DreamCatcher: Si Penangkap Mimpi

Ketika menonton sebuah film Korea berjudul The Heirs, saya tertarik dengan satu aksesories unik yang diberikan oleh Cha Eun Sang kepada Kim Tan. Sebuah aksesoris berbentuk lingkaran dengan simpul-simpul-simpul tali unik membentuk jaring, dan diletakkan di dekat jendela. Ketika tertiup angin, menghasilkan bunyi indah yang sangat halus. Mereka menyebutnya dreamcatcher, dream catcher atau penangkap mimpi baik. Saya sudah pernah melihat benda ini di salah satu film Twilight 1 dan beberapa film Hollywood lain. Bedanya, di Amerika sana, dreamcatcher diletakkan di tempat tidur, bukan di jendela. Pernah juga melihat liputan di TV tentang seorang perempuan muda yang membuat dreamcatcher dan laris manis di pasaran. Konsumennya adalah anak-anak muda fashionable yang memakai dreamcatcher sebagai kalung pemanis penampilan. Di Pinterest dan Etsy, saya menemukan cincin dreamcatcher. Unik sekali bagaimana sebuah mitos Indian bisa berkembang dan diterjemahkan sendiri-sendiri oleh pembuatnya. Mengingat mode bros juntai sedang trend di kalangan teman crafter saya, maka saya takkan heran jika menemukan dreamcatcher sebagai bros pemanis hijab. Atau sebaiknya saya mulai membuatnya? Hihihi

Cincin dreamcatcher sumber Etsy


Teman-teman mungkin penasaran apa itu dreamcatcher dan legendanya. Sesuai namanya, dreamcatcher adalah penangkap mimpi baik dan buruk. Mimpi baik akan lolos melalui lubang di tengah dan luruh ke bawah, melewati juntai bulu dan turun ke manusia yang tidur di bawahnya. Mimpi negatif akan terperangkap dijaring dan menguap ketika terkena cahaya matahari. Asalnya dari legenda suku Indian asli yang dianggap jimat suci. Bahan yang digunakan adalah urat pohon willow, tulang, kancing dan bulu unggas. Sampai tahun 1960-an ketika suku Indian mulai tergeser warga Amerika, terjadi perubahan besar-besaran dan dijual secara umum. Sejak saat itulah fungsinya sudah berubah menjadi aksesories. Dreamcatcher sudah dikenal luas dan dikomersilkan secara bebas. Bentuk sudah beragam, bahan yang digunakan juga lebih mudah dicari berupa tali, kawat, mote, bulu, dan bahan lain yang mudah dibeli di toko kerajinan tangan. Maka, jangan heran jika bertemu dengan remaja putri atau wanita karier yang memakai dreamcatcher sebagai kalung pemanis baju.

Kalung Dreamcatcher sumber dari Shopious

Saya tidak suka jimat apalagi memanfaatkannya.  Saya lebih sreg menganggapnya sebagai fashion yang berasal dari legenda dunia. Bukankah banyak benda sekitar kita yang berasal dari sekitar kita? Itulah sebabnya saya menulis posting ini. Siapa tahu, bisa menambah referensi kreasi tangan atau DIY. Siapa tahu teman-teman ingin menambah daftar koleksi kalung unik, cincin unik, bros unik, atau aksesoris kamar unik yang berasal dari dreamcatcher ini. Jika teman-teman bisa mengembangkan usaha ini, akan sangat super. Karena kreasi yang satu ini selain unik juga sangat cantik. Saya senang melihat-lihat koleksi dreamcatcher di Shopious dan ingin membeli dreamcatcher putih yang cantik di atas. Saya ingin memakainya sebagai kalung di sebuah kumpul komunitas yang saya ikuti setiap hari Sabtu. Hmm... pasti bagus banget nih. Teman-teman suka yang seperti apa?

Share:

20 comments:

  1. Saya sarankan agar tidak membuat aksesoris bergambar binatang atau orang. lebih bagus jika bunga atau buah, mobil, sepeda, dll.
    Wujudkan mimpimu dengan kreasi terbarumu, Jeng.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pakde, saya hanya bikin bunga saja.

      Delete
  2. Sm mbak, suka aja, bukan krna fungsinya..
    Kalau dipakai buat bros, atau kalung, anting, lucu jg mbak, unik gt...
    Ah shopius, di sana memang serba ada y mbakl unik2 n cakep2 lg barangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebuah batu tetap batu seindah apapun meski ada yg bilang batu bertuah. Demikian jg dgn dreamcatcher.
      Terima kasih ya mbak.

      Delete
  3. kalo dreamcatcher, malah saya ngehnya tentang film dreamcather karya stephen king :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bisa saya cari nih. Makasih ya.

      Delete
  4. Aaa... makasih info tentang dream catchernya, mak Susi... Saya baru tau itu dari lagenda suku Indