HITAM PUTIH: Kumpulan Catatan Perjalanan Mbak Rifka

Apa yang kita lihat setiap hari diperjalanan menuju kantor, sekolah, atau pasar tiap hari? Banyak orang dengan segala tingkah polah dan cara berpakaian. Dan mereka adalah obyek observasi yang sangat baik bagi Susi (Terbayang juga tingkah polah dan busana Susi diobservasi semua orang yang mau). Untuk apa sih memperhatikan apa yang dikerjakan orang lain?

Bagi Susi sendiri, semua yang Susi lihat adalah bahan observasi untuk introspeksi, memperbaiki diri, menyemangati diri, bahkan bersyukur dengan apa yang Susi miliki saat ini. Lebih jauh, Susi sering mengobservasi sekitar untuk bahan membuat cerita atau novel yang Susi idamkan agar tampak nyata. Kebiasaan ini membuat Susi menjadi pengguna jalan yang berbahaya hingga Susi lebih suka membonceng saja di belakang karena bisa saja sontak seluruh pikiran Susi terbetot ke ranah khayalan Susi. Melihat seorang pengemis yang mengais makanan di tong sampah membuat Susi menitikkan air mata dan ingin sekedar membantu (Bapak Susi dulu pernah mengajak wanita gila ke rumah untuk disembuhkan. Sayang sekali ketika menjelang sembuh dan sudah mau sholat 5 waktu,  ada keluarga yang datang dan mengambilnya hingga wanita itu melarikan diri lagi). Melihat seorang dengan fisik tak sempurna membuat Susi bersyukur memiliki badan sempurna. Melihat anak SMA memakai baju congklang atau terlalu pendek 10 cm bersepeda membuat Susi bangga melihat generasi muda yang gigih bersekolah dan menjadi terpompa untuk terus belajar. 

Alhamdulillah Susi mendapat kesempatan menjadi working mom 3 bulan dan jauh dari suami (kami selalu bekerja dalam satu kantor dan satu tim) hingga Susi harus berangkat naik Bis setiap hari.Perjalanan naik bis Jepara-Bangsri selalu dihiasi goyang dombret ala penyanyi lokal hingga membuat Susi jengah, malu dan sebel.  Jadilah perhatian Susi lebih sering keluar Bis atau memperhatikan penumpang sekitar. Tak jarang Susi berhenti terlalu jauh karena kantor terlewat. Tapi di tangan Susi sudah ada sebuah catatan kecil apa yang Susi tulis hari ini. Sejak itulah Susi menjadi blogger yang rajin posting.

Mengapa Susi berpanjang lebar begini? tak lain karena sebuah buku menarik hati dan ingin Susi koleksi. Sebuah buku karya Rifka Nida Novalia yang juga seorang blogger berjudul "HITAM PUTIH: Kumpulan Catatan Perjalanan". Mungkinkah Mbak Rifka terbiasa melakukan hal yang sama seperti Susi, ya? Karena penasaran kubaca-baca semua postingnya di Hitam Putih juga di Nulisbuku. Juga Susi googling resensi bukunya. 

Sedikit review yang kutemukan, ternyata Buku setebal 188 halaman ini selain bahan renungan mbak Rifka, namun juga berupa ajakan pada kita para pembacanya untuk merenungkan kejadian sehari-hari yang mungkin kita temukan kala diperjalanan dengan cara yang lebih kritis. Bukan hanya melihat sosok manusia berlalu lalang namun juga secara personal. 

Buku baru mbak Rifka yang penuh perenungan mendalam

Ada sebuah tulisan mbak Rifka yang menyentuh hati Susi karena cukup dekat yaitu tentang penjual mainan yang dilarang berjualan di SD. Dengan berani mbak Rifka membela hak penjual dengan membicarakan pada guru SD tersebut. Jawaban yang di depat klise (dan ya! ini juga akan dikeluhkan Susi pada SD Destin) yaitu keluhan para orang tua murid karena uang saku anak dipakai untuk  membeli mainan. Dan apa yang kita dapat dari buku ini? jawaban hebat si penjual mainan yang ikhlas dilarang berjualan di beberapa SD karena lautan rejeki Allah maha luas untuk semua hambanya. Ini adalah kalimat indah yang bisa kita dapat dari penjual mainan sedernaha jika kita mau mendengarkan. Jadi, rubahlah mindset kamu. Jangan lihat siapa yang bicara, tapi apa yang dibicarakannya. Yuk kita belajar mendengarkan dan mengamati agar bisa segera menyusul mbak Rifka menjadi penulis buku.

Salah satu bahan Tulisan Mbak Rifka yang menyentuh hati Susi

Buku "HITAM PUTIH: Kumpulan Catatan Perjalanan" yang didesign khusus oleh Mas Huda Tula dari Sleman pemilik blog Rumah Review sudah bisa dipesan secara langsung pada mbak Rifka di rifka.nida@gmail.com atau memesan secara online di webstore Nulisbuku.com. Klik link ini untuk langsung menuju buku mbak Rifka. Buku ini layak dikoleksi sebagai bahan perenungan tentang pencapaian kita serta apa yang bisa kita lakukan bagi sesama.
**********************************

Posting ini selain bahan renungan Susi juga diikutkan dalam Giveaway Gaphe yang bertema From Bali With Giveaway!!!

Comments

  1. wah tulisan itu pada dasarnya sama dengan sekolah PAscal mbak, peraturannya dilarang jajan

    ReplyDelete
  2. wah reviewnya lengkap banget...sayang di undi yachh...kalo ngga pasti punya mbak susi menang nechhh........smoga rejeki ya mbak.......

    kalo di sekolah2 yang aku lewatin, banyak loch penjual mainan...dan gak ada larangan dr gurunya.......anaknya temenku aja ada yg tiap hari pulang sekolah pasti bawa gelang...tiap hari belinya gelang sampe bisa utk dijual lagi hihihi.......

    ReplyDelete
  3. saya rasa biar lebih adil mustinya blog yang reviewnya bagus and lengkap kayak gini dapat nomor undiannya 4 jadi walaupun diundi kesempatan menangnya lebih besar sebagai bentuk penghargaan atas apresiasi terhadap buku tersebut.
    Nah kalau yang cuma majang gambar buku doank dan sekedar memenuhi syarat ikut giveway itu baru pantas dikasih nomor undian satu.
    Good luck moga sukses

    ReplyDelete
  4. udah baca bukunya ya mba?
    aku belum :(

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali reviewnya mba Sus, semoga menang ya ;)

    ReplyDelete
  6. @Semua: Terima kasih doa, support serta pujiannya. Terharu sekali dengan perhatian sahabat. Terima kasih, ya. Ini hanya tulisan dan renungan, kok. Semoga bermanfaat. Jika ternyata dapat hadiah Gaphe, Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  7. mbak , ulasannya lengkap deh...
    semoga berjaya mbak Susi

    ReplyDelete
  8. tulisannya bagus banget,,mereview perjalan hidup diri sendiri yang hampir mirip dengan perjalanan Mbak Rifka,,,selamat ya Mbak,,

    ReplyDelete
  9. great, hebaat.. ini barun namanya mereview dan meresensi.

    kalo saya jurinya, saya akan kasih deh bukunya sama jeng susindra.. tapi nanti kan diundi tuh, berharap semoga jeng susindra yang menang yaak!! hebat-hebat.. kereen ^_^

    Goodluck!. sudah tercatat sebagai peserta, ditunggu updatean selanjutnya yaa.

    ReplyDelete
  10. waah "...selalu dihiasi goyang dombret ala penyanyi lokal" panturaan gitu dong Tante hhehhe
    good luck ya Tan ^^

    ReplyDelete
  11. makasih ya udah ikutan....moga aja menang ^_^
    -rifka

    ReplyDelete
  12. Ya kita harus slalu membaca dan mengamati yang ada disekitar kita. lingkungan dan orang2 disekitar bisa menjadi guru dan pelajaran untuk kita.

    ReplyDelete
  13. Beberapa orang sudah menulis resensi tentang buku Hitam putih ini ...

    Sepertinya buku yang layak untuk disimak

    Terima kasih Bu Susi

    ReplyDelete
  14. bagus bangettt...

    semoga sukses bu..

    ReplyDelete
  15. mudah2an menang Mba Susi...
    uraiannya lengkap banget... ^_^

    ReplyDelete
  16. Salam

    Resensinya lengkap nih,
    cari tau deh ke TKP mba.. Salam kenal.

    Salam kawan

    ReplyDelete
  17. ada tag Buat Mbak Susindra, kalo gak keberatan mohon dikerjakan ya mbak,,,trims http://iin-aina.blogspot.com/2011/06/10-aina-undercover.html

    ReplyDelete
  18. Reviewnya lengkap dan isinya juga 'dalam', mbak..

    Sukses yaaa....

    ReplyDelete
  19. GOOD infonya my friend,
    visit me too...
    http://www.apha.co.nr
    http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)