Ms Excel, Kursus Wajib untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Tiba-tiba ingin flashback ke masa muda, masih SMA. Saat itu saya termasuk beruntung. Belum lulus SMA sudah punya pekerjaan serabutan sebagai sekretaris sekaligus guide francophone. Pulang sekolah atau hari libur tentengannya laptop, karena dapat tugas tambahan membuat price list atau daftar harga, menggunakan Microsoft Excel. 


Kalau diingat-ingat, mastering Ms. Excel memang salah satu skill wajib kalau mau memasuki dunia kerja yang berkelindan dengan UMKM, pabrik, dan semua kantor lainnya. Menguasai Ms. Excel jadi poin tambahan yang sangat dicari oleh dunia kerja dan dunia usaha.


Pekerjaan 2 jam diselesaikan dalam 5 menit!

Bisa dikatakan bahwa pada saya siswi SMU yang nyambi bekerja di sebuah UMKM yang baru dirintis saat itu, oleh 3 investor; 1 dari Jawa, 1 dari Minahasa dan 1 dari Perancis. Tahun berapa? Wkwkwk, tahun 1997. Langsung berasa tuir. Gapapalah, demi sobat Cakrawala Susindra saya ceritakan saja karena menurut saya, menguasai Ms Excel adalah modal penting saat memasuki dunia kerja. 

Tiga bapak yang baik itu melihat potensi besar yang bisa digarap di kota kecil kami, yang berada di ujung utara pulau Jawa. Suatu kebetulan mereka tertarik dengan beberapa bufet di rumah saudara yang sedang saya amplas. Saat itu saya menjalani tradisi suwita di rumah saudara dengan imbalan disekolahkan. Selain bersih-bersih rumah, saya ikut mengamplas bufet/lemari yang dibuat di sana. Eh, kuli amplasnya bisa oui, non, un, deu troix dan syalalala lainya. Mereka kaget dong, dan langsung merasa amazing

Saat itu saya masih SMA kelas 3 Bahasa dan memang cukup cepat belajar bahasa asing dari lainnya. Jadi auto jatuh cinta pada bahasa Perancis saat pertama kali mendengar Bu Esti mengucapkan, "Bonjour à tous, comment-allez-vous?" dan langsung terbayang negeri antah berantah yang indah. Makanya saya bisa sedikit bahasa Perancis dan bisa mengikuti percakapan mereka dengan cukup baik. Mereka lebih banyak menggunakan bahasa paling romantis sedunia tersebut, karena awal kerjasamanya memang mereka bertetanggaan di negara tersebut. 

Menurut mereka, saya unik dan bisa dibentuk. Makanya segala keterbatasan bisa dimaklumi. Dari buruh amplas naik jadi sekretaris serabutan. Hahaha! Salah satu yang saya ingat adalah diajari membuat price list menggunakan Ms. Excel, dan itu benar-benar something new bagi saya. 

Pekerjaan yang butuh menguasai Ms Excel


Lulus SMA, saya diminta masuk ke perguruan tinggi untuk mengasah ketajaman bercas cis cus dengan bahasa Perancis di Semarang; masih dengan biaya saudara dan masih dengan konsep suwita. Makanya lulus kuliah harus mengabdi sampai dirasa cukup. 

Tawaran itu sangat menggiurkan dan langsung saya ambil. Dan itu memisahkan saya dengan tiga bapak baik hati yang menjadi “tambahan uang beli buku kala SMA”. Yah, meski saat itu gajinya kecil tapi seneng banget bisa masuk ke dunia kerja, menjadi sekretaris sebuah UMKM yang baru termasuk modern di tahun 1997-1999 itu.

Untuk yang merasa wow dengan cerita ini, saya perlu klarifikasi dulu bahwa pengalaman saya ini banyak dialami oleh anak-anak sekolah di kota kami (dulu, entah sekarang). Karena di kelas Bahasa saya saat itu ada 3 dari 24 siswa yang sekolah sambil bekerja menjadi sekretaris serabutan, dan ada lebih banyak lagi yang pulang sekolah membantu orangtuanya yang rata-rata bergerak di bidang permebelan.

Nah... nah... nah... bagaimana dengan zaman sekarang? Tentu saja ada anak-anak seperti kami yang diasuh oleh zamannya, dan diberi kesempatan untuk memasuki dunia usaha dengan cepat, dan sebagiannya sambil tetap melanjutkan pendidikan. Seperti anak saya yang saat ini sudah kelas tiga SMA dan sudah ambil project animasi kecil-kecilan untuk tambahan uang jajan. Dia memilih jalur yang sama dengan bapaknya, yaitu seni terapan. 


Skill wajib sebagai persiapan memasuki dunia kerja

Masih kilas balik sejarah hidup, pekerjaan saya saat itu termasuk membuat daftar harga, daftar pembelian, daftar barang, dan macam-macam lagi, yang harus dikuasai oleh seorang administrator gudang. Memang judulnya sekretaris tapi jobdesk-nya seluruh pekerjaan yang membutuhkan skill komputasi sederhana saya pegang. 

Tapi.... hanya sedikit sekali yang saya bisa dan tahu. Ketika pekerjaan makin banyak dan butuh pegawai keuangan, nah saat itulah saya baru dikejutkan dengan kenyataan bahwa 2 jam pekerjaan saya merapikan kolom bisa dilakukan pegawai baru ini dalam waktu kurang dari 5 menit!! 

Blaik tenan. Saat itu sebagai senior (tapi usia 5 tahun lebih muda) saya teriak “wow!” karena kagum bercampur kesal dan jengkel , karena membayangkan ratusan jam yang saya habiskan untuk membuat dan mengolah data-data yang ada. Alangkah baiknya jika bisa kursus Ms. Excel. Akan tetapi saat itu saya belum fokus ke sana, karena masih kuliah dan harus bolak-balik Jepara-Semarang untuk menyelaraskan antara kuliah dan pekerjaan. Andai pada saat itu sudah ada Bootcamp online, ya.

Cerita ini mewakili alasan mengapa sebaiknya mengambil kursus-kursus dasar sebelum masuk kerja dan agar tidak kena PHK. Mastering Ms. Excel salah satunya. Karena tidak semua orang bisa seperti saya yang masuk ke dunia kerja secara alami gara-gara geolokasi dan kebutuhan guide francophone yang sangat langka pada saat itu. Yang penting bisa menyebut un deux trois sampai quatre-vingt-neuf dengan cepat, hapal istilah khusus permebelan dalan bahasa Jawa, Indonesia, Perancis dan Inggris, sudah langsung jadi incaran banyak pelaku usaha di bidang ini.

Bagaimana sekarang? Tuntutannya lebih tinggi. Harus bisa (nyaris) semua komputasi dasar dan memiliki ijazah atau sertifikatnya. Bisa dimaklumi karena bibit-bibit pegawai unggul semakin banyak dan kesempatan belajar semakin luas. Apalagi sejak pandemi ini kursus online menjamur di mana-mana. Nyaris setiap anak punya smartphone sebagai modal dasar belajar jarak jauh dan upgrade skill kompetensi pegawai.

Salah satu yang terbaik adalah Skill Academy Camp. Dan di sini ada program mastering Ms. Excel juga. 



Mengapa mastering Ms. Excel itu penting?

Kalau merujuk pada 6 skill atau keterampilan kerja dasar pegawai, maka mastering Mw. Excel menjadi amat sangat penting. Oh iya, apa sih skill dasar pegawai yang harus dimiliki? 

  1. Etika dan pembawaan diri
  2. Komunikasi yang baik dan efektif
  3. Organisasi dan managemen
  4. Menguasai Microsoft Office
  5. Kemampuan negosiasi
  6. Leadership jika ingin naik jabatan terus


Enam skill ini juga sangat dibutuhkan oleh pengusaha yang ingin berkembang dan mengembangkan usahanya. Tentu dengan tambahan dan penyesuaian. 

Nah, Ms. Excel masuk dalam poin ke empat dari skill atau keterampilan kerja tersebut yang sangat penting karena berkaitan dengan efisiensi kerja dan efektivitas dalam melakukan pekerjaan apapun. Jangan seperti saya yang menyusun data di Ms. Excel secara manual per satu kolom dan satu baris padahal sudah ada rumus-rumus pakem. 

Ms. Excel ini sebenarnya super canggih dan super efektif dalam pengolahan data. Bisa jadi perangkat lunak pengolah data, cara menggunakan fitur-fiturnya, hingga bagaimana cara mencetak dokumen dari Ms. Excel dan memberikan proteksi agar kerahasiaan dokumen tetap terjaga. User-nya saja yang sedikit tahu dan jarang kepikiran mempelajarinya. Padahal bisa ambil kursus Ms Excel di Bootcamp online terbaik dengan harga ramah di kantong dan waktu belajar yang fleksibel. 



Jikalau sedang cari tempat kursus Ms Excel, saya sarankan ambil di Skill Academy Camp. Berikut ini daftar materi yang akan dipelajari:

  1. Dasar-Dasar Ms. Excel
  2. Bekerja dengan Data dan Lembar Kerja Ms. Excel
  3. Fitur Umum dan Rumus Statistika Dasar
  4. Penggunaan Fungsi Pivot, Fungsi VLOOKUP, dan Rumus Fungsi Bersyarat
  5. Penggunaan Fungsi HLOOKUP, XLOOKUP, dan Proteksi Dokumen


Lima materi di atas biasanya menjadi kursus-kursus terpisah dengan investasi terendahnya 300 ribuan sampai 500 ribuan untuk per materi. Kalau ambil di Skill Academy Camp, biayanya mulai dari Rp2.000.000. Mahal? Enggak, lah. Apalagi Skill Academy baik hati dan memberi diskon 83% jika mau ambil kursus ini, yang akan dimulai pada tanggal 19 September 2022 nanti. Jadi hanya perlu membayar Rp350.000 saja. Dan Ms Excel yang diajarkan adalah Ms. Excel versi 2019. Cukup redeem voucher-nya saja.

Segera ke https://camp.skillacademy.com/ deh, untuk lihat program yang ditawarkan, waktu kelas dimulai dan promonya. Kapan lagi bisa upgrade skill kepegawaian di sela-sela kesibukan sekolah atau bekerja secara online? Dan di mana lagi ada promo-promo program belajar keterampilan dasar pegawai atau pengusaha, kalau bukan di sana? 

Baiknya memang mengambil kursus-kursus penting sebagai persiapan memasuki dunia kerja dan terus tambah kursus-kursus lain yang dibutuhkan saat kerja dan demi bisa naik jabatan.

13 Komentar

  1. Thanks for sharing

    visit our website

    ittelkom jakarta

    BalasHapus
  2. Wah untung baca ini. Sungguh amat menyadarkanku untuk mengarahkan anak perkara upgrade skill dasar buat kerja semacam ini. BTW Mbak Susi beruntung sudah sejak SMA punya pengalaman ketja. Dengan orang asing pula.

    BalasHapus
  3. Bener banget, untuk pekerjaan yang berhubungan dengan data dan angka, MS excel sangat membantu pekerjaan. Aku ngerasain sendiri kok dipekerjaanku hari-hari dikantor dan kuliah. beneran sangat membantu

    BalasHapus
  4. MasyaAllah Mba, seru sekali pengalaman hidupnya, semasa SMA sudah menjajal serunya jadi sekretaris serabutan.

    Memang penting sih penguasaan aplikasi Ms Excel ini. Kadangyang kerja di bidang media pun butuh lho.

    BalasHapus
  5. MS Excel ini salah satu skill yang sering dilupakan ya Kak, padahal emang penting banget. Jadi, mending belajar deh kalau belum bisa pakai excel

    BalasHapus
  6. Bener banget kalau kerja di mana pun apalagi perusahaan atau yang sistemnya seperti itu pasti harus bisa menguasai excel. Udah kayak kunci terpenting dalam perusahaan sih memang excel, tentunya yang menguasai microsoft punya nilai tambah. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  7. Langsung aku share info mbak Susi ini ke grup keluarga :) Memang deh kudu paham dan mampu bekerja menggunakan Ms. Excel dengan baik. Suamiku nih sehari2 pekerjaannya juga banyak pakai Excell. Kalau tau triknya, kerjaan ruwet bisa kelar daam hitungan menit.

    BalasHapus
  8. Kursus excel ini emang penting banget sih sekarang. Aku dulu gak nyangka kalau bakal dibutuhkan di dunia kerja mbak. Bikin perhitungan jadi cepet

    BalasHapus
  9. Saya udah pesan ke anak-anak supaya menguasai MS Office. Paling enggak kuasai Excel. Karena kemungkinan skill ini akan sangat kepake

    BalasHapus
  10. zaman dulu ingat banget kursus excel eh mentok enggak paham hahah... sekarang perlu juga buat anak-anak ya menyambut dunia kerja

    BalasHapus
  11. Selain Excel, Microsoft office lainnya seperti Word, Power Ponit juga sama pentingnya. Karena ketiganya sangat membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan

    BalasHapus
  12. Perlu banget nih penguasaan microsoft tool, karena banyak banget kegunaannya. Berurusan sama data, biar gak spaneng harus dikerjain cara cepat dengan menguasai tools microsoft

    BalasHapus
  13. Aku pernah ikutan skill academy. Pembicara2nya bagus & obrolannya berbobot bgt. Aku berasa nyerap bnyk info & ilmu dari mereka.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)