Serba-Serbi Online Shop - Pengumuman pemenang Giveaway III Susindra

Online shop tumbuh bak jamur di musim penghujan. Setiap hari memunculkan pelaku online shop baru. Ada yang langsung serius dengan persiapan matang, ada yang hanya karena minat dan langsung terjun payung. Tentu saja, karena membuat online shop memang sangat mudah. Internet telah berada di genggaman, punya perangkat online seperti smartphone, tinggal posting gambar beserta harga maka ia siap berjualan online. Benarkah semudah itu? 

Tentu saja tidak. Ada banyak yang harus disiapkan dan dipertimbangkan sebelum memulai online shop. Jangan sampai kita menceburkan diri di bisnis online shop tanpa persiapan dan mengecewakan pelanggan. Reaksi kecewa pelanggan bisa bermacam-macam. Jangan sampai kita terkejut menemukan diri kita menjadi bahan perbincangan antar pelanggan yang kecewa dengan pelayanan kita. Mas Farid mengatakan: "Apapun produk yang kita jual secara online, pada dasarnya kita menjual jasa." Jadi pelayanan yang baik adalah salah satu penentu sukses tidaknya usaha kita. 

Ada banyak cara untuk membuat pelanggan puas dan terus kembali membeli pada kita. Seperti saran mbak Nurul yang bisa kita praktekkan. Juga saran pakde Cholik yang yahud dengan SIABIDIBISME-nya. Mas haryanto dengan apik menulis tentang cara sederhana memulai online shop. Jangan terkecoh dengan judulnya, karena tak sesederhana itu. :D 

Mbak Dewi dan Mbak Lusi memberi tips tentang cara merawat pelanggan yang baik. Mas Taufiq mengajak kita menjadi pembeli yang cerdas. Mas Riga mengulas cara lengkap semua serba-serbi online shop. Pun begitu juga dengan mbak Argalitha,  mas Andrian,  mas Rifki, Abi Sabila, dan mas Yudha mengulas aspek Yuridis Online Shop.
Produk yang dijual bisa apa saja. Mbak Armita sukses menjual jasa membuat nama bayi. Mbak Widyanti menjual produk kesehatan, mbak Umi menjual koleksi untuk hobiis,  Saya menjual mebel dan kreasi tangan saya. Saya mantap melakukannya dan belajar banyak dari kisah-kisah nyata para pelaku online shop seperti cerita mbak Kania dan mbak Zakia   Pelaku OS juga harus mendengar kisah curhat pelanggannya. Semua bisa ditemukan di Giveaway III Susindra: Online Shop

Ada banyak tips sukses mengelola online shop dari para peserta giveaway ketiga saya yang dapat dipraktekkan. Saya mendapat banyak ilmu baru di bidang online shop dan saya sangat bersyukur telah membuat Giveaway ini. Saya harus mengucapkan banyak terima kasih pada semua peserta giveaway.Saya belajar banyak hal tentang cara mengelola OS dari postingan para sahabat. Saya mengcopas postingan yang bernilai lebih dan membuat ebook untuk diri saya sendiri. Sebagai pengingat bilamana saya lupa.

Dari tulisan para sahabat peserta giveaway III Susindra: online shop ini saya meringkas semuanya menjadi tips menjalankan online shop dengan baik, yaitu:
1. Nama dan profil Online shop.
  • Memilih nama/brand yang menggambarkan produk yang kita jual 
  • Jelaskan tentang took dan mengapa harus membeli di sini 
  • Identitas penjual harus jelas : foto, kontak person. 
  • Tentukan waktu kontak yang jelas. 

2. Produk yg dijual
  • Lakukan riset pasar sebelum menjual sesuatu secara online. 
  • Jelaskan secara rinci produk yg dijual, foto sesuai keterangan barang
  • Kategori, navigasi dan harga harus dicantumkan 
  • Pilih produk yg dijual dgn hati-hati dan tidak menyulitkan pengiriman. 

Pelayanan yang baik (Professional di CS & pelayanan). 
  1. Jujur menjelaskan detail produk, jawaban cepat, pengiriman cepat, barang up to date, adalah cara menjaga profesionalitas Online shop. 
  2. Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan 
  3. System penjualan matang – Kontak person, daftar ongkos kirim, internet banking
  4. Melayani sepenuh hati. 
  5. Tersenyum ketika menjawab (senyum akan terlihat dari jawaban kita) 
  6. Akrab dengan pembeli 
  7. Konfirmasi pembayaran – pengiriman. 
  8. Minta data pembeli segera 
  9. Buat dokumentasi pelanggan dan testimoninya 
  10. Kerjasama yg baik dgn pihak ketiga (bank/expedisi/supplier Membuka peluang reseller 
  11. Jangan curhat di medsoc tentang pelanggan

Cara promosi
  • Memberi informasi system penjualan secara berkala 
  • Pahami karakter komunitas tempat berjualan – jgn sampai diblokir krn dianggap mengganggu 

  • Menggunakan media socmed untuk melakukan promosi 
  • Sering-sering bercerita mengenai bisnis yang sedang kita jalani di jejaring sosial 
  • Memberi tips sesuai produk 
  • Penetrasi pasar dgn blog dan iklan 
  • Buat promo, diskon, giveaway atau gratis ongkir 
  • Promosi secara berkala dan konsisten

Nah... sekarang di poin terpentingnya, yaitu PENGUMUMAN PEMENANG GIVEAWAY III: ONLINESHOP. 
Saya mendapat 3 tiket gratis mengikuti seminar dan workshop MICE 2013 dari sponsor. 1 tiket untuk saya sendiri, dan 2 tiket untuk dibagikan ke teman-teman blogger. Namun dengan sangat menyesal saya beritahukan bahwa pemenang tiket Seminar dan Workshop MICE hanya ada 1 saja. Entah karena kurang teliti membaca tata laksana giveaway ini, hanya ada 1 peserta yang menyatakan kesediaannya menerima hadiah utama ini yaitu mbak Mbak Armita. Maka beliaulah yang berhak atas hadiah pertama. Hadiah kedua telah saya kembalikan kepada sponsor pada tanggal 1 Desember lalu.

Hadiah Ketiga, toples durian dan kreasi handmade pita saya adalah pakde Cholik dengan SIABIDISME-nya yang yahud. Saya selalu kagum dengan semangat dan ide-ide segar pakde blogger saya ini dan idenya bisa langsung saya praktekkan.

Hadiah keempat, toples pot ukir dan kreasi handmade pita saya adalah  mas Hariyanto dengan  tips cara membuat Online Shop.

Hadiah kelima, toples pot ukir dan kreasi handmade pita saya adalah mas Riga dengan ulasan lengkapnya tentang online shop.

Hadiah keenam, dan ketujuh, masing-masing paket kreasi handmade saya senilai Rp 50.000,- adalah, mbak Nurul dan  mas Rifki.

Hadiah kedelapan - keduabelas, abon jambrong UNIA adalah  mas Taufiq, mbak Widyanti Yuliandari,  mbak Lusiana,  mbak Dewi, dan mbak Ade.

Hadiah Ketigabelas sampai keduapuluh, pulsa 10 ribu adalah mas Farid,  mbak Inda , mbak Argalita, mas Yudha, Abi Sabila, mas Andrian, mbak Zakia, dan mbak Pipit. 

Semua pemenang harap menghubungi saya di email suzy1209@gmail.com atau inbox di facebook saya . Saya hanya menunggu 2 minggu dari sekarang (17 Desember 2014) dan jika sampai hari terakhir belum diklaim, hadiah akan saya sumbangkan ke anak yatim terdekat. Harap memaklumi keputusan saya karena di giveaway pertama, saya pernah berkali-kali menghubungi pemenang hiburan komentar ke-1000 dan baru dibalas (diklaim) 8 bulan kemudian sementara hadiah tersebut sudah saya masukkan ke masjid terdekat 2 bulan setelah pengumuman.

Untuk sahabat yang belum beruntung ataupun tidak saya sebutkan di posting ini, terima kasih untuk sharing ilmu tentang onlineshop-nya. Terima kasih sudah bersedia ikut di giveaway ini, dan harap jangan kecewa. Semoga kita bertemu kembali di giveaway saya yang keempat nantinya. 

Terima kasih... terima kasih... terima kasih.... sungguh... tulisan sahabat sangat bermanfaat.

Share:

20 comments:

  1. Alhamdulillah,,makasih mak,,,nyantol juga deh,,semoga sukses toko onlinenya :) cuzz langsung kirim alamat :)

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah, dapet pulsa 10 ribu

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillaaaaahh... Terima kasih, Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah
    Terima kasih atas apresiasinya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah...terimakasih ya mak...selamat buat seluruh peserta dan pemenang...selamat juga buat sohibul kontes...ternyata judul artikelku diperkenankan jadi salah satu pemenang... keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  6. Selamat ya utk yang menang. Sempat GR nih kirain pipit itu saya, setelah diklik ternyata bukan hahaha..

    ReplyDelete
  7. Asik dapet pulsa... Tadinya udah pesimis karena saingannya banyak plus bagus-bagus artikelnya hhe

    Terima kasih ya, mbak susi :)

    ReplyDelete
  8. Wahhhh.... aku naksir toples yang hadiah kedua setelah toples durian padahal...hahahaha.... belum beruntung. Kalo mau beli bisa gak sih?

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah, makasih n sukses dah buat mak susindra,

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah katut :)
    Selamat yaa buat semua

    Makasih mbak Susindra, semoga sukses & berkah usahanya :)

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, terima kasih mba Susi.
    Selamat untuk seluruh pemenang, untuk yang belum masuk jangan putus asa, ayo terus mencoba

    ReplyDelete
  12. wah selamat buat yang menang yaa, bu susi semoga laris manies dagangannya :D

    ReplyDelete
  13. Horeeee ... pemenang sudah diumumkan. eh ..
    Kok namaku gak ada
    Lesu lagi ....

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillaah..., melu seneng saya. Selamat ya buat para pemenang, juga buat penyelenggara tentunya. Sukses Mbak! Semoga suatu saat saya juga punya online shop.

    ReplyDelete
  15. Wah beruntung sekali yang memenangkan hadiah tersebut. Mudah-mudahan makin sukses blognya.

    Kali aja diantara blogger yang berminat dengan kontes menulis di blog saya, silahkan dicek.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra