Binbin Anak Ajaib? Masa, sih?

Banyak orang yang mengatakan Binbin anak ajaib karena bisa nyetel VCD & komputer sendiri, dan membuat para tamu atau kerabat berdecak kagum.
Tapi menurutku itu hal biasa karena aku terbiasa dan membiasakannya seperti itu.
Tidak pernah kupungkiri bahwa Binbin memang anak yang mandiri. Dia tidak pernah mau makan disuapi kecuali jika Destin meminta disuapi. Dia akan pergi tidur sendiri jika mengantuk, kemudian menyetel VCD kesayangannya, Teletubbies, Thomas atau Diego.
Dia hanya membutuhkan bantuanku untuk membuatkan susu karena letak air yang sengaja aku design tinggi agar dia tidak bisa menuang air sendiri. Lepas dari itu, dia akan leyeh2 di depan TV sampai akhirnya tertidur pulas ditemani film kesayangannya.
Bagaimana dengan komputer? Sejak dulu aku menganggap komputer sebagai barang biasa sehingga anak-anak boleh memakai kapanpun tanpa takut rusak. Memang, tak jarang Destin atau Binbin membuang suatu program karena salah pencet, dan kemudian kami install kembali.
Mungkin karena itulah sejak usia 18 bulan Binbin sudah biasa di depan komputer. Dan hebatnya, kami tak perlu repot-repot menerangkan fungsi klik kanan-kiri pada mouse atau fungsi keyboard karena Binbin biasa menemani kakaknya di depan komputer. Dan pada usia 2 tahun, Binbin sudah dapat kami lepas (dengan sedikit pengawasan, tentu) karena dia telah paham cara menghidupkan komputer, membuka menu game kesukaannya serta mematikan komputer setelah selesai bermain. Dia bisa mengubah-ubah setting game pada option karena terbiasa ingin tahu. Juga tahu cara bermain karena terbiasa melihat kakaknya bermain game di komputer.
"Kok kami tega?" tanya seorang kerabat. Tega bagaimana? Tanyaku kebingungan. Setelah dijelaskan tentang kemungkinan tersetrum, baru aku paham dasar kata "tega" itu. Hmm... mendesign rumah yang aman dan nyaman bagi anak memang bukan hal mudah. Tapi bukan tidak mungkin, kan?
Untuk TV, aku selalu default ke VCD. jadi Destin/Binbin hanya perlu memencet tombol power TV & VCD. Semua akan jalan sendiri. Untuk replay pun mereka sudah tahu yang mana. Lalu bahayanya dimana, ya? Tentu bukan karena mencolokkan kabel, karena kami tak pernah mencopot kabel TV agar lebih mudah. Semua instalasi kabelpun kami tata agar tak terlihat anak-anak. Begitu pun Komputer. Semua secara default kami buat ready to use.
Jadi gimana, nih? Tertarik dengan resep anak ajaib ala Binbin?
Share:

5 comments:

  1. iya mbak aku juga ga pernah mencabut kabel powernya. Jadi Pascal bisa stel DVD sendiri kaya binbin

    ReplyDelete
  2. wah wah...dari kecil dah diajarin kraetif yach Binbin....

    ReplyDelete
  3. sama, aku juga ga pernah lepasin kabel power jd anak langsung bs nyalain komp ato dvd.

    ReplyDelete
  4. tertarik Mba... hehehe...
    tapi emang anak2 cepet belajar yah...
    vania jg udah bisa stel laptop sndiri :-D
    tapi dia cerewet, krn nggak punya kakak/adik jd selalu minta dimatin main :-D
    makasih Mba sharingnya

    ReplyDelete
  5. waahhh hebattt... anak2 Mbak Susi mandiri, salut nih buat Mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra