Bagaimana Cara Mendirikan Yayasan?

Adakalanya sebuah komunitas menjadi besar dan ingin memberikan manfaat lebih luas pada masyarakat. Mereka perlu membuat rekening bersama, melakukan pengumpulan dana, dan lainnya. Membuat legalitas salah satu caranya. 

Setidaknya ada tiga bentuk yang bisa dipilih, yaitu yayasan, badan amal dan organisasi. Kali ini saya mau menulis tentang bagaimana cara mendirikan Yayasan saja. Kebetulan pernah dengar komunitas yang saya ikuti sedang membicarakan tentang hal ini. 



Menjadi yayasan memberikan kepastian hukum pada komunitas atau sekelompok orang yang ingin melakukan banyak kegiatan sosial secara sah dan legal. Terkadang yayasan lahir dari sekelompok orang yang bersatu dalam bentuk komunitas atau perkumpulan. 

Misalnya perkumpulan seniman ingin mempunyai agenda membantu keluarga seniman lainnya dalam bentuk beasiswa. Perkumpulan ini tentunya perlu menggalang dana. Untuk melakukannya, perkumpulan tersebut harus membuat yayasan. Komunitas juga bisa/perlu melakukan hal yang sama. 

Saya sengaja memberi contoh untuk komunitas dan perkumpulan karena kadang ada yang menyamakan. Ya bisa dipahami karena keduanya memang terbentuk dari beberapa orang yang punya kesamaan minat, aspirasi, kegiatan, kepentingan, dan tujuan yang sama. Keduanya bisa di-upgrade menjadi yayasan. Sobat Susindra bisa membuatnya secara mandiri atau menggunakan jasa pendirian yayasan. 


Definisi yayasan 

Yayasan adalah organisasi amal atau organisasi nirlaba yang didirikan untuk mendanai organisasi atau individu lain untuk tujuan amal dan tidak mengharapkan benefit seperti badan usaha lainnya. Salah satu alasan pendirian yayasan yang paling banyak adalah untuk mendapatkan bantuan dana hibah untuk tujuan sosialnya. Jadi komunitas atau perkumpulan yang awalnya mempunyai sumber pendanaan dari iuran anggota atau donatur bisa mulai mencari opsi lainnya setelah mendapatkan legalitas berupa yayasan. 

mengapa mendirikan yayasan-susindra


Yayasan sering dipilih oleh sebuah keluarga besar yang ingin punya program sosial bersama. Beberapa keluarga tidak kehilangan akarnya bahkan bisa mengumpulkan ribuan anggota keluarga dalam satu kegiatan reuni besar. Sulit dipercaya kalau saya tidak dengar sendiri teman saya sedang bercerita akan melakukan reuni akbar dengan 3000 orang anggota keluarga, dan ada usulan dari beberapa orang untuk mendirikan yayasan, karena di antara 3000 orang pastinya masih ada yang belum keluar dari kemiskinan. Pernah dengar hal-hal se-amazing ini?

Sebelum menjadi yayasan, perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Perkuat misi pendirian yayasan

2. Siapkan dewan direksi untuk yayasan

3. Pekerjakan seorang pengacara

4. Memilih jasa pembuatan yayasan terpercaya


Pengacara memang sangat diperlukan dan jadi salah satu persyaratan hukum. Bisa juga sebenarnya, dikerjakan oleh dewan direksi, karena ada dua tugas utama yang perlu dilakukan, yaitu pencatatan dan pelaporan. Terutama dalam hal keuangan, karena yayasan tidak dikenai pajak. Setidaknya setelah pengajuan dokumen awal, perlu perincian pencatatan selama setahun.

mengapa butuh jasa pendirian yayasan-susindra



Kenalan dengan founders.id

Tugas-tugas yang perlu diselesaikan dalam pendirian yayasan memang cukup banyak dan ada rinciannya. Semuanya diperlukan untuk pencatatan dan legalitas. Ada yang mengatakan sulit tapi tetap banyak yang melakukannya, karena menjadi yayasan memang seperti melebarkan sayap komunitas/perkumpulan menjadi semakin lebar dan jangkauannya menjadi lebih luas. Inilah mengapa jasa pendirian yayasan menjadi penting dan sangat membantu. Founders.id bisa menjadi pilihan terpercaya, karena memberikan layanan terbaik, harga kompetitif dan hasil memuaskan. 

Founders.id punya banyak paket jasa, yaitu jasa pendirian izin, jasa perubahan izin, jasa pembubaran izin, jasa pengelolaan SEM, dan masih banyak lagi. Bisa menghubungi info@founders.co.id untuk tahu lebih banyak lagi. Langsung ke website-nya saja, ya. Banyak sekali jasa bantuan yang ditawarkan. Sesuai tagline-nya "Founders: Mengubah Bisnis Jadi Mudah." Jadi... kalau mau punya bisnis.... langsung ke sini saja.

20 Komentar

  1. Aku baru punya pengalaman mendirikan CV. Dulu harus ke notaris dan biayanya lumayan juga. Prosesnya pun butuh waktu. Nah, baru tahu ternyata ada yang bisa bantu pengurusan pendirian yayasan ya. Ini menarik banget dan sangat ngebantu. Terbaiklah buat founders.id yang kepikiran untuk menyediakan jasa semacam ini. Hebat!

    BalasHapus
  2. Waaahhh kalau ada jasa pendiri yayasan gini bakal memudahkan banget bagi orang-orang yang ingin membangun yayasannya sendiri ya.
    Nggak ribet, cukup pakai jasa aja, langsung jadi deh :)

    BalasHapus
  3. Lebih gereget sih memang kalau sudah menjadi yayasan, karena kan lebih mudah dideteksi, dikenali mendalam sehingga memudahkan bagi misalnya ada yang mau jadi donatur tetap di yayasan tersebut

    BalasHapus
  4. Wow reuni keluarga bisa mencapai 3000 orang, bakalan mantul banget kalau dihimpun dalam sebuah yayasan. Biar menyamakan suaranya gak pakai makan waktu mending pilih yang mudah dengan menggunakan jasa mendirikan yayasan, anti ribet.

    BalasHapus
  5. wah ternyata ada jasanya ya.. bagus nih jadi kita dibantu sama para expert supaya yayasannya optimal dan legal yaa.. pengen juga punya tapi aku pertimbangkan dulu biaya haha...

    BalasHapus
  6. Menarik banget ya sekarang ada founders ID yang tentunya bakalan membantu banget buat yang pingin mendirikan yayasan.

    BalasHapus
  7. Yayasan memang opsi yg banyak dipilih dibanding CV, PT, yang butuh biaya pendirian lebih besar. Tapi entah kenapa, saya sedikit apriori dengan Yayasan ini karena sering banget dengar penyelewengan keuangan. Bahkan karena dana bantuan sosial yang masuk, para pengurus dan anggota Yayasan jadi bentrok dan ada yang berakhir dengan kematian. Seperti kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang. Ribut keluarga gara-gara dana bansos senilai 30juta. Astaghfirullah.

    BalasHapus
  8. Founders.id sangat solutif ya?
    Karena mayoritas masyarakat sangat awam terhadap hukum
    (bahasanya itu lho, serasa bahasa dewa :D )
    Dengan keberadaan Founders.id, maslah tersebut bisa teratasi

    BalasHapus
  9. Setelah jadi yayasan memang terdengar lebih terpercaya ya, mbak...
    donatur juga ngga ragu untuk berdonasi sebab payung hukumnya udah jelas.
    Sekolah swasta juga sering disebut dengan yayasan, kan, ya.
    Saya sebelumnya sama sekali ngga kepikiran soal bagaimana mendirikan yayasan.
    Thx sharingnya, mbak...

    BalasHapus
  10. Kalau yayasan ruang lingkup sasarannya sudah lebih luas ya kak, selain itu kemungkinan dapat subsidi juga lebih besar ya

    BalasHapus
  11. Banyak keuntungan dengan membuat yayasan, salah satunya kemungkinan untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah

    BalasHapus
  12. Berarti yang mendirikan yayasan ini adalah komunitas yang memang bergerak di bidang sosial, ya. Aku sejauh ini belum pernah merasakan bagaimana perjalanan sebuah komunitas menjadi sebuah organisasi resmi, jadi penasaran bagaimana rasanya.

    BalasHapus
  13. Bener kak, kalau mau bikin yayasan emang perlu nentuin visi misi yang kuat, dewan direksi, sama butuh pengacara juga. Eh baru tahu kalau mendirikan yayasan ada jasanya kak. Noted banget di founders.id ya, siapa tahu kelak keturutan bikin yayasan

    BalasHapus
  14. Jadi sebenarnya yayasan ini tidak boleh berorientasi untuk mencari keuntungan ya mbak, karena tujuan utamanya untuk kegiatan sosial. Kalau nggak mau ribet dengan urusan administrasi untuk syarat pendiriannya, emang lebih praktis serahkan saja pada jasa pendirian yayasan ya

    BalasHapus
  15. Infonya bermanfat banget. Baru tahu kalau yayasn itu kudu ada pengacaranya ya. Selain itu ada jasa pembuatan yayasan juga ya. Lebih gampang bih. Tapi bayarannya brp ya.

    BalasHapus
  16. Semakin banyak yayasan yang bertumbuh untuk menyebarkan manfaat serta kebaikan kepada yang membutuhkan. Semoga pesebarannya merata yaa.. ga hanya di Pulau Jawa aja untuk kesejahteraan bersama.

    BalasHapus
  17. Keren juga ini Founders.id semoga bisa jadi jalan kebaikan bagi para pegiat sosial. Semoga bisa terus berkembang ya!

    BalasHapus
  18. kini ada founders.id , segala urusan administrasi pendirian yayasan serahkan aja ke ahlinya. Jadi klien gak pake ribet dan riweuh lagi. Jadi bisa fokus dengan pencapaian tujuan pendirian yayasan

    BalasHapus
  19. Banyak juga itu sampai ada 3000 anggota keluarga, udah berapa keturunan ya? hehehe

    Ternyata ada pihak yang bisa membantu untuk membuat yayasan ya? Jadi gak repot nih kalau mau bikin yayasan.

    BalasHapus
  20. bagus sekali founders.id bisa bantu teman-teman yang mau bikin yayasan, daripada ribet dan jadi panjang, memang lebih praktis pakai jasa sehingga yayasan bisa segera beroperasi dan memberikan banyak manfaat

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)