Kumpulkan Dana Menikah Bersama Pasangan lewat Reksadana Saham

Melalui investasi Reksadana Saham (Equity Funds), kita bisa mencapai berbagai jenis target finansial dalam hidup. Bahkan termasuk target finansial untuk menikah bersama pasangan. Namun tentunya hal ini tidaklah mudah untuk dicapai sesuai rencana. 

apa-itu-investasi-itu-reksadana-dan-saham


Anda memerlukan strategi yang tepat agar kebutuhan dana untuk menikah bisa tercukupi dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan berusaha mengumpulkan kebutuhan dana tersebut bersama pasangan melalui investasi. 


Keuntungan Mempersiapkan Dana Menikah lewat Reksadana Saham

Investasi bisa menjadi sebuah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempersiapkan dana pernikahan bersama pasangan. Pilihan instrumennya pun beragam dan investasi di Reksadana Saham mungkin bisa menjadi jawaban terbaik. 

Instrumen ini akan membantu Anda dan pasangan mencapai target finansial sesuai rencana. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati jika mempersiapkan kebutuhan dana menikah melalui instrumen tersebut:


Potensi Return-nya Relatif Tinggi

Keuntungan pertama adalah adanya potensi return yang cukup tinggi dari investasi ini. Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu apa itu Reksadana Saham agar Anda bisa mengetahui potensi profitnya. 

Instrumen ini bisa memberikan potensi return sampai lebih dari 20% per tahun. Namun tentunya Anda harus berhati-hati dalam berinvestasi dan tidak hanya mengacu pada nilai profit yang besar. 

Dalam berinvestasi, profit yang besar akan selalu diikuti dengan risiko yang juga besar. Selain itu Anda juga harus mengarahkan investasi ke perusahaan dengan kapitalisasi yang besar demi mencapai profit sesuai harapan. 



Cocok untuk Investasi Jangka Panjang

Jenis investasi ini juga dinilai cocok untuk investasi berjangka panjang. Jika Anda ingin mempersiapkan dana pernikahan sedini mungkin bersama pasangan, maka instrumen ini bisa diandalkan. 

Mulailah menginvestasikan dana di instrumen ini dengan hitungan jangka waktu lebih dari 5 tahun agar bisa mencapai target. Tentunya ini akan membuat beban Anda dan pasangan terasa jauh lebih ringan dalam mempersiapkan dana menikah. 


Pencairan Dana Cukup Mudah

Keuntungan lain yang bisa Anda rasakan adalah adanya kemudahan dalam mencairkan dana investasi. Jenis instrumen ini terbilang fleksibel dan dananya mudah untuk dicairkan kapan saja. 

Tentunya proses pencairan dana ini sangat bergantung pada platform investasi yang Anda gunakan. Paling tidak Anda bisa mencairkan dana selambat-lambatnya dalam waktu 7 hari kerja. 


Bebas dari Beban Pajak

Profit dari investasi ini dapat Anda terima secara utuh, tidak perlu dipotong oleh pajak. Hal ini disebabkan oleh instrumen tersebut bukan merupakan objek pajak sehingga nilai profit yang diterima bisa lebih optimal. 

Tentunya ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk mencapai tujuan tertentu. Anda hanya perlu membayar fee Manajer Investasi dan tidak harus memotong biaya pajak. 




Tips Mengoptimalkan Profit

Pada dasarnya setiap jenis instrumen investasi memang butuh strategi yang tepat. Apalagi jika Anda ingin mencapai nilai profit yang optimal. Begitupun dengan instrumen investasi yang satu ini. 

Anda dan pasangan tentu sudah memiliki target kebutuhan dana menikah dengan nominal tertentu, bukan? Berikut adalah beberapa tips mengoptimalkan profit dari investasi Reksadana Saham menurut Kompas:


Lakukan Investasi Berjangka Panjang

Sebaiknya lakukan investasi di instrumen ini untuk periode jangka panjang. Anda dan pasangan bisa memulai investasi sedini mungkin agar dapat mengambil investasi jangka panjang di atas 5 tahun. 

Instrumen ini memang lebih cocok dipakai sebagai investasi jangka panjang. Nilai profitnya bisa lebih optimal jika Anda memilih strategi tersebut. Jadi jangan terburu-buru dan mulailah sedini mungkin bersama pasangan!


Investasikan Dana secara Konsisten

Pastikan Anda dan pasangan melakukan investasi dana secara konsisten. Ini sangat penting untuk dilakukan karena nilai profit yang akan Anda terima dipengaruhi oleh konsistensi tersebut. 

Lakukan penyetoran dana secara berkala dan belilah produk investasi ini secara konsisten. Anda bersama pasangan bisa membuat jadwal agar investasi ini berjalan secara rutin dan target terpenuhi dengan baik. 


Pilih Produk dan Perusahaan yang Tepat

Tentunya sangat penting bagi Anda dan pasangan untuk memilih produk yang tepat. Jenis instrumen ini memang menawarkan potensi return yang besar, namun hal tersebut sangat dipengaruhi oleh produk dan perusahaan yang dipilih. 

Lakukan pertimbangan yang matang agar pilihan produk investasinya tepat dan bisa memberi profit tinggi. Anda bisa melirik perusahaan-perusahaan berkapitalisasi besar dalam hal ini. 


gambar uang rupiah

Fokuslah pada Target yang Ingin Dicapai

Selanjutnya Anda juga harus fokus pada target yang ingin dicapai. Penting sekali untuk menentukan target investasi dan selalu mengingatnya. Jika kondisi performa investasi turun, Anda tidak akan mudah goyah. 

Saat fokus pada target, maka Anda akan berusaha untuk sampai ke sana apapun caranya. Anda tidak mudah menjual investasi hanya karena tren dan tidak menarik dana sebelum target tercapai. 


Mulai Investasi untuk Kebutuhan Dana Menikah 

Lakukan investasi sedini mungkin demi mencapai target bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Di sini Anda bersama pasangan bisa mempersiapkan kebutuhan dana menikah secara matang dan aman. 

Dana investasi akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah profesional. Selain itu Anda juga akan mendapatkan kemudahan transaksi baik jual, beli, switching melalui Aplikasi digibank by DBS. 

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tunggu apa lagi? Persiapkan dana pernikahan Anda bersama pasangan melalui Reksadana Saham di DBS Treasures. Segera klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap.


7 Komentar

  1. Kalo nikahnya dalam jangka waktu dekat reksadana pasar uang lebih oke sih. Lebih low risk

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu loh, kalau reksadana saham bebas pajak. Tabungan aja ada pajaknya. Cus aaaah...pelajari lagi reksadana saham. Jangka panjang bisa nih untuk dana pensiun

    BalasHapus
  3. Investasi jaman now yang terhitung aman ya reksadana ini. Selain bebas pajak, perputaran profitnya juga lumayan dan cepat. Gak salah kalau dipakai buat ngumpulin dana pernikahan hehe

    BalasHapus
  4. Saya ngumpulin uang pensiun dg reksadana saham. Return-nya memang cukup tinggi tp tetep harus waspada dg risiko yg tinggi juga.

    BalasHapus
  5. Saya memilih reksadana untuk tabungan jangka panjang karena memang terbukti lebih baik dibandingkan deposito

    BalasHapus
  6. Kalau sudah ada rencana atau keinginan menikah memang baiknya segera dihitung biayanya dan disiapkan dengan matang. Reksadana saham bisa jadi salah satu instrumen untuk membantu kita mencapai financial goals ^^

    BalasHapus
  7. Belum punya pengalaman investasi reksadana saham, ternyata investasi jenis ini bagus juga ya buat yang punya rencana jangka panjang, termasuk dana buat menikah karena bebas pajak dan perputaran profitnya juga terbilang cukup cepat.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)