Fight Break Sphere versi Donghua

Fight Break Sphere, Battle Through Heaven atau Laga Memecah Langit. Ketiga judul di atas merujuk pada satu kisah tentang pemuda tangguh dari Benua Energi Tempur. Kisahnya bisa dinikmati dalam bentuk novel, manhua (komik) dan donghua (anime). Oh hampir lupa, ada versi drama/film yang diperankan oleh manusia. Kalau tidak salah istilahnya live action. 

Fight Break Sphere versi Donghua


Saya menonton versi donghua dan live action. Kurang suka baca manhua atau bisa jadi karena belum pernah baca saja. Anak dan suami saya sudah mendahului membacanya. Kadang dengan usil menyarankan ganti judul saja karena bakalan selesai sampai punya cucu. Saya nyengir saja. Anaknya saja masih betah tidak punya pacar kok sudah mikirin cucu. 

Seharusnya mudah saja meminta tautan untuk baca. Tapi saya enggan mengingat dulu waktu masih muda sampai jadi ibu muda, suka baca manga. Samurai X adalah salah satu yang saya suka baca kalau sedang mudik, karena adik-adik ipar punya seri lengkapnya. 3 saudari yang sama-sama suka kisah petualangan Kenshin dan beberapa judul lainnya. Saya kebagian nunut baca kalau ke sana. Sobat Susindra suka baca komik atau nonton anime juga? Sedang menonton apa?


Ketika terpaut pada donghua

Ada sebuah drama anime Cina yang bagus dan season 5-nya hampir selesai. Hanya kurang 3 episode saja. Salah satu donghua yang sangat bagus dan layak diikuti. Banyak yang setia mulai dari penayangan awal, yaitu awal tahun 2017 sampai sekarang. Sudah 6 tahun saja, dan tetap seru. Hahahaha. 

Namanya suka mau bagaimana lagi, ya kan.

Memang agak membuat orang yang tak pernah terlibat dalam keseruan menantikan seri terbaru donghua akan langsung berkata, "Hah??? Sejak 2017? Kapan tamatnya??"

Fight Break Sphere xiao yan


Saya bisa jawab perkiraan saja, masih bertahun-tahun lagi. Membuat serial anime yang sangat bagus memang butuh waktu yang sangat banyak. Setiap minggu para penggemar donghua hanya bisa puas dengan menonton 17-20 menit saja. Terbayang, kan, kenapa lama? 

Dan penonton setianya teramat sangat banyak. Salah satunya saya. Setidaknya saat ini saya sedang menonton beberapa donghua, yaitu:

  1. Fight Break Sphere/Battle Through Heaven/Laga Memecah Langit
  2. Perfect World

Yang sudah tamat season terakhir dan masih menunggu update-nya:
  1. Soul Land /Dunia Roh
  2. Jade Dinasty
  3. Twin Cities


Saya bukan penyuka anime atau donghua. Atau setidaknya bisa dimasukkan ke penyuka yang sangat pilih-pilih. Biasanya berdasar rekomendasi setelah tanya ke anak mbarep atau suami yang keduanya termasuk update. Bisa dilihat pilihan saya termasuk setipe.

Di antara semua judul di atas, hanya Fight Break Sphere yang menurut mereka tidak rekomended untuk ditonton sekarang, karena tamatnya mungkin masih 5-6-7 tahun lagi, bahkan lebih. Dari 1000 halaman baru sampai 300 halaman. Jadi baru 1/3 ceritanya. Itu kata mereka tahun lalu. Tapi saya telanjur jatuh cinta pada ceritanya dan malas cari versi fiksinya.


Sinopsis Fight Break Sphere

Di sebuah semesta bernama Benua Energi Tempur, ada seorang pemuda jenius yang terpuruk. Pada usia 11 tahun ia mencapai level sembilan akhir. Dia yang pertama dan satu-satunya. Namun levelnya terus turun bahkan menjadi level 3 tingkat rendah. Butuh level 10 tingkat tinggi untuk bisa masuk menjadi Petarung - tingkat energi tempur terendah dan boleh belajar di akademi. 



Dari anak yang digadang-gadang sebagai jenius dan putra mahkota klan Xiao, menjadi anak yang disepelekan di mana-mana. Bahkan tunangannya merasa malu dan memutuskannya. Hal ini merupakan penghinaan paling besar bagi keluarga. Bahkan meskipun membawa kompensasi yang sangat tinggi. 

Sangat menggiurkan, yaitu 3 pil untuk menambah kekuatan dan merekomendasikan Xiao Yan masuk ke Sekte Yunlan bersamanya. Yunlan adalah murid utama di sana. 

Xiao Yan menolak dan meminta waktu 3 tahun untuk membalas penghinaan tersebut. Ia akan mengalahkan Nalan Yanran. Dengan gegabah Nalan mengatakan ia akan menjadi budak bagi Xiao Yan jika kalah. 

Dengan kondisi Xiao Yan sekarang ini, ia bagaikan semut melawan gajah. Bahkan mereka yang lemah bisa menindasnya, di semesta yang sangat mengandalkan kekuatan energi tempur. Padahal ia adalah calon pewaris Kepala Keluarga XIAO yang dahulunya adalah kekuatan besar di Benua Energi Tempur. 

Tapi Xiao Yan beruntung karena punya keteguhan hati dan kekuatan jiwa. Juga punya sifat kepahlawanan yang lama-lama terlihat serta diakui. Ia juga dicintai oleh seorang gadis yang menjadi bunga istimewa di semesta yang satu ini. Namanya Xiao Xuner. Nama aslinya Gu Xun Er. 



Xiao Xun Er berasal dari klan Gu, keluarga tua seperti Xiao juga. Ia dititipkan agar bisa menjalani hidup yang lebih santai dan bebas intrik keluarga. Ia adalah calon pewaris seperti Xiao Yan, namun kepala klan Gu adalah kakeknya, sehingga kekuatan ayahnya belum kuat. Berbeda dengan Xiao Yan yang anak dari kepala klan. 

Fyi, meski anak ketiga namun dua kakak laki-laki Xiao Yan sudah lama mematuhi perintah ayahnya, bahwa kelangsungan klan ada di tangan Xiao Yan. Melihat kejeniusan Xiao Yan di usia muda, tak ada yang menolak hal ini.

Xiao Yan terpuruk dari anak idaman menjadi beban. Ternyata energinya dicuri oleh Yao Lao alias You Chen, ahli obat nomor satu di benua. Setelah dibunuh muridnya, Yao Lao berhasil memasukkan arwahnya ke dalam cincin hitam yang dipakai oleh Xiao Yan. 

Ia yang menjadi penyebab menurunnya kekuatan Xiao Yan, karena semua energi diserap olehnya. Yao Lao dan Xiao Yan menjadi guru-murid, mereka berkelana di dunia untuk melatih Xiao Yan agar menjadi orang yang kuat dan bisa mengalahkan Nalan Yanran. Dalam perjalanan itu, Xiao Yan dibantu ular unyu bernama Piton Penelan Langit yang merupakan wujud Ratu Medusa dari klan Ular. 



Itulah pokok cerita dari Fight Break Sphere season 1 sampai 3. Season 4 full pertarungan Xiao Yan dan Nalan Yanran beserta kekuatan Sekte Yunlan. Setelah mengalahkan Nalan Yanran, Xiao Yan belajar di Akademi Jiannan untuk menjadi lebih hebat. Itulah inti dari Fight Break Sphere season 5 yang sebentar lagi tamat. 

Banyak muncul tokoh-tokoh baru di akademi dan di luar akademi yang kelak akan meramaikan jagat tempur di Benua Energi Tempur. Sekelompok pemuda dengan kualitas terbaik untuk menyelamatkan dunia dari teror Sekte Darah yang menjadi musuh utama mereka nantinya. 




Mungkin yang paling menarik selain misteri Xiao Xun Er yang terbuka, juga karena hadirnya Ratu Medusa di antara mereka. Ratu ular yang sangat terkenal keji namun terpaksa takluk pada Xiao Yan karena wujudnya berupa ular imut yang sayang pada Xiao Yan. 

Kemunculan Medusa sudah sejak season tiga, namun di season 5 ini ia sering muncul dalam bentuk love and hate relatiionship dengan Xiao Yan. Ia tak boleh jatuh cinta tapi hatinya sudah tertambat. Sedikit bocoran yang aslinya juga bukan spoiler karena sudah jadi rahasia umum, nantinya Ratu Medusa  jadi istri pertama Xiao Yan, Xiao Xun Er jadi istri kedua. 


Review Fight Break Sphere 

Untuk yang belum tahu, Fight Break Sphere merupakan versi asli dari drama serial dengan judul sama yang dimainkan oleh Leo Wu, Li Qin, Lin Yun, Xiao Yan, Xin Zhilei, Baron Chen dan lain-lain, yang di WeTV diberi judul Laga Memecah Langit. Versi asli yang dibuat anime-nya. Karena kalau bicara asli yang asli, maka harus merujuk pada novel berjudul Doupo Cangqiong [artinya Fight Break Sphere] karya Tiancan Tudou. 

1. Kenapa Xiao Yan disebut jenius?

Pada usia 4 tahun energi tempurnya sudah aktif dan pada usia 10 tahun, level energinya sudah mencapai 9 akhir dari 10. Pada usia 11 tahun, energinya sudah 10 penuh. Namun setelah itu energi tempurnya terus turun bahkan pada usia 14 tahun energi tempurnya tinggal tingkat 3 awal. 



Tingginya level Xiao Yan kecil juga merupakan bahaya baginya, karena capaiannya itu termasuk terbaik di seluruh benua. Demi keamanan, keluarga Xiao yang merupakan keluarga tua, memutuskan keluar dari wilayah utama Kerajaan Gama. Mereka mengasingkan diri ke Kota Wutan yang kecil di perbatasan. Pada dasarnya memang kekuatan keluarga tua ini sudah terus menerus melemah. Xiao Yan adalah harapan terakhir mereka untuk kembali bangkit sehingga mereka menyingkir jauh dari pusat kekuasaan.

2. Keluarga tua/pendiri benua

Bisa dibayangkan bagaimana awal mula Xioa Yan ditunangkan dengan Nalan Yanran, kan? Keduanya adalah jenius dari keluarga tua yang pernah menjadi pendukung penguasa di Benua Tempur. Jadi bukan lagi bicara pada scope kerajaan (Gama dan lainnya) tapi seluruh dunia dalam semesta yang ini. Sedahyat itu kekuatan mereka, yang lahir dari keluarga yang sudah merosot kekuatannya. 

Bicara kekuatan keluarga, Xiao Xuner juga jeniur dan juga dari keluarga tua yang setara dengan keluarga Xiao Yan. Marga mereka sama karena Xiao Xuner memang dititipkan ke keluarga Xiao dan diminta ganti marga juga. Kekuatan keluarga Xuner masih sangat besar sehingga bisa menginjak keluarga Xiao. 

Dalam kondisi demikian kok Xuner dititipkan ke keluarga Xiao bahkan harus ganti marga juga? Belum dibahas sampai episode 5 ini, namun ini berkaitan dengan sebuah token yang dibagi dalam beberapa keluarga tua yang ikut berjuang mendirikan Benua Energi Tempur. 


3. Pembagian season Fight Break Sphere 

Season kelima ini merupakan season terbaik yang sangat sulit untuk ditangguhkan waktu menontonnya. Saya malas ke mana-mana pada jam 9 pagi di hari Minggu demi menonton episode terbarunya. 




Saya bisa katakan, season ini adalah yang terbaik. Oh iya, sebelum penjelasan yang lebih panjang, saya mau memberitahu dulu kalau tak seperti Soul Land yang 263 episode lanjut terus padahal bisa dibagi dalam subjudul, Fight Break Sphere dibagi dalam beberapa season dan beberapa spin off.
  1. Fight Break Sphere season 1 (12 episode)
  2. Fight Break Sphere season 2 (12 episode)
  3. Fight Break Sphere season 3 (12 episode)
  4. Fight Break Sphere season 4 (24 episode)
  5. Fight Break Sphere spesial: Fate (2 season)
  6. Fight Break Sphere spesial: Three Years of Pledge (13 episode)
  7. Fight Break Sphere spesial: Song of the Dessert 92 episode)
  8. Fight Break Sphere season 5 (52 episode)

Itu urutannya kalau mau nonton....

4. Benua Energi Tempur itu apa?

Di Benua Energi Tempur, orang-orang melatih energi tempur untuk mencapai puncak. Semua kehidupan mereka terikat pada kemampuan ini, karena kekuatan adalah segalanya. Yang kuat bisa menindas yang lemah jika mau. 
Energi tempur ada 10 tingkat, yaitu:
  1. Petarung
  2. Petarung Atas
  3. Master Tempur
  4. Spiritual Tempur
  5. Raja Tempur
  6. Kaisar Tempur
  7. Sekte Tempur
  8. Dewa Tempur
  9. Petarung Suci
  10. Petarung Langit

Fight Break Sphere menceritakan perjalanan Xiao Yan menjadi petarung dan terus naik menjadi Petarung Langit. Level tertinggi yang pernah ada.
Tak mudah untuk naik peringkat. Dari Petarung menjadi Petarung Atas memang tak seberapa sulit, yang penting energi sudah mencapai 10, bisa dikembangkan. Mulai master tempur ke atas, kenaikannya semakin lama semakin lambat. 




Level tertinggi yang ditemui Xiao Yan adalah Sekte Tempur, itu pun hanya 4 orang. Kecepatan Xiao Yan menerobos level baru membuat banyak orang iri, bahkan para tetua di akademi merasa telah menyia-nyiakan usia mereka; karena pada usia 20 tahun level Xiao Yan sudah sama bahkan lebih tinggi dari gurunya.

5. Sekte Tempur

Fight Break Sphere season 5 merupakan yang terbaru dan sebentar lagi tamat. Tak ada bocoran akan ada season 6. Duh lah, sampai sini saya jadi agak hopeless. Padahal yang keenam ini akan jadi terbaik, yaitu pertarungan sengit antara kebaikan dan kejahatan; antara kelompok Xiao Yan yang datang untuk membalas dendam dengan Sekte Yunlan yang sudah menjadi boneka dari Sekte Darah. 

Sekte Darah adalah musuh utama seluruh dunia. Didirikan oleh lawan yang pernah disegel oleh 5 keluarga utama bersama Dewa Tempur, ratusan tahun lalu. Meski pendiri mereka masih tersegel dan hanya bisa dibuka dengan token dari keluarga-keluarga utama, namun sekte mereka tetap ada dan perlahan-lahan menjadi kuat sehingga tak mudah diberantas meskipun seluruh pejuang di benua melawannya.

Weits, malah jadi review Fight Break Sphere season 6. Wkwkwk. maaf, cuma intro saja.

Sekte darah sudah muncul sejak season 3, meski cuma sebentar untuk penguatan cerita. Sekte darah berhasil membujuk ketua lama dari Sekte Yunlan untuk menjadi sekutu. Imbalannya kalau tak salah adalah untuk menerobos penghalang memasuki level Sekte Tempur. Level yang tertinggi yang bisa dicapai saat itu, padahal masih tingkat ke-7. Lihat pembagian di atas lagi kalau lupa.

Bisa dibayangkan betapa susahnya mencapai sekte tempur. Di season 5 ini 2 guru di Akademi Jiannan adalah sekte tempur. Akademi ini punya rahasia yaitu api pelik bernama Api Hati Gugur. 

Api ini berwujud monster ular dan punya kesadaran spiritual, tersegel di dalam menara pelatihan. Hanya dengan resonansinya bisa membuat energi terolah dengan sangat cepat dan kenaikan level menjadi sangat-sangat cepat. Tak heran jika ada 2 sekte tempur di akademi. 

Medusa juga akhirnya mencapai sekte tempur ketika tertelan dalam perut api pelik bersama Xiao Yan, sehingga menjadi yang keempat yang mucul dalam 7 season yang sudah digarap.

Nah, nah, nah, semoga paham ya saat saya menjelaskan tentang sekte tempur (dengan huruf kecil) itu beda dengan Sekte Yunlan dan Sekte Darah. Juga Sekte Xiao yang lahir di season 5 ini.

6. Fight Break Sphere season 5

Kenapa saya suka Fight Break Sphere tak lain karena penggarapannya sangat apik dan ada ceritanya. Ibaratnya seperti menonton film/drama seri yang bisa dinikmati dan dilogika ceritanya. 

Ceritanya juga sangat bagus, tentang perjuangan seorang anak muda untuk menjadi pahlawan yang semakin lama semakin kuat, seiring dengan waktu. 

Meski di season sebelumnya ia sudah menjadi yang terkuat namun setiap season memang lawannya akan memaksa dia untuk menjadi semakin kuat. Agar bisa melindungi mereka yang tertindas di semesta yang mengandalkan kekuatan.

Subjudul untuk Fight Break Sphere season 5 adalah Akademi Jiannan. Di sini Xiao Yan belajar untuk meningkatkan kekuatannya. Ia juga harus belajar untuk menjadi murid di sebuah akademi, yang juga mengizinkan persaingan sengit antar murid. 

Menurut aturan sekolah ini, persaingan antar murid bagus untuk memaksa mereka mendapatkan kekuatan setinggi yang mereka mampu. Bahkan sekolah juga membuat tingkatan yang bisa diperebutkan para siswa.

Di sini Xiao Yan menjadi ketua geng sekolah, memperjuangkan level 10 besar petarung, memberangus Liga Hitam dari luar akademi yang meresahkan, membangun kekuatan dari puing-puing kehancuran Liga Hitam dan mengumpulkan pasukan untuk menyerang Sekte Yunlan dari Kerajaan Gama. Wilayah Hitam yang misterius dan menjadi lahan pembunuhan menjadi lebih tenang karena adanya Sekte Xiao.

Fight Break Sphere season lima berjumlah 52 episode. Tayang perdana pada tangal 31 Juli 2022 dan akan berakhir 3 minggu lagi. Rata-rata durasinya hanya 24 menit saja. 

Seperti season lainnya, donghua ini diproduksi oleh Tencent Penguin Pictures dengan menggandeng China Literature Limited dan Wanda Media. Motion Magic didaulat sebagai pembuatnya. Bagi yang belum tahu, Motion Magic merupakan perusahaan digital creative terkemuka di Cina yang berdiri sejak 2 Maret 2005 dengan spesialisasi digital content dan CG service providers. Beberapa kreasi mereka selain Fight Break Sphere adalah Da Zhu Hai (The Grand Lord, The Great Ruler), Yuan ZUn (Dragon Prince Yuan), Qian Qiu/Shanhe Jian Xin (Thousand Autumns),  dan Wu Dong (Martial Universe).

Wu Dong mungkin pernah dengar karena ada versi dramanya, dan diperankan oleh Yang Yang. 

26 Komentar

  1. Belum pernah lihat animasi Cina seperti ini, soal cerita kerajaan memang drama Cina pemenangnya. Selalu bagus dan menarik bisa saja membuat cerita se-kompleks ini. Menarik juga Fight Break Sphere ini, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Saya melihat gambar-gambarnya malah jadi keingetan game. Saya lagi suka baca komik. Setelah sekian tahun berhenti baca komik.

    BalasHapus
  3. Sama mba aku juga suka samurai x juga hihihi 😂. Cuma manga atau animasi cina gitu, aku ga pernah nonton. Cuma suami aku suka animasi cina. Soalnya dia suka manga juga 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suamimu ngobrol sama suamiku, cocok ni Mbak.

      Hapus
  4. Aku nyimak aja ya mbak, walau bingung dengan nama-nama yang disebutkan, baik pada judul, tokoh, maupun tempat-tempat. Sepertinya memang harus ada minat ke sana dulu biar nyambung hihi. Tapi aku bisa merasa kalau Mbak Susi sangat menyukai donghua yang diceritakan. Mungkin anak cewek dan cowokku yang paham.

    BalasHapus
  5. wah ini sepertinya hal yang disukai sama anak remaja pria karena aku rada perlu waktu untuk memahaminya

    BalasHapus
  6. Donghua ini seperti mewakili berbagai game tempur online ya mbak. Ada level kekuatan, ntar bisa naik lagi kekuatannya kalau udah dapet sesuatu di games tersebut. Jangan-jangan game online itu mengambil ide dari donghua sejenis ini yaaa...
    Keren ya itu bikin outfit untuk tokoh2nya. Suka dengan gaun putih yang dipakai si cewek di ilustrasi di atas. Trus lengannya yang langsing dibalut dengan kain putih, cantik bangeeett... Jadi iseng liat lenganku sendiri, lalu pingsaaann...

    BalasHapus
  7. Lihat anime gini nih gemes sih, karena karakter mereka tuh pasti cantik dan pada cakep-cakep kalau kataku. Dulu aku senang banget sama anime tapi sekarang gak terlalu, ponakanku ada yang suka anime sampai dia niat belajar gambar anime juga. Selain itu juga suka datang ke acara-acara anime

    BalasHapus
  8. Sebenarnya saya juga suka banget cerita fantasi, apalagi pemerannya kliatan ganteng dan cantik haha.. meski nggak real, tapi kadang banyak pelajaran hidup yang bisa diambil.

    BalasHapus
  9. Drama Cina banyak yang sedang naik daun. Cuma yang gak tahan nontonnya dalah serinya yang berpuluh jilid. Saya baru saja selesai dengan Till the End of the Moon sbanyak 40 jilid. Duh rasanya gak sabaran. Nah apa lagi yang senang donghua, terus sudah nonton sejak tahun 2017...Kalau Bayi, mungkin sejak mejret ke dunia, terus sekarang mau masuk SD tapi yang nonton belum beranjak dari seri kesayangannya ya wkwkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah episode memang banyak, tapi durasi 30an menit dan rata-rata tamat dalam 4 minggu

      Hapus
  10. Banyak banget season dan episodenya mbak aku teemasuk yg ga sanggup ngikuti klo kebanyakan padahal ceritanya seru ya kayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibandingkan donghua lain yang ratusan episode tanpa dibagi per season, lebih enak gini Mbak.

      Hapus
  11. waaah mba.. aku ngga ngeh awalnya tapi ternyata ini drama yang diinspirasi oleh game ya mba. 52 seri lumayan panjang juga yaa

    BalasHapus
  12. Benaran Mba aku gak paham nih bahas apaan yah. Hahahaha tapi pas dipelanpelankan bacanya jadi ngerti dikit , anak aku nih suka animasi bakalan langsung paham dia kalo bahas ini

    BalasHapus
  13. Jadi ini adalah karakter manhwa gitu kah Mba? Saya sukanya animasi dulu tuh kaya samurai x, ini versi Jepang kalau yang China belum pernah nonton sih.

    BalasHapus
  14. wah lama juga ya, mbak ini live actionnya sudah 5 tahun gitu harus beneran sabar ini penontonnya. untung animasi yaa jadi nggak perlu takut pemainnya ganti atau ketuaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi love action season 2 sebentar lagi tayang Mbak.

      Hapus
  15. Kok keren banget sih mbak bisa bikin reviewnha gini,otomatis kan mbak juga hafal semua sekte dan silsilah tempurnya. Sepertinya kisah ini kaya kolosal gitu ya, hihihi

    BalasHapus
  16. Kalau nontonnya berseason-season, mohon maaf nih. Kayanya aku pas dulu. Belum pengalaman juga nonton donghua. Kapan hari lihat yang King's Avatar, tapi terjemahannya Bahasa Inggris. Jadi ya aku mundur, hehehe

    BalasHapus
  17. Keren banget, kak Susi.
    Aku selalu penasaran dengan donghua, karena pastinya ada penikmatnya tersendiri. Buktinya ada sampai season 5. Dan keseruan demi keseruan sampai levelling petarungnya ini bikin greget. Etapi kalau diremake jadi drama, wah.. kebayang banyaknya efek CGI yaa..

    BalasHapus
  18. Wih karakter animasinya bagus mbak. Gak nyangka eui bikinan Cina. Ternyata mereka bis ajuga membuat animasi yang menyaingi Jepang ya. Walau genrenya nih kyknya lebih cocok buat suamiku hehe, aku kurang begitu suka kisah pertarungan2 begitu. Tapi aku tetep suka gimana alur dan penokohannya dari reviewnya mbak hehe TFS

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Jujurly aku kaget... Kupikir ini sejenis game dengan alurnya yang kayak Final Fantasy 😂😂😂😂

    Tapi terus seketika aku google dan search YouTube terus nonton trailer-nya. Oalaaaah ini anime ya dan scenenya wadidaw.. banyak yang seksi dan "mengundang" ..Tadinya mau rekomendasiin ke bang Dio eh jadi takut 😓😭😰😦

    BalasHapus
  21. Masyaallah, cara Mak Susi menjelaskan tentang drama ini sangat lengkap, kebayang kalau saya nonton berseri-seri gitu. Tidak tahan nontonnya, lamaa...tapi ini surga sih buat yg suka anime sih.

    BalasHapus
  22. Pas baca tamatnya antara 5,,6, atau 7 tahun lagi aku auto mikir mending baca manganya aja kali ya.. hihi.. tp alurnya menarik jg mba.. kalo aku suka jg sih nonton anime yg panjang. Tp mentok di naruto. One piece aja gak ngikutin aku..wkwk

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)