Indonesia ke 67 tahun

17 Agustus 2012. Banyak kata yang ingin saya rangkai untuk negeri tercinta ini.

Indonesia sudah merdeka selama 67 tahun. Usia yang seharusnya menandakan bahwa Negara tercinta kita sudah mapan dan dewasa. Benarkah?


Tinggal di Jepara, sebuah kota kecil di batas paling Utara pulau Jawa yang relatif tenang dan mapan. Kota ini sangat minim gejolak meski kesenjangan ekonomi sangat terasa. Kaya dan miskin membaur atau membuat komunitas sendiri-sendiri. Saya sudah setengah meyakininya sampai kemudian melihat berita di TV. Aiih.. ternyata jauh sekali dari berita. Di semua stasiun TV berlomba-lomba membuka aib negaranya sendiri. Baik yang nyata ada maupun yang didramatisir, bahkan ada yang dipaksa ada. Wajah bangsaku dicoret-coret negarawannya sendiri. Hiks… saya sedih. 

5 hari lalu, berita di tv mengatakan harga daging ayam Rp 28.000/kg dan 2 hari kemudian saya membeli dengan harga yang sama di pasar Ratu Jepara. Kok sama? 28 ribu? Dan keesokan harinya saya membeli ayam dengan harga Rp 25.500/kg di pasar terminal Jepara. Hoho.. tentu saja. Banyak pedagang yang menyesuaikan dengan harga di tv dan saat ini sudah ada yang menjual Rp 30.000,-/kg. Luar biasa ya bagaimana sebuah berita bisa membuat inflasi besar. Ini hanya ayam, masih banyak kebutuhan pokok yang menyesuaikan dengan berita. Lah kok malah membahas berita dan harga sembako sih? Saya ibu rumah tangga biasa yang kebetulan juga menjadi bloggerwati, jadi wajar saja. ..#maksaa… 

Meski banyak citra buruk, tetapi saya bangga menjadi WNI. Ya! Saya bangga. Negara yang sebenarnya terlalu luas untuk kualitas SDM negarawannya ini mempunyai banyak sekali kelebihan dibanding negara lain. Negara ini sangat berkarakter dan menjunjung tinggi budayanya. Indonesia juga kaya akan SDA dan SDM yang bermutu tinggi. Ratusan juta penduduknya menggantungkan pada kesuburan tanah dan melimpahnya air. Meski ribuan koruptor menggerogoti Indonesia, namun krisis ekonomi masih jauh dari negeri ini.

7 pencapaian Indonesia secara umum:

  1. Pemberantasan korupsi yang semakin komprehensif. …#keep your good work, Indonesia! Kamu bisa!
  2. Hutan berbasis rakyat yang mengubah hak pengelolaan hutan masyarakat menjad 35 tahun dan telah memfasilitasi 23 ribu hektar berbasis masyarakat (CBFM)
  3. Reformasi pemilu yang semakin terbuka dan dapat diakses semua warga Indonesia. Meski banyak kekurangan di sana-sini, tetapi cukup membanggakan.
  4. Desentralisasi dengan pengembangan otonomi daerah sehingga banyak ekonomi tidak lagi tersentral di kota besar  dan ibukota.
  5. Hak Asasi Manusia di Indonesia semakin ditegakkan
  6. Adaptasi terhadap perubahan iklim sehingga peristiwa seperti tsunami Aceh atau bencana lain lebih baik penanganannya. Juga stimulasi-stimuasi di daerah rawan memberi banyak pengetahuan sehingga korban/calon korban lebih tahu.
  7. Kemajuan MDGs yang cukup signifikan.
10 pencapaian membanggakan Indonesia di dunia internasional

  1. Batik semakin mendunia dan banyak dipakai di seluruh dunia. Tercatat  Ann Dunham (istri Barrack Obama), Ratu Elizabeth II, Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Netherland, bahkan Bill Clinton. Masih banyak lagi negarawan maupun designer dunia yang membuat batik semakin mendunia.
  2. Bunga asli Indonesia dijadikan bunga nasional di Korea Utara. Bunga jenis dendrobium dari Makassar menarik hati presiden Kim Il Sung dan dijadikan bunga nasional di Korut merupakan bukti eratnya hubugan Indonesia-Korut di masa itu. Bunga yang kemudian diberi nama Kimilsungia oleh pak Karno ini dibawa ke Korea Utara sejak bulan April 1965
  3. Tas bagteria. Nama yang awalnya sebagai humor serta harapan bahwa produk mereka akan mewabah di seluruh dunia ini didaftarkan merek dagangnya di Indonesia oleh wanita keturunan Indonesia, Nancy, dibawah paying hokum PT Metamorfosa Abadi. Dan harapan mereka tercapai dengan system waralaba di seluruh dunia.
  4. Bahan baku asli Indonesia menjadi bahan baku di rand-brand internasional. Tenun asal Indonesia telah digunakan brand-brand besar seperti Gucci, Christian Dior, dan Burberry. Kain-kain asli Indonesia ini dipakai sebagai mahakarya dan tampil di runway designer Internasional di ilan, Paris dan London.
  5. Gamelan menjadi kurikulum sekolah di New Zealand, Singapura dan Amerika. Gamelan telah menjadi mata kuliah tetap di New Zealand School of Music sejak tahun 1975. Di Amerika, gamelan sudah terkenal di universitas-universitas unggulan. Di negeri adidaya inilah festival gamelan dunia pertama kali dikenalkan. Gamelan telah menjadi mata pelajaran wajib di berbagai sekolah dasar. Di Jepang, gamelan sudah menjadi media ajar di berbagai universitas, seperti Tokyo University of Fine Art and Music dengan grup gamelannya yang bernama Kyai Lambang Sari, di Kuntachi College of Music (Gamelan Sekar Jepun), Dharma Budaya Osaka University, Hyogo University, Tokyo Osaka-Tohogakuen (semuanya college of music).
  6. Seragam anti infrared NATO diproduksi di Indonesia. Seragam tempur, seragam anti infrared, jaket, cover all, rompi, tenda sepatu dan lain-lain diproduksi di Indonesia oleh PT Sritex. Bayangkan jika seragam ini dipakai tentara Indonesia juga. Hmm.. dengan prestasi kopasus sebagai salah satu tentara terbaik dunia…. #ngayal. Harga rata-ratanya $150 - $300. Diskon 70% ya…. Haghag.
  7. Kualitas knalpot Indonesia diakui brand mobil dunia. Purbalingga Jateng terkenal dengan industry knlapotnya. Tercatat brand Mercedez Benz yang memesan sejak tahun 2004 dengan harga 2 juta/unit. Dan mobil Mercy menggunakan knalpot dari Purbalingga untuk seri mobil terbarunya.
  8. Teknologi Airbridge berasal dari Indonesia. Airbridge atau Aircraft Passenger Boarding Bridge atau tangga belalai menuju pintu pesawat pertama kali diciptakan PT Bukaka Teknik Utama di Ujung Pandang dan sekarang berpusat di Cileungsi Bogor.
  9. Mobil asli Indonesia menjadi mobil terpopuler di Uni Emirat Arab. Mobil Toyota Kijang Innove yang 100% asli Indonesia serta diproduksi di Indonesia menjadi mobil terpopuler dan banyak dipakai di Negara Uni Emirat Arab. Mobil Daihatsu Terrios juga populer di Dubai. Indonesia telah dijadikan basis produksi industry otomotif oleh Jepang. Insinyur dan tenaga ahli otomotif Indonesia telah diakui memiliki skill yang mumpuni.
  10. Penghasil kapal mewah. Kapal Star 50 yang terkenal mewah serta ekslusif adalah hasil rancang bangun putra-putri Indonesia. Kapal berbobot mati 50.000 ton dan termasuk kapal termewah ini memakai 35-45% bahan berkualitas tinggi asal Indonesia serta dibangun PT PAL di Indonesia. Ternyata, Indonesia telah mengekspor 9 kapal kelas DSBC (double skin Bulk Carrier); Hongkong 4 unit, Jerman 2 unit, Turki 2 unit, dan Singapura 1 unit.
Masih banyak karya asli Indonesia yang mendunia seperti brand perlengkapan pecinta alam, sepatu, dll. Coba gali lagi prestasi Indonesia, pasti ada ribuan. Sepatutnyalah kita bangga. Jangan asyik berkutat pada keburukan Indonesia yang didengungkan di berita. Saya bangga Indonesia. Kamu?

DIRGAHAYU INDONESIA KE 67. 

Share:

10 comments:

  1. Dirgahayu Indonesia

    saya mencoba menjejalkan hal2 positif tadi di otak saya mbak
    biar menipis sedikit rasa pesimis di dada :D

    selamat menyambut lebaran ya mba

    ReplyDelete
  2. @Mbak nique: Banggalah menjadi WNI, mbak. Mereka yang berperilaku buruk adalah cermin bagi kita agar menjauhi sifat buruk.

    ReplyDelete
  3. Right or wrong is my country seperti kata F. Kenedy.. seberapa jeleknyapun negeriku ini, aq tetap bangga tinggal di Indonesia..

    ReplyDelete
  4. Bu susi, gamelan jadi kurikulum sekolah di amerika, singapur, sama new zealand, kapan jadi salah satu kurikulum sekolah yang tetap bukan sekedar ekstra kulikuler semata :D

    ReplyDelete
  5. Sesungguhnya kemerdekaan Indonesia adalah rahmat dan nikmat Allah yang tiada tara. Dengan kemerdekaan kita bangga menjadi manusia daripada ketika masih terjajah oleh bangsa lain.

    Jika saat ini masih ada kekurangan itu wajar dan pemerintah bersama rakyatnya akan terus berupaya nagar negeri tercinta makin hari makin membaik.

    Jika ada manusia yang tak bangga menjadi orang Indonesia, kasihan deh.

    Jika ada orang IOndonesia yang menjelek-jelekkan negeri dan bangsa sendiri, kasihan juga deh kamu.

    Saya bangga menjadi bangsa Indonesia sampai kapanpun.

    Merdeka.

    Salam hangat dari Jombangh

    ReplyDelete
  6. susi, udah lama ga mampir...apa kabar jeng?

    aku juga lagi jadi 'guru' bahasa Indonesia nih.. supaya bahasa Indonesia bisa lebih populer :)

    gimana dua D&B? udah pada gede pastinya... Destin masih lucu kan omongannya? hehe... kangen

    ReplyDelete
  7. bangga juga mbak :)

    nggak nyangka kalau berita di tv juga brdampak pada kenaikan harga..mdhn yg punya stasiun tvnya pada baca tulisan mbak Susi ini >.<

    ReplyDelete
  8. DIrgahayu RI. selamat idul fitri mbak, mohon maaf lahir batin ya

    ReplyDelete
  9. wah wah aku dah lama ga berkunjung kesini..
    maaf lahir batin ya mbak susi :)

    apa kabar :)

    ReplyDelete
  10. kalo di jawa sih mungkin bisa ngomongin pencapaian pembangunan yang bagus
    tapi saat kembali ke pedalaman, miris melihat kondisi masyarakat yang apa adanya sementara isi buminya terus menerus dikeruk dengan pengembalian ke masyarakat lokal teramat minim
    sampai kadang aku mikir kalimantan bisa hidup lebih makmur kalo lepas dari jawa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra