Dukung Usaha Teman dan Berbahagialah!

Pandemi dan dampaknya tak selalu punya cerita sendu. Banyak versi bahagia, misalnya menemukan passion, menghasilkan karya, dan berani ambil langkah besar di bidang usaha. Berjualan! Sering kan, tiba-tiba ada teman yang mendadak punya usaha baru. Yuk, dukung usaha teman dengan membelinya. Dukung usaha teman dan berbahagialah!

 

cara Dukung usaha teman

“Teman yang tidak punya perasaan akan meminta gratisan.” Pernah dengar kalimat ini? Wah, sampai segitunya, ya. Tapi mungkin ada benarnya, terutama kalau yang jualan adalah teman yang tidak berpunya. Yang berjualan untuk menyambung hidup. Termasuk tega kalau minta gratisan meski dengan nada bercanda.

Jadi, kalau ada teman yang kaya raya, boleh? Jawabannya relatif. Saya tidak sedang ingin membahasnya. Kebetulan saya barusan baca pernyataan di bawah ini:

Teman yang tidak punya perasaan akan meminta gratisan.

Teman sejati akan membeli (atau bentuk dukungan lain).


Dan ide membuat tulisan ini muncul….


Dukung usaha teman

Saya masih sering terkesan dengan sifat adaptif manusia yang mau berpikir dan bekerja. Pandemi meluluhlantakkan perekonomian, terutama pada awal-awal. Makin ke sini kita makin terbiasa, malah akhirnya dimanjakan dengan cara belanja secara online. Cukup gegoleran di rumah sambil pegang HP, kita bisa membeli apapun yang dimau. Mulai dari kebutuhan sandang sampai papan. Panganan juga.

 


Saya punya teman yang hobi lihat status WA temannya yang ada di kontak. Dia mengaku sering ‘khilaf’ membeli makanan dari status di sana. Saudara saya juga pernah bercerita sering beli tanaman dari status di situ. Wah, ladang uang!

Meski mengaku khilaf, nyatanya ia tak pernah menyesal. Malah senang karena merasa membantu teman. Tentu saja syaratnya hanya dua, yaitu:

  1. Ada uangnya
  2. Jangan meminta diskon
  3. Mudahkan cara pengirimannya

Cuma tiga itu sih menurut saya. Menarik, ya? Semoga tulisan ini menginspirasi sobat Cakrawala Susindra dan mau mendukung usaha teman. Bahagia, lho, rasanya setelah melakukan itu. 


Bagaimana jika tak punya uang? Ada kok, solusinya. Yo wes, simak 4 cara dukung usaha teman di bawah ini dan lakukan sesuai dengan kemampuan, ya….

1. Larisi dagangannya dengan membeli.

Cara ini yang paling mudah dan banyak dilakukan oleh teman-teman yang punya uang dan hati lapang. Ketika ada teman yang membeli, penjual biasanya punya perasaan bahagia yang lebih nyata. Dag dig dug dan kepikiran bagaimana memberikan yang terbaik. Semangat berjualan juga cepat meningkat. 


2. Bantu rekomendasikan ke teman

Ada cara lain jika memang tidak butuh benda yang dijual teman atau tidak punya dana untuk membelinya. Contohnya Potret Jati saya ini. Oleh karena kriya seni, jadi tidak semua orang merasa harus punya. Harganya juga lumayan karena berbahan kayu jati. Hihi. Selama ini klien kami memang dari corporate untuk mutasi pegawai dan masterpiece pernikahan. Selain dekorasi dinding ruang tamu yang istimewa, tentunya. Rata-rata harga per orang 300 ribu, jadi tinggal dikalikan berapa orang dalam satu bidang. Bantu dengan memberi rekomendasi saja....

Eh, ini contoh untuk dukungan, ya. Tapi kalau beneran juga maturnuwun. Hihihi


3. Bantu saran untuk pengembangan

Tak harus menjadi expert untuk memberi saran. Misalnya membeli keripik dari seorang teman lalu merasa kalau terlalu gurih, kurang tipis, atau apalah. Teman sejati akan memberitahu hal baik dan buruk secara seimbang untuk membantu teman. Atau merasa kemasannya bisa lebih baik? Beri saran saja. Ini akan makin mendekatkan persahabatan. 


4. Bantu carikan untuk solusi permodalan

Informasi bantuan permodalan sering berseliweran di sekitar kita. Kadang dianggap biasa karena tidak butuh. Informasi semacam ini jadi sangat berharga jika sampai pada orang yang tepat. Kadang juga ada informasi komunitas atau pameran lokal yang bisa diikuti oleh teman. 

Jadi, yuk segera ingat-ingat siapa teman yang berjualan dan beri informasi untuk solusi permodalannya.


Dukung usaha teman dan berbahagialah!

Kita tak pernah tahu kemampuan ekonomi teman. Tapi kalau ia berjualan, pastinya karena punya target untuk hidup yang lebih baik. Entah ia membuat sendiri dengan bahan seadanya atau untuk menyambung hidup. Yang jelas ia punya keinginan untuk hidup bahagia dengan hasil usahanya itu. 

Bahagia itu menular. Saat energi bahagia memancar dalam diri teman yang berjualan, pancarannya akan sampai pada kita. Entah dalam bentuk langsung berupa tambahan rezeki atau bentuk lain seperti kesehatan atau terhindar dari marabahaya. Jadilah teman sejati untuknya.


 

Saya punya teman yang ketagihan berbuat baik. Katanya tiap ia memberikan sesuatu pada orang yang tepat, balasan dari Allah nyaris seketika dan berlipat. Bisa dimaklumi kalau ia orang yang istimewa dengan keimanannya. Dan masih ditambah dengan statusnya sebagai anak yatim-piatu sejak kecil. 

Ada juga yang bercerita, ia terlambat pergi karena ada tamu yang lama pulang dan pulangnya membawa ini itu dari rumah. Ketika akhirnya ia pergi, ternyata di depan sudah terjadi kecelakaan beberapa waktu yang ia perkirakan akan sampai di sana jika tadi tidak terhambat.

Memang ini rahasia Allah. Tapi sobat pastilah setuju bahwa membantu teman juga bernilai sedekah dan membuat pemberi maupun penerima sama-sama bahagia. Berikut ini manfaat ini sedekah dalam Islam:

  1. Melipatgandakan pahala 
  2. Melipatgandakan harta
  3. Menghapus dosa
  4. Menyembuhkan penyakit
  5. Memberi naungan di hari kiamat


JX Indonesia untuk mudahkan cara pengiriman

Kalau suka memantau status WhatsApp teman, pasti akan menemukan promosi dagangan teman. Ini sebuah tempat yang bagus untuk mempromosikan usaha, bagi orang yang gaptek sekali pun. 

Mengapa saya tidak sebut media sosial yang biasa dipakai untuk berjualan seperti Instagram dan Facebook? Keduanya memang sangat potensial dan harus digunakan jika memang mampu. Juga berbagai macam marketplace.


 

Apapun tempat yang dipilih untuk mendukung usaha teman, saya punya rekomendasi perusahaan jasa pengiriman ekspress, yaitu JX Indonesia. Sudah jadi anggota ASPERINDO dengan nomor register 428.0618. 


Tentang JX Indonesia

JX Indonesia atau J-Express adalah perusahaan logistik penyedia kurir yang berdiri pada Agustus 2015. Kantor pusatnya di Jakarta. Awal pendiriannya kalau tidak salah ingat untuk mendukung pengiriman dan logistik JD.ID. 

JX memiliki nama perusahaan PT Jaya Ekspress Transindo. Kita jadi tahu, kan, mengapa penulisan dan penyebutan perusahaan logistik ini ada dua, yaitu JX dan J-Ekspress. Psst.. perusahaan ini menjadi jawaranya COD, lho! Tahu kan, sistem belanja yang sangat disukai di Indonesia ini karena menjadi penghubung antara penjual dengan pembeli yang punya karakter ada uang ada barang?

 


Awal pendirian memang untuk mendukung perusahaan ritel B2B dan marketplace JD.ID. Mereka sohiban kental. Namun, pada perkembangannya perusahaan logistik yang satu ini berkembang sangat pesat dan bisa digunakan oleh semua seller tanpa harus tergabung dalam marketplace itu ataupun yang lainnya. 

Sekarang ini sudah ada 8 gudang besar, 250+ drop point, dan 3000+ kurir. Bisa dikatakan sudah merata. Bahkan di Jepara yang menjadi “sudut terlupakan” menurut surat-surat R.A. Kartini juga sudah ada. FYI, ya, Jepara itu di ujung utara pulau jawa yang tidak dilalui Jalan Deandels. Jadi memang lebih sepi dan sampai sekarang ini tidak punya mal ataupun deptstore. Konter JX Indonesia Jepara ada Jalan Soekarno Hatta, Bapangan, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59413.

Pas banget dengan komitmennya, yaitu memberikan pelayanan hingga titik terujung Indonesia mulai dari sisi barat hingga sisi timur. Terang saja, corporate partner-nya adalah Unilever, Kimia Farma, Zalora, Sociolla, ribuan online seller, dan pelaku UMKM yang tergabung dalam komunitas RUMUS X. 

Saya sarankan segera gabung dalam RUMUS X alias Ruang Kumpul Seller JX karena selain gratis juga ada banyak workshop dan webinar yang didukung oleh pemateri/pembicara yang ahli di berbagai bidang dalam bisnis online, seperti digital dan content marketing, media sosial marketing, branding, finansial dan legalitas bisnis, dan sebagainya. Daftar dulu, ya, ke www.j-express.id/business-register.


Mengapa harus JX Indonesia?

Artikel ini termasuk pada poin ketiga cara dukung dagangan teman, ga sih? Kita bisa merekomendasikan JX kepada teman-teman yang berjualan untuk menjadi #TemanOnlineSeller-nya dan mendapatkan berbagai keuntungan dan kemudahan pengiriman barang pesanan pembeli Hmm… boleh jawab di komentar. 

 


Lalu, mengapa harus pilih J-Ekspress saat membeli dagangan teman? Ini alasannya:

  1. Cocok dengan model bisnis apapun, dari yang receh sampai bisnis besar, J-Ekspress adalah partner yang tepat dan tepercaya.
  2. Paling diminati dalam sistem penjualan COD/CSOD karena aman dan uang cepat cair.
  3. Ada di tiap kota dan kurir selalu siap pick up, gratis tanpa minimum order.
  4. Kurir yang terlatih dan profesional.
  5. Bisa untuk pengiriman kargo, jadi andalan seller mebel Jepara, nih.
  6. Last mile delivery alias pengiriman cepat dan sampai ke konsumen di mana pun hingga titik terjauh.
  7. Cross border last mile delivery sehingga bisa impor barang dagangan yang asalnya dari luar untuk masuk ke pasar Indonesia.
Dari saya masih ada tambahan lainnya, yaitu:
  1. Perusahaan logistik multinasional. Tak jadi masalah di mana pun kita tinggal dan seberapa jauh dengan rumah penjual. 
  2. Punya kualitas dan performa standar internasional.
  3. Murah dan selalu ada promo menarik.
  4. Dashboard untuk seller yang mudah dipahami untuk kebutuhan monitor operasional pengiriman, membuat dan mencetak shipping label dalam jumlah yang banyak.
  5. Ada komunitas, sebagai tempat belajar dan berbagi untuk para seller.


Banyak, ya. Tahu nggak, saat kita memilih ekspedisi ini dan menjelaskan dua belas keuntungan di atas, kita sudah membantu teman dalam berdagang; tak hanya melarisi tapi juga membantu pengembangannya.

 


Ajak untuk follow dan sering kunjungi media sosial JX Indonesia, karena banyak insight, tips, dan trik seputar bisnis online yang bermanfaat.

- Instagram: @jx.indonesia (https://www.instagram.com/jx.indonesia/)

- Facebook: PT Jaya Ekspress Transindo (https://web.facebook.com/jx.indonesia)

- LinkedIn: PT. Jaya Express Transindo

(https://www.linkedin.com/company/pt-jaya-express-transindo-jx/)

- YouTube: JX Indonesia (https://www.youtube.com/c/JXIndonesia/)

- TikTok: @jx.indonesia (https://vt.tiktok.com/ZSe1fcKtU/)


Selalu ingat, membuat teman bahagia dengan mendukung dagangannya akan membuat hidup kita juga bahagia, karena bernilai sedekah sekaligus merekatkan persahabatan menjadi persaudaraan. Dan mendukung usaha teman ternyata semudah ini, ya…



39 Komentar

  1. Nah bener banget, seharusnya kalau teman yang perhatian dan memberi dukungan pasti malah bantuin kita bukan malah menyusahkan dengan meminta gratisan. :)

    BalasHapus
  2. Jadi inget kalau pas buka bisnis teman malah minta gratisan, walau cuma bercanda kedengarannya gak enak.

    BalasHapus
  3. Naaaaah harusnya gini nih seperti tips dari Bunda Susi kalau ada temen yang punya usaha tu harus di dukung. Bukannya malah minta gratisan. Baru aja buka usaha udah dimintain gratisan hehehe....

    Oya Bund aku punya produk olahan singkong lo... Aku bikin Gethuk Frozen....

    BalasHapus
  4. Yuk bantu teman sukses biar hidup kita tambah berkah dan senang lihat keberhasilan teman kita

    BalasHapus
  5. Ya ampun aku setipe sama teman mb Susi haha cuma aku rajin scroll TL Facebook wkwkw

    BalasHapus
  6. Benerrr banget ini mba Susi.
    Pantang minta gratisan!
    Kecualiii, kalo temen maksa buat kita nyicipin barang dagangannya, kasih masukan dll dst, trus aku akan balas dgn review di socmed/blog.

    makasi sharing-nya mba

    BalasHapus
  7. Aku juga suka belanja di teman Mbak, biasanya karena story WA nya, hehehe
    Aku sendiri pernah jualan, kesel juga loh kalau ada teman yang minta diskon gede atau ada yang minta gratisan...
    Soal pengiriman, JX Indonesia aku baru tahu. Padahal ini udah lama ya Mbak, malah baru tahu.

    BalasHapus
  8. Benar mbak, membantu teman yang sedang berusaha akan memberikan efek bahagia kepadanya dan juga kepada kita ketika mendukungnya. Kakak saya juga sedang merintis usaha craft. InsyaAllah akan saya rekomendasikan menggunakan JX Indonesia ini mbak.

    BalasHapus
  9. Jadiii.. Usaha kembangnya Mbak Susi masih lanjut kan ya? Aku lagi gemash ini tanaman kesayanganku habis ditotoli pithik.. huhuhu

    BalasHapus
  10. iya mbak susi, aku juga klo mau beli beli selalu beli di dagangan teman
    selain untuk membantu usaha teman, juga lebih percaya saja sih beli di teman sendiri

    BalasHapus
  11. setuju banget dengan postingan mba susi ini, yuk bantu dan dukung usaha teman dengan ikut promosi dan beli dagangannya. jangan malah minta diskon apalagi yang gratisan

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    Memang sebaiknya beli di teman sih yaa..
    Aku juga percaya banget kalau temen yang jualan, karena kalau pengajian emak-emak di sekolah anak-anak, dia suka bawain makanan enak-enak.

    Pandemi begini, beliau jualan makanan.
    Pasti endeeuussnya~

    BalasHapus
  13. Kalau nggak bisa beli dagangan teman karena tak memerlukan barang jualannya, biasanya saya bantu merekomendasikan. Termasuk merekomendasikan JX sebagai partner pengiriman bagi yang punya usaha jualan online

    BalasHapus
  14. Nah iya salah satu bentuk dukungan adalah merekomendasikan produk teman, apalagi kalau produknya memang bagus dan layak untuk direkomendasikan.

    BalasHapus
  15. Nah betul, memuahkan cara pengiriman itu penting. Karena ngaruh juga buat di kantong ongkir itu. Senangnya ya kalau bisa saling bantu dengan teman pemilik UMKM.

    BalasHapus
  16. Biasanya kalo ada temen yg jualan aku selalu nglarisi mbaa, hihi, terutama yang jualan makanan atau cemilan2 gitu, maklum lah keluarga doyan cemilan

    BalasHapus
  17. Andalan banget menggunakan JX indonesia ya..
    Aku suka bingung kalau paketin paket yang super besar. Dulu pernah Ibuku kirim lemari ukiran gitu, kak Susi.

    Karena belum kenal JX Indonesia, iya...kami kesulitan mengantar dan menjemput paket. Sekarang udah kenal, jadi mari kita cobaa..

    BalasHapus
  18. Sangat setuju kak, kadang ya dukungan atau yang sebaliknya memang datang dari linkungan pertemanan ya. Kita ikut bahagia kalau usaha teman maju ya

    BalasHapus
  19. Jasa logistik memang penting banget ya mbak untuk penjual maupun pembeli dagangan online. Boleh juga ni rekomendasinya

    BalasHapus
  20. Saya malah penasaran pengen nyobain dagangan makanan teman. Eh ternyata enak-enak. Alhasil saya malah jadi sering beli. Beberapa teman saya juga punya bisnis kuliner baru, jadinya ya sedikit-sedikit saya juga ikut ngebantu beli dagangannya. Hmmmmm, baru denger juga ada jasa ekspedisi JX Indonesia.

    BalasHapus
  21. Mbaa bener bangett itu ngelarisi temen sendiri itu penting dan dampaknya alhamdulillah jangka panjang. Selain mendoakan kesuksesan, kita juga perlu dukung dong yaa :))

    BalasHapus
  22. Aku jadi teringat, kak Susi...pernah banget meminta gratisan dari dagangan temen. Rasanya menyesal kalau diingat-ingat kembali.

    Jadi kini, kalau ada temen yang punya usaha, alangkah lebih baiknya kita membantu dengan apa yang kita bisa. Apalagi teman yang memulai usahanya dari nol dan belu tahu jasa ekspedisi apa yang terbaik. Rekomendasi JX Indonesia untuk pengiriman keluar kota yang aman dan nyaman.

    BalasHapus
  23. Lihat tulisan mbak susi aku jd senyum sendiri.. bener banget mbak, kalau mnt gratisan tanpa sadar kita sudah merepotkan atau kurang mendukung usaha yg dipunyai teman kita sendiriii.. Terima kasiih sudah diingatkan mbakk

    BalasHapus
  24. Teman akan mensupport usaha temannya. Kalau tidak melakukannya, yg punya usaha jg berpikir positif bahwa syarat utk mensupport dgn cara membeli belum ada.
    Kalau yg punya usaha menggunakan pengiriman bagus dan terpercaya, konsumen yg beli makin senang dan akan reorder ya, mba. Beruntung sekarang ada JX Indonesia yg bisa dijadikan teman.

    BalasHapus
  25. Untuk meminta "harga teman" pun rasanya kurang berempati ya mba apalagi sampai minta gratisan.
    Apalagi di tengah kondisi seperti saat ini, ketika kondisi belum benar2 pulih

    BalasHapus
  26. jadi kalau lagi pengen banget jajan, aku usahakan banget ke teman dulu kali aja ada yg jualan. ngelarisin mereka juga kitanya senang ya jadi ada komunikasi juga..

    BalasHapus
  27. Aku punlebih suka melarisi dagangan teman daripada beli yang lebih murah di online shop. Aku dukung kemajuan UMKM banget. Apalagi sekarang ada ekspedisi JW Indonesia yang memudahkan pelaku olshop untuk berjualan.

    BalasHapus
  28. Membeli barang dagangan teman itu okey, tapi kalau minta harga tenan itu yang enggak okey..

    BalasHapus
  29. Ada uangnya, jangan minta diskon, mudahkan cara pengirimannya.
    Laffff banget! Aku kan jualan online juga, Mbak Susi taulah ya. Dan rasanya sedih loh kalau calon pembeli ngotot minta dikirimin paketnya pake ekspedisi yang nggak kupakai, bahkan nggak ada ekspedisi itu di deket rumahku. Sebaliknya, bahagia banget kalau ada yang bilang, "Ekspedisi terserah Mbak aja, pokoknya yang nggak menyusahkan."

    Kita jualan online dan memilih ekspedisi tertentu kan udah dengan berbagai pertimbangan, ya. Nggak asal pilih. Mesti yang terpercaya.

    BalasHapus
  30. Asyiknya JX sekarang tersedia di seluruh wilayah Indonesia, ya. Aku pakai JX karena suka belanja di JD.ID dan pengirimannya cepat banget. Sekarang, JX menyediakan layanan untuk personal juga ya. Cocok nih buat pelaku usaha kecil atau menengah.

    BalasHapus
  31. Dengan cara merekomendasikan, atau bantu untuk share dagangan temen memang pasti membantunya. Karena dengan saling dukung akan lebih bermanfaat untuk sesama

    BalasHapus
  32. Setuju sama syarat diatas. Jangan minta diskon karena mereka juga bisa aja sedang berjuang demi menapatkan penghasilan harian ya kak. Yuk saling dukung usaha teman.

    BalasHapus
  33. ah iya, aku juga lebih banyak beli dagangan teman
    biar lebih terpercaya, dan saling bantu

    BalasHapus
  34. Aku juga merasa lebih bahagia gitu ya ikut melarisi dagangan temen
    Kayak yang terbayang wajah sumringahnya dapet orderan :D

    BalasHapus
  35. Betul. Harga teman itu harusnya emang gak boleh minta diskon apalagi gratisan. Hehe.. Saya juga lebih suka beli dagangan teman aja

    BalasHapus
  36. Kalau aku biasanya bantu posting di ig, minimal instagramstorylah. Kalau produknya cucok dgnku, baru bantu beli

    BalasHapus
  37. Setuju banget ini Mbak. Jika belum bisa membantu, jangan malah menyusahkan dengan cara minta gratisan.
    Makasih infonya Mbak.

    BalasHapus
  38. Setuju banget sama tips di atas. Aku juga lebih memilih belanja dagangan teman daripada beli di marketplace. Nggak lupa kalau memang produknya oke, aku bantu share juga di medsos, siapa tahu jadi jalan rezeki buat teman2ku.

    BalasHapus
  39. Waah JX ada cargonya juga ya. Lumayan ya mbak buat kirim kirim barang yang berat-berat. Cocook buat yg bisnis mebel ..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)