Binbin Belajar Membaca

Beberapa hari ini kami mengintensifkan belajar membaca Destin karena hari ini, Sabtu 2 Juli 2011 Destin akan mengikuti tes seleksi di SD.
Binbin tak mau kalah. Tiap ada kesempatan pasti iku belajar membaca cara Binbin sendiri, yaitu mengeja huruf. Caranya pun tidak lazim karena membaca dari kanan ke kiri seperti membaca huruf Arab. Tak apalah. Anak usia 3 tahun tak harus tahu huruf. Dan keingintahuan - atau dari rasa ingin juga diperhatikan seperti kakaknya? - Binbin mau mengenal huruf dan angka.
Sejauh ini huruf A-Z dikuasai meski tak bisa menyebutkan urut dari A-Z. Kemudian ada kerancuan, angka 2 disebut Z. 0 dibaca o. 1 dan L kecil dibaca i. Yang paling lucu adalah huruf R yang dieja drallll. Salah Susi juga sih karena kesulitan melafalkan R, Susi arahkan ke hrr... drall... samai sekarang keterusan. Prau (perahu) dibaca drau. Es krim dibaca eskim-rrr atau esdrim. Ah, ada-ada saja Binbin. Tapi kami bangga loh dengan Binbin. Sampai saat ini masih banyak yang mengira Binbin bisu karena tak pernah mau bicara di depan orang. Kami tak pernah perduli anggapan orang karena kami selalu yakin Binbin anak normal yang hebat. Hanyaa.... kesulitan mengomunikasikan kata (dulu).



Dua video di atas kami ambil dengan buru-buru di toko baju kakak Susi. Ketika sedang memilih-milih baju, tiba-tiba Binbin mengeja cover yang ada di sprei. 
Share:

22 comments:

  1. haha.. lucunya binbin...
    aku juga lebih excited waktu si bungsu bisa baca

    ReplyDelete
  2. hm, jadi ingat masa kecil dulu, belajar membaca diajari ibu

    ReplyDelete
  3. waduuhhh,,,lucuunyaa,,
    knp R-nya jadi kaya gitu bu... :D

    ReplyDelete
  4. iiih... seru ya ngajarin binbin belajar membaca.. sering2 latihan aja liat huruf, dengerin pengucapan yang bener, ntar kan juga bisa sendiri

    ReplyDelete
  5. Hahahah ...
    Melihat anak-anak belajar membaca itu ... sangat membahagiakan sekaligus membanggakan ...
    ini momentum yang tiada duanya ...

    Salam saya Bu Susindra

    ReplyDelete
  6. iya ya lucu Binbin bacanya kayak baca Al-Quran :D
    ayo dek yang semangat belajarny :)

    ReplyDelete
  7. Wah senangnya bisa melihat perkembangan dan pertumbuhan anak, banyak orang yang tidak merasakan kebahagiaan tersebut karena sibuk bekerja. Selamat ya Mbak Susi
    Salam masjier

    ReplyDelete
  8. seru banget ni merhatiin anak2 yang lagi pada belajar baca,,, yang penting semangatnya dulu mbak!

    ReplyDelete
  9. Salam Takzim
    Ikut senang mbak Susi, semoga binbin semakin cerdas
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  10. Anak pintar....
    Semangat belajar ya Nak....

    rrrrrr.... :)

    ReplyDelete
  11. Binbin kereen...

    Wach ngomong2 Binbin ini mirip siapa ya?

    ReplyDelete
  12. Masa kecil Binbin persis sama denganku gak bisa bilang huruf "R"

    Semngat Binbin dan terus belajar

    ReplyDelete
  13. Mbak Hilsya: Iya, mbak Excited sekali. Sayang sekali biasanya bertambah umur belum tentu secepat ini menguasai baca tulis, ya mbak.

    Mas Joe: Kata pepatah kuno, ibu adalah guru dan dokter pertama.

    Mas Mabrur: kesalahan ibunya, mas.

    Gaphe: Awalnya hanya memperhatikan kala Destin belajar. Makanya kaget waktu sadar Binbin bisa mengeja huruf.

    Pak Enha: Benar sekali, bapak.

    Tiara: Itu karena kami belum pernah mengajari membaca yang sebenarnya. Jadi membacanya sesuka Binbin sendiri.

    ReplyDelete
  14. Masjier: Moment yang hampir terlewat, ya.

    Aina: Iya, yang penting anak suka dan tidak dipaksa.

    Mas Isro: Amin. Terima kasih do'anya ya.

    Mbak Yustha: Amin. Terima kasih supportnya ya. Rrrr....

    Mbak Yunda: Secara fisik mirip sekali papanya, mbak. Nanti besarnya insyaAllah bagai kembar dibelah dua. xixi...

    Mas Sofyan: Sebenarnya untuk usia 3 tahun, R Binbin bagus loh. Hanya saja dia suka ngeyel. Jika diajarkan "dral" maka untuk semua ya "dr". Hari-hari ini dia dibisikin kakaknya kata tolol (becanda sih), eh, eh, jika minta tolong bilang tolol alih-alih tolong. Contohnya, Ma, tolol ambil minum." Susahnya membalikkan ke kata tolong. Baru mau bilang tolong setelah diajarin kakaknya. Sementara ini Destin memang sosok nomor satu bagi Binbin. Manut sekali sama kakaknya.

    ReplyDelete
  15. Selamat pagi sahabat tercinta,
    Semoga anda selalu sehat dan bahagia.
    Saya sampaikan kabar gembira bahwa anda mendapat tali asih berupa sebuah buku berjudul Semiliar Cinta Untuk Ayah karena artikel anda terpilih dalam ADUK di BlogCamp.
    Silahkan segera mengirimkan nama dan alamat lengkap untuk pengiriman tali asih tersebut
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  16. Hihihi....lucu sekali cara Binbin mengeja huruf R. Raja sampe sekarang masih belom bisa mengucapkan R dengan benar kalo pake pengucapan dalam bahasa Indonesia, tapi kalo pake pengucapan bahasa Inggris dia malah bisa...anak2 memang suka ada2 aja, tapi memang sebaiknya biarkan ia tumbuh sesuai kemampuan dan keingintahuannya ya mbak :)

    ReplyDelete
  17. semangat sekali belajarnya ya binbin. mbak susi selamat menang di kontes ADUK ya

    ReplyDelete
  18. jadinya destin diterima ga mbak di SD nya?

    ReplyDelete
  19. weeww.. samaa.. aku juga gak bisa lancar ngucapin RRRR.... kalah sama anak pertamanku

    ReplyDelete
  20. Hahaha BinBin lucu deh. Belajar baca bareng Dita yuuuk :-)

    ReplyDelete
  21. Waahh...3 tahun udah bisa baca huruf, pinter banged itu mah mba Sus ^^

    ReplyDelete
  22. Pakde Cholik: Alhamdulillah. Terima kasih pakde.

    Mbak Allisa: Setuju mbak Allisa. kami belum termasuk ortu yang memaksa anak kursus di sana-sini karena nyata Destin masih belum excited belajar. Semua ada waktunya.

    Mbak Lidya: Bukan belajar, mbak. Hanya ingin tahu saja. Kami tak pernah mengajarinya kok.

    Pak Necky: Langsung diterima di SD yang kami harapkan, pak. Terima kasih.

    Mbak Kus: Asal Rrr Perancisnya bagus, mbak. hehe..

    Bundit: Semoga kelak ada kesempatan bertemu ya mbak.

    Mbak Orin: Biasanya usia segini cepat belajarnya mbak. Nanti akan surut lalu akan naik lagi. Masih normal kok

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra