asuransi Astra Garda Health merupakan asuransi perorangan dengan perlindungan kesehatan rawat jalan.


3. Asuransi Properti Astra

Tidak hanya kendaraan dan kesehatan saja yang perlu di asuransikan, namun properti kesayangan juga wajib memiliki asuransi.

Asuransi property mencangkup asuransi rumah, gedung, gudang, pabrik dan bangunan-bangunan lainnya yang membutuhkan proteksi. Dengan memiliki asuransi property maka properti seperti rumah akan terlindungi dari kerugian kebakaran, kerusakan akibat bencana alam dan huru-hara.

Apabila rumah mengalami hal tak terduga seperti kebakaran, maka tertanggung akan mendapatkan biaya ganti rugi perbaikan bahkan rumah tinggal sementara.

Asuransi property astra Garda Home memberikan perlindungan terhadap resiko kebakaran, bencana alam, ledakan, tersambar petir, kejatuhan pesawat dan masih banyak lagi.


4. Asuransi Perjalanan Garda Trip

Bagi orang-orang yang memiliki hobi traveling atau yang sering melakukan perjalanan bisnis, asuransi perjalanan sangat diperlukan. Asuransi ini berfungsi untuk melindungi tertanggung dari resiko kehilangan dokumen saat di perjalanan, bagasi rusak, pembatalan keberangkatan, sakit, dan biaya pemulangan jenazah.



5. Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me

Asuransi astra juga menyediakan produk asuransi kecelakaan diri atau Garda Me yang memberikan perlindungan utama seperti santunan catat sementara, cacat permanen hingga meninggal dunia akibat dari kecelakaan.

Dengan asuransi ini, tertanggung dijamin atas santunan rawat inap di rumah sakit, tunjangan kehilangan pendapatan, santunan meninggal dunia dan cacat tetap keseluruhan hingga biaya pemakaman.

Nah itulah informasi seputar manfaat asuransi astra sekaligus jenis-jenisnya. Jangan ragu untuk membeli produk asuransi yang dibutuhkan karena setiap asuransi memiliki banyak manfaat.

 


2 Komentar

  1. Asuransi sekarang udah jadi sarapan sampai di mana-mana banyak yang bahas ini, apalagi belakangan ini sangat penting untuk keberlangsungan hidup. Rasanya untuk menjamin diri dan lainnya diperlukan ini, ternyata banyak juga jenisnya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Kebetulan aku lagi nyari travel insurance Krn mau ke US Dec ini. Ternyata Astra ada juga ya mba. Nanti aku mau cek deh, berapa preminya buat yg mengcover komplit. Apalagi utk perjalanan di saat pandemi gini, wajib sih hrs bisa cover COVID juga. Amit2 kalo kena di sana.

    Ada temen yg ngomel2 ttg asuransi. Katanya penipuan, ga bener, hasilnya malah LBH kecil dr premi yg disetor dll.

    Kadang aku bingung, pengen aku tanyain, pas dulu TTD kontrak asuransi, NGERTI GA SIH yg dijelasin Ama si agen?? TAU GA benefit apa aja yg didapat?? Dan kebanyakan itu pada ga tau.

    Oke bisa jadi agennya nakal, ga mau jelasin, tapi sebagai calon pembeli, ya kita inisiatif nanya lah. Kalo memang ga ngerti, ya jangan beli. Tapi mau tetep punya, gimana dong? Ya ajak saudara/temen/ spouse atau siapapun yg kita percaya, dan mengerti ttg produk itu. Itu udah ketentuan umum di bidang keuangan. Krn aku dulu kerja di perbankan 13 THN, JD harus paham ttg produk2 keuangan ini.

    Jadi jgn cuma LGS nuduh ini asuransinya penipu lah bla blaa... Aku mah bukan agen. Tapi aku pakai asuransi. So far aku punya asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan , dan selalu beli asuransi perjalanan tiap traveling. Krn buatku asuransi itu bikin tenang. Setidaknya kalo kenapa2, ga pusing mikirin biaya 😁

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)