Jika Cemas Menghadapi UTBK/SNBT 2023....

Tahun 2022 sudah hampir berakhir. Bulan Mei 2023 sudah makin dekat. Siswa kelas XII yang berencana kuliah di universitas negeri  mungkin bertambah cemas dan semakin mengencangkan target belajarnya. UTBK/SNBT 2023 semakin dekat.

Tips jika cemas menghadapi UTBKSNBT 2023....


Kecemasan semacam ini merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Akan tetapi juga bukan sesuatu yang tak bisa disiasati. Yang penting persiapannya bagus dan targetnya jelas.


Sobat Susindra mungkin sedang mencari tips menghadapi tes masuk ke perguruan tinggi atau tips jangan takut menghadapinya. Kebetulan saya punya tipsnya. Tips ampuh menaklukkan tes UTBK/SNBT. Semua tips ini bersifat jangka panjang dan mudah dilakukan. 


Regulasi SBMPTN 2023

Daripada membiarkan diri takut menghadapi tes UTBK, lebih baik mencari tahu tentang regulasi SBMPTN 2023. Jadi akan tahu bagaimana cara paling aman untuk menjadi mahasiswa di PTN impian.

Informasi tentang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 sudah resmi diluncurkan. Tak banyak perubahan, sebenarnya, kecuali dalam tes yang menjadi instrumen seleksi. Jadi masih tetap ada 3 jalur yang disediakan bagi para calon mahasiswa.

Pelajari regulasi SBMPTN 2023


Setidaknya ada 3 jalur masuk ke PTN pada tahun 2023 nanti, yaitu:

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan 
  3. Seleksi Mandiri.

Bagi yang belum tahu, jalur seleksi 1 dan 2 diatur oleh tim khusus, yaitu tim SNPMB. Jalur yang ketiga, yaitu seleksi mandiri, diatur oleh PTN yang bersangkutan, secara mandiri. Jalur 1 dan 3 hanya bisa diikuti oleh lulusan SMA/SMK/MA tahun 2023, sedangkan jalur 2 bisa diikuti oleh lulusan 2021-2023. Semua itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan yang adil setara bagi setiap siswa SMA/SMK/MA untuk masuk ke PTN.

Persiapan SNBT yang biasanya paling heboh, terutama tes UTBK-nya. Apalagi yang ingin mengambil jurusan favorit. Jumlah peserta UTBK/SNBT 2023 sangat banyak jika dibandingkan dengan bangku kuliah yang tersedia. Bagi beberapa peserta tes, mungkin akan terasa sedikit mengintimidasi. Jurusan-jurusan favorit, kadang jumlah bangu dan pendaftar bisa mencapai 1:1000. Jadi memang harus benar-benar cari informasinya dan serius persiapannya. 

Berita baiknya sih, tiap calon mahasiswa yang masuk melalui SNBT diberi kesempatan untuk melakukan tes sebanyak 2 kali di tahun yang sama. Jadi banyak-banyakin ambil try out saja.

informasi lengkap dan penting lainnya terkait UTBKSNBT


Informasi lengkap dan penting lainnya terkait UTBK/SNBT yang harus dicatat adalah: 

  1. Pendaftaran SNBT/UTBK: 23 Maret - 14 April 2023. 
  2. Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 08 - 14 Mei 2023. 
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22 - 28 Mei 2023. 
  4. Pengumuman Hasil SNBT:

Tanggal-tanggal di atas silakan dicatat, ya.


Tips menghapus cemas menghadapi UTBK/SNBT 2023

Bagi yang cemas menghadapi UTBK atau yang memang sangat memprioritaskan tes ini, saya punya tips ampuh, nih. Sebagian tipsnya sih sudah saya sebutkan beberapa kali di paragraf atas. Tapi saya ulangi lagi dan tekankan di sini karena sangat penting.


1. Pelajari jurusan yang akan dipilih

Sangat penting untuk mengetahui peluang masuk ke jurusan yang dipilih. Tentu saja jurusan di PTN yang diharapkan. Bisa cari tahu berapa bangku kuliah yang disediakan dan berapa banyak pendaftar di tahun-tahun sebelumnya.


2. Yakinkan diri bisa masuk ke PTN yang dipilih

Salah satu hal yang sangat baik dalam persiapan menghadapi UTBK/SNBT adalah memiliki kepercayaan diri. Yakin bisa menaklukkan seleksi SNBT. 

Dalam kondisi positif seperti ini biasanya akan membuat segala kecemasan larut. Tak lagi takut pada tes yang memang akan selalu ada setiap tahun. 


3. Buat jadwal belajar yang efektif

Siswa SMK kelas XII biasanya sibuk membuat tugas akhir. Ada yang sibuk menyiapkan diri untuk UKK atau Uji Kompetensi Keahlian. Beda dengan siswa SMA dan MA, yang mungkin hanya sibuk menghadapi ujian kelulusan. Namun tetap saja, baik SMK, SMA, maupun MA, harus bisa mengatur waktu untuk belajar sebagai bagian dari persiapan SNBT yang akan diambil. Jadi penting sekali untuk membuat jadwal belajar yang efektif. 

cara buat jadwal belajar yang efektif untuk hadapi tes utbk snbt


Memang sih, untuk persiapan SNBT itu dimulai sejak masuk kelas IX. Tapi jika dimulai dari sekarang juga tidak terlambat sekali. Masih bisa dikejar dengan ikut les persiapan UTBK SNBT. Yang penting buat jadwal efektif minimal sehari 2 jam, untuk membaca atau mengerjakan try out. Misalnya Senin baca, Selasa try out, Rabu baca, Kamis Try out, Jumat baca, Sabtu try out dan Minggu mengerjakan try out bersama teman seperjuangan sambil hang out.


4. Latihan soal/try out sebanyak-banyaknya

Banyak berlatih mengerjakan soal bisa menguatkan rasa percaya diri, selain bisa menghapal materi yang ada. Seusai mengerjakan tes, langsung evaluasi hasilnya dan cari tahu jawaban yang benar seperti apa. 

Ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengusir rasa takut menghadapi kegagalan UTBK/SNBT. Bonusnya lagi, bisa mengenali konsep dasar materi yang diujikan. 

Soal-soal try out bisa dicari secara mandiri atau dari bimbel persiapan UTBK-SNBT. Cara yang terakhir ini menurut saya yang paling bagus karena:

  1. Soal try out unlimited
  2. Ada mentor-nya
  3. Ada teman belajarnya


Rekomendasi terbaik saya saat ini adalah Ruangguru.


Langganan Ruangguru untuk menghadapi UTBK/SNBT

Ruangguru adalah bimbel online terbesar di Indonesia saat ini, dan sudah merambah ke bimbel ofline di beberapa kota di Indonesia. Bimbel ini menyediakan paket belajar terlengkap untuk jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK. Tambahan lagi, juga ada bimbel untuk persiapan UTBK/SNBT. Pesertanya tak hanya siswa yang masih sekolah tapi juga lulusan tahun 2021 dan 2022 yang masih punya kesempatan ikut seleksi SNBT.

mengapa langganan Ruangguru untuk menghadapi UTBKSNBT


Bisa dikatakan bahwa Ruangguru merupakan perusahaan teknologi  pendidikan terbesar di Indonesia. Perkembangannya sangat pesat dan peminatnya amat sangat banyak. Bisa dimaklumi jika animonya sangat besar karena Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, berupa layanan kelas virtual yang fleksibel; platform ujian online; video belajar dan tutorial interaktif berupa animasi atau langsung dari master teachermarketplace les privat, dan masih banyak konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Semua ciri bimbel yang bagus ada di situ.

Itulah kenapa perlu langganan Ruangguru untuk menghadapi UTBK/SNBT. Bayar sekali untuk berlangganan, untuk bisa mengakses dan memaksimalkan banyak sekali fasilitas lengkap yang disediakan. Lagian, Ruangguru memang bimbel UTBK/SNBT terlengkap saat ini. 

Ada dua penawaran terbaik dari Ruangguru yang sangat menarik, yaitu diskon besar dan pembayaran bisa dicicil. Keduanya bisa dicari di masing-masing penawaran les/bimbel. 

Kalau menemukan kode promo yang tepat, bisa dapat keringanan pembayaran berupa diskon sebesar 55% untuk paket belajar 1 semester. Ada juga paket langganan multi year alias sekali bayar untuk beberapa tahun yang tentu saja jauh lebih murah alias lebih besar diskonnya. 

Mengenai jumlah berapa kali cicil, biasanya sudah tertera dalam penawaran, ada yang dua kali, ada yang tiga kali. Coba deh, cari infonya di website Ruangguru. Kalau mau cari informasi lengkap seputar les UTBK/SNBT di Ruangguru, bisa langsung klik bimbel persiapan UTBK/SNBT. Temukan juga promo menariknya di situ.








