Resep Ayam Goreng Krispi Rumahan

Menu ayam menjadi makanan kesukaan milyaran anak di dunia. Mungkin tak ada yang menolaknya jika ada di meja makan. Apalagi jika dijadikan ayam krispi. Bisa bikin si GTM ambil piring. Ini terjadi pada Gi hari ini. Saking senangnya, langsung saya bagikan resepnya di Cakrawala Susindra.

Resep Ayam Goreng Krispi Rumahan


Giandra sedang sakit. Huhuhu. Jangankan makan. Minum susu kesukaannya juga enggan. Paniknya saya sudah ulala banget deh. Segala dicoba.

Alhamdulilah saat kenalan dengan roti tawar, dia mau. Makan sesobek saja sudah meleleh hati kami. Setelah itu, meski masih picky, Gi (Giandra)  sudah mulai mau menghabiskan satu susu kotak dan mencoba makan ini itu.

Dan dia bisa menghabiskn 1/2 sayap ayam krispi! Auto bahagia, dong, ibunya. Langsung dibelikan lagi dan lagi.

Saya sering mengandalkan ayam krispi dari warung teman dekat rumah karena lebih praktis. Warung baru. Prinsip saya, kalau ada teman dagang dan bisa bantu ya dibantu. Mendukung usaha teman itu membahagiakan.

Lagian juga lebih cepat. Wapri lalu transfer. Tunggu diantar atau minta anak mengambil ke sana.


Membuat ayam krispi sendiri

Saya sudah beberapa kali membuat ayam krispi 3 bahan. Anakanak sangat suka. Sering dibantu oleh mereka juga. Biasanya saya buat dari ayam 2 kilogram sekalian. Masak sekaligus lalu masukkan ke dalam freezer. Mereka tinggal hangatin kalau mau makan. 



Tapi... memasak ayam krispi memang butuh kesabaran kalau sekaligus memasak banyak. Tapi layak dilaakukan, sih. Memang harus meluangkan waktu dan siap tempat memasaknya berantakan dengan tepung. Apalagi kalau Giandra ikut bantu. Ampuuun... si tiga tahun kami itu sangat kreatif.

Kenapa saya katakan lama karena untuk satu kali gorengan membutuhkan setidaknya 20 menit. Setiap kali menggoreng jumlahnya sedikit saja karena semua ayam harus terendam seluruhnya ke dalam minyak.

Selama 3 bulan ini berasa jadi sultana ya kalau memasak ala seperti ini, ya. Harga minyak 1 liternya 22 ribu…. Tadi cek di aplikasi sebuah minimarket, ada promo 18 ribu. Lumayan....

Tapi Gi sedang GTM dan tak mungkin juga beli matang terus menerus. Saya bikin aja dengan satu bahan tepung karena lebih praktis dan pasti jadi. Pakai tepung KOBE. Praktis dan enak, lho. Asli!


Kobe bukan dari Jepang

Adakah yang mengira kalau tepung Kobe itu produksi dari Jepang? Wah, kita samaan. Saya juga begitu. Ternyata oh ternyata, ini produk lokal dari kota tetangga saya. Dari kota Semarang.



42 tahun yang lalu, ada sebuah industri rumahan berupa tepung bumbu. Industri ini berkembang pesat sekali sampai kemudian menjadi sebuah pabrik besar. Nama Kobe dipakai bukan karena pemiliknya WNA dari Jepang, tapi dari singkatan kata Kata Orang Banyak Enak (KOBE).

Menurut klaimnya, ini tepung bumbu pertama di Indonesia, lho. Dan karena perjalanan sejarahnya dan memang kualitas cita rasanya, maka tagline yang digunakan adalah Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!

Memang ahli sekali, nih. Kayaknya hanya tepung Kobe yang variannya banyak. Ini nih, 6 jenis tepung dari Kobe:

  1. Kobe Tepung Serbaguna
  2. Kobe Tepung Tempe Kriuk
  3. Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy
  4. Kobe Tepung Bakwan & Perkedel
  5. Kobe Tepung Pisang Goreng
  6. Kobe Tepung Bumbu Putih



Kobe Kobe Tepung Serbaguna menjadi andalan saya untuk membuat tempe/tahu goreng renyah. Dua anak saya yang sudah remaja biasa membuat menu gorengan dari tepung ini.

Kali ini saya menyetok Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy. Pas banget ada promo lumayan di minimarket dekat rumah. Anak-anak ingin dibuatkan ayam krispi.


Ayam goreng krispi rumahan anti gagal

Memasak ayam goreng renyah untuk anak-anak itu lebih menyenangkan jika dilkukan bersama mereka. Ada yang bantu, lebih cepat selesai juga.  Tapi... juga lebih berantakan dan lebih cepat habis. Mereka sering rikues dan memang mudah bikinnya. Dicemilin.

Saya memasak ayam krispi menggunakan ayam mentah. Bukan ayam yang direbus dulu. Jangan bilang, “Kan memang pakai ayam mentah…” karena percaya atau tidak masih ada saja yang sangsi lho dengan kematangan ayamnya.



Pakai ayam mentah, bikin bumbu dalam tepungnya lebih meresap. Ga perlu marinasi dengan bumbu lainnya. Marinasinya pakai adonan tepungnya saja.

Langsung aja yuk….


Siapin bahan ayam krispi

1. Ayam ½ kg, potong sesuai selera.

2. Tepung kobe 1 pak

3. Minyak goreng secukupnya


Cara memasak ayam krispi

1. Potong sesuai selera. Jika membuat ayam krispi saya memotongnya kecil atau memanjang. Jika mau potongan besar, harus disayat-sayat daging ayamnya agar bumbu meresap dan ayam matang sempurna.
2. Ambil 2 sendok penuh tepung dan campur dengan air sedikit. Kisarannya kalau saya, 1: 3.

3. Marinasi daging ayam dengan adonan tepung di atas. Biarkan selama 30-60 menit.
4. Tuang 1 pak tepung kobe ke dalam wadah yang datar. Bisa piring atau nampan kecil.

5. Masukkan dan baluri ayam yang sudah di marinasi satu per satu dengan tepung. 
6. Langsung goreng saja





Tips menggoreng ayam krispi agar daging ayam matang sempurna

Menggoreng ayam krispi dari bahan daging ayam mentah pasti matang kok, asal tahu caranya. Ada macam-macam juga tekniknya. Boleh pakai cara saya.

  1. Gunakan minyak goreng yang banyak. Semua ayam harus terendam dengan baik.
  2. Pastikan minyak benar-benar panas sebelum memasukkan ayam. Gunakan api normal.
  3. Kecilkan api setengahnya, setelah sejumlah ayam masuk semua.
  4. Balik ayam jika warnanya sudah mulai kuning. 
  5. Kembalikan api ke posisi normal jika sisi lainnya itu sudah mulai kuning juga.
  6. Masak sampai kedua sisi kuning keemasan.
  7. Angkat dan sajikan



Semudah itu sih cara saya memasak ayam krispi. Mudah dan menyenangkan anak. 

Resep kali ini saya hanya membuat dengan ayam  ½ kilogram saja. Cukup cepat selesainya. Hanya tiga kali penggorengan karena memang saya potong kecil-kecil.  Saya bagi menjadi 12 potong. 

Memasak seperti ini biasanya tepung tersisa, ya. Saya tidak membuangnya. Saya buat mendoan saja. Kalau sedang ada tepung panir saya membuat tempe krispi panir. Bekas marinasi daging bisa dipakai untuk tempe. Sisa tepung jika sedikit saya jadikan adonan marinasi, jika cukup banyak saya masukkan jadikan baluran bersama dengan tepung panirnya. Aih sayang saya tak ada fotonya. Kapan-kapan jadi artikel sendiri saja. 

