Makanan yang dapat Membersihkan Racun dalam Darah

Darah merupakan komponen yang penting dalam tubuh kita, sehingga tanpa kehadirannya kita tidak akan bisa hidup. Darah memiliki banyak peran penting dalam tubuh yang membawa nutrisi dari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga, jika darah yang mengalir dalam tubuh bercampur dengan racun yang berbahaya akan berdampak buruk untuk tubuh. Inilah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh dan memiliki risiko yang cukup besar jika tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat.  Tidak hanya itu saja, darah yang kotor dapat menimbulkan masalah lain seperti, bisul, jerawat, penuaan dini, sakit kepala, susah tidur, dan juga rambut yang rontok. 


Racun dalam darah biasanya masuk tanpa kita sadari, seperti melalui makanan, obat-obatan, kosmetik, dan juga dari lingkungan. Inilah alasan dari tubuh yang secara terus menerus bekerja membersihkan diri dengan menyaring darah dan racun melalui ginjal, hati, usus, dan kulit. Untuk membantu pekerjaan tersebut, kita memerlukan makanan yang dapat membantu pengeluaran racun. Ada beberapa makanan yang bermanfaat untuk membersihkan racun dalam darah, antara lain :

1. Kubis
Kubis memiliki fungsi untuk membantu hati memecahkan kelebihan hormon, membersihkan saluran pencernaan, dan menetralisir beberapa senyawa jahat yang ada dalam asap rokok. Oleh karena itu, racun tersebut tidak akan tercampur dalam darah, karena jika sampai tercampur dalam darah akan sangat berbahaya. Selain itu, kubis juga memiliki kandungan seperti, zat-anti kanker dan antioksidan. 

2. Kemangi
Kemangi biasanya digunakan untuk lalapan, tetapi selain itu terdapat banyak sekali manfaat kemangi untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi kemangi secara rutin akan membantu membersihkan racun dalam darah. Tidak hanya membersihkan racun dalam darah saja, kemangi juga dapat mengatasi bau mulut.

3. Buah Apel
Buah apel adalah buah yang mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Selain mengonsumsinya untuk diet, dapat juga mengonsumsinya untuk membantu membersihkan racun dalam darah. Buah apel juga mengandung fitonutrien  yang berfungsi menangkal radikal bebas.

4. Sayuran Hijau
Mengonsumsi sayuran hijau memang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk membantu membersihkan racun dalam darah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, seperti  brokoli, kangkung, dan bayam.

5. Nasi Merah
Nasi merah biasanya digunakan untuk membantu mernurunkan berat badan. Tetapi, dapat juga dimanfaatkan untuk membantu mengeluarkan racun dalam darah. Nasi merah mengandung antioksidan yang akan memberi perlindungan terhadap penyakit dan meningkatkan fungsi organ pada tubuh.

6. Lemon
Lemon mengandung vitamin C yang berlimpah dan berguna untuk mengaktifkan enzim dalam hati. Sehingga, dengan mengonsumsi lemon akan bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan mineral oleh liver. 

7. Bawang Putih
Bawang putih memiliki khasiat untuk membersihkan bakteri yang berbahaya, virus, serta parasit usus melalui darah dan usus itu sendiri. Jadi, jika dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang tepat akan sangat baik untuk tubuh.


Share:

18 comments:

  1. Kemangi, wah pas tuh aku sering makan pecel lele haha

    ReplyDelete
  2. Wahhh ini ilmu penting banget. Catet! Terima kasih, Mbak Susi.
    Pas lagi di rumah lagi banyak lemon nih.
    Kalau bawang putih aku suka cuma buat wanginya aja, katanya bisa nyembuhin flu juga cuma dengan ditaruh begitu saja.

    ReplyDelete
  3. makanan kesukaan aku semua itu, kecuali bawang putih ding, baunya itu lho mbak, agak gimanaaa.....gitu

    ReplyDelete
  4. Dulunya aku gak suka kemangi, mba Susi.
    Tapi sejak tinggal di tanah Sunda, yang ke semua sayur mentah bisa dimakan sebagai lalap, jadi aku lama-kelamaan terbiasa makanin lalapan ((yang kalo di resto cuma sebagai penghias makanan)).


    Enyaakk...enyaakk...

    ReplyDelete
  5. aku juga ngonsumsi kemangi, buat ngilangin bau badan, begitu kata ibu
    ternyata juga dapat membersihkan racun dalam darah ya
    alhamdulillah... manfaatnya double

    aku pengen nyobain yang nasi merah tuh
    sekalian diet juga
    hahahaha

    ReplyDelete
  6. Ternyata darah perlu dibersihkan juga ya ... saya suka banget kemangi sama apel. Mau rajin konsumsi ah biar darah kita bebas dari racun

    ReplyDelete
  7. Dari ke-7 makanan tsb aku ga suka dan jarang makan kubis serta beras merah. Mantap mbak susi pembahsannya, jd tahu jenis mknan apa saja yg bisa membersihkan racun dlm darah.

    ReplyDelete
  8. Bener gak sih mba untuk mendapatkan fungsi bawang putih yaang sebenarnya itu kudu di konsumsi mentah. Soalnya bau gitu, tapi penasaran

    ReplyDelete
  9. Saya suka tu kemangi. Kirain cuma sebagai lalapan, nambah2in enak makanan, tenyata bisa jg ya membersihkan racun dlm tubuh TFS

    ReplyDelete
  10. bener banget mbak, banyak sekali makanan yang berfungsi untuk detoksifikasi sehingga racun dalam tubuh kita bisa keluar.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah hampir suka sama semuanya, kecuali kubis Mbak hehehe...
    Dengan 6 jenis makanan tersebut, mudah-mudahan bisa membuang racun di tubuh.

    ReplyDelete
  12. lemon sy suka minum dengan air hangat tiap pagi
    badan terasa seger
    klu bawang putih suka digoreng..enak hehe
    harusnya sih dimakan mentah ya

    ReplyDelete
  13. Aku kemangi buat cuci tangan kalo lagi makan pecel ayam wkwkwkwkw ternyata manfaatnya banyak ya :D

    ReplyDelete
  14. tanpa kita sadari bahan bahan yang sering kita makan ternyata dapat membersihkan racun ya. Seperti, bawang putih yang kita pakai sebagai bahan tambahan dalam memasak

    ReplyDelete
  15. Menjaga kesehatan memamng sangat perlu, salah satu cara termudah adalah mengonsumsi banyak sayuran.
    Banyak manfaat yg didapat dari sayuran, salah satunya adalah membersihkan racun dlm tubuh.. Sayuran pun bisa menjaga kolesterol dalam darah, dan menurunkan berat badan juga

    ReplyDelete
  16. Aku suka lalapan kemangi, tapi pernah dibilangin sama seorang dosen katanya buat perempuan kemangi nggak boleh banyak-banyak dikonsumsi karena bisa berakibat nggak bagus ke rahim, jadinya aku gak berani sering-sering -_-

    ReplyDelete
  17. Hmmm.. kemangi biasanya enak buat lalapan Ama ayam atau lele..baru tau kalau bisa bikin darah bersih..

    ReplyDelete
  18. Eh, baru tahu loh.. kalau kubis termasuk antioksidan. Soalnya yang kutau kubis itu bisa menaikkan asam lambung. Aku punya potensi maag. Jadi agak takut makan kubis banyak-banyak. :'(

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra