6 Keuntungan Menabung di Deposito

Ada banyak produk banking, misalnya tabungan, kartu bank, kredit, kartu kredit, deposito, giro, dan lain sebagainya. Mungkin Sobat Susindra memiliki semua, atau hanya pakai  1 atau 2 prroduk di atas. Kali ini saya ingin memaparkan produk yang bisa menghasilkan uang melalui investasi perbankan, yaitu deposito.

sumber: canva.com

Sebelum mulai berinvestasi, cari tahu dulu keuntungan tabungan deposito di sini!


Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang populer di masyarakat. Prosedur investasinya mudah. Keuntungan lainnya adalah, produk perbankan berjangka ini juga minim risiko. Sebagai investor, sobat Susindra dapat memilih tabungan deposito dengan jangka waktu yang diinginkan, dari 6 sampai 36 bulan. 


Nah, apa saja sih keuntungan yang ditawarkan tabungan deposito?

1. Risiko Rendah
Dibandingkan instrumen investasi lain, tabungan deposito memiliki tingkat risiko yang sangat rendah. Sistem pengelolaan deposito sudah ditetapkan oleh pihak perbankan yang mengeluarkan produk ini (tidak berubah) serta tidak terpengaruh oleh pergerakan pasar. Cara ini membuat investor bebas rugi. 

2. Dijamin LPS
Deposito adalah investasi yang dijamin keamanannya. Bahkan jika bank penjual deposito mengalami kebangkrutan, uang depositomu tidak akan hilang atau hangus karena sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan nominal yang sudah ditetapkan.

Hitung suku bunga deposito. Sumber foto: Canva


3. Suku Bunga Tinggi
Dibandingkan tabungan biasa, deposito menawarkan suku bunga yang lebih tinggi. Makin lama kamu berinvestasi di deposito, maka jumlah keuntungan yang didapat pun akan makin besar. Selain itu, deposito juga tidak memungut biaya administrasi, berbeda dengan tabungan biasa.

4. Bisa Dicairkan sebelum Jatuh Tempo
Meski punya embel-embel “berjangka”, deposito ternyata bisa dicairkan kapan saja, lho, sebelum jatuh tempo. Jadi sobat bisa menarik depositomu sewaktu-waktu saat ada kondisi darurat dan keperluan mendesak. 
Biasanya ada biaya penalti yang harus dibayar dengan nominal yang sudah disepakati di awal pembukaan deposito. Cukup datang langsung ke bank dan membawa buku tabungan, dana depositomu akan langsung cair hari itu juga.

5. Syarat Mudah
Prosedur dan syarat membuka tabungan deposito sangat mudah. Cukup datang ke bank dan membawa dokumen-dokumen berikut:
  • KTP atau identitas lain
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Buku tabungan
  • Melengkapi formulir
  • Membawa sejumlah uang untuk pembukaan rekening (saldo berbeda antarbank)


6. Jumlah Deposito Bebas
Enaknya menabung deposito adalah sobat Susindra bebas menentukan jumlah setoran per bulannya, misalnya Rp300 ribu, Rp500 ribu, Rp1 juta, dsb tergantung kemampuan dan kondisi finansialmu. Selain itu, deposito juga menyediakan layanan autodebet agar sobat tidak perlu repot menyetorkan dana setiap bulannya. Makin gampang dan praktis, deh.

Investasi dengan uang yang ada. Sumber foto: Canva

Gampang banget, kan, punya deposito? 
Sekarang kita lebih ke praktiknya, ya. How to punya deposito. Tidak ribet, kok. Kita pilih Qazwa yang mengklaim sebagai deposito sesuai syariah. Seperti apa dia?

Berinvestasi di Qazwa

Kalau kamu sudah mempunyai tabungan deposito dan ingin menjajal instrumen investasi lain, Qazwa bisa jadi solusi yang tepat. Platform pembiayaan online berbasis syariah ini menawarkan skema investasi yang mudah, transparan, dan bebas riba. Jadi, para investor bisa memilih sendiri mana yang akan ‘didanai’ melalui deposito yang kita setorkan. Semua transparan. Untuk meyakinkan para investor dan peminat, Qazwa ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), DSN MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia) dan APFI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).



Tak seperti deposito di bank yang kita tidak tahu pada siapa uang deposito kita diinvestasikan, di Qazwa, investor bisa memilih sendiri usaha yg didanai melalui uang deposito kita. Di situ tercantum dengan jelas siapa yang kita danai, berapa tingkat risiko yang ditanggung investor, berapa estimasi keuntungan yang ditawarkan, dan berapa jangka pembiayaannya. Akad yang digunakan adalah murahabah atau perjanjian jual-beli antara bank dengan nasabah. Bank syariah membeli barang yang diperlukan nasabah kemudian menjualnya kepada nasabah yang bersangkutan sebesar harga perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara bank syariah dan nasabah.

Tingkat risiko yang ditawarkan rata-rata A2 atau risiko rendah. Ada juga A1 atau risiko sangat rendah. Ada B1 dan B2 untuk risiko di atasnya. Bagi spekulan juga ada risiko C1 dan C2 yang tergolong tinggi. Ya, kita harus jeli memilah, mana risiko yang bisa sobat ambil. Sebagian besar digunakan untuk mendanai toko kelontong dan katering, yang artinya, pendanaan untuk industri rumah tangga. Mungkin ini yang dimaksud pendanaan umat, ya. 


Keuntungan yang ditawarkan mencapai 24% setahun, dengan investasi minimal Rp5.000. jadi, semua bisa punya deposito, kan? Monggo, lho, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah agar hidup jadi lebih berkah. Langsung ke website-nya ya, sobat Susindra... agar dapat jawaban yang lebih memuaskan. 



Sampai di sini dulu, ya, artikel tentang enam keuntungan menabung di deposito dengan contoh dari Qazwa. Semoga bermanfaat, ya.

15 Comments

  1. Jadi ingat, bunga deposito dambaan para wanita hahaha.
    Bunga yang paling menarik hati :D

    Menabung deposito memang lebih mudah ya, dan yang paling penting mudah dicairkan, saya paling bete kalau nabung tapi pas butuh kita kayak ngemis-ngemis duit sendiri hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, apalagi kalau sampai harus puluhan juta. Mau ga mau harus lewat jalur hukum

      Delete
  2. Deposito ini memang sudah sejak lama jadi jenis tabungan pilihan ya, Mbak Susi. Karena itu, syarat mudah, aman, bunga tinggi, dan paing penting, bisa ditarik sewaktu-waktu dalam keadaan darurat. Jadi pasti tenang.

    ReplyDelete
  3. Saya malah gak kepikiran nabung di deposito.
    Menarik sekali ulasannya mba..
    Boleh dicoba nih..

    ReplyDelete
  4. Kami memilih menabung di salah satu bank syariah sistem deposito tapi disetor bulanan. Alhamdulillah jadi terkumpul krn memang rada susah diambil karena gak ada ATMnya,kalaupun dicairkan harus seluruhnya dimabil gak bisa sedikit.

    ReplyDelete
  5. Baru tahu loh kalau ada Qazwa, selama ini memang sudah sering deposito di syariah mandiri. Nah, konsep Qazwa ini keren. Ternyata duit yang depositokan buat bisnis rumahan gitu. Keren ya. Pemberdayaan umat

    ReplyDelete
  6. Oooh, ternyata deposito bisa diambil walau belum sampai jangka waktunya ya...saya pikir enggak bisa sama sekali. Hehe
    walaupun bersyarat, tapi ternyata memang bisa diambil kalau memang butuh banget ya

    ReplyDelete
  7. Wow baru denger soal investasi Qazwa ini.kedengaranya menarik dan terjangkau ya

    ReplyDelete
  8. Recommended nih krn Qazwa dijamin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJk) ya Mbak. Syipp deh jd gak ragu² lagi kl mau investasi ya. Tfs Sis

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk yang memilih deposito untuk tabungan Mbak. Tapi, baru tahu tentang Qazwa ini saya. Bagus juga sebagai pilihan saat ingin hijrah finansial.

    ReplyDelete
  10. Syarat punya deposito mudah banget ya, udah gitu pasti menguntungkan. Saya suka neh yang syariah kayak gini. Lebih nyaman

    ReplyDelete
  11. Oh tadinya saya pikir deposito bank ternyata bukan ya? Saya terus terang bl ada deposito krn lbh tertarik sama yg investasi ketimbang nabung. Eh tapi kyknya menarik di Qazwa ini kalau kita tau ke mana uang kita diinvestasikan. BTW di Qazwa apa ada juga menyediakan fasilitas investasi lainnya mbak? Baiklah nanti kubaca2 dulu di webnya ya makasih infonya :D

    ReplyDelete
  12. investasi ini kayanya menarik, karena jujur sampai sekarang belum tertarik dengan dunia deposito entahlah. Investasi lebih menarik perhatianku

    ReplyDelete
  13. Rencana pengen investasi tapi nyatanya belum terealisasi semoga segera ah,sudah tau penting nya kan

    ReplyDelete
  14. Oohh kayak gini toh yang namanya deposito. Baru tahu saya mbak. Selama ini ya buka tabungan biasa aja di bank. Malah baru tahu nih ada deposito bukan bank juga dari postingan mbaknya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)