DnB Bermain di Pantai (Lagi)

Ada banyak pantai indah di Jepara. Total yang saya tahu, ada 20 pantai yang sudah dibuka untuk umum. Di antara 20 pantai itu, sebagian besar masih dikelola warga. Maka tak heran jika masyarakat luar Jepara hanya mengenal pantai kartini, pantai Bandengan, dan Benteng Portugis. Saat ini pantai Pungkruk sudah direnovasi total untuk wisata keluarga, demikian juga dengan pantai Empu Rancak. Semoga semakin banyak pantai yang dikelola Pemda sehingga warga bisa mengambil lebih banyak nilai ekonomis dari wisatawan yang datang ke lokasi.
pantai-indah-di-jepara


Saya dan suami senang bermain di pantai yang belum banyak pengunjung. Jika dulu kami sering ke pantai Prawean yang meski sudah terkenal tetapi belum ada tanda-tanda ditata pemda maupun warga, kali ini kami ke pantai yang lokasinya dekat sekali dengan pantai bandengan. Tepatnya di sebelah utara. Kami sudah mengenal pantai ini agak lama. Pantai ini berjasa mengantarkan Binbin belajar berjalan. FYI, saya dan suami memang rajin mengajak anak ke pantai untuk belajar berjalan, karena ketika jatuh anak merasa empuk.

Pantai ini sangat sepi. Hanya ada para pemancing yang berada di kejauhan, sementara motor mereka ditinggalkan berderet-deret di dekat warung kecil. Ombaknya sangat tenang, dan mereka yang memancing tampak seperti mengambang di laut. Ombak dengan tenang menyapu bebatuan yang berserakan. Kurang dari 200 meter dari sana ada pantai yang bebas dari bebatuan.
pantai-indah-di-jepara

Seperti biasa, kedua anak saya, Destin dan Binbin, langsung bersukacita bermain di air. Mereka bermain pasir putih lalu kembali ke air dan lanjut bermain lagi. Begitu berturut-turut. Kedua anak ini... kadang membuat saya risau, bagaimana jika suatu saat diajak ke wisata pantai yang jauh dari Jepara. Butuh ganti berapa, padahal saya dan suami sudah merencanakan mengeksplorasi pantai dan wisata alam sekitar Jepara yang masih tersembunyi.

Ah... pikirkan nanti saja. Saya yakin mereka juga tidak saklek, kok. Mungkin hanya insting kanak-kanak yang akan paham, belum waktunya memuaskan hasrat bermain air sebelum semua pantai yang dijadwalkan dikunjungi.
pantai-indah-di-jepara

Semoga sebelum Januari berakhir, rencana jalan-jalan dan eksplorasi ke 5 pantai sebelah utara Jepara terlaksana dan bisa diceritakan di blog Blogger Jepara

Share:

39 comments:

  1. ASyik memang main di pantai yang sepi ya, Mbak .... kalo pantainya rame sudah nggak asyik lagi :D

    Banyak amat di Jepara sampe 20 pantai dibuka untuk umum? Wow. Kalo tiap minggu ke pantai, asyik juga kali ya Mbak. Dua puluh pantai habisnya 5 bulan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya suka ke pantai yang masih sepi, belum banyak dikenal. Jadi seperti di foto ini

      Delete
  2. Di Jepara byk juga pantai indah utk dikunjungi ya Mba.. Aku juga penyuka pantai..rasanya gimana gitu kalo lihat pantai dengan deburan ombaknya yg bergulung2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jepara, deburan ombak bergulung-gulung sulit dicari, Mbak. Harus ke arah lebih utara yang dekat Pati, ada ombak yang agak terlihat.
      Tipe laut yang tenang dan melankolis

      Delete
  3. Pengen banget ke jepara lagi.kemarin tu baru ke pantai kartini n bandengan. Pengen ke teluk awur..katanya bagus ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata bagus relatif Mbak, karena masih dikelola warga, jadi pantai Teluk Awur belum ada fasilitas kecuali MCK sederhana dan pedagang asongan

      Delete
  4. Daerah keling, puanas pantene. Blebak, aku pengennn. Wis pokok e serba pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo melu...
      tim-ku boncengannya sisa 1. Siapa tahu berjodoh juga. hahahahaha

      Delete
  5. Waaa sama kayak kotaku, banyak pantainya, banyak yg belum terjamah juga. Tapi di Jepara ombak pantainya tenang ya, Mba, jadi bisa beneran refresh menghirup aroma pantai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ombak di Jepara relatif tenang Mbak. sangat jarang bergolak.

      Delete
  6. EMmang bener bener sejuk kalau main di Pantai. Saya termasuk suka dengan alam termasuk diantaranya adalah Pantai. Sayang sekali Pontianak tidak ada pantai. Pantai teredkat Pantai Kijing itu luar kota, dan harus menempuh setidaknya 3 jam mobil dari kota Pontianak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 jaaam...
      Alhamdulillah saya anak pantai, makanya berkulit coklat legam. Hehehe

      Delete
  7. Banyak nian pantainya..kl pantai, semakin sepi memang semakin asyik mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ada namanya dan dikenal itu mbak. Masih banyak yg lainnya. 65% perbatasan Jepara itu laut. Jadi topografi lautnya beda2.

      Delete
  8. kayaknya hawanya sejuk banget ya mbak ;)

    ReplyDelete
  9. Wah bnyak pantainnya, saya juga suka ke pantai yang sepi belum banyak penhinjungnya, itu pantainya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai ini tidak termasuk 20 pantai yg dibuka untuk umum, mbak. hehehe
      Tapi iya, pantai ini bagus

      Delete
    2. Pantai ini tidak termasuk 20 pantai yg dibuka untuk umum, mbak. hehehe
      Tapi iya, pantai ini bagus

      Delete
  10. Aku pernah sekali ke Pantai Kartini, mba. Jadi pengen ke pantai lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo Mbak. Bisa hubungi saya jika ingin ke pantai di Jepara

      Delete
  11. Duh... jadi rindu dengan kebiasaan di kampung. Tiap air laut surut, aku selalu turun ke laut untuk mencari duri babi, gurita, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... yang ini akan asyik banget Mas.
      Rekor masa kecil saya hanya cari bukur (kerang) dan jika ketahuan Bapak akan dikejar-kejar lalu dimarahi. Hahahahaha

      Delete
  12. Sepi bangetttt serasa pantai milik pribadi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pantai pribadi yang tak perlu beli mbak. hihihi

      Delete
  13. aku pernah ke pantai empurancak lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah, Mas. Hihihi... serius

      Delete
  14. asyik banget rencananya...jalan-jalan ke 5 pantai sebelah utara Jepara...ikutaaannn dong
    keep happy blogging always..salam dari Makassar-Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mas Har, segera pesan tiket pesawat

      Delete
  15. Indah ya... sebenarnya pantai-pantai seperti ini sangat banyak di Indonesia. Potensi wisata yang mampu mendatangkan penghasilan untuk masyarakat sekitar harus di optimalkan sedemikian rupa oleh semua stakeholder.Sayang sekali kalai pantai pantai seperti ini tidak dikelola dengan profesional. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Statusnya sabar menunggu. hehehe... sekitar pantai sini sudah jadi lokasi wisata dan sudah ada hotel-hotel yang bisa dipesan secara online. Jadi tinggal menunggu waktu

      Delete
  16. Justru sepi lebih enak menurut saya. Sekalian bsa relaksasi pikiran. Mencari ketenagan. Hiruk pikuk membuat saya pening...

    Apalagi klo sampah2 berserakan. Duh udah pening juga gemes, ini mah asik tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Saya suka pantai yang sepi. Melihat hamparan laut tenang sambil mendengar lagu syahdu. pulang2 jadi relaks

      Delete
  17. entah kenapa aku kurang suka pantai mbak, tapi kalo pantainya ada hutan2nya dan gak rame suka, eh aku pernah ke pantai kartini lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka wisata alam apapun Mbak. Tapi memang sudah lama tidak naik gunung/bukit.

      Delete
  18. Aku udah lama banget gak ke pantai. Jadi ingin ke sana. -,-

    ReplyDelete
  19. Belum pernah ke Jepara, kayaknya banyai pantai yang cukup indah ... yang paling sering di denger karimun Jawa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra