Bikin Cantik Rumahmu dengan Kanopi dari Solarflat

Rumah dengan kanopi kelihatan cantik. Apalagi rumah di perumahan yang tampak identik. Pemiliknya pasti ingin tampak unik. Banyak yang memakai kanopi dari bahan solarflat karena awet, tahan pecah dan bikin rumah jadi menarik, unik dan estetik.

Bikin Cantik Rumahmu dengan Kanopi dari Solarflat


Dulu jika ditanya bahan yang cocok untuk atap kanopi, jawabannya pastilah kaca, spandek, seng, asbes, aspal, dan membran/kain. Bahan kaca yang paling diminati karena membuat bangunan rumah jadi cantik dan elegan. Yah, meskipun bahan kaca sangat mahal dan punya risiko tinggi jika pemasangannya tidak tepat. Malahan bisa membahayakan keselamatan penghuni rumah karena bisa pecah.

Dengan risiko dan kekurangan yang demikian banyak ternyata masih banyak lho yang mengambil risiko, padahal ada bahan dari plikarbonat yang jauh lebih aman, anti pecah dan tahan lama.


Kanopi untuk rumah

Kanopi adalah atap tambahan yang terpisah dari struktur atap rumah. Bentuk kanopi biasanya memanjang. Fungsinya untuk melindungi bagian rumah yang terbuka. Misalnya garasi atau bagian depan dari suatu bangunan. Biasanya memang baru ditambahkan di kemudian hari untuk atap garasi rumah atau atap bagi tanaman hias di rumah. 

Setidaknya ada dua fungsi ganda dari kanopi, yaitu melindungi dari cuaca dan memberikan keunikan pada rumah. Keuntungan menggunakan kanopi teras antara lain melindungi pintu dan interior rumah dari cuaca buruk.

kanopi solarflat


Sengkuap adalah nama lain dari kanopi. Sejak lama berfungsi sebagai atap naungan untuk melindungi objek di bawahnya dari hujan dan cuaca panas. Belakangan kanopi menjadi trend sebagai atap teras tuk suasana seakan berada di resort. Di bawah kanopi adalah tempat keluarga tuk mandi matahari. Bahan atapnya biasanya bening seperti kaca tapi bisa mengurangi teriknya matahari alias punya anti UV.

Jika diurai, kanopi punya dua bagian pokok, yaitu bagian rangka dan atap. Rangka biasanya terbuat dari bahan besi, kayu, alumunium, baja ringan dan sebagainya. Bagian atap biasanya terbuat dari bahan-bahan yang jelas lebih ringan dibanding atap bangunan utama, seperti contohnya polikarbonat berbentuk solarflat.


Solarflat pilihan untuk atap kanopi

Solarflat adalah solid flat polycarbonate sheet. Atap polikarbonat ini punya tingkat kejernihan paling tinggi dan tahan terhadap benturan. Punya kemampuan meredam sinar ultraviolet dari matahari sehingga akan lebih aman terhindar dari suhu tingginya. Bisa jadi penerangan alami di dalam rumah. Cocok untuk rumah minimalis yang ramah lingkungan.

Jadi misalnya digunakan cocok sebagai atap tambahan di area cuci jemur dalam rumah atau pengganti kaca green house. Btw, dengan atap ini, ruangan tidak terasa panas, lho. Oh iya, solarflat bisa meredam suara atau mengurangi kebisingan. 

green house solarflat


Atap solarflat terbuat dari bahan polikarbonat yang ringan dan tahan paparan sinar UV. Polikarbonat juga bisa dibentuk sesuai desain yang diinginkan. Keunggulan lain dari polikarbonat adalah durable atau tahan lama, anti pecah, dan tahan terhadap suhu yang ekstrem. Sudah banyak rumah yang area depannya kelihatan terbuka namun aslinya dikelilingi "kaca" solarflat. 


Keunggulan solarflat

Ingin rumah cantik dan unik, kanopi sering jadi solusi. Yang sedang  trend adalah atap kanopi dari solarflat. Bahan ini memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah tanpa membuat ruangan tersebut menjadi panas. 

Atap solarflat terbuat dari bahan polycarbonate dengan kemampuan meredam sinar ultraviolet dari matahari sehingga akan lebih aman terhindar dari suhu tingginya. Atap ini berbentuk solid, tidak bergelombang, dan punya tingkat kejernihan paling tinggi. Tingkat tembus pandangnya seperti kaca, namun sangat kuat, 

Meski saya selalu mengatakan atap solarflat namun sebenarnya cocok juga untuk partisi rumah dan semua fungsi kaca. Berikut keunggulan solarflat: 

– Sangat jernih, seperti kaca

– 250x lebih kuat dari kaca, 

 20x lebih kuat dari acrylic

– Permukaan datar dan halus

– Tahan bocor, dengan instalasi/pemasangan yang benar

– Sangat kuat, tahan benturan dan tahan pecah

– Fleksibel dan mudah untuk dipasang

– Ringan, sehingga hemat dalam penggunaan rangka

– Tahan terhadap perubahan cuaca dan sinar UV

– Bisa menjadi partisi kedap suara

keunggulan solarflat


Kegunaannya: 

– Atap transparan

– Kanopi

– Gazebo

– Kubah

– Atap rumah kaca

– Pembatas jalan tol kedap suara

– Partisi untuk bangunan umum yang terekspos dengan benturan dan vandalisme

– Plastik untuk kebutuhan keamanan dan sekuritas anda

– Perisasi anti huru hara

– Pelindung mesin pabrik

– Papan nama, aksesoris lampu gantung, neon signs


Melihat banyaknya fungsi dan kegunaan solarflat, pasti ingin pakai juga di rumah, kan? Untungnya dari produsen solarflat yang berpengalaman menyediakan dua jenis solarflat yaitu plain dan embos. Oh iya, ketebalannya 3mm dan ukurannya lebar 1,22 Meter panjang menyesuaikan kebutuhan, ya. Kalau merasa bosan hanya bening saja, jangan salah, sudah ada 3 warna cantik yang bisa dipilih, yaitu clear (bening), bronze dan grey

Nah... nah... nah... tak heran kalau kanopi dari solarflat jadi trend di banyak rumah terutama rumah-rumah modern kaum milenial yang ingin punya rumah nyaman, ramah lingkungan dan otentik. Bahkan rumah di perumahan yang default-nya kembar bisa jadi otentik dengan solarflat ini. Coba deh jalan-jalan ke rumah kaum muda, temukan rumah cantik-unik-estetik mereka. 


7 Komentar

  1. Sengkuap atau kanopi memang bagian yang dibutuhkan untuk rumah. Kudu jeli milih bahan. Solarflat dengan bahan solid flat polycarbonate punya tingkat kejernihan tinggi jadi pilihan pas buat bahan kanopi rumah. Bagus nih. Supadilah/padil

    BalasHapus
  2. kalau kanopi saya tahu ya, penggunaanya banyak digunakan di carpot. nah kalai solarflat ini biasanya di ruang belakang rumah ya, saya sih penasaran kak ini bikin panas gak ya? cukup penting sih soalnya

    BalasHapus
  3. Cantik banget teras pakai solarflat gini. Kebayang sambil minum teh sore-sore sambil lihat awan berarak-arak. Hum...tapi teras rumahku menghadap timur nih. Pagi-pagi udah kebayang ada kucing leyeh-leyeh jemur...hehe...

    BalasHapus
  4. Wah kayaknya aku juga perlu banget nih canopy buat tambahan ruang jemur baju pakai solarflat ini, request ke misua ah...

    BalasHapus
  5. Kanopi dari bahan solar flat ini selain nyaman, juga rumah jadi terlihat elit ya

    BalasHapus
  6. Kanopi dari bahan solar flat cantik banget ya, impian nih punya kanopi kayak gini, spill harganya dong kak.

    BalasHapus
  7. bermanfaat sekali info ini, Mba. Bisajadi referensi mereka yang sedang mencari kanopi dengan kualitas yang bagus dan estetik.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)