Yuk Kenali Polis Asuransi Mobil dan Contoh-Contohnya

Untuk melindungi mobil kesayangan dari berbagai risiko yang dapat menyebabkan kerugian, ada baiknya untuk daftar polis asuransi mobil. Dengan cara ini, maka kita tidak perlu khawatir lagi jika kendaraan mengalami kerusakan atau bahkan pencurian karena dilindungi oleh asuransi.

sumber gambar: sweeneymerrigan.com


Tentu saja sobat Cakrawala Susindra bisa manfaat benefit tersebut jika bersedia membayar premi asuransi mobil secara rutin setiap bulan. Besaran premi asuransi mobil sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam polis asuransi. Lalu, apa itu polis asuransi mobil? Simak penjelasan polis asuransi dan contohnya berikut ini!


Pengertian Polis Asuransi Mobil dan Contoh-Contohnya

Polis asuransi merupakan sebuah dokumen legal yang mengikat perusahaan asuransi dengan nasabah atau pemegang polis. Dokumen tersebut berupa perjanjian tertulis yang berisi tentang detail informasi nasabah, produk asuransi, dan aturan yang mengikat kedua belah pihak.

Dengan kata lain, polis asuransi adalah bukti perjanjian antara dua pihak, yaitu nasabah dan perusahaan asuransi. Dengan adanya bukti perjanjian tersebut, maka jika suatu saat terjadi kesalahpahaman dapat diatasi dengan mengacu pada polis asuransi tersebut.

sumber gambar: purtillgroup.com.au


Bagi pemilik asuransi mobil, sangat penting untuk memahami contoh polis asuransi mobil. Tujuannya agar nantinya tidak melewatkan kewajiban dan hak yang dimiliki sesuai ketentuan. Contoh poin-poin yang tercantum dalam polis asuransi mobil adalah sebagai berikut:


1. Data Pihak Terkait

Polis asuransi berisi data semua pihak yang berkaitan dengan perjanjian. Data tersebut memuat nama pemilik polis, nomor polis, alamat pemilik polis, serta periode pertanggungan asuransi.


2. Tipe Perlindungan Asuransi

Dokumen polis juga berisi tipe perlindungan yang dipilih oleh nasabah. Ada dua jenis tipe asuransi mobil yang bisa dipilih, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Selain itu, bagian ini juga mencantumkan perlindungan tambahan yang dibeli oleh nasabah.


3. Informasi Seputar Mobil yang Diasuransikan

Bagian ini berisi informasi penting tentang mobil yang sobat asuransikan. Mulai dari jenis dan tipe mobil, harga mobil, spesifikasi mobil, serta tahun pembelian mobil. Data tentang mobil sangat diperlukan karena akan menentukan besaran premi yang ditanggung pemegang polis.

Sumber gambar: Canva



4. Harga dan Premi yang Telah Disepakati

Polis asuransi mobil juga mencantumkan besaran premi yang telah disepakati oleh dua belah pihak. Bagian ini mencantumkan informasi tentang besaran biaya premi, cara pembayaran premi, jangka waktu pembayaran premi, serta konsekuensi jika terlambat membayar premi.


5. Pertanggungan Asuransi Mobil

Maksud dari pertanggungan asuransi adalah risiko apa saja yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Contohnya, risiko kerusakan mobil akibat kecelakaan, gempa bumi, pencurian, huru hara, dll. Pada bagian ini pula tertera apa saja syarat dan ketentuan untuk pengajuan klaim asuransi.


6. Besaran Ganti Rugi

Polis asuransi juga menjelaskan tentang besaran klaim ganti rugi atas risiko tertentu. Dalam hal ini juga ada aturan tentang hilangnya hak ganti rugi yang dimiliki oleh nasabah akibat kondisi tertentu.


7. Pengecualian Klaim

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua kerusakan mobil bisa diklaim dengan asuransi. Ada beberapa jenis kerusakan yang dapat membatalkan kewajiban perusahaan asuransi, misalnya kecelakaan akibat pelanggaran lalu lintas.






8. Cara Klaim Asuransi Mobil

Polis asuransi juga menjelaskan tentang tata cara pengajuan klaim asuransi. Mulai dari cara pelaporan, persiapan dokumen, serta mekanisme perbaikan mobil.


9. Pemberhentian Pertanggungan

Peraturan ini memuat tentang ketentuan jika salah satu pihak ada yang ingin memberhentikan masa pertanggungan asuransi. Bagian ini juga memuat cara menghitung pengembalian premi apabila nasabah ingin berhenti dari produk asuransi.


10. Penanganan Konflik

Polis asuransi ini menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan konsekuensi jika terjadi konflik di antara kedua belah pihak selama masa perjanjian asuransi masih berlangsung. Umumnya, adanya perselisihan seperti ini akan diselesaikan dengan membawanya ke jalur hukum.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian polis asuransi mobil beserta contoh-contohnya. Dengan mengetahui apa itu polis asuransi kendaraan lengkap dengan contohnya, maka sobat bisa lebih memahami sistem kerja asuransi mobil. Ini sangat berguna agar tidak kecewa di kemudian hari.


5 Komentar

  1. Memang penting banget buat asuransi untuk kendaraan mengingat risiko kecelakaan, kerusakan, dan kehilangan sekarang meningkat. Karena tidak tahu apa yang akan terjadi, ada baiknya membuat asuransi, setidaknya lebih terjamin dan terbantu saat terjadi apa-apa. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. wah terima kasih informasinya kak, jadi lebih paham tentang asuransi mobil, termasuk pengertiannya, termasuk cara klaim dan penanganan konflik

    BalasHapus
  3. Setuju, pemegang polis harus ngeh tentang perjanjian yang dia tandatangani ya Mbak Susi... jadi ketika ada perselisihan paham tentang asuransinya tinggal liat klausul perjanjiannya.

    BalasHapus
  4. Punya mobil itu tentu ada risiko yang mau nggak mau kudu kita hadapi. Dengan adanya asuransi, maka kita bisa meminimalisir akibat dari risiko yang ada.

    BalasHapus
  5. Kalau mau ambil asuransi mobil, memang harus kita baca betul polis yang menjelaskan besaran klaim ganti rugi atas risiko tertentunya ya mba. Biasanya suka ada pengecualian, atau syarat dan ketentuan berlaku. Nah, yang enggak paham, kadang jadinya salah paham. Hehehe. Emang paling aman ambil yang all risk sih. Hihihi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)