Kuis Mini Susindra

Beberapa hari absen ngeblog. Rasanya... aduh... berasa ada yang hilang. Apalagi saya punya beberapa proyek menulis yang harus saya selesaikan. Tapi apa daya... saya sedang dilanda kegalauan blogger pemula. Keyboard tiba-tiba tak bisa mencetak huruf B dan N membuat saya merasa jengkel sekali harus bersusah payah menjingglengi semua huruf yang saya ketik. Binbin, si anak lanang yang selalu merengek meminta komputer untuk bermain game. Ceritanya, pasca tes semesteran saya membolehkan mereka bermain game (selama dua minggu) sebelum kami uninstall lagi. Bisa dikatakan upah mereka belajar giat untuk tes semesteran selain main ke pantai. Dan alasan ketiga, saya sedang membuat pesanan souvenir pengantin, pesanan replika kue flanel, membuat paket belajar, dan mempersiapkan paket belajar membuat bunga flanel yang akan saya luncurkan sebentar lagi. Al hasil, saya mengalihkan seluruh kejengkelan saya pada keyboard nakal itu ke proyek memperlebar usaha flanel saya.

Souvenir Pengantin Murmer
Hari ini, semua pesanan sudah kelar dan siap kirim. Proses membuat Paket Belajar Flanel juga hampir siap. Keyboard sudah bener. Saya sudah siap menulis lagi. Tapi enaknya menulis apa ya? Tiba-tiba blank lagi setelah Binbin merengek-rengek di sebelahku. Xixixi.... "Sabar ya, nak. Mama mau ngeksis dulu."

Oh iya, bicara soal rengekan anak ketika ibu/ayahnya sedang di depan komputer, siapa yang punya pengalaman seperti ini? Share yuk pengalaman dan tipsnya. Jawaban terbaik akan dapat hadiah kreasi bunga saya. Pemenang hanya untuk sahabat yang mempunyai alamat Indonesia ya. Apa saja sih hadiahnya?

Bunga terbesar itu bernama bunga Peony adalah jepit rambut ukuran jumbo. Jadi meski rambutmu termasuk lebat, tetap bisa pakai. 2 bunga kecil-kecil itu juga jepit rambut untuk anak perempuan. Dijadikan bros juga bisa. 2 bunga lain yang berwarna putih dan ungu itu adalah bros bunga. Bagaimana? Suka? Ayo jawab pertanyaan saya. Kuis ini berlaku hari ini sampai minggu tanggal 22 Desember 2013. Saya tunggu jawabannya ya.

Rules-nya apa? Mudah kok, tulis nama lengkapmu dan nama kota pengiriman serta jawabanmu di kolom komentar saya di bawah ini. Pertanyaannya saya ulang sekali lagi ya..... Share yuk pengalaman dan tipsmu mengatasi anak yang merengek meminta komputer ketika orang tuanya sedang memakai komputer. Formatnya seperti ini:

Nama : 
Kota:
Jawaban: 
Mudah ya? Saya tunggu hari ini, 19 Desember sampai 22 Desember 2013. Pengumumannya hari Senin 23 Desember 2013, ya. Ayo.. tulis tips terbaikmu di sini.

27 Comments

  1. blum.. punya pengalaman...,*blm punya anak...* :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya adek mbak, dan dia sering begitu.
      Jadi boleh ya, saya ikut juga.. :)

      Nama : Abdur Rosyid
      Kota: Probolinggo
      Jawaban: Kalo sudah merengek begitu biasanya saya alihkan ke hal-hal selain game. Yang sering biasanya saya ajarin ngetik di Microsoft Office dan Power Point.. :)
      Karena adek saya rasa pengen tahunya tinggi sekali..

      Delete
  2. Nama : Susanti Dewi
    Kota : Serang
    Jawaban : Saya sering mengalami hal ini. Biasanya yg saya lakukan adalah meminta anak untuk bermain game di tablet, atau saya meminta untuk menonton kartun dulu, tak jarang pula saya meminta anak untuk mewarnai. Saya sodorkan buku mewarnai dan pensil warna, maka biasanya anak saya mau menuruti permintaan saya.

    ReplyDelete
  3. Nama: Riana Wulandari
    Alamat: Bogor
    Jawaban: biasanya saya pangku sebentar, sambil memberi tahu apa yg sedang saya kerjakan. "Nih, De. Ibu lagi bikin tulisan tentang Dede. Bagus ga? Ibu beresin dulu ya nulisnya. Dede tunggu sebentar ya. Nanti kita main lagi." Biasanya ini manjur banget dan anaknya mau ngerti. Asal, kita menepati janji, begitu tulisan selesai, langsung matikan laptop dan ajak anak bermain. Nanti diteruskan lagi memakai laptop saat anak sedang tidur atau asyik bermain agar tidak diganggu lagi.

    ReplyDelete
  4. Mau ikutan ya mbakk..
    Nama : Cening R Jade Ayu Prasanthi / Ayu
    Kota : Jakarta
    Jawaban : berhubung anak saya Rafa masih 2 thn 4 bln jadi masih hobi bgt merengek. Haha.. Hal yg saya pelajari dr anak kicik ini adalah " jgn berjanji klo qta ga bisa menepati", krn mreka pasti ingat dan akan menagih. Jadi misalnya untuk urusan mainan kami sdh punya kesepakatan hanya beli mainan 1 bln skali. Jd klo sdh beli ya nggak ada crita beli lg. Klo Rafa merengek biasanya akan kami ksh pengertian baik2 sambil mengingatkan mainannya yg d rumah. Krn biasanya mainannya mirip2 sm yg udh punya. Klo msh tetap minta ya kami 'tinggal'. Tega ya? Hihi.. kan nggak bner2 dtinggal. Awalnya Rafa akan menjerit2, menangis smp org2 pd nengok. Tp kami ttp sok2an ninggalin dia. Alhamdulillah lama2 dia sdh tahu. Jd skrg klo lwt toko mainan dia dgn lantangnya udh bs blg " Rafa nggak beli kok Nda, cm lihat aja. Kan kmrn udh beli.. " ya meski lihat ajanya itu bs smp 15 menitan. Haha..

    ReplyDelete
  5. Nama : Uniek Kaswarganti
    Kota : Semarang
    Jawaban : Wah, koq sama nasib kita ya mba. Saya juga sering banget deh mau pake komputer tapi anak2 rempong pengin pake juga. Yang mau ngegame lah, mau lihat foto, mau liat video anak di youtube, hadeeehhh bikin pening. Diberi alasan apapun tak akan mempan. Satu-satunya yang masih efektif saat ini adalah mengalihkan keinginan mereka. Bila lagi mood main game, tinggal sodorin tab milik ayahnya, bereeesss... :) Kalau si nomor dua yang gemar nonton video apa saja itu merengek tiada henti, tinggal saya beri hape saya yg kebetulan sering saya pakai untuk merekam berbagai kejadian sehari-hari, tentu saja dengan anak2 saya sebagai artis utamanya. Diem deh langsung ni bocah. Emak pun jadi bisa lanjut berselancar jayaaaa :D *sepertinya ini trik yg kurang bagus, jangan ditiru yaaaaa :D

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Nama : Early Dian Arthanty
    kota : Ciledug Tangerang

    Saya juga punya pengalaman yang sama dengan mba Susi biasanya saat saya sedang menulis, anak saya yang sudah berusia 10 tahun merengek minta pakai komputer . Biasanya saya membuat perjanjian sama dia, saya katakan "Setelah mama selesai kerja kamu boleh menggunakan komputer ini ya !, jadi sekarang kamu main dulu yang lain".
    mungkin karena usianya yang sudah mulai besar biasanya dia sudah bisa mengerti apa yang saya maksud.

    Tetapi jika usianya masih sekitar 4-5 tahun perlu cara khusus untuk mengalihkan perhatiannya mungkin dengan memberikan mainan atau alat menulis atau menggambar, biarkan dia duduk di samping kita yang sedang bekerja dengan begitu dia merasa tetap kita perhatikan walaupun ibunya sedang sibuk bekerja.
    saya berharap cara ini cukup bisa menyita perhatiannya sehingga dia tidak mengganggu kegiatan menulis kita. ^_^ semoga berhasil.

    ReplyDelete
  8. yaaaaag gak bisa ikutan :( saya seorang perempuan yang sedang menginginkan kehadiran buat hati xiixix :D*eh kok malah curhat

    ReplyDelete
  9. Nama : Efi Fitriyyah
    Kota : Bandung
    jawaban :
    Saya sih belum punyan anak hehehe iyalah, belum merit. Tapiii saya suka direcokin ponakan nih. Biasanya saya suka kasih perjanjian, saya kasih waktu sebentar buat ngoprek, karena ternyata ponakan saya ini suka browsing juga. Sukanya melihat gambar2 tertentu seperti gambar otopet, boneka, mainan atau nonton youtube buat lihat upin upin. Saya suka donlotin dan saya simpan ke memory lain misalnya hp. Nanti saya transferkan dan dia biasanya asik nonton dari tablet atau hp.

    ReplyDelete
  10. Nama : Astin Astanti
    Kota Jakarta
    Jawaban : Sering sekali, ketika sedang berda di komputer, tiba-tiba si Faiz ngerecokin, bilang mau maen game-lah, mau belajar nulis-lah *padahal baru 4 tahun. Nah, biasanya sich, aku persilahkan saja si anak imut itu untuk menggunakannya, setelah puas pasti Faiz memperbolehkan aku untuk menggunakan komputer tersebut. Kenapa? karena kalau aku minta dia melakukan hal lainnya, aku pasti digangguin terus..lebih baik Faiz dulu yang pake komputer, setelah puas...baru dech aku.

    Salam yo Mba Susi, semoga kali ini itu hasil kerajinanmu mendarat tepat di alamatku, aamiin.

    ReplyDelete
  11. mak Susindra ....susaaah ya kalau eksis tapi anak-anakperlu perhatian juga :D..
    Tapi kalau sudah merengek main komputer, Bo or Obi harus diberi waktu untuk pinjem komputer dulu ma..Biasanya, setelah aku tinggalin komputernya dan (pura-pura) sibuk dengan hal lain, mereka akan ikut teralihkan juga :D..biasanya aku akan bilang "Mama pergi aaah ...mau main sepeda aja", misalnya :D..kadang berhasil kadang nggg mba :p//tapi biasanya mereka nurut..karena yang mereka inginkan adalah perhatian mamanya..

    eksis selalu mbaa...

    Indah nuria Savitri, Jakarta

    ReplyDelete
  12. Nama : Noorma
    Domisilo : Semarang
    Jawaban:
    Bhahahahaa.. walaupun baru 15 bulan, Noofa selalu 'nyebelin' kalau aku lagi di depan komputer, dia kan suka banget nonton video lagu anak2 'cicak2 di dinding'.. kalau aku, misal lagi pentiiing banget kejar2an sama deadline, pas dirumah ada aby, aku meminta aby untuk membawa Noofa main keluar naik motor, atau biar aby membawa ke rumah pakdhenya.. tapi kalo gak mepet deadline, nulis postingan santai, aku ngalahi ae mbak, tak setelin cicak2nya . nyenengin dia, lagian kalo disetelin dia langsung heboh jogetnya lucu banget, bisa jadi hiuburan juga buat aku dan aby..
    so, tergantung momennya, kejar2an sama deadline apa gak, kalo gak ya gpp lah ya berbagi sama anak, toh kalo dah bosen, komputer / leptop dikasihke aku lagi..
    gitu mbak...

    ReplyDelete
  13. Nama : Malatika
    Kota:Jakarta
    Jawaban: anak2ku usia 5thn, 4thn dan 2thn..kalo yg 5thn merengek minta main laptop juga, biasanya aq kasih syarat dia tak minta muroja'ah hafalan surat pendeknya dulu dan boleh pake setelah pekerjaan bunda selesai..kalo utk yg 4thn biasanya aq alihkan kupinjemin hp-ku yg isinya video2 dia waktu kecil dulu..nah utk yg 2thn nih yg masih suka ngambek kalo keinginannya tidak terpenuhi, jadi ya bunda harus mengalah dulu lah ya..gpp demi anak tersayang mah..