Teknik semacam ini tak bisa dipakai untuk ayam karena menggorengnya sebentar saja. Selamat mencoba ya....




Kobe Kentucky SuperCrispy

Resep di atas super duper mudah kan? Memasak ayam krispi dengan tepung Kobe lebih enak rasanya. Hasilnya juga lebih krispi. 

Menurut termasuk dalam jenis masakan anti gagal. Meski baru pertama kali bikin pun. Dan bisa jadi menu harian buat anak. 

Kobe Kentucky SuperCrispy memang diracik secara khusus untuk menghasilkan ayam kentucky super renyah ala restoran yang itu tu... Kesukaan anak-anak semua kan? 

Bumbunya berempah yang pas banget. Hasil gorengan juga akan crunchy & crispy nya. Katanya tahan sampai 8 jam. Saya tak bisa bukti. Cara pakainya pun mudah dan antigagal, celup ayam ke adonan basah kemudian balur ke tepung kering kemudian goreng dalam minyakkan karena langsung habis. 

Ini klaim dari produsennya:

  1. Diracik menggunakan formula khusus untuk menghasilkan ayam kentucky super cruncy & crispy
  2. Renyahnya tahan hingga 8 jam
  3. Rasa yang pas & lezat bumbunya  
  4. Diproses menggunakan teknologi modern
  5. Tanpa bahan pengawet
  6. Tanpa pewarna buatan

Mau buktikan? Yuk bikin ayam goreng krispi di rumah masing-masing dengan tepung Kobe Kentucky ini. Mudah banget dan anti gagal.

Nyenengin anak sambil buktikan bahwa produk lokal seperti tepung Kobe pun punya kualitas mendunia. 


 


26 Komentar

  1. Hemm saat saat seperti ini makan ayam goreng krispi memang nikmat banget, sayangnya tadi dadakan beli. Kayaknya kalau masak sendiri bakalan puas dan lebih murah, lain kali nyoba resep ini deh. Terima kasih resepnya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Aku kemarin juga iseng pake tepung bumbu Kobe ini. Rasanya enak banget. Cuma agak asin di after taste-nya. Solusinya, campur tepung bumbu Kobe ini dgn tepung terigu biasa utk menekan rasa asin di bumbu utamanya.

    Kayaknya, bikin ala KFC lokal oke juga nih. Hehehe..

    BalasHapus
  3. Aku kemarin juga iseng pake tepung bumbu Kobe ini. Rasanya enak banget. Cuma agak asin di after taste-nya. Solusinya, campur tepung bumbu Kobe ini dgn tepung terigu biasa utk menekan rasa asin di bumbu utamanya.

    Kayaknya, bikin ala KFC lokal oke juga nih.

    BalasHapus
  4. Wahh pas sekalii, anakku minta2 ayam KFC mulu hahaa tapi saya pikir bikinnya susah ternyata segampang gini pakai Kobe😍 auto bikin buat anak ini mahh.

    BalasHapus
  5. Jadi kayak makanan di gerai makanan cepat saji gitu ya hasilnya. Duh jadi pengen coba jga bikin di rumah. Praktis dan lezat.

    BalasHapus
  6. Mbak aku tuh kalo bikin ayam krispi gak pernah berhasil bikin kriuknya macam fried chicken di luaran gitu, meski uda ngikut resepnya semirip mungkin, wkwkwk

    BalasHapus
  7. Salah satu tepung andalan saya juga nih. Tapi belum pernah nyobain bikin ayam krispi, ngga telaten sayanya.

    BalasHapus
  8. lebih puas yaa klo masak sendiri mba, bisa sesuai selera juga. Ahhh aku udh lama tau tepung kobe sih, emang bikin kriuk gurih gitu klo goreng-goreng makanan

    BalasHapus
  9. Ponakan daku suka nih sama krispi, di copas deh ah resepnya, biar bisa nyobain juga resep krispi nya

    BalasHapus
  10. Aku tuh paling sering faild sih kalau masak ayam crispy ini apalagi di bagian paha ayam. Entah kenapa kok selalu aja masih ada merah2 di pangkal paha nya huhu... any tips, kak?

    BalasHapus
  11. Adikku doyan banget sama ayam crispy begini, Kak. Kalau aku lagi pergi-pergi tu mintanya selalu. Oleh-oleh ayam crispy gitu katanya. Terus digeprek sama dia. Udahlah. Lahap banget pasti makannya adikku tu...

    BalasHapus
  12. Anak saya suka banget dengan gorengan apapun menggunakan tepung Kobe. Apalagi tepung putih wah dia tuh kaya nyicip gula pasir saja, tepung putih sering nyuri nyuri dijilat gitu hehehe ...

    BalasHapus
  13. huaaaa ini nih aku besok pengen bikin ah kaya gini tapi pake saus ala korean gitu mba, thanks resepnya loh mba Susi

    BalasHapus
  14. aku jga suka pakai tepung kobe ini, mba. ini tepung legendaris, sih, mengingatkanku sama ayam goreng ibuku waktu kecil, bikinnya ya pakai tepung kobe ini :D

    BalasHapus
  15. Wah thanks tips membuat ayam goreng krispinya mbak, kebetulan anak saya suka sekali dengan ayam goreng krispi jadi saya ada rencana untuk membuat sendiri hehe

    BalasHapus
  16. Anakku tuh suka banget ayam crispy gini Mbak, tapi emaknya kalau bikin gagal melulu. Pas TK itu sampai tiap hari beli hlo. Makasih buat resepnya ya, bisa dicoba ini.

    BalasHapus
  17. kalau ayam krispi rumahan gini anak-anak juga suka, apalagi sekarang bisa pakai tepung Kobe ya, jadi makin praktis dan gak perlu pusing mikirin ramu bumbu segala ya :)

    BalasHapus
  18. Jadi ingat ibuku. Dulu beliau yang kash tahu aku, kalau mau masak ayam goreng di kasih bumbu kobe supaya krispi. Sekarang aku jadinya suka masak ayam dengan bumbu kobe.

    BalasHapus
  19. wah tepung kobe ini bisa jadi sahabat emak-emak nih hehe.. praktis banget ya, dan hasilnya anti gagal lhooo :) aku juga sampe stock banyak di rumah berbagai macam jenis tepung kobe wkwkwk

    BalasHapus
  20. wah tepung kobe enak sih. Biasa make tepung ini kalau goreng ikan dori. Crispy nya pas ga terlalu garing. Enak dicocol pakai saus asam manis bangkok

    BalasHapus
  21. Jadi kepikiran nih..kak Susi, besok menunya pakai Kobe Kentucky SuperCrispy aja kali yaa... Dan kini, anak-anak mulai PTMT seminggu 2 kali, bisa berkreasi bikin menu lezat yang super crunchy menggunakan tepung andalan Kobe Kentucky SuperCrispy.

    BalasHapus
  22. kobe banyak varianynya, bisa mmebuat banyak hal

    BalasHapus
  23. Senang banget sama Ayam goreng krispi, tapi dimasak seadanya bahan di rumah. Wah pengen coba pakai dengan resep Kobe pasti anak-anak suka

    BalasHapus
  24. Baru tau KOBE itu dr semarang dan ada kepanjanganny pulak.
    Kayakny aku hrus coba resep ayam crispy ny nih, praktis tp hasilny endol

    BalasHapus
  25. MasyaAllah ini kesukaan ponakanku banget mbaa, bisa nambah berkali kali kalo beli ini ternyata bikin sendiri di rumah sesimple itu ya pake bumbu rahasia tepung kobe. Penasaran pengen buat juga

    BalasHapus
  26. Pernah beberapa kali buat ayam krispi. Tapi nggak krispi tepungnya. Wkwk.. Nah, besok-besok nyobain tepung kobe dulu lah. Biar hasil dan rasanya maksimal. Coz, kesukaan keluarga.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)