Review Accidentally Meow on You (2022)

Bulan Desember ini ada drama yang seru untuk diikuti. Judulnya Accidentally Meow on You. Saya buatin reviewnya ya, siapa tahu sedang butuh rekomendasi drama seri yang ringan. Atau ada pecinta kucing yang sedang mencari rekomendasi drama bertema cat lover.

Review Accidentally Meow on You (2022)


Selain bertema cat lover, drama ini termasuk tema yang jadi favorit para pengarang novel, baik novel konvensional maupun web series. Favoritnya para sineas drama dan film juga. Apa itu? Tema romansa, komedi, dan industri media. 


Turunannya atau subtemanya juga banyak dipakai, yaitu CEO jatuh cinta, male-lead berwajah dingin, female-lead berwatak keras kepala. Oh iya, ada satu tema spesifik lainnya yang saya belum bisa memutuskan mamasukkan ke tema atau subtema, yaitu dunia atletik. Mungkin subtema saja karena hanya jadi latar belakang dan tidak dominan.

Kalau dilihat sekilas memang tampak clichée, ya. CEO yang berwajah dingin dan merasa punya hidup sempurna memang tema yang sering dipakai. Sampai-sampai istilah tsundere menjadi trend. Oh iya, Tsundere (ツンデレ) adalah istilah bahasa Jepang mengenai proses pengembangan karakter yang menggambarkan perubahan sikap seseorang yang awalnya dingin dan bahkan kasar terhadap orang lain sebelum perlahan-lahan menunjukkan sisi hangatnya. Tapi sih kadang melihat proses melelehnya gunung es menjadi sungai bisa menjadi hiburan tersendiri.

Sudah penasaran? Sudah dong pastinya. Yuk, silakan tonton, ya. Sebelumnya, sobat Susindra baca Review Accidentally Meow on You (2022) ini sampai selesai. 


Sinopsis Review Accidentally Meow on You

Zhou Tian adalah atlet lari jarak jauh yang gantung sepatu karena mengalami cedera kaki. Ia membantu usaha kedai "Tamasya Kucing" milik seniornya, Zhang Hao, yang juga atlet di cabang yang sama. Keduanya sejak kecil sudah diprediksi akan menjadi suami istri oleh keluarga karena sangat akrab.

drama tentang atlet pelari


Zhou Tian ingin bekerja di perusahaan media bernama Qing Yi, menyusul sahabatnya. Sial sungguh sial, bahkan sebelum dirinya wawancara, sudah mencelakai direktur utama muda di perusahaan tersebut. Namanya Ji Cheng. 

Sudah barang tentu dirinya mencari celah lain agar bisa diterima, yaitu memanfaatkan perselisihan antara Ji Cheng dengan Qiao Yi. Qiao Yi adalah talent perusahaan yang ingin mundur namun tak bisa karena biaya pinaltinya. Jadi dia cari gara-gara dengan Ji Cheng. Bisa ditebak kalau tema bos dan pegawai yang berseteru menghiasi beberapa episode.

Keduanya tanpa sadar terikat oleh kepemilikan seekor kucing bernama qiuqiu. Kucing putih gemuk milik Zhou Tian sering kabur ke rumah Ji Cheng. Mereka akhirnya berbagi pesan dan sepakat untuk berkomunikasi melalui platform chating bagi pecinta kucing. 

Merasa aneh kenapa si kucing tiap malam datang ke rumah Ji Cheng? Bisa menebak? Tentu saja kucing tersebut adalah milik adik Ji Cheng yang bernama Ji Nian. Setidaknya ini masih tebakan saya karena hari ini baru sampai episode 10. Itu penjelasan paling logis.

Hubungan kakak-beradik Ji memang tidak baik. Kedua orangtua mereka tewas dalam kecelakaan saat Ji Cheng masih remaja. Dengan sendirinya ia merasa menjadi bapak dan ibu bagi Ji Nian, dan ia melakukannya dengan otoriter. Hal ini membuat keduanya tidak akur. 

Zhou Tian sebagai Sunday mengubah Ji Cheng melalui aplikasi chatting tersebut. Tentu saja keduanya tak tahu identitas masing-masing sampai saat janjian bertemu. si 1003 (dari JC) yang pertama menyadari, dan ia sudah terlanjur jatuh hati pada Zhou Tian.



Di tempat lain, Ji Nian - berkat nasihat Sunday - akhirnya mendapatkan kepercayaan dari kakaknya untuk menjalani hidupnya sendiri. Ia sejak kecil sudah jatuh cinta pada Zhang Hao. Maka ia pun mengejar pelari tersebut dengan menjadi pegawai di kafenya. 

Zhang Hao mungkin menyadari perhatian tak biasa dari pegawainya itu, namun ia sedang sibuk mengejar cinta Zhou Tian. Apalagi saingannya adalah Ji Cheng. Bagaimana kisah mereka selanjutnya?

Bukan karena jawaban clichée jika saya tebak akhirnya mereka bersama, tapi karena pada dasarnya setelah lelah berusaha, akhirnya seseorang akan menyadari ada seseorang yang istimewa di sampingnya. Seperti sahabat jadi kekasih. 

Ending ini memang masih tebakan saya sih, tapi ya gitu deh, banyak orang yang terjebak dengan pendapat orang lain. Selama ini keluarganya Zhang Hao sudah menganggap Zhou Tian sebagai calon menantu dan kebetulan mereka sangat akrab. Jadi ya wajar juga jika menganggap teman kecilnya itu sebagai jodoh.


Review Review Accidentally Meow on You (2022)

Di bagian sinopsis sudah saya sertakan beberapa tebakan yang saya yakin 90% benar, Memang sangat kepedean, sih, hehehe, tapi kita lihat saja nanti. Kita ke review Accidentally Meow on You (2022) dulu.

Kalau tema, mungkin memang clichée, ya. Perubahan karakter dari dingin menjadi hangat (tsundere) juga sudah ratusan kali diadaptasi di berbagai negara di dunia. Tapi tetap saja ada nilai plusnya.

Kalau suka kucing, sudah tentu drama ini sangat menyenangkan untuk ditonton dan tak sabar menanti episode demi episodenya. Untungnya sih drama Cina itu sangat royal kalau urusan episode, yaitu 2 episode tiap hari. Jadi ya cepat selesai. 



Kucing-kucing di drama ini sangat bagus. Sayangnya memang tidak banyak dieksplor. Seperti tempelan saja. Saya katakan demikian karena para kucing hanya lewat sebagai pemanis cerita. Tak ada ilmu perkucingan yang berarti misalnya seperti jenis-jenis kucing, pola makan kucing, kesehatan kucing, atau perawatannya. Akan jadi poin plusplus kalau memasukkan ilmu-ilmu perkucingan di cerita. Tapi kedai pecinta kucing juga bisa jadi ide usaha. Silakan coba.

Eksplorasi komedinya kurang nendang. Kadang malah seperti garing saja kalau menurut saya. Mungkin pengaruh usia. Tapi memang bukan tema yang digadang. Setidaknya penonton tak sampai dibuat terpingkal-pingkal seperti saat menonton aksi Zhou Lu Si dalam drama Love Like the Galaxy. Kalau butuh tawa, drama yang satu ini wajib ditonton.

Saat melihat jam canggih Ji Cheng yang menjadi "asisten dokter pribadi" bagi kesehatan jantungnya, saya sempat ingat pada drama Putri Gagak & Tuan Kadal. Maksud saya drana Miss Crow With Mr.Lizard. Tapi beda kok. Malahan kalau menurut saya malah jadi aneh dan sulit dimengerti.

Di episode awal, Zhou Tian menabrak Ji Cheng dan jam canggihnya mengirim sinyal tanda bahaya sehingga ambulan segera datang. Ini menandakan ada isu kesehatan yang sangat serius dalam tubuh Ji Cheng. Di kantor dan di rumah juga ada perangkat pintar yang tersinkron dengan kondisi jantungnya. Jadi penonton dibuat percaya bahwa di balik kehidupan sempurna CEO muda ini ada masalah kesehatan yang serius.

Tapi..... saat Qiao Yi butuh trainer khusus untuk menjadi atlet agar bisa membuat novel yang punya karakter dan cerita kuat, kesan adanya isu kesehatan ini langsung ambyar. Ji Cheng bisa melakukan jogging dan eksplorasi alam dengan baik. Normalnya dengan kondisi kesehatan seperti itu tentunya keikutsertaannya akan dicegah, dan terlebih, takkan mampu mengimbangi perjalanan di alam tersebut. 

Bagian yang ini memang masih butuh konfirmasi, dan harus menonton sampai akhir. 

Oh iya, ada satu lagi informasi yang mungkin bikin penonton bertanya-tanya, sebagai pegawai kenapa Zhou Tian tinggal di rumah sendirian yang termasuh besar dan mahal. Setidaknya kalau dilihat dari tipe perumahan dan bentuk rumahnya tak mungkin dapat membayar sewa bulanannya. 

Penasaran? Jawaban saya sih karena ia anak orang kaya, mantan atlet juga, yang pastinya sudah punya uang simpanan sendiri. Zhou Tian memang tak tampak pernah mengeluhkan uang meski masih magang. Bahkan ada scene pulang naik taksi. 

Itu beberapa kesimpulan saya saat menonton drama Review Accidentally Meow on You (2022). Masih ada lagi spésialité di drama ini yang diwakili oleh Qiao Yi, yaitu kehidupan novelis yang sudah terkenal. Mulai dari cara menggarap ide sampai pemasaran dan difilmkan. Meski tidak masuk ke subtema namun porsi ilmunya malah cukup besar. Setidaknya kita bisa membayangkan kehidupan Tereliye dkk, ya. 

Lepas dari plus dan minus di atas, drama ini menyenangkan untuk ditonton sebagai hiburan di saat apapun. Dramanya ringan seringan Warm Time with You. Jadi ga capek. Kalau suka nonton streaming juga enak saja sih. Kayak saya yang menonton secara Accidentally Meow on You secara streaming juga. Kebetulan saya pilih di WeTV karena datanya ringan dan punya akses VIP. 

Saat menonton ini sesekali saya jadi ingat pada drama berjudul My Fated Boy yang merupakan cinta masa kecil. Kebetulan juga ada tema dunia industri media juga. Tapi yang terakhir ini komedinya termasuk berhasil mengocok perut dan kenangan masa kecil tergarap dengan sangat apik.



Hah! Ada hawa-hawa akan mulai nyinyir nih kalau diteruskan, padahal hanya karena terbawa kenangan saja. Kalau diingat-ingat, memang saya lebih banyak menonton drama Cina sih ya, dan referensinya cukup banyak juga. Atau mungkin juga, sebaiknya tema cold-face CEO dan tsundere gini harus diolah lebih spesial lagi karena terlalu banyak yang menggarapnya. 

Bagaimana? Para cat lover dan para bucin yang suka cold-face CEO, apakah sudah menontonnya?


Judul drama: Accidentally Meow on You

Judul asli: 一不小心喵上你

Judul lain: Wo De Yang Qi Nu You , My Oxygen Girlfriend , 我的氧气女友 , Yi Bu Xiao Xin Miao Shang Ni

Negara asal: China

Jumlah episode: 24

Mengudara: 15 Desember 2022 - 5 Januari 2023

Hari tayang: Selasa, Rabu Kamis dan Jumat

Streaming di: iQiyi, Tencent Video, WeTV, Viki

Durasi: 45 min.

Rating: 13+

Sutradara: Ming Yan

Penulis naskah: Wang Xu, Lin Meng Chu, Clovers




2 Komentar

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)