17 Komentar

  1. Wah enggak kerasa bentar lagi sudah UTBK 2023, harus siap-siap ini yang lulus SMA. Memang momen-momen dan puncaknya perjuangan itu di UTBK. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Jadi ingat dulu juga aku cemas banget mba padahal udah try out sayangnya memang belum lulus namun jadi pelajaran buatku nih ntar anak-anak belajar sebisa mungkin biar masuk jalur smptn

    BalasHapus
  3. Jaman saya dulu namanya masih umptn mbak, Sekarang snbt/utbk ya? Ehehe. Jaman aku dulu udah ikut tryout tapi masih belum rejeki kuliah di PTN dan akhirnya ke PTS tapi Alhamdulillah bisa lanjut di PTN dengan jalur beasiswa dari Dikti.

    Thanks infonya, menarik nih buat adek² yang udah kelas XII, semangat

    BalasHapus
  4. Beberapa tahun lagi saya akan merasakan cemas nih, tapi yang UTBK anak bukan saya hehe, harus dipersiapkan sebaik mungkin ya hadapi UTBK ini, selain akademis juga kesabaran dan keikhlasan.

    BalasHapus
  5. Bener nih, kalau udah terbiasa latihan setidaknya ada bekal untuk menghadapi, selanjutnya ya berdoa dan berpasrah diri, apapun hasilnya itu yg terbaik, selain latihan, perlu rileks juga biar gak tertekan

    BalasHapus
  6. Jangankan utbk, mau ujian TPQ dan TK A anak aja ikutan deg degan apalagi pas bagi raport, semoga anak-anak kita dipermudah mendapatkan pendidikannya ya mba,

    BalasHapus
  7. Di jurusan favorit emang kadang rasio ketersediaan bangku dengan jumlah peminat tuh mengerikan ya mbak, bisa ada yang 1 banding 1000. Jadi memang anak-anak di sekolah menengah mesti mempersiapkan diri sebaik-baiknya supaya bisa bersaing memperebutkan satu bangku itu

    BalasHapus
  8. semoga anak anak bisa tahu peluang masuk ke jurusan yang dipilih dan jurusan di PTN yang diharapkan. anakku nih mbak tahun depan deg degan gini

    BalasHapus
  9. Dulu juga deg-degan pas pengumuman, tapi nggak dapat juga hehe.. Memang gampang susah ya kalau memperebutkan Perguruan Tinggi Negeri. Jaman dulu sih mana ada les online kayak ruang guru, adanya ya les offline hehe..

    BalasHapus
  10. Tak terasa bentar lagi nih ya ada pendaftran masuk perguruan tinggi. Namanya berubah2 haha jd bingung nyebutnya. Kalau zaman dulu ya kita bimbel2 kalau skrng bisa belajar dengan media apapun khususnya bimbel online kyk ruang guru ya mbak.
    Anakku msh jauh dr masuk kuliah tapi sekarang udah aku gali minat bakatnya dan aku arahkan supaya punya tujuan pasti :D

    BalasHapus
  11. Ya allah ini bukan lagi gak cemas dan malah bikin gak bisa tidur, panik, dan overthinking

    BalasHapus
  12. Rasanya baru kemarin ikut riweh menyiapkan anak2 saudara yang mau UTBK, eh kok udah mau UTBK lagi. Time flies so fast yaaa.

    BalasHapus
  13. Masa-masa yang bisa dibilang penuh dengan pengharapan dan impian untuk melangkah ke masa depan ya, kak Susi.. Sehingga jangan lengah dan maksimal belajar. Kalau perlu dengan bantuan bimbel berkuliatas untuk persiapan UTBK/SNBT di Ruangguru.

    BalasHapus
  14. Aku udah nggak ngikuti perkembangan aturan seleksi masuk PTN, sejak anak-anak udah kerja. Memang kalo dibutuhkan dan anaknya mau nambah ketrampilan ngerjain saat try out, ikutan kursus di bimbingan belajar seperti di Ruangguru

    BalasHapus
  15. Ini akan jadi reminder buat siapa saja yang akan menghadapi tes-nya di tahun 2023. Semoga semuanya yang sudah berjuang sepenuh jiwa raga bisa lulus dengan memuaskan

    BalasHapus
  16. Allhamdulillah banget nih dapet tips buat yang mau pada ujian. Di rumah ga ada anak sekolah jadi kudet diriku mba, soon anak akan bertumbuh Alhamdulillah nih bakalan ngerasain.

    BalasHapus
  17. Aku dulu termasuk salah satu yang cukup stress kalo udah memasuki masa ujian Mak. Semoga dengan tips yang dibagi tersebut jadi lebih bikin para murid lebih santai ya Mak

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)