Melek Informasi dengan IDN App

Ada kalanya saya merasa heran, mengapa sekarang waktu berlalu dengan sangat cepat. Lebih heran lagi jika semua kegiatan seharian ditulis, jumlahnya bisa empat puluhan. Sesibuk itu kehidupan zaman sekarang. Seperti inilah dunia kita sekarang ini. Dunia menjadi semakin melebar dalam ruang dan waktu dengan aktivitas yang berjejalan saling mendesak. 



Di antara kegiatan harian itu, ada kegiatan berupa baca tulis. Upaya-upaya untuk tetap melek informasi. Sulit menghitung berapa banyak informasi yang saya baca/dengar/tonton dalam sehari. Kalau mencatat tempat mengakses informasi, saya bisa katakan IDN App salah satunya.

Melek informasi menjadi sebuah kebutuhan di masa ini karena berbanding lurus dengan kesempatan. Terutama kesempatan mendapatkan cuan. Tak melulu cuan, sih, untuk pergaulan juga sangat penting. Kadang jadi kepo kan dengan topik hangat di status Facebook teman dan jadi ingin tahu, kaaan? Yang biasa googling, coba deh pakai aplikasi baca berita yang saya sebutkan di atas.


Melek informasi itu wajib

Dulu muncul istilah FOMO. alias fear of missing out. Sekitar sepuluh tahun lalu, istilah ini sempat viral dan dianggap semacam penyakit mental. Bisa jadi karena sesuatu yang relatif baru, sehingga diwaspadai dan dikotakkan sebagai sesuatu yang tidak baik.

Adalah Dr. Andrew K. Przybylski yang memunculkan istilah FOMO pada tahun 2013. Menurutnya, FOMO adalah sindrom yang membuat orang yakin bahwa setiap momen berharga tidak boleh dilewatkan. Momennya atau momen orang lain, sama penting. Dengan keyakinan ini, ia bisa menjadi cemas ketinggalan tren, cemas jika belum membagikan momen yang dimiliki, dan kecemasan yang lainnya. Perasaan seperti ini dulunya dianggap mengancam kewarasan seseorang.



Tapi lihat sekarang ini, semua yang dulunya memicu kecemasan sudah menjadi hal wajar. Melek informasi menjadi sebuah kebutuhan. Kemunculan platform-platform baru serta aplikasi edit foto/video menjadi sangat menyenangkan. Semua orang bisa membuat konten dan dibagikan. Banjir informasi di mana-mana.

Uniknya, bahkan ketika mengalami banjir informasi pun, orang zaman sekarang tak lagi merasa heran. Berkali-kali mengalami tsunami informasi membuat orang zaman sekarang menjadi kebal. 

Saya tidak tahu apakah saat ini FOMO masih berdampak signifikan pada mental seseorang, di saat literasi digital terutama literasi media semakin menyebar. Yang saya sadari adalah, FOMO sudah menjadi milik berjamaah yang muncul sesekali namun jarang berdampak buruk. Semua orang merasa penting untuk tahu informasi berita hari ini sebanyak-banyaknya. IDN App salah satu yang hadir untuk menjembatani keinginan dan kebutuhan melek informasi ini.

Baca berita sudah menjadi kebiasaan. Bukan lagi di saat senggang, bahkan di saat DL menekan. Internet memungkin kan setiap orang  untuk membaca berita di mana saja, dari mana saja, kapan saja, bahkan sambil sedang melakukan apa saja. Sudah jadi pemandangan wajar melihat seseorang makan atau minum sambil membaca berita dari HP. 


IDN App, apa Itu?

Dulu orang menganggap tsunami informasi menakutkan. Sekarang, setiap hari ada jutaan informasi penting atau tidak penting yang dapat diakses melalui ponsel pintar. Bahkan yang tidak suka membaca tetap bisa menonton video pendek sebanyak-banyaknya secara random dengan menggerakkan jari ke atas.



Tak bisa diingkari bahwa literasi di Indonesia memang masih rendah, namun soal akses informasi dan jumlah informasi yang terakses.... jangan ditanya banyaknya. Mereka yang enggan membaca bisa menonton video berisi informasi. IDN App salah satu penyedia informasi saat ini, yang bisa setiap saat secara gratis. Tak perlu biaya berlangganan. Bahkan memberi kesempatan pada konten kreator untuk berkreasi memproduksi informasi. 

IDN App ini adalah sebuah aplikasi yang bisa Anda unduh di Google Play Store dan App store. Salah satu rekomendasi terbaik saat ini, karena memungkinkan untuk membaca maupun menonton berita Indonesia dalam satu aplikasi. Bahkan ada aplikasi live streaming dan website live streaming. Siapapun bisa menjadi streamer dan membagikan informasi. Aplikasi ini diciptakan sebagai ruang bagi milenial dan gen Z Indonesia untuk berkreasi dan menemukan pembaca/penontonnya.

IDN Media adalah perusahaan platform media yang didirikan pada tanggal 8 Juni 2014 di Surabaya. Kantor pusatnya di Jakarta. Pasti kenal dengan dua 2 bersaudara Utomo, penciptanya. Yang belum tahu, mereka adalah Winston Utomo dan William Utomo. IDN App lahir sebagai tempat membaca dan mendapatkan informasi terbaru. Mereka yang tidak punya aplikasinya bisa mengakses langsung dari komputer. Bisa mengakses siaran langsung seperti di aplikasi juga, sehingga bisa disebut sebagai website live streaming.


Yang paling menarik adalah, semuanya bisa didapatkan secara gratis. Tidak perlu membayar sepeser pun. Serba gratis 
dan cepat. Kecepatan informasi sampai ke pembaca, bahkan bisa dikatakan real time merupakan nilai plus dari aplikasi berita ini. Masih ada lagi lainnya. Saya bagi dalam bentuk daftar saja agar lebih mudah dipahami. Kecepatan menerima dan memahami informasi sangat penting sekarang ini.


11 fitur terkerennya IDN App

Setelah jelajah IDN App saya mengamati ada banyak sekali keistimewaannya. Ada banyak fitur-fitur keren yang memanjakan penggunanya. Ada fitur-fitur keren yang bisa dimanfaatkan bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan. Berikut ini keistimewaan yang akan didapatkan dari aplikasi ini: 


1. Gratis

Kalau bisa gratis mengapa bayar? Ini salah satu nilai plus aplikasi baca IDN App. Tak perlu merogoh kocek untuk mengakses berita. IDN App dibuat untuk semua kalangan terutama gen Z yang sangat menghargai uang di satu sisi namun juga punya seribu alasan untuk mengeluarkan uang. 

IDN App selamanya gratis, namun tetap menjadi tempat yang sangat penting untuk mengakses informasi terbaru dan informasi terlengkap.


2. Informasi terlengkap dan terkini

Kejadian di suatu tempat bisa diketahui dengan cepat di media berita seperti IDN App. Banyak pengguna yang dengan senang hati membagikan peristiwa yang ia lihat pada saat itu sehingga banyak berita yang real time. Saat ini HP selalu siap merekam kejadian. Bahkan banyak pula yang memakainya untuk mencari berita. Mereka inilah para warrior yang membuat IDN App selalu punya informasi terlengkap dan terkini.




3. Akurasi berita

Akurasi berita menyangkut ketepatan informasi, dan kebenaran berita. Hal ini sangat penting agar tak ada keraguan pengguna lainnya. IDN bertekad menjadi sumber berita yang bisa diandalkan sehingga mementingkan akurasi berita. IDN App diharapkan menjadi sebuah platform yang bisa membagikan pengetahuan dan juga informasi terkini dan terpercaya. 

Untuk mendapatkan akurasi berita yang tinggi, IDN punya tim khusus yang melakukan pengecekan. Tulisan yang masuk baru akan tayang setelah lolos pengecekan ini.


4. Sumber cuan

Sebagai situs berita terkini, IDN App juga merupakan tempat yang sangat seru untuk berbagi berita. Tempat favorit banyak konten kreator kondang membagikan informasi setiap hari. Semua orang bisa menulis artikel melalui fitur tulis artikel. Artikel yang dianggap layak akan ditayangkan oleh pihak IDN App dan penulisnya akan mendapatkan sejumlah poin yang bisa ditukarkan dalam bentuk uang tunai.

Tak hanya tulisan. Live Streamer juga bisa mendapatkan cuan. Bahkan ada yang lebih mudah lagi yaitu melalui kode refferal yang dipakai calon pengguna baru. 


5. Tampilannya simpel

IDN punya tampilan newsfeed yang sederhana. Pembaca tidak perlu klik sana-sini saat membutuhkan informasi tertentu. Orang yang malas dengan teknik media mainstream yang membagi satu artikel dalam beberapa laman akan merasa nyaman membaca di sini. Tak perlu mengklik next page berkali-kali dan tidak perlu harus berhati-hati menyenggol iklan. 


6. Bisa dipersonalisasi topiknya sesuai keinginan

Mudah mengakses berita, cepat, terpercaya dan sesuai minat merupakan hal yang sangat penting. Kita bisa memilih topik yang diminati. Tinggal piilih saja topik berita yang diminati.

Personalisasi semacam ini sangat membantu dalam menyaring berita menjadi lebih sesuai dengan keminatan. Bisa dengan cepat menemukan berita yang diinginkan. Misalnya mencari berita tentang lifestyle, kesehatan, teknologi, hiburan, olahraga, perjalanan, dan masih banyak lagi.


7. Fitur scroll 

Selain personalisasi berdasarkan topik yang diminati, fitur scroll juga menjadikan pembaca di IDN App lebih cepat dalam menemukan berita yang diinginkan. Fitur ini memudahkan para pembaca dalam menemukan berita terbaru atau informasi yang diinginkan.


8. Fitur Tanya Jawab

Ada pertanyaan dan butuh jawaban yang lebih akurat? Di IDN App ada fitur Tanya Jawab. Cobalah menulis sebuah pertanyaan dan sering cek jawabannya. Fitur ini dari dulu sangat diminati namun sedikit aplikasi baca yang menyediakannya. Generasi X dan Y pasti ingat masa-masa kejayaan beberapa situs lama semacam mailing list yang sangat digemari namun sudah tidak ada lagi seperti Ayah Bunda misalnya. 


9. Mode Malam otomatis

Membaca berita bisa melenakan sampai lupa waktu. Kadang-kadang hal demikian terjadi pada saya saat sedang mencari bahan tulisan. Fitur mode malam pada IDN App membuat mata tetap nyaman dan bisa di-setting otomatis. 




10. Cari event dan aneka promo di Explore

Fitur Explore sangat cocok untuk pengguna yang butuh informasi tentang suatu event yang sedang dan akan berlangsung. Di situ juga ada promo dan hadiah yang bisa diambil. 

Untuk yang suka nonton film gratis, coba deh fitur ini dan temukan keistimewaannya. Eksplor saja terus. Jelajahi IDN App untuk menemukan permata istimewanya.


11. IDN Live

Fitur terakhir yang sangat unik adalah IDN Live. Fitur favoritnya para pengguna. Rasanya seperti sedang menonton TV secara langsung karena ada fitur live streaming yang dibawakan oleh para streamer. Tidak hanya menonton saja, karena interaksi juga bisa dijalin melalui kolom komentar. Banyak peminat fitur ini karena penonton bisa mengirimkan hadiah kepada streamer


Meski didesain untuk kaum milenial namun aplikasi ini tetaplah sangat menarik bagi generasi-generasi lama seperti saya. Sebuah aplikasi yang sangat penting dalam mematahkan rekor literasi rendah yang disandang negeri kita. 

Salah satu alasan saya menulis sepanjang ini memang agar makin banyak orang yang mengenal tentang aplikasi baca ini sehingga kebiasaan melek informasi bisa menular ke mana-mana. Sesuatu yang bagus bisa cepat menular kalau didukung dengan kualitas aplikasi, yang dalam hal ini sudah nyata bagus kualitasnya. 

20 Komentar

  1. Di zaman sekarang memang penting untuk mengetahui update informasi mengingat perkembangan media sosial yang semakin pesat. Pas banget ini IDN app yang jadi andalann buat mencari berita sekarang ada aplikasinya Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Aku sering buka IDN App cuma buat nonton gratis di Trueid dan liat streamingnya popmama. Hehe

    BalasHapus
  3. Kalau kata daku sih, ini aplikasi serba bisa serba ada, hehe. Karena buat baca berita asik, plusnya buat berkreasi dengan live streaming pun asik juga

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang tidak bisa berpaling dari informasi. Hanya kita harus bijak dan pintar mencari portal berita sumber informasi yg terpercaya. Supaya tidak jadi bumerang bagi kita. Seperti di IDN ini saya betah dan selalu mendapatkan informasi akurat. Aplikasi serba bisa serba ada. Lengkap

    BalasHapus
  5. Aku juga melek informasi setelah download app IDN. Banyak informasi berita, isinya lengkap mengerti kebutuhan pembaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga usah ke mana-mana ya Mbak, cukup 1 tempat saja.

      Hapus
  6. "Internet memungkin kan setiap orang untuk membaca berita di mana saja, dari mana saja, kapan saja, bahkan sambil sedang melakukan apa saja. Sudah jadi pemandangan wajar melihat seseorang makan atau minum sambil membaca berita dari HP. "

    Suka banget dengan statement di atas karena memang nyatanya begitu. Teknologi internet sekarang sudah menjadi kebutuhan primer. Banyak sudut kehidupan banyak dan aktivitas bergantung pada aplikasi on-line. IDN kemudian menjadi salah satu dari bagian ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah Mbak. Saya cukup sering melakukannya meski kadang diwarning diri sendiri kalau makan sambil baca itu kebiasaan yang tidak benar

      Hapus
  7. Sekarang udah nggak ada alasan kurang update ya Mba, apalagi ini IDN app beneran lengkap banget dan aksesnya pun mudah..

    BalasHapus
  8. IDN App sangat bermanfaat buat saya
    Karena penting banget konten kreator untuk update berita
    Sementara kini sulit sekali membaca surat kabar cetak
    dan pastinya lebih mahal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama banget aku pakai IDN App. Dulunya aku suka nulis artikel di sana juga lho hehehe.

      Hapus
  9. Wah aku kirra IDN berbayar lho ternyata free yaaa, aku suka yang free2 hahaha apalagi yang lengkap menyajikan berita terkini sekaligus hiburan seperti IDN ini. Terima kasih infonya mbak Susi :D

    BalasHapus
  10. Internet memang informasi yang diterima bisa jadi banyak banget. Makanya penting bagi kita untuk memilah informasi dengan bijak. Kalau baca di IDN sih asik, ya. Karena gak ada hoax.

    BalasHapus
  11. Aku suka yang gratis, ehehhe..
    Karena kini sudah terbiasa dengan media digital, maka IDN langsung jadi tempat mencari sumber informasi terpercaya dan suka juga dengan bahasa yang digunakan. Gak kaku dan cocok dibaca gen alpha, anak digital masa kini.

    BalasHapus
  12. Kalau dimanfaatkan dengan baik, internet tuh memiliki banyak kegunaan. Seperti aplikasi IDN ini yang selalu memberikan informasi aktual dengan gaya bahasa yang cocok untuk anak muda

    BalasHapus
  13. Aku suka aplikasi iidn, banyak manfaat...cara penyampaiannya nggak kaku or terlalu formal

    BalasHapus
  14. setuju mbak, jaman serba teknologi seperti sekarang rasanya wajib banget buat kita-kita selalu melek informasi untuk tahu mana informasi yang kredibel dan dapat dipercaya biar gak kemakan hoax

    BalasHapus
  15. Pasar IDN memang dari awal menarget milenial dan gen Z, langsung sat set cepat diterima dan tersohor. Terakhir kemarin lihat IDN wawancara artis2 Korea juga di platform videonya. Keren. Aku juga suka baca dan share.

    BalasHapus
  16. Kaget banget pas instal aplikasi IDN ini, soalnya begitu login ada banyak fitur di dalamnya dan juga uptodate pula. Jadi dijamin ga bakal ketinggalan informasi deh,

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)