Membuat Generasi Milenial Suka Membaca

Milenial menjadi target utama sebagai calon pemilih di pemilu tahun ini. Jumlahnya mendominasi alias paling besar. Jumlah yang juga mencoba dijaring oleh beranda.co.id untuk menjadi pembaca tetap di sana. Pertanyaannya, bagaimana membuat milenial ini suka membaca?

Tips agar generasi milenial suka membaca


Milenial identik dengan jiwa muda. Mereka yang saat ini aktif di dunia nyata maupun dunia digital. Mereka yang sangat suka mengakses hal baru setiap hari. Namun mereka ini disinyalir tidak suka membaca. Benarkah??


Karakteristik unik milenial

Generasi milenial memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Mereka ini generasi yang memiliki wawasan yang luas dan selalu ingin tahu. Mereka kreatif, inovatif, serta terbiasa dengan multitasking. Seharusnya sih mereka bisa fleksibel dalam menghadapi perubahan. Namun ternyata, tak semua milenial memiliki seluruh keunggulan ini dalam satu paket. 

Wawasan dibentuk dari keahlian bertanya dan mencari jawaban. Jika pun bukan dua itu, berarti dibentuk oleh kemampuan mengakses informasi. Jadi seluas apa akan kembali ke mereka masing-masing. 



Generasi milenial ini lahir bersamaan dengan munculnya teknologi informasi dan komunikasi. Gawai jadi satu hal yang sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga mengakses media sosial serta bisa memanfaatkannya. Tak heran jika mereka ini memiliki karakter kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan teknologi. Tapi… ternyata hal ini tidak menyumbang pada angka literasi Indonesia yang masih rendah. Angka terakhir yang saya tahu, minat membaca masyarakat Indonesia sekitar 0,001 persen. Artinya, di antara 1.000 orang, hanya 1 orang yang rajin membaca.

Kalau dari prosentase memang termasuk rendah, tapi dari segi jumlah, layak diperjuangkan agar tetap rajin membaca. Syukur alhamdulillah jika bisa mendongkrak minat baca di kalangan milenial.


Tips agar generasi milenial suka membaca

Saya ingat zaman dahulu sangat suka membaca. Oh, sampai sekarang, karena membaca tulisan sejarah tetap jadi pekerjaan utama saya. Tema lainnya juga saya tetap menarik bagi saya terutama gaya hidup, pengembangan diri dan politik. Ketiganya jadi bahan tulisan untuk pekerjaan sekunder saya. 

Apapun itu memang harus berangkat dari kebutuhan dan kesadaran diri. Makanya saya membuat tips mudah agar milenial gemar membaca:

    1. Baca buku yang diminati, tak harus selesai satu buku
    2. Cek daftar isi dan mulai dari judul yang paling menarik
    3. Sering buka portal berita yang dibuat untuk milenial seperti beranda.co,id 
    4. Catat yang menarik atau recreate dalam bentuk tulisan, audio atau video untuk dibagikan di media sosial
    5. Bergabung dengan grup membaca, kalau perlu grup konten kreatir juga untuk upskilling.
    6. Punya target membaca buku sekian eksemplar dalam kurun waktu tertentu
    7. Menjadikan membaca sebagai sebuah kebutuhan


Seperti yang saya katakan di atas, bahwa kuncinya adalah kebutuhan dan kesadaran diri. Sebagai generasi memang dibekali dengan kemampuan berkreasi dan berinovasi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, memang seharusnya jika peningkatan literasi secara fun perlu ditingkatkan. 


Sekilas tentang beranda.co.id

Ada satu portal berita online yang menarik minat saya karena membahas tentang sukses story orang-orang biasa yang mendapatkan cuan dari usahanya. Bisnis-bisnis gurih dari dunia wirausaha dan UMKM yang sebenarnya lekat dengan keseharian kita tapi tak tahu harus memulai dari mana. 

Tak hanya dunia bisnis dan wirausaha untuk Milenial dan Gen Z, tapi juga berita-berita baru yang relevan dengan kehidupan kita. Masih ada tambahan tulisan tentang pengembangan diri, teknologi, hobi, inspirasi, ekonomi dan olah raga. 



Selain menyajikan berita yang inspiratif, juga ada berita ekonomi nasional sebagai wawasan global. Berita berat seperti perkembangan ekonomi nasional dan internasional, pasar keuangan, investasi, dan industry, dikemas seringan mungkin. Saya hampir lupa kalau ada berita yang menarik sekali yaitu informasi tentang teknologi terkini, transformasi digital, tren startup di Indonesia dan seluruh dunia, tak lupa pula, tentang isu-isu terkini seperti energi terbarukan, lingkungan, dan sains teknologi. Lengkap, kan?

Yang menyenangkan adalah, tak perlu berkerut dahi saat membacanya karena beritanya dikemas dengan ringan serta dibuat relate dengan kehidupan sehari-hari para milenial yang menjadi target utama pembacanya. 

27 Komentar

  1. Membaca itu adalah gerbang menuju ke dunia luar padahal ya mbak karena jadi banyak informasi yg didapat . Spertinya milenial perlu terus dikampanyekan spya gemar membaca

    BalasHapus
  2. ada pilihan bacaan baru nih buat Gen Z dan milenial. Semoga berita di Beranda bisa menarik minat baca karena emang dibutuhkan informasinya serta membangun semangat dalam berwirausaha juga kan ya. semangat deh!

    BalasHapus
  3. ada pilihan bacaan baru nih buat Gen Z dan milenial. Semoga berita di Beranda bisa menarik minat baca karena emang dibutuhkan informasinya serta membangun semangat dalam berwirausaha juga kan ya. semangat deh!

    BalasHapus
  4. tips-tips nya beneran cocok kak, apalagi untuk yang nomor pertama. untuk memicu gemar baca, aku biasanya pilih buku genre yang aku suka.

    BalasHapus
  5. Generasi saat ini mempunyai ebih banyak sumber bacaan. Tak melulu buku konvensional, penyedia buku digital dan sumber berita dan informasi online pun sekarang sudah banyak. Jadi tak ada alasan untuk tak membaca, ya

    BalasHapus
  6. Agar senang membaca bisa dibiasakan sejak kecil. Tetapi, bila itu gak terjadi, memang bisa aja tetap suka membaca ketika remaja. Harus dimulai dari sesuatu bahasan yang menarik. Biasanya memang diawali dari perbincangan di internet.

    BalasHapus
  7. Wawasan luas dan serba ingin tahu tidak menjamin generasi Z minat bacanya tinggi ya. Padahal mereka hidup dalam serba kemudahan, seharusnya sih minat bacanya sangat tinggi. Beranda menyajikan berbagai berita lengkap ya, membuat Gen Z jadi lebih penasaran terhadap berita.

    BalasHapus
  8. sebagai generasi milenials saya sudah mencoba beberapa tipsnya nih mba, sangat worth it. Hanya kadang tidak menjadi prioritas buat membaca jadi sering berhenti buat baca buku lagi dan lagi

    BalasHapus
  9. lengkap ya, Mba informasi yang tersaji di beranda.co.id. Jika milenial bisa memanfaatkan peluang dengan rajin membaca di portal yang memang sudah ditargetkan buat mereka ini, bisa jadi tercipta karya lain lebih oke dengan proses recreate, ya.

    BalasHapus
  10. Sebenarnya sekarang banyak sekali cara agak anak senang membaca ya, apalagi kemudahan yang ditawarkan. Dengan adanya beranda menambah pilihan untuk suka membaca, apalagi topik yang disediakan baca. Jadi bisa pilih yang disenangi

    BalasHapus
  11. Wah kyknya ini platformnya gak cuma cocok buat generasi milenial tapi emak2 pun kalau mau menambah wawasan juga bisa membaca ini ya mbak.
    Anak milenial memang hidup di era teknologi, maka utk membuat mereka menyukai buku atau membaca, mau gak mau juga menyesuaikan ya. Bisa baca ebook atau platform2 kyk beranda ini.

    BalasHapus
  12. Kebiasaan membaca memang lebih mudah dibangu saat anak-anak masih kecil dengan membacakan buku dan menyediakan buku fisik. Saat ini anak saya yang notabene memang lahir dan tumbuh di dunia digital kalau mencari informasi langsung buka mesin pencari atau situs yang isinya informasi yang dibutuhkannya, seperti yang disiapkan oleh situs Beranda ya

    BalasHapus
  13. meskipun zaman sudah paperless, tapi geerasi masa kini juga dituntut untu memiliki wawasan luas. Untung nih ada beranda.co.id, bisa baca lewat smartphone.

    BalasHapus
  14. meski sekarang bahan bacaan bisa didapatkan dengan mudah melalui genggaman baiknya sih ya tetap baca buku fisik.
    Gen-Z juga harus melek berita ya kan bisa baca berita tiap saat, salah satunya melalui beranda :)

    BalasHapus
  15. Tadinya nggak yakin generasi milenial suka baca buku fisik, mengingat mereka terbiasa dengan gadget, ternyata banyak juga lho yang suka baca

    BalasHapus
  16. Salah satu cara yang saya lakukan untuk suka membaca dari dulu selalu memilih tema atau jenis buku yang saya suka, nanti ngalir aja kalau kita membaca buku yang kita suka, nanti biasanya perlahan akan merambah ke buku-buku lainnya

    BalasHapus
  17. Sebagai milenial jadi kena nih daku apalagi tips yang nomor 2 yang memang daku kerjakan, yaitu baca daftar isinya dulu hihi. Soalnya biar makin semangat membaca

    BalasHapus
  18. Generasi milenial itu harus paham literasi membaca agar tidak mudah terkena hoaks. Mislanya cari informasi di situs web terpercaya seperti beranda.co.id ini.

    BalasHapus
  19. Aktivitas membaca memang kudunya bisa enjadi sebuah kebutuhan yaa.. Selain menyerap banyak ilmu pengetahuan, dengan membaca di platform yang tepat, maka bisa juga sekaligus mengikut berita terkini yang sesuai fakta.

    BalasHapus
  20. Personally, aku kurang sepakat dengan poin membaca buku meski tak sampai habis. Khawatir ilmu yang ditangkap hanya separuh. Tapi aku setuju dengan poin lain. Berada di group membaca biasanya akan membuat kita ikut tergelitik juga membaca

    BalasHapus
  21. targetku tahun 2024 ini minimal 1 bulan 1 buku, eh bulan januari ternyata ga nyampe goalnya huhu. langsung deh coba ikutin tips ini, makin sering main sosmed jadi kurang baca buku :(

    BalasHapus
  22. Beranda itu portal berita online terbaru ya, Mba?

    Kalau boleh tahu siapa ya foundernya? Soalnya banyak sekali media baru bermunculan awal tahun ini.

    BalasHapus
  23. Memang sih milenial kenapa jadi males membaca ya? itu terjadi juga sama anakku tapi sekarang udah mulai suka buka buku yg bener-bener disukai sama kayak tulisan di artikel ini

    BalasHapus
  24. Walaupun ada buku yang mungkin isinya gak terlalu dipahami, tetapi ketika ada quotes yang gereget akan menjadi daya tarik tersendiri sih. Ini yang sedang daku praktekan juga

    BalasHapus
  25. Dikit juga ya mba, dari seribu orang cuma 1 orang yang suka baca. Tapi kalo lihat akun Literary base di twitter followernya sampe 800 rb an, kayaknya soal hobi membaca ini banyak faktor, salah satunya kurangnya akses buku di perpus. Tapi gapapa sih kalo latihan baca tulisannya di web, pelan2 nanti terbiasa baca yang lebih panjang lagi. Hehe

    BalasHapus
  26. Ide yang menarik nih. Rasanya para generasi milenial ini lebih memilih main game atau gawai daripada membaca. Apalagi jika dihadapkan pada bacaan yang banyak atau tebal, pasti mereka frustasi. Membangun kesadaran untuk butuh membaca bukan hal yang mudah. Namun, harus dimulai sekarang juga

    BalasHapus
  27. Aku bingung mau baca apa.. pasti pinjem komik keponakan. Lumayan menghilangkan kegabutan. Apalagi sekarang ada Beranda makin gampang mau baca apa hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)