    ReplyDelete
  14. Nama : suci rahayu M.
    Kota: Bandung
    Jawaban: biasanya bila anak merengek dekat komputer saat saya bekerja, maka saya segera menghentikan pekerjaan. ini berarti si kecil butuh perhatian. tak ada ruginya meluangkan waktu 10-15menit untuk kekayaan hatinya. ajak bicara dari hati ke hati, peluk dan beri pengertian. mungkin sekali dilakukan agak sulit menerapkannya.kita perlu bersabar, karena suatu saat nanti giliran kita yang membutuhkan perhatian anak. bila anda tak bersabar mungkin secara tanpa sadar anda akan diperlakukan kurang baik apabila anda memperlakukannya kurang baik. rengkuh hatinya dengan perhatian anda maka anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan

    ReplyDelete
  15. waduh. pengalaman anak....??? cuma bisa nyimaka aja dulu deh... hehe

    ReplyDelete
  16. Nama: Muhammad Lutfi Hakim
    Kota: Purwodadi, Jawa Tengah
    Jawaban: Kalau menurutku, tergantung usia anak tersebut, Mbak. Ini pembagiannya (1) masih menyusui; kalau anak kita sedang nangis minta disusui, maka terpaksa kita yg harus mengalah, (2) sudah disapih tapi belum tamyiz; caranya dengan mengalihkan perhatiannya ke sesuatu yg lebih menarik baginya, misalnya, mainan atau makanan, (3) sudah tamyiz–sekitar 7 sampai 10 tahun–; umur segini biasanya sudah bisa megang uang sendiri dan mempunyai teman bermain. Kasihlah dia uang jajan secukupnya dan suruh bermain bersama teman-temannya.

    ReplyDelete
  17. Nama : ine andriyati
    Kota : Karawang
    Jawab : he..kasih mainan yg laen/ puter kaset VCD kesukaanya ajah..

    ReplyDelete
  18. Nama: Ratnaning Ekawati Oktaviana
    Kota: Jember
    Jawaban: belum punya anak, gak punya adik juga. tapi dari pengalaman teman2 dan kakak, menurut saya untuk mengatasi anak yang merengek khususnya meminta komputer ketika orang tuanya sedang menggunakan komputer tersebut tentunya tidak bisa jika langsung dialihkan atau langsung dilarang, biasanya ada dampak-dampak tertentu, misalnya marah pada orang tua, atau perhatiannya beralih pada benda lain tapi hanya sementara kemudian merengek kembali meminta komputer. jadi menurut saya tentunya memahami karakter anak bagaimana sehari-harinya. kemudian memberikan pengertian secara baik-baik, mengajak anak berkomunikasi dan perlahan mengalihkan pikiran anak tersebut pada sesuatu yang menjadi kesukaannya. insya allah seperti itu, hehehehe :)

    ReplyDelete
  19. Nama : Lidya
    Kota : Bekasi
    Jawaban : Gak pernah merengek minta pakai komputer sih mbak karena tau ini laptop milik mamanya :) tapi biasnaya merengek minta ditemani setiap aku pakai laptop biasnaya aku kasih buku bacaan atau aku minta waktu sebentar aja

    ReplyDelete
  20. Nama : Utari Evy Cahyani
    Kota: Kendal
    Ikut jawab mini kuis mak Susindra ahh..
    Jawaban: Anak saya umur 13 bulan mak, suka penasaran juga kalau ortunya lagi di depan laptop. Jadi saya dan suami menyiasatinya dengan menerapkan waktu khusus kapan saya dan suami menggunakan komputer. Misalnya, ketika anak saya tidur atau main dengan eyangnya. Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Nama : Mas Jier
    Kota : Magelang
    Jawaban : Anak saya baru 4 bulan sih jadi belum pengen main - main komputer. Tapi kalo adik saya sering merengek minta disetelin video senam atau tarian yang ada di Komputer. Jika hal tersebut terjadi berulang kali maka saya akan membuat Burning file senam atau tari ke dalam CD sehingga bisa disetel di VCD player jadi nggak ngganggu aktifitas saya bermain komputer.

    Maaf mbak kalo tips saya kurang/tidak nyambung

    ReplyDelete
  22. Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    Kota: Kota Bengkulu
    Jawaban:

    “Share pengalaman dan tipsmu mengatasi anak yang merengek meminta komputer ketika orang tuanya sedang memakai komputer.”

    Wuuaaaa mbak Susi, saya belum punya anak. Masih gadis ting ting :p Di rumah pun, saya gak pernah direcokin anak kecil kalo lagi ngadep computer *saya nggak punya sodara. Paling mak saya yang sibuk merengek (baca : ngomel panjang pendek) kalo sayanya sibuk ndekem depan komputer, sampe biasanya lupa mandi, lupa makan *tsaaah, segitunyaa..

    Tapi kalo pulang kampung dan udah nginep di rumah nenek yang deket sama rumah om, tante, juga sodara-sodara yang lain. Saya kudu legowo kalo lagi asyik-asyiknya ketak-ketik keyboard komputer, terus ada sosok kecil yang bergelayutan di baju saya, sambil bilang “Kak, pinjam komputernya dong. Adel mau main game.” Di lain waktu, dia bakal bilang mau lihat foto, denger lagu anak-anak, nonton video, dan beragam alasan lain. Yang jelas, bocah 5 tahun, anaknya paman saya ini, intinya berniat jahat untuk merebut kekuasaan saya terhadap komputer di rumah nenek. Kalo udah kayak gitu, saya kudu melancarkan beragam trik jitu untuk mengatasi rengekan dia. Soalnya, kalo dibiarin, dia bisa nangis kejer. Kalo dimarahin, ya bisa tambah parah nangisnya *duh, kayak makan buah simalakama :|

    Ini dia tips jitunya :

    *Bujuk dan kasih pengertian. Saya akan bilang ke Adel “adek, kak Intan lagi ngerjain sesuatu. Pentiiiiing banget. Kalo kakak nggak nyelesaiin sekarang, kakak nggak bakal punya uang untuk nraktir Adel beli cokelat besok. Ntar kalo kakak udah selesai, adek bisa pake kok. Oke oke?” Nah, di sini ada koin keberuntungan yang bermain. Kalo Adel lagi manis, dia akan mengiyakan bujukan saya lalu ngeloyor pergi main lagi. Tapi kalo lagi ngeselin, dia akan tetep merengek, pake mata berkaca-kaca pula *dramaaa banget emang bocah kesayangan saya ini :D

    *Kasih sogokan, bisa berupa buku mewarnai gambar, komik atau cokelat dan es krim kesukaannya. Biasanya sih mempan. Dia bakal lupa rengekannya soal komputer dan beralih perhatiaan pada sogokan saya. Tapi kalo moodnya lagi buruk atau perutnya lagi kenyang. Sogokan saya bagai butiran debu. Nggak ngaruh buat Adel :(

    *Ajak main. Kadang, si Adel merengek mau pake komputer sebenernya bukan karena emang mau pake. Tapi karena dia lagi butuh temen main. Nah, kalo udah gitu, tak ajakin dulu deh dia main. Nemenin dia main rumah-rumahan, masak-masakan atau nonton TV. Ntar kalo dia udah seru sendiri atau tidur karena kecapekan, baru deh saya tinggalin, balik ke depan komputer lagi. hehe :D

    *Pasrah, kasih pinjam bentar dah. Toh si kecil gampang bosen. Ntar kalo dia udah bosen melototin layar komputer. Hap, giliran saya lagi yang berkuasa :D Kalo dia mau pake lagi setelah kita udah siap banget make komputer, gimana dong? Jitak aja. Hehe :p Nggak deng, becanda. Anak kecil mah kalo udah ngerasain bosen sekali. Dia bakal beralih dulu ke hal lain yang menurutnya lebih oke dan seru. Jadi, untuk beberapa saat, saya aman. Yeay!

    Itu dia mbak Susi, tips-tips dari Intan buat mengatasi rengekan si kecil. Semoga bermanfaat. Semoga saya juga bisa ngeboyong hadiahnya sebiji. Duh, saya naksir banget sama brosnya itu loh mbak. Ngiler juga lihat si Peony. *lemparin bom keberuntungan ah ke lapak kuisnya mbak Susi :D

    ReplyDelete
  23. telat ya -________-
    eh nggak apa2 sih kalau nggak masuk, mungkin membantu tips aku, melihat kasus yang hampir mirip sama Mbakku yang memiliki dua anak yang satunya TK, dan yang lain masih balita. Kalau mengalami permasalah seperti itu, biasanya Mbakku memberi pengertian seperti ini, "Ini mainannya Ayah, kalau Tata (nama anaknya) kan masih kecil, mainnya ini (menunjukkan barang kesukaannya),"

    maksudnya diberi pengalihan dan pemahaman, mana yang lebih aman untuk dimainkan si kecil, semoga membantu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)