10 Merk Kompor Listrik Terpopuler di Indonesia: Kamu Harus Tahu

Kompor listrik mulai menjadi pilihan utama sebagai peralatan memasak oleh para mamak milenial. Alasannya tentu tak jauh dengan gaya hidup mereka, yaitu praktis, higienis, trendi dan instagramable. Kompor jenis ini juga dinilai lebih praktis serta cocok bagi kita yang takut saat akan memasang tabung gas pada kompornya, takut terjadi kebocoran gas pada saat pemasangan dan lainnya. Beberapa kompor sangat populer di kalangan modern ini. 

10 merk kompor listrik terpopuler di Indonesia (sumber foto: Pixabay)

Dengan kepopulerannya, ditambah permintaan pasar yang sangat tinggi, maka banyak produsen kompor yang menggenjot produksi dan membuat model terbaru. Sebelum membeli kompor listrik, kamu butuh rekomendasi kompor listrik yang tepat guna, kan? Inilah 10 merk kompor listrik terpopuler di Indonesia:

Kompor Listrik Mini EU Plug – H-009AS

Kompor listril Mini EU Plug-H-009AS sangat handy dan mudah dibawa ke mana saja. Kompor yang tepat untuk mobilitas. Ukurannya hanya 15 cm x 15 cm. Lumayan kecil, kan? Dengan ukuran sekecil itu, kompor ini dapat dimasukkan ke dalam tas tanpa menghabiskan banyak ruang. Hanya saja, kompor ini kurang cocok untuk memasak masakan yang membutuhkan waktu lama. Umumnya digunakan untuk memasak air dan mi instan, serta untuk menghangatkan makanan. Jika kamu membutuhkan kompor yang bisa digunakan untuk memasak makanan lengkap bagi seluruh keluarga, produk ini kurang sesuai Kompor listrik ini dibanderol dengan harga Rp 97.500. 

Maspion S300

Kompor Maspion S300 termasuk tipe kompor listrik sederhana. Ada dudukan besi sebagai penyangga alat memasak, jadi tetap nyaman saat digunakan di permukaan yang tidak rata. Kompor yang kompatible dengan harga sangat terjangkau. Semua jenis panci dan wajan bisa cocok digunakan di kompor ini, tak mensyaratkan permukaan dasar yang rata. Daya listrik yang diperlukan hanya 300 watt sehingga dapat hemat biaya tagihan listrik. Maspion S300 ini dijual dengan harga Rp. 123.980. kelemahannya, membersihkan kompor tipe ini tidak semudah membersihkan kompor tipe pelat. Kita harus lebih berhati-hati dan teliti saat membersihkannya.

Maspion S302

Maspion S302 ini memiliki pegangan pada sisi kiri dan kanan kompor. Pegangan ini sangat memudahkan kita saat berpindah tempat memasak. Semisal ingin membawanya ke meja makan untuk menghidangkan mi ramen yang paling enak disajikan panas-panas, kita bisa langsung membawanya. Selain pegangan, kompor ini juga dilengkapi dengan teknologi thermostat dan thermofuse yang berfungsi untuk memutuskan aliran listrik ketika suhu mencapai batas maksimal tertentu. Keunggulan lain dari produk ini adalah adanya lampu indikator yang menyala ketika kompor sudah cukup panas dan siap digunakan. Jika dibandingkan dengan kompor listrik tipe pelat lainnya, produk ini memiliki harga yang relatif lebih murah. Hal tersebut tentu menjadi nilai plus dari produk ini. Ini adalah kompor yang ideal untuk digunakan oleh seluruh keluarga. Anda dapat memiliki kompor ini dengan harga Rp. 147.000.

Idealife IL-401S

Idealife mengeluarkan produk kompor listrik satu tungku dengan konsumsi daya listrik yang lebih rendah dibanding dengan kompor listrik satu tungku lainnya. Kompor ini mengonsumsi maksimal 500 watt ketika digunakan. Sangat hemat biaya biaya listrik. Akan tetapi, hemat daya juga berarti membutuhkan waktu relatif lebih lama dalam memasak. Aspek lain yang juga merupakan keunggulan produk ini adalah sistem keamanan yang telah dirancang dengan baik. Produk ini diperlengkapi dengan auto thermostat control yang mempunyai fungsi untuk menjaga suhu kompor tetap stabil. Tak perlu khawatir suhu kompor menjadi sangat panas dan merusak masakan lagi, sudah dijamin aman dengan auto thermostat control. Kompor listrik ini bisa dibeli dengan harga Rp. 295.500.

Memasak dengan cinta (sumber foto: Pixabay)

Akebonno Kompor Digital Infra Merah

Kompor digital biasanya mahal, tapi yang paling dicari karena memiliki sistem pengaturan digital. Sistem tersebut akan memudahkan pengguna mengatur suhu yang dibutuhkan secara presisi. Salah satu kemudahan memiliki kompor listrik dan memasak dengannya. Kualitas masakan juga akan lebih terjamin karena dimasak dengan suhu yang lebih tepat. Keunggulan lainnya adalah, kompor ini dilengkapi dengan tujuh pilihan menu masakan. Tinggal menekan tombol yang sesuai dengan jenis makanan yang ingin dimasak, kompor akan menyesuaikan suhunya sesuai perintah. Sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan tingkat kematangan yang konsisten pada setiap hasil masakan. Kompor ini dibanderol dengan harga Rp 455.000.

Oxone OX-655S Single Ceramic Stove

Untuk mendapatkan tampilan dapur yang mewah, biasanya konsumen mencari kompor listrik dua tungku. Jangan khawatir, Oxone OX-655S memang hanya satu tungku, tapi tak mengurangi tampilan mewahnya. Keunggulan lainnya, kompor ini memiliki sistem perlindungan yang menjaga agar suhu kompor tidak meningkat terlalu tinggi. Dengan demikian, kita tidak perlu khawatir masakan menjadi rusak akibat suhu yang terlalu panas. Kompor ini membutuhkan daya konsumsi listrik sampai maksimum 800 watt. Untuk sebuah kompor satu tungku, konsumsi daya tersebut relatif besar. Jika memilih produk ini, berarti harus siap dengan biaya tagihan listrik yang mungkin akan meningkat. Tapi sepadan dengan mewah dan harga kompetitifnya, kan? Produk ini dibanderol dengan harga Rp.470.000.

Akebonno Inox Hot Plate MSP3201

Kompor listrik dari Akebonno dibanderol dengan harga Rp. 499.000. Bahan yang digunakan dari material yang menjamin penyebaran panas merata. Semua hasil masakan matang secara merata dan dalam waktu yang sama. Selain itu, kompor ini pun memiliki daya tahan yang tinggi sehingga dapat digunakan dalam waktu lama. Kompor ini sangat awet dan bisa dipakai untuk waktu yang sangat lama. Selain itu, jika dibandingkan dengan kompor listrik dua tungku lainnya, produk ini memiliki harga yang lebih murah. Kompor yang ekonomis, tahan lama, dan menghasilkan kualitas masakan yang baik, adalah beberapa keuntungan membeli kompor listrik Akebono Inox Hot Plat MSP3201.

Oxone OX-655D Double Ceramic Stove

Sebagian besar kompor listrik dengan dua tungku membutuhkan daya listrik yang relatif besar. Namun, Oxone OX-655D ini hanya mengonsumsi maksimal 800 watt untuk tungku yang besar dan 600 watt untuk tungku yang kecil. Cocok untuk tipe keluarga yang ingin menghemat pengeluaran listrik bulanan. Selain itu, kompor ini dilengkapi dengan sistem pelindung yang menjaga kompor dari suhu panas yang berlebihan. Fitur lampu on/off akan membantu mengurangi risiko seseorang terkena panas dari kompor yang sedang menyala. Ukuran kompor ini pun relatif kecil, yakni hanya 45 cm x 27 cm x 8 cm yang tidak akan mempersempit dapur. Kita dapat dengan leluasa memasak dua jenis masakan dalam waktu bersamaan. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 745.000.

Kompor listrik pilihan keluarga (Sumber foto: Bukalapak)

Modena Crista – BE1325

Harga Modena Crista-BE1325 Rp 2.500.000. Kelebihan yang membuat kompor ini menjadi pilihan adalah, setelah kompor selesai digunakan lalu dimatikan, kompor masih akan terasa panas selama beberapa waktu. Residual heat indicator bekerja dengan cara menyalakan lampu indikator sebagai bentuk peringatan bahwa kompor masih terasa panas. Lampu akan padam setelah suhu kompor sudah turun. Sangat aman bagi keluarga yang memiliki anak kecil atau anggota keluarga yang sering eksplorasi di dapur. Kompor ini juga menggunakan tempered glass sebagai pelat penutup bagian pemanas. Dengan penggunaan tempered glass, penampilan kompor ini menjadi terlihat modern, namun tetap tangguh. Hanya saja, konsumsi daya listrik kompor ini dapat mencapai hingga 2000 watt sehingga dapat meningkatkan biaya listrik. Namun, sisi positifnya adalah, Anda dapat memasak dengan lebih cepat.

Ariston Kompor Tanam DK 2 KL IX

Bagi beberapa orang, kompor bukan hanya digunakan untuk memasak, tetapi juga sebagai benda estetika yang turut mendukung keindahan dapur. Kompor listrik dua tungku produksi Ariston ini merupakan pilihan yang tepat bagi bagi pengguna yang mencari kompor dengan tampilan mewah dan fungsional. Setiap tungku diperlengkapi dengan enam level pengaturan suhu yang dapat dikontrol sesuai dengan kebutuhan masakan. Selain itu, setiap tungku juga memiliki lampu indikator yang akan menyala jika kompor telah dimatikan. Lampu indikator akan hidup selama masih ada sisa suhu panas. Ariston kompor tanam DK2KL IX membuat dapur lebih modern, rasa masakan yang enak, dan rasa aman. Kompor listrik ini dibanderol dengan harga Rp 8.976.000.

Wah… ternyata sudah komplit ya, rekomendasi kompor listrik yang bisa saya berikan. Kamu suka yang mana, Sobat Susindra? Saya suka semuanya. Hahahaha… Tiap rekomendasi punya kelebihan dan kekurangan. Tinggal menentukan kompor listrik seperti apa yang paling cocok untuk kita. Setiap kompor unik, seperti uniknya manusia. 

Comments

  1. wuah, mahal2 harga kompor listriknya. tapi ya memang sesuai sama spesifikasinya sih. jadi mikir-mikir mau beli kompor listrik apa kompor biasa, hahaha.

    btw, Kurang gambarnya mbaaaak, biar lebih ngena visualisasinya.

    ReplyDelete
  2. Paling favorit dengan Modena Crista-BE1325 yang harganya lumayan. Namun, memang lebih aman dengan lampu indikator karena ada peringatan jika kompor masih terasa panas. Perlu menabung dahulu, siapa tahu suatu saat akan bermanfaat untuk digunakan.

    ReplyDelete
  3. Lum prnah pake kompor listrik. Itu watt besar ga ya?

    ReplyDelete
  4. Dulu sempat kepikiran mau beli kompor listrik modena mba.. eh tapi namanya rejeki malah gak jadi beli karena dikash sama teman sebagai hadiah pernikahan hahaha

    ReplyDelete
  5. harga dari kompor kompor listrik lumayan juga yaa.. tapi masing2 ada keunggulannya sih.. dan jg kekurangan. seperti yg bisa lebih cepet matang masakannya. asik tuh, menghemat waktu kalo lagi buru buru tapi harus masak sesuatu hhe

    ReplyDelete
  6. Semuanya bagus bagus sih. pokoknya yang paling hemat pasti dipilih bu ibu untuk memasak tapi di tempatku Pontianak yang sering mati lampu harus punya backup supaya masih bisa masak kalau PLN ngga nyala hehehe

    ReplyDelete
  7. Kok jauh pissan harganya sama di Toko Elektronik yang biasa aku lihat yaa...mba Susi?
    Apa karena beda merk yaa...?

    Suka gak teliti yaa kalo lihat-lihat barang...hiihi...

    Sepupu saya ganti kompor listrik, dan katanya memang lebih praktis...hanya saja siap-siap lihat tagihan listrik yaaaaang huwowww...

    ReplyDelete
  8. Belom pernah lihat kompor listrik secara langsung, sih. Tapi kalo dipikir2 pake kompor listrik ga takut kehabisan gas saat krisis ya. Tapi ga bisa masak pas mati lampu dong. Hiks

    ReplyDelete
  9. Kalau pakai kompor listrik, masak lebih bersih kali ya, ..dulu pernah ditawarin kompor listrik yang harganya jutaan itu, hihihi..sayangnya kalau disimpan di dapurku yang seadanya kayaknya nggak matching

    ReplyDelete
  10. Iya, Mbak. Saya juga suka semuanya hihihi ... tinggal dipilih yang paling banyak kelebihan dari pada kekurangannya.
    Sempat pernah juga pakai kompor listrik, tapi ya .. itu, lebih lama masaknya dibandingkan memakai kompor gas.

    ReplyDelete
  11. baru tahu kalau kompor listrik itu ada yang lumayan terjangkau juga, selama ini tahunya mahal banget

    ReplyDelete
  12. makin banyak ya yang make kompor listrik, kayaknya ok juga. sayangnya listrik di Indonesia kayakany belum siap dengan perubahan yang sebenarnya kece ini, lampu masih sering mati

    ReplyDelete
  13. Aku masih pakai kompor gas. Kalo listrik mati berarti ga bisa nyala kah kompornya? Harganya lumayan juga

    ReplyDelete
  14. Masih pakai kompor gas. Mungkin sutau saat kalau punya rumah luas mau bikin dapur bersih dan kotor, trus beli kompor listrik buat dapur bersihnya hehe

    ReplyDelete
  15. Karena pilihannya banyak jadi bingung mau nentuin mana yang favorit hahaha, bagus semua sih soalnya,

    ReplyDelete
  16. Pengen juga beli kompor listrik yang standar aja...

    Yah..buat selingan kalau gas habis pagi buta atau pas langka...

    Aku pengen punya banget .tau kompor listrik gak bisa pakai kuali ya..he2

    ReplyDelete
  17. Kompor listrik aku selalu pakai rinai dari zaman mama ku sampe sekarang. Alasannya karena awet dan murah meriah. Selain itu aman banget

    ReplyDelete
  18. waaaah jadi gak ribet ribet beli gas ya, jadi kepikiran buat pakai ini di rumah deh hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)