5 Cara Mengejutkan Untuk Mencapai Sukses Dalam Perdagangan

Banyak orang mencoba sukses dan ikut terjun ke dalam bisnis forex, dan berakhir merugi. Hal ini disebabkan fundamental yang salah dalam membangun sebuah bisnis. Forex juga seperti selayaknya bisnis lainnya. Pebisnis forex juga perlu motivasi, penelitian terkait pasar, modal dan juga tidak kalah penting adalah, mental yang kokoh. Oh, ya, sukses perdagangan forex juga bisa dicapai perempuan, lho. 




Sobat Susindra harus mengambil langkah-langkah yang sesuai, jika ingin suskses dari forex. Dimulai dari belajar tentang forex dan pasar secara mendalam. Sukses membutuhkan waktu. Sobat bisa memilih melakukan trial error, yang akan memerlukan proses panjang. Atau kamu bisa berfokus untuk belajar dan setelah itu mengambil keputusan dan prediksi bagaimana bisnis forex dan potensinya ke depan sesuai dengan target finansial yang ingin sobat Susindra capai.

Jalan untuk menjadi trader yang sukses bisa didapatkan oleh siapa saja, dari jenjang kehidupan manapun. Akan tetapi, kamu harus berkomitmen menyisihkan waktu dan tenaga untuk belajar dan bersiap dengan tantangan pasar. Komitmen, penelitian, pembelajaran tentang pasar, target capaian sampai mentor adalah lima tahapan yang harus sobat Susindra lalui untuk mendapatkan fundamental kokoh yang akan sangat berguna seiring saat membuat langkah-langkah awal dalam trading.

Kelima hal tersebut berguna untuk menentukan strategi trading dan pola yang cocok untuk digunakan nantinya. Strategi dan pola  bisa berbeda-beda, namun lima cara mencapai sukses berikut bisa jadi langkah awal terjun dalam dunia forex.


Buat Komitmen Untuk Belajar

Perilaku mengikuti apa yang ada di pikiran. Jadi satu langkah besar awal untuk mencapai sukses dalam perdagangan adalah dengan membuat komitmen untuk belajar. Ambil waktu untuk berfikir betapa penting sobat Susindra mempelajari tentang forex dan apa yang dapat kamu peroleh. Siapkan mental untuk bekerja dan mempelajari satu langkah di depan yang lainnya, yaitu kompetitor.



Hal ini tidak hanya berlaku dalam forex, namun bisnis secara umum. Langkah ini dapat memperkokoh pondasi sobat untuk membuat target di langkah keempat. Berikut ini bacaan yang bagus tentang leverage sebagai strategi bisnis.

Lakukan Penelitian

Sekarang kamu sudah siap modal dan mental untuk terjun di pasar forex, langkah berikutnya adalah penentuan bagaimana cara sobat mulai. Kasus sukses jarang ditemui dari pemain yang langsung mulai tanpa ada persiapan dan pengetahuan apa-apa terkait trading. Jika sobat Susindra mengambil langkah yang sama, yang mungkin terjadi adalah, kamu akan kehilangan uang, hilang semangat dan berhenti, sebelum mendapatkan kesempatan yang sebenarnya untuk menjadi sukses.

Sebaliknya, pelajari bagaimana cara untuk belajar tentang pasar forex. Ada banyak komunitas yang bisa dipilih, atau dengan mengikuti kursus khusus perihal trading. Lakukan penelitian atas beberapa cara yang paling cocok dengan waktu dan modal yang sobat miliki agar proses selanjutnya berjalan efektif dan efisien.


Pelajari Pasar

Setelah mendapatkan beberapa materi belajar, fokuskan diri sobat Susindra untuk menggali sedalam-dalamnya informasi yang didapatkan, ditambah sumber-sumber lainnya. Kamu bisa membeli buku khusus, mencari di internet atau dengan menonton YouTube. Jika sobat benar-benar baru terjun di sini, langkah fundamental dalam belajar tentang forex adalah sebuah keharusan. Buat rencana harian tentang materi yang dipelajari, dan berkomitmen untuk mengikuti rencana harian tersebut.

Tetapkan Target

Ingat langkah sebelumnya, yaitu tentang komitmen dan motivasi untuk terjun dalam bisnis ini. Sekarang, setelah belajar semuanya, sobat sudah bisa menetapkan tujuan trading dengan jauh lebih jelas.

Buat target spesifik yang ingin kamu capai. Apakah membeli rumah mewah, atau sebuah portofolio investasi lainnya? Semakin spesifik, semakin baik. Hal ini bisa menjadi fundamental untuk mulai trading dan menjadi inspirasi ke depan. Jangan lupa, sobat tetap bisa memperbarui target yang ditetapkan seiring berjalannya waktu.

Membuat target tertentu tidak hanya berguna, namun krusial nilainya. Untuk target tinggi berguna agar motivasi semakin tinggi. Sedangkan target yang biasa saja akan sangat berguna saat berada di masa-masa sulit. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.


Cari Bimbingan

Salah satu cara untuk mengasah fundamental belajar adalah dengan mencari seorang mentor. Mentor bisa jadi siapapun yang memiliki pengalaman lebih banyak dalam trading dibandingkan kamu, Sob. Seringkali mentor tidak hanya mampu memberikan pendapat yang bernilai, sesuai dengan pengalaman mereka, namun juga memberikan arahan pada materi belajar dan teknik lain yang berguna bagi mereka.

Esensinya, seorang mentor bisa memberikan arah bagi kita untuk menghindari kesalahan pemula dan mempercepat proses pembelajaran secara signifikan.

Demikianlah 5 cara mengejutkan dalam sukses perdagangan, yang bisa sobat lakukan. Sukses di forex bisa jadi milik semua orang, laki-laki atau perempuan, tua atau muda.

Post a Comment

33 Comments

  1. Memang kalau untuk bisnis atau dagang ini jangan sampai main-main bener ya kak. Wlaupun mungkin pas awal menggunakan "coba aja dulu", namun harus disertai dengan kesiapan komitmen untuk terus belajar, terus riset pasar, dan terutama juga mencari mentoring

    ReplyDelete
  2. Setuju banget kak. Bisnis ini kudu tahu banget siapa targetnya supaya usaha marketingnya tepat sasaran dan berguna. Kalau diriku juga memasukkan product knowledge sebagai sesuatu yang sangat penting sebelum orang memutuskan membeli barang atau jasa

    ReplyDelete
  3. Pernah ikut pelatihan forex dan asli salut banget sama yang sukses dengan forex karena pastinya perlu ketekunan dan pengambilan keputusan yang tepat saat membeli dan menjual

    ReplyDelete
  4. Nah...ini kak Susindra, Babe dulu pernah ikutan trading dan telah mempercayakan diskusi serta belajar bersama orang bank nya. Tapi namanya belum rejeki, masuk tahun kedua, keuntungan uda gak ada sama sekali.
    Apa memang gitu ya..?
    Membutuhkan proses dan kegigihan serta kekuatan hati.

    ReplyDelete
  5. Di jaman sekarang, trading menjadi salah satu pilihan investasi yang dipilih orang2 untuk menyimpan hartanya untuk masa depan. Selain itu trading juga bisa dijadikan ladang bisnis baru yang mana memiliki progres keuntungan yang menggiurkan.

    Dulu saya pernah beberapa bulan bekerja di salah satu broker forex, yang mana kerjanya tiap pagi mengamati perkembangan pasar saham internasional maupun dalam negeri, untuk memberi saran saran investasi tiap pagi untuk rekomendasi transaksi yang akan dilakukan nanti.

    Mau beli dollar, atau jual emas, atau bisa juga masuk ke dalam saham hangseng nikei dsb.

    Dan benar, untuk semua itu butuh proses pembelajaran dan penerapan tips dan trik transaksi agar memperoleh keuntungan yang sesuai dengan harapan.

    ReplyDelete
  6. Nah, ini yang menjadi resolusi jangka panjang saya : bisnis trading. Dari seminar yang pernah saya ikuti, sebelum terjun di bisnis ini, kita harus belajar seluk - beluk trading sampai paham dulu. Kalo kata Reza Aswin, learning by doing ga berlaku di bisnis ini.

    ReplyDelete
  7. Betul sekali, Mbak. Dalam berbisnis itu kita harus tau target marketnya supaya tepat sasaran.
    Saya sendiri belum begitu paham dengan cara kerja forex. Masih awam dan belum begitu tertarik sih hihihi

    ReplyDelete
  8. Memulai sesuatu harus punya ilmunya biar gak salah arah, apalagi kalau dalam memulai bisnis. Karena tujuannya adalah mendapatkan keberhasilan, bukan keberuntungan.
    Jujur saya pernah mencoba mempelajari forex rapi GAGAL TOTAL, untung ga sampai merugi

    ReplyDelete
  9. kalau saya baca sebenarnya tips-tips tersebut sederhana tetapi jarang orang perhatiin alias jarang dipraktikan. Padahal secara teori sebenarnya sederhana yah

    ReplyDelete
  10. Nah begini nih, saya butuhnya blog seperti ini, artikel2nya yang sangat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Salut Mbak Susindra. Tetap semangat menulis ya Mbak! Salam Traveler!~

    ReplyDelete
  11. Bisnis apa pun, termasuk forex emang harus belajar bener-bener supaya nggak salah jalan, hehe. Btw, saya pernah juga diajak main forex, cuma karena saya nggak tahu hukumnya, halal apa haram jadi mending mundur deh

    ReplyDelete
  12. Jaman sekarang semua bisa meraih sukses dibidang apa saja memang ya mba, asalkan punya niat dan berbekal Cara yang beberapanya sudah disebutkan tadi. Tekun Dan pantang menyerah harus banget pokoknya

    ReplyDelete
  13. mbak susi udah terjun langsung? aku kok belum berani ya.. udah beberapa kali ada tamu siaran yang bawa topik ini. bahkan janji ngajarin khusus kalau mau. tapi kok rasanya susaaaah gitu belum juga belajar :D

    ReplyDelete
  14. Ikut di trading forex kalau paham katanya menjanjikan ya. Saya da lama buat akun. Tapi belum sempat2 untuk belajar.

    ReplyDelete
  15. Terjun dalam semua sektor bisnis, yang namanya belajar itu penting banget. Apalagi untuk sesuatu yang selama di bangku sekolah, kita nggak mendapatkan ilmunya. Sama dengan yang aku alami saat mendampingi teman-teman belajar saham, selalu ada saja pengalaman dari teman lainnya yang merasa dirugikan.

    Ternyata kalau ditelisik lebih jauh, main terjun saja tanpa pernah belajar. Tapi ada pelajaran berharga jadinya. Jangan main-main saat mau fokus pada suatu hal.

    ReplyDelete
  16. Saat memutuskan terjun berbisnis, pastinya tidak hanya kekedar niat dan modal ya, Mbak Susi. Tapi juga banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipelajari. termasuk dunia Forex ini. Dan keren sekali 5 caranya itu, Mbak. Dan sebenarnya menurut saya, 5 cara di atas, bisa diterapkan dalam bisnis apa saja.

    ReplyDelete
  17. Untuk menerapkan target dalam bisnis yang belum aku lakuin mba Susi. Masih mengalir aja kayak air. Padahal harusnya jadi element penting ya target itu

    ReplyDelete
  18. Kalau mau terjun ke dunia per-Forex-an memang harus belajar dulu. Trus ikutan modal kecil dulu. Kalau sudah paham, baru kita bisa investasi dengan modal yang lebih besar. Jangan sampai nanti ruginya yang besar ya mbak, hehe..

    ReplyDelete
  19. Mba maafkan aku yang awam dan kurang ilmu ini. Bisnis forex tu apa? Bisnis tentang apa itu? Tapi aku sih setuju ama mba bilang di atas. Menurut aku, bisnis apapun itu hal di atas yang mba tulis harus dilakuin buat kita-kita yang emang pengen fokus dam sukses berbisnis

    ReplyDelete
  20. Jujur aku baru tahu dan masih awam banget tentang dunia trading ini. Dulu suka lihat iklannya kalo pas browsing, oh ternyata forex ini saham ya. Tfs Mbak, jadi nambah ilmu baru lagi.

    ReplyDelete
  21. Udah lama pingin nyoba jual beli saham tp kok maju mundur syantik ajahh yaa... Baca blogpost nya Mbak Susi jd semangat lagi hehe.. Tfs Mbak

    ReplyDelete
  22. dulu sekitar taun 2007 kayaknya, sempet belajar trading, susah juga ternyata

    ReplyDelete
  23. Tipsnya berlaku enggak hanya untuk trading doang ya mbak... Soalnya beberapa tips aku terapkan di bisnis dagang makanan di kantin sekolahku he..he... Dan hasilnya emang lumayan banget mbak.

    Kalau untuk trading atau main saham, saya belum berani. Tapi pengen coba dan perlu belajar sungguh sungguh...

    ReplyDelete
  24. Ingin terjun ke bisnis apapun, memang sebaik dipelajari dulu ya kan..
    Supaya gak buta arah.

    Btw dirimu udah terjun kah ke bisnis forex ini mba Susindra?

    ReplyDelete
  25. Cari bimbingan penting tapi zaman skrng seringnya emang ikutan WS berbayar gtu hehe :D
    Sesungguhnya saya gak begitu paham forex tapi pernah baca katanya butuh modal mayan, bener gak sih mbak? :D

    ReplyDelete
  26. Keren infonya bener bener bermanfaat buat yang lagi bercita cita jadi wira usaha

    ReplyDelete
  27. Saya kenal forex dah lama sebenernya sih mbak, cuma ya gitu, masih menata mental. siap atau nggak. But, thanks tulisannya, mencerahkan

    ReplyDelete
  28. Info nya manfaat bgt nih, kebetulan ortu wira usaha, bs d transfer ilmu nya nih .. Mks kak

    ReplyDelete
  29. Wow bang neh artokelnya.teruyama untuk para pemegang usaha

    ReplyDelete
  30. Kegagalan dalam bisnis itu seringkali terjadi di salah satu penyebabnya yaitu target. Target ini akan berpengaruh apakah yang kita tawarkan memang dibutuhkan oleh konsumen. Nah, ini kadang yang terlupakan. Sehngga banyak dari mereka yang bisnis itu yang penting ditawarkan, jadi audiennya semua kalangan. Akhirnya bisa gagal

    ReplyDelete
  31. Nah, suamiku dulu main Forex.
    Pernah juga rugi beberapa puluh juta terus berhenti, dia kalap. Aku bilang serakah, udaj bagus main kecil-kecil tapi kuantiti, eh sok-sokan..pembelajaran, karena bikin kami puasa. Saat itu Zafa blm genap satu tahun hahahaha.

    Beberapa bulan lalu nsh main, tapi kerjaan dia ya gitu mantengin grafik, vidio call, nonton vidio buat belajar, analisa pasar. Jadi, dia juga baca-baca berita yang sekiranya mempengaruhi pasar saham wall street.

    ReplyDelete
  32. Bisa jadi masukan nih, memang ada niatan untuk buka usaha, ternyata memang harus ada persiapan juga ya.

    ReplyDelete
  33. usaha gini gak bisa jalan sendiri...harus punya tim.
    kita terus belajar, dan untuk produksi kudu harus ada yang pegang,,,
    kalau sendiri...udah lelah duluan..belum lagi belajarnya...jangan sampai mengganggu hal lain seperti pemasaran, riset pasar dll

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)