Kelebihan yang Dimiliki Antena TV Indoor

Televisi sudah menjadi barang umum yang dimiliki. Rasanya, hampir setiap orang punya. Meski saya tidak memungkiri bahwasanya ada sebagian kecil keluarga yang memutuskan tidak menggunakan TV seperti saya, yang selama 4 tahun mencopot antena. Beruntung, antena kami adalah antena indoor yang takkan rusak meski tidak digunakan. Itu salah satu kelebihannya. Bagaimana dengan kelebihan lain yang dimiliki antena TV indoor?

Original foto from pixabay
Televisi adalah alat elektronik yang dapat menampilkan secara audio dan visual dalam bentuk gambar dan video bergerak. Sejak diproduksi pertama kali, televisi telah menjadi alat elektronik yang paling diminati. Televisi sudah tersedia dengan berbagai jenis, tipe dan juga ukuran yang berbeda-beda yang bisa kita pilih dan tentukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan keluarga. Beragam tayangan seperti acara hiburan, acara film, acara olahraga, dan tentu acara berita yang bisa memberikan manfaat, hiburan, dan juga pengetahuan bagi membuat pemirsa seperti sulit hidup tanpa TV. 

Antena TV adalah bagian terpenting dari TV karena menjadi receiver atau penangkap sinyal. Tanpa antena, televisi hanya sebuah kotak tanpa fungsi. Semua audio dan visual TV sangat tergantung kualitas tangkapan antena. Maka, tak salah jika kita harus pandai memilih antena yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. 

Antena TV indoor yang baik biasanya ditandai dengan merk tertentu dan daya tangkap yang ditawarkan. Saya pribadi lebih suka antena indoor atau antena yang biasa digunakan dan dipasang di dalam ruangan atau di dalam rumah karena punya lebih banyak kelebihan. Apakah itu? Berikut adalah beberapa keuntungan memasang antena televisi indoor, yaitu:

  • Antena indoor bisa menghindari terjadinya korsleting listrik yang mungkin terjadi saat cuaca buruk atau saat musim penghujan.
  • Sinyal antena indoor lebih stabil sehingga siaran televisi lebih jernih dan bagus meski cuaca ekstrim dengan angin kencang.
  • Antena TV indoor memungkinkan kita lebih mudah membetulkan posisi antena saat tangkapan sinyal melemah atau terganggu.
  • Antena TV indoor lebih fleksibel 
  • Antena TV indoor juga lebih mudah dibersihkan, jika memang diperlukan.


source image: pixabay
Dengan banyaknya manfaat dan kelebihan antena TV indoor, tak heran jika lebih banyak yang memilihnya. Sekarang, yang tak kalah penting adalah mencari antena TV indoor yang paling cocok bagi kita. Pertimbangannya tak banyak, yaitu apa jenis dan merk TV serta jangkauan frekuensi yang diinginkan. Beberapa antena bisa menangkap sinyal UHF, VHF dan FM. Antena indoor sendiri memiliki dua bentuk yaitu tipe oldschool atau jenis kuno yang kita kenal sejak kecil yang bisa dipasang di dalam rumah, dan bentuk digital seperti top box TV berlangganan. Untuk yang terakhir ini, ada baiknya mencari lebih banyak referensi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Share:

7 comments:

  1. Jadi nggak takut lagi antena kesambar petir ya, Mbak? :'D

    ReplyDelete
  2. Aku berminat nih. Pake antena outdoor rada susah kalau pas channel ilang.

    ReplyDelete
  3. Mungkin sudah saatnya kita moveon ke antena indoor. ^_^

    ReplyDelete
  4. iya betul sekali, jadi engga kawatir lagi saat hujan... dirumah aku juga di pasang di dalam rumah...

    ReplyDelete
  5. Betul sekali mba, dan saya setuju antena tv indoor itu bisa dibersihkan. Jadi tidak susah dan tidak perlu panas-panasan. :)

    ReplyDelete
  6. Aku juga pake antena indoor Mba.. Lebih praktis memang karena kalau burem, bisa digeser-geser. Tapi minusnya, sinyal yang ditangkap ngga begitu kuat ya?

    Kami juga udah ngga ada TV 2 bulan ini. So far sih belum kenapa-kenapa.. Hehe.. Belum kangen nonton TV maksudnya.

    ReplyDelete
  7. makasih sharingnya, aku belum pakai nih, nanti bakal dicoba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra