Wisata Sejarah dan Budaya di Solo: Bayar Hotel Hanya Seribu Rupiah di Bookinglokal.com

Suka ke mana-mana tapi tabungan piknik lama naik. Masa sih menunggu lama baru bisa pasang status “OTW Piknik”? Ih... kcian, deh. Untung saja saya beberapa kali dapat undangan piknik. Tapi ya gitu... kadang sedih karena tidak bisa ajak anak dan suami. Kalau piknik keluarga sendiri, seperti saat ke liburan keluarga ke Karimunjawa pada bulan September lalu, pasti lebih asyik. Iya, kan? Pengen banget ajak mereka ke Solo, berwisata sejarah dan budaya agar mereka lebih cinta Indonesia. Nah, kalau yang uangnya mepet seperti kami, inginnya wisata yang murah meriah tapi memuaskan. Iya, berwisata murah meriah, itu idaman semua orang seperti saya. Idaman kamu juga? 

Sebagian koleksi di Museum Batik Danar Hadi Solo

Woo... baguslah, kalau begitu. Kamu bisa ikuti rencana perjalanan kami ke beberapa destinasi wisata sejarah dan budaya di Solo. Kami merencanakan tanggal 15 dan 16 Januari 2020. Saat itu sekolah masih belum agak santai dan les wajib belum diadakan oleh sekolah. Juga, tidak saat high season. Kami lebih suka liburan yang tidak banyak pengunjung lain sehingga puas foto-foto. 


Kebetulan, ada promo plus plus dari bookinglokal.com. Menginap di hotel hanya bayar Rp1000 Satu Malam Pertama. Promo ini asli dan bisa dibeli sampai tanggal 27 November 2019 ini. Mau menginap di hotel seratusan sampai sejutaan, hanya bayar seribu rupiah untuk malam pertama. Jadi, misalnya memesan kamar hotel seharga Rp900.000,- per malam, bayarnya hanya Rp901.000 untuk dua malam. Bisa juga pesan 1 malam untuk 2 kamar pada hari yang sama dengan harga yang sama. Jadi... kini saatnya wisata bersama keluarga atau wisata bersama teman, dooong. Share cost dengan teman untuk harga super irit dari BookingLokal

Cara mendapatkan promo plus plus bayar Rp1000!

1. Daftar ke BookingLokal
Cara daftar di bookinglokal.com sangat mudah. Pertama, isi no telpon yang aktif, karena akan langsung dikirimi 4 kode verifikasi. Setelah terverifikasi, kita tinggal memilih apakah akan langsung menggunakan akun gmail atau mengisi akun email dan password secara manual.




2. Klik gambar promo plus plus lalu pilih kota yang akan disinggahi. Ada Bali, Bogor, Jakarta, Malang, Medan, Palembang, Semarang, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta. Ada cukup banyak hotel yang dapat dipesan dengan promo Rp1000! ini. Ingat, promo hanya berlaku sampai tanggal 27 November 2019.

3. Pilih, mau pesan dua kamar untuk satu hari atau satu kamar untuk dua hari. Yang mana pun, harganya akan menjadi harga kamar + Rp1000,-. Batas pemesanan kamar dengan promo ini sampai 29 Februari 2020. Cukup panjang, kan. 

4. Bayar pesanan setelah checkout. Paling mantap kalau bayar pesanan hotel menggunakan GoPay, karena ada cashback Rp50.000,- sampai tanggal 27 November 2019. Selain promo plus plus, BookingLokal sering memberikan promo menarik. Daftar saja ke sana meski sudah ketinggalan promo yang satu ini. Punya keinginan berlibur dengan budget minimalis, kan?

#GampangKan, cara mendapatkan promo pesan hotel seharga Rp1000,- itu? Semudah itu, lho, jalan-jalan dengan budget irit. Bayangkan saja, bisa menginap di hotel berkolam renang dengan harga seribu pada malam yang pertama. Kau libur satu minggu juga bisa, caranya dengan pesan di 3 hotel  berbeda secara berurutan. Cara ini sudah menghemat 50% budget hotel. Jikalau pesan sekarang dan membayar dengan GoPay, ada cashback Rp50.000,-. 

Di atas, saya sudah katakan kalau saya lebih senang menghemat uang perjalanan wisata. Jadi, saya cukup pesan kamar hotel di bawah Rp200.000,-.  Kalau bisa, penginapan yang syar'iah. Setidaknya, kami merasa di rumah dan tidak berlebihan. Hahaha. Nah, saya sudah cari-cari informasi tempat menginap yang menurut saya masih nyaman tapi duwit aman, dan bisa beli kenang-kenangan. Ini beberapa pilihan saya:

Homestay yang bagus dan homey, cocok untuk keluarga dan pas di kantong

Pilihan pas bagi kami, karena seperti tinggal di rumah, dan merupakan homestay syariah

Kebetulan ada dua opsi menarik dengan budget di tengah-tengah antara Rp100.000,- dan Rp200.000,-. Asyik banget! Lokasinya juga dekat di semua tujuan wisata yang kami buat. Sebenarnya ada pilihan di bawah seratus ribu.  Tapi saya lebih 'klik' dengan dua kamar di atas. Murah, ya? Oh ya, oleh karena ini wisata keluarga, saya lebih memilih dua kamar untuk 1 hari. Jadi, kami akan berada di Solo selama 2 hari satu malam. 


Ada dua cara ke Solo yang dapat kami tempuh, yaitu naik travel dengan tiket seharga Rp90.000,- per orang, atau naik bis ke Solo dengan total biaya Rp50.000,- per orang. Naik travel adalah pilihan yang paling mudah dan nyaman jika berwisata keluarga. Ada Celeron Travel yang berangkat dari Jepara ke Solo pada pukul 08.00 pagi, 12.00 siang, 16.00 sore, dan 19.00 malam. Jadwal keberangkatan dari Solo ke Jepara juga sama.  Dari sini, kami bisa bikin jadwal perjalanan atau Itinerary Perjalananku sebagaimana yang dilombakan oleh BookingLokal. Jika menang, lumayan sekali, bisa untuk wisata keluarga, terutama ke Solo, Yogyakarta dan Surabaya. Hohoho... Ngarep banget, nih, ceritanya.


Jadwal Perjalanan Wisata Sejarah dan Budaya ala Susindra

Rabu, 15 Januari 2020

08.00 WIB: berangkat ke Solo via Purwodadi dengan travel dari Celeron
12.30 WIB: sampai Solo. Salat, makan siang, lanjut ngadem di hotel pilihan. Check in mulai jam 14.00 WIB. 
14.15 WIB: Keraton Surakarta
17.00 WIB: ke alun-alun Surakarta
18.00 WIB: acara bebas

Jangan lewatkan promo ini


Kamis, 16 Januari 2020
08.00 WIB: Check out
09.00 WIB: Museum Lokananta
12.00 WIB: Museum Danar Hadi. Salat dan makan siang di sini.
16.00 WIB: Perjalanan pulang ke Jepara

Seperti itulah kira-kira, jadwal perjalanan kami pada pertengahan bulan Januari tahun depan. Memang harus menuruti syarat dan ketentuan hotel, yaitu check in pada pukul 14.00 WIB dan check out pada pukul 12.00. Check out sebaiknya pagi hari sebelum berjalan-jalan agar tidak was-was akan overstay

Mengapa saya memperkenalkan museum dan sejarah pada anak sejak kecil? Karena saya mengamini pendapat Cicero dari Romawi, “Barang siapa tidak mengenal sejarahnya, ia akan tetap menjadi anak kecil.” 

Pak Sartono Kartodirdjo juga menyatakan, “Bangsa yang tidak mengenal sejarahnya akan kehilangan identitas atau keperibadiannya. Ia dapat diibaratkan sebagai bangsa yang pikun atau sakit jiwa.”

Semua sudah saya tulis dalam posting sebelumnya berjudul, Museum Kartini Jepara, Ayo Berbenah Kembali.

Pasti penasaran, dong, mengapa saya memilih destinasi wisata di Solo? 

1. Museum Keraton Surakarta.

Museum Keraton Surakarta berada di kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat. Sampai saat ini masih menjadi rumah tinggal bagi Sri Sultan dan keluarganya, sehingga ada bagian yang tidak boleh didatangi oleh tamu/wisatawan. Di dalam kompleks ini terdapat museum yang menyimpan benda koleksi kasunanan seperti replika keris dan senjata kuno, gamelan, fragmen candi, koleksi alat masak kuno, benda-benda pemberian raja-raja Eropa, peralatan kesenian, benda budaya dalam tradisi Jawa, diorama benda budaya di Jawa dan masih banyak lagi. Banyak hal yang bisa dipelajari di sini. Jika jeli melihat, sebenarnya sehari takkan cukup untuk mempelajari sebagian dari narasi sejarah di museum ini. Oleh karena kali ini hanya memperkenalkan, 2 jam bisa dianggap cukup. Lagipula, berjalan-jalan dengan anak, tak bisa lama dalam satu lokasi.

Di Museum Keraton Solo, kita akan melihat:

a. Sasana Samewa

Sasana samewa yang mewah dengan warna dominan biru seperti langit.Dokpri 2017

Dua pengawal keraton menggunakan seragam khas dan sangat menarik peminat sejarah tentang keraton. Dokpri 2017


Sasana Samewa adalah tempat pertemuan raja dan para bawahannya pada zaman dahulu. Di balik pintu terdapat sebuah singgasana raja atau Dhampar Kencana. Penunjung dilarang menginjakkan kaki di sini, karena dianggap keramat, sehingga selalu dijaga dua penjaga istana.

Bangunan segi delapan di belakangnya adalah Sanggabuana. Menurut mitos, di situlah para raja Surakarta bertemu dengan Nyai Roro Kidul atau Penguasa Pantai Selatan. Namun yang pasti bangunan ini merupakan menara pertahanan. Di foto selanjutnya, saya akan menunjukkan Sanggabuana dari dalam keraton.

b. Sasana Sewaka
Sasana Saweka yang menjadi batas antara bagian keraton yang boleh dikunjungi dan yang tidak boleh. Dokri 2017

Sasana Sewaka adalah areal tanah berpasir lembut dengan pohon rindang yang nyaman digunakan untuk berjalan kaki. Pasir ini didatangkan dari Pantai Selatan. 

Beberapa tamu, termasuk saya, memilih melepas alas kaki agar dapat merasakan asyiknya berjalan di pasir. Lumayan mengurai kelelahan pada telapak kaki saat berjalan di hangatnya pasir. Tampak di kejauhan, terdapat bangunan dengan benda-benda indah yang sebagian di antaranya ditutup dengan kain kuning.

Abdi dalem yang setia. Dokpri 2017

Hiasan Keraton yang indah. Dokpri 2017

Bangunan ini adalah salah satu bangunan istana yang indah dengan banyak hiasan bergaya Eropa maupun Cina. Salah satunya adalah patung-patung bergaya Romawi ini. Chandelier penghias istana yang pastinya indah, dibungkus kain kuning sebagai bagian dari perawatan atau konservasi.


Sanggabuana dari dalam keraton. Dokpri 2017


Sanggabuana juga dapat didatangi dari dalam kompleks keraton yang diizinkan untuk umum. Sangat instagramable. Sayangnya saya tidak kepikiran foto di sana.



c. Museum 

Seperti disebutkan di atas, bahwa museum ini memiliki koleksi berupa benda koleksi kasunanan seperti replika keris dan senjata kuno, gamelan, fragmen candi, koleksi alat masak kuno, benda-benda pemberian raja-raja Eropa, peralatan kesenian, benda budaya dalam tradisi Jawa, diorama benda budaya di Jawa dan masih banyak lagi. Berikut beberapa di antaranya

Olahraga ala Eropa di Surakarta. Dokpri 2017

Seperti ini adat arak-arakan raja. Dokpri 2017

Miniatur Masjid Demak zaman dahulu. Dokpri 2017

Puas melihat-lihat koleksi dan bangunan-bangunan di sini, anak-anak dapat membeli beberapa alat permainan zaman dahulu di perjalanan keluar museum. Juga oleh-oleh untuk teman-teman mereka di rumah. Harganya terjangkau. Tidak dimahalkan. Begitu juga harga makanan dan minuman. Mungkin peraturan serikat pedagang memang sangat ditaati. Bisa juga karena mereka mengharap berkah dari keraton yang secara simbolik memang menjadi susuhunan atau sesembahan warganya. Jadi, jangan khawatir ditipu jika beli makanan atau oleh-oleh di sini. 

Perjalanan selanjutnya adalah bersantai di alun-alun depan keraton ini. Sekadar menikmati sore sambil berlarian atau hanya duduk-duduk di rumput.

Penjual mainan dan pengharum ruangan berbentuk unik. Oleh-oleh khas keraton. Dokpri 2017


2. Museum Lokananta

Museum Lokananta terletak di jalan A Yani Nomor 379 Kerten, Laweyan. Museum ini merupakan museum sekaligus studio berstandar seperti Studio Abbey Road di Inggris yang pernah digunakan The Beatles. Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Cabang Surakarta menjadi pemilik sekaligus pengelolanya.

Sampai saat ini, Lokananta masih menjadi studio musik akustik terbaik di Indonesia sehingga banyak artis yang merekam musiknya di sini, dengan membawa alat mereka sendiri. Studio ini memiliki luas 12x31 m2. 
Tempat kendali rekaman studio di Lokananta. Dokpri 2017

Logo Lokananta. Dokpri 2017
Lokananta memiliki arti "seperangkat  gamelan surgawi dalam pewayangan Jawa yang dapat berbunyi sendiri dengan merdu". Bung Karno yang memberi nama tersebut, dua tahun setelah didirikan. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 29 Oktober 1958 atas inisiatif R. Maladi. Nama resmi pertama yaitu “Pabrik Piringan Hitam Lokananta Jawatan Radio Kementerian Penerangan Republik Indonesia”. Cukup panjang, ya. Kita harus berterima kasih pada Bung Karno yang menggantinya dengan nama unik dan indah ini. 

Fungsi utamanya, pada saat itu, adalah sebagai unit pelaksana untuk duplikasi materi siaran RRI. Fungsi ini berkembang seiring perkembangan zaman. Meski sudah zaman digital, tetap saja masih ada yang lebih memilih rekaman di sana karena kualitas jelas beda.

Mesin-mesin tua penghasil piringan dan kaset musik ada di sini. Dokpri 2017.

Koleksi vinyl-nya lengkap. Dokpri 2017

Menurut Wikipedia, Lokananta mempunyai koleksi tidak kurang dari 53.000 keping piringan hitam dan 5.670 master rekaman daerah bahkan rekaman pidato-pidato Presiden Soekarno, juga master Proklamasi. Lokananta menyimpan ribuan lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia (Ethnic/World Music/foklor) dan lagu-lagu pop lama termasuk di antaranya lagu-lagu keroncong. Koleksinya antara antara lain terdiri musik gamelan Jawa, Bali, Sunda, Sumatra Utara (batak) dan musik daerah lainnya serta lagu lagu folklore ataupun lagu rakyat yang tidak diketahui penciptanya. Rekaman gending karawitan gubahan dalang kesohor Ki Nartosabdo, dan karawitan Jawa Surakarta dan Yogyakarta merupakan sebagian dari koleksi yang ada di Lokananta. Tersimpan juga master lagu berisi lagu-lagu dari penyanyi legendaris seperti Gesang, Waldjinah, Titiek Puspa, Bing Slamet, Buby Chen dan Sam Saimun. Lokananta telah melahirkan beberapa penyanyi ternama di Indonesia.



3. Museum Danar Hadi Solo

Museum Batik Danar Hadi juga disebut dengan House of Danar Hadi (disingkat HDH). Museum ini memiliki koleksi batik terlengkap di Indonesia. Museum ini berada di kompleks rumah kuno yang indah dan terawat, dan dikelan oleh masyarakat Solo sebagai Ndalem Wuryaningratan. Dahulunya, bangunan ini milik eorang Pangeran Surakarta bernama K.R.M.T.A. Wuryaningrat. Bangunan ini sempat terbengkelai sampai akhirnya dibeli oleh PT Danar Hadi pada tahun 1999 dan direnovasi. 

Berdiri pada tahun 2008, Museum Batik Danar Hadi diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri saat masih menjabat sebagai wakil presiden. Muri (Museum Rekor Indonesia) mencatatnya sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak, yaitu, lebih dari 10 ribu helai. Koleksi kain batik di sini banyak yang sangat istimewa dan tiada duanya. Batik yang ada di musum ini, adalah milik H. Santoso, pendiri PT Batik Danar Hadi. 

Koleksi batik dari masa ke masa. Dokpri 2017

Ada guide yang akan dengan sabar menjelaskan tentang koleksi batik dan perawatannya. Dokpri 2017

Masih tentang koleksi batik di sana. Dokpri 2017
Salah satu bentuk perawatan kain batik di sini, adalah pencahayaan yang tepat, sirkulasi udara yang pas, dan pelarangan memotret bagi pengunjung. Cahaya flash foto bisa merusak warna alami batik. Di balik setiap kain batik ada rempah yang dapat mencegah dan mengusir ngengat dan musuh alami kain. Jika ingin tahu lebih banyak, bisa kunjungi museumnya atau situsnya, Batik Danar Hadi Solo.

Oh, ya, alasan mengapa saya punya foto istimewa di museum ini, adalah karena pada saat itu, kami datang sebagai duta dari Jawa Tengah, tepatnya dari Genpi Jateng. Kami diizinkan memotret dengan syarat tidak menggunakan lampu flash
Saya sulit menahan diri untuk ikut mengabadikan wajah di sini
Studi tentang batik tak boleh melewatkan museum ini, karena semua jenis batik di Jawa ada di sini, terutama Jawa Tengah. Kain dari zaman kolonial sampai kain khas daerah/kota di Jawa Tengah ada di sini. Tak heran jika kajian tentang batik sebuah kota, selalu melibatkan museum ini. Tentu tahu, kan, jika sekarang, hampir semua kota memiliki batiknya sendiri? Jepara saja, minggu lalu baru saja menyerahkan sertifikat pembatik pada 76 perempuan Jepara yang belajar membatik. Ini contohnya, bagaimana antusias semua elemen masyarakat terhadap potensi batik sebagai pelestarian tradisi yang dapat menambah promosi pariwisata, ekonomi kreatif sekaligus kesejahteraan warga.




Wah, ternyata sudah banyak, nih postingan saya. Apakah sobat Susindra tertarik ikut? Atau... malah tertarik ingin segera mendapatkan promo plus plus dari BookingLokal? Promo bulan ini memang sangat menarik, ya. Kapan lagi bisa pesan kamar hotel di Bali, Bogor, Jakarta, Malang, Medan, Palembang, Semarang, Solo, Surabaya, dan Yogyakarta dengan harga hanya Rp1000!

Kok bisa, ya?
Bisa dooong. BookingLokal adalah platform pemesanan penginapan hemat kantong, menawarkan harga dan promo terbaik cocok bagi budget travel. Ini lho, partner-nya....



Menurut Kompas, ada 7 alasan mengapa harus memesan melalui BookingLokal, yaitu:

1. Gampang dapat akomodasi murah. Ada ratusan kamar yang dapat disewa dengan harga termurah. 

2. Jaminan harga terbaik BookingLokal. Katanya, sih, kalau ada yang lenih murah lagi dari aplikasi lain, tinggal klaim saja, ada cashback Rp50.000,- untukmu. 

3. Boleh pesan dekat tanggal check in. Jadi, bisa pesan pada saat itu juga. 

4. Banyak diskon dan bonus menarik setiap minggunya, termasuk cashback untukmu.

5. Tidak ada biaya atau pajak tambahan seperti aplikasi booking online lainnya. 

6. Cara pembayaran beragam dan aman, dan beragam. Bisa transfer, kartu kredit.  Pembayaran dilindungi oleh sistem yang tepercaya. 

7. Customer service via WhatsApp. Jadi tidak hanya telepon dan email saja. Kapan pun butuh bantuan langsung wapri saja ke +62 8 129-941-6407




Kalau masih penasaran tapi takut salah ambil promo, saya bagikan syarat dan ketentuannya di sini, ya.


Syarat & Ketentuan memesan kamar hotel seharga seribu:

1. Promo Rp 1000 hanya berlaku dengan melakukan pemesanan minimal 2 (dua) malam atau 2 (dua) kamar dalam 1 (satu) kali pemesanan.

2. Untuk pemesanan 2 (dua) malam atau lebih, promo hanya berlaku untuk tipe kamar dengan harga terendah sesuai dalam 1 (satu) kali pemesanan.

3. Untuk pemesanan 2 (dua) kamar atau lebih, promo hanya berlaku untuk tipe kamar terendah dengan harga terendah dalam 1 (satu) kali pemesanan.



4. Berikut adalah keterangan nilai dan ketentuan promo Rp 1000:
(i) Promo Rp 1000 tidak bisa digunakan secara bersamaan dengan promo BookingLokal lainnya, kecuali promo yang dilakukan oleh pihak ketiga.
(ii) Periode pemesanan berlaku dari 24 Oktober s/d 30 November 2019. Periode menginap berlaku dari 23 September 2019 s/d 29 Februari 2020. BookingLokal berhak mengubah periode promo tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 
(iii) Pelanggan BookingLokal yang melakukan pemesanan melalui promo Rp 1000 harus memiliki akun yang terdaftar di BookingLokal.
(iv) Perhitungan pengembalian dana berdasarkan harga akhir yang dibayarkan pemesan.

5. Pemesanan untuk promo Rp 1000 dinyatakan valid hanya pada hotel-hotel yang termasuk ke dalam promo Rp 1000.

6. BookingLokal berhak sewaktu-waktu untuk mem-blokir pelanggan tertentu dari menggunakan atau mendapatkan kupon BookingLokal atau promosi lainnya ketika dianggap telah menyalahgunakan kupon atau telah melanggar syarat dan ketentuan promosi.




7. Promo dianggap disalahgunakan ketika terjadi peristiwa atau niat apa pun di mana BookingLokal meyakini bahwa promo digunakan untuk keuntungan komersial atau bentuk kecurangan lainnya.

8. Pengunggahan kupon atau promo BookingLokal di situs pihak ketiga atau situs mitra, media sosial atau platform media lainnya tanpa persetujuan dan tanpa memerhatikan target konsumen BookingLokal adalah pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan BookingLokal. 

9. BookingLokal tidak bertanggung jawab untuk menawarkan penggantian diskon atau promo yang dihentikan, dibatalkan, atau digunakan secara tidak patut, baik karena penipuan atau masalah teknis.

10. Tanggal pemesanan tidak dapat diubah (no reschedule).

11. Biaya yang dibayarkan tidak dapat dikembalikan (non refunable).

12.Promo tidak dapat ditukar dengan uang tunai atau format pembayaran lainnya kecuali dinyatakan sebaliknya.

13. BookingLokal berhak mengubah Syarat & Ketentuan atau membatalkan promosi apa pun kapan saja tanpa pemberitahuan sebelumnya.




Selamat berwisata bersama keluarga.... Jangan lupa, ajak keluarga ke museum. Cara ini bisa efektif untuk menanamkan rasa pada negaranya dan cinta museum. Seperti branding museum  sekarang, yaitu Museum di Hatiku. Berwisata sejarah dan budaya bersama keluarga bisa mulai dilakukan sejak anak kecil. Tak ada batasan usia. Ayo! Buat mereka mencintai negaranya, ya.

36 Comments

  1. Itinerary-nya Mba Susi aku bintangin buat jadi itenerary sendiri kalo nanti boyong keluarga ke Solo. Hehehe. Aku sangat suka wisata sejarah, di Bali juga sama, mainnya ke museum, ke pura, ke puri, macam2 pokoknya yg ada historynya. Tahun baru nanti rencana juga mau staycation sama suami anak, mau coba pesan hotelnya di Bookinglokal deh. Makasih rekomendasinya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak. Bali jadi impian saya karena ada beberapa kesamaan sejarah. Salah satunya sejarah ukir. Masjid pagoda di Jepara juga mungkin bisa divisualisasikan dengan pura pagoda di Bali.

      Delete
  2. Ini menginapnya gak bisa di luar promosi yaa, kak?
    Hehhe...bookingnya mulai sekarang.
    Menarik sekali yaa...dengan harga Rp 1.000,- bisa menginap di hotel loo...
    Cakeepp~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak. Dan tetap termurah. Saya sudah coba cek dengan hotel non promo plus plus. Bedanya kalau promo plus plus bisa bayar Rp1000,- pada malam pertama

      Delete
  3. Aku dari awal excited banget loh mau nyobain tapi ternyata di kotaku belum ada ya mbak, banjarmasin. Semoga nanti merambah ke kota2 kalimantan hotwl murahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak salah, di Kalimantan memang tidak ada Mbak.
      Semoga next promo ada yg menarik di Banjarmasin.

      Delete
  4. seribu rupiah sudah bisa menginap dihotel? rasanya tidak percaya tapi sudah dibuktikan. Ini berlaku di banyak tempat kan ya Mbak Susi? aku jadi penasaran kepengn nyobain juga. mumpung udah nandain hari libur nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Pas banget tuk libur akhir tahun, lho.

      Delete
  5. Wah, sebagai orang asli Solo saya ngiri sama mbak Susi. Bisa punya koleksi foto-foto bagus gitu di Danar Hadi. Hihihi. Kesempatan istimewa ya Mbak waktu itu..
    Btw kok asyik banget sih promonya BookingLokal. Mupeng, deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak, saya juga tak habis rasa syukurnya, boleh foto-foto.

      Delete
  6. Wah banyak banget yang bisa dikunjungi saat ke Solo ya mbak :D
    Seru banget kalau bisa dapat penginapan dengan harga miring jd bisa lebih hemat budget nanti selebihnya dialihkan buat oleh2 hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget, Mbak. Ini baru 3 museum. Masih ada 2 lagi yang sangat menarik. Saya tak punya fotonya. Mau bahas juga kayaknya agak susah dan kepanjangan

      Delete
  7. Perjalanan yang sangat mengasyikan banget ya kak dan apalagi bisa dapet tiket hotel dari bookinghotel.com cuman bayar 1000 perak doang beruntung banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mengasyikkan, Mas. Akan jadi kenangan anak, meski mungkin mereka belum ngeh banget. Waktu yang akan mengabadikannya.

      Delete
  8. boleh juga tuh rp 1000 hehe ada yg sudah nyobain?

    ReplyDelete
  9. Inovatif n kreatif ya BookingLokal menawarkan promo Rp. 1000. Partner-nya trusted smua sih itu jd tenang pesan kamar harga seribu. Palagi dikasih ulasan lengkap ttg The Centre of Java, Solo. Bakal jd liburan berkesan nih ntar,, ke Solo Berseri, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Promonya memang menarik. Sebelum ini namanya #beranicuti.

      Delete
  10. Kok bisa ya mereka ngasih harga semurah itu? Nutup tu untuk semua biaya fasilitas? Wow.

    Maaksih banyak infonya Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memang bikin banyak promo untuk diingat dan mempunyai banyak pelanggan Mbak.

      Delete
  11. Wah... promonya menggiurkan banget ya...belum pernah booking di situs ini.

    ReplyDelete
  12. promonya hemat banget. mana ada cashback kalau bayar pakai gopay. duh...cetar!

    ReplyDelete
  13. Yang paling asik emang klo byk promo ya mbak. Hihi

    Notes. Ku bintangi artikel ini, bsok klo pulkam sekalian ke solo siapa tau bisa mampir2 . :D

    ReplyDelete
  14. thanks infonya mbak Susi .jadi penasaran pengen ke Solo dan pesen hotel seribu satu malam

    ReplyDelete
  15. Wah bisabooking hotel cumam 1000 rupiah keren bgt , super duper hemat dong kantong hhe

    ReplyDelete
  16. Ya Ampun, murah bener mbak cuma seribu bisa boking hotel. mantap ya aplikasi booking lokal ini.

    ReplyDelete
  17. Unik ya namanya.. 1000 satu Malam..dulu pas ke solo blm mampir ksana.. Smg next bisa..
    Sekarang lagi trend wisata heritage..di Malang juga..

    ReplyDelete
  18. aku barusan langsung cuzz loh..cek web bookingnya. tp kok masih gagal ya? ntar coba lagi deh.

    btw, mbak susi ini kuat ya staminanya kalo nulis. keren.

    ReplyDelete
  19. Wah hari ini yaaa terakhir pesan.... hiks...
    tapi masih ada kesempatan donk yaaa hehe
    Asik juga nih memanfaatkan promo 1000 malam pertamanya.. jadi hemat budget bisa dialihkan ke lain nambah tempat wisata yang dikunjungi mungkin... hehe

    ReplyDelete
  20. Yeayy, hari ini masih bisa berarti ya seribu saja pakai BookingLokal. Gile bener, murahnya!!
    Aku baca ini jadi pengin eksplor Solo juga. Tiap mudik mampir Solo ke rumah adik ipar eh mager aja seharian hiks. Padahal banyak yang belum didatangi.
    Terima kasih sudah berbagi Mbak Susi. Info ini lengkap sekali!

    ReplyDelete
  21. keren luar biasa, ketika bisa menginap enak dengan 1000 rupiah, badget hotel bisa buat beli oleh-oleh atau nambah destinasi nih

    ReplyDelete
  22. Siang Mbak infonya tentang penginapan di Solo dan aku banyak tahu tentang Solo dari blog kamu menginap dengan Rp1.000 jadi aku bisa beli oleh-oleh yang banyak deh

    ReplyDelete
  23. Seribu rupiah saja? Wihh murah banget itu mah mbak. Jadi penasaran pengen cobain BookingLokal.com juga nih. Siapa tahu bisa liburan hemat juga.

    ReplyDelete
  24. Wahh di keraton ada patung ala yunani ya mba..
    Kok bisa??
    Unik sekali..

    ReplyDelete
  25. Sayang sekali udah lewat dari batas promo,kelewatan baca blog mba.enak banget mba liburan dapet hotel murah bisa hemat budget dan dialokasikan ke yang lain budget hotelnya

    ReplyDelete
  26. Hiks telat baca..jadi gagal dapat booking 1000 rupiah semalam. But eniwey bagus ya musium batik Danar hadi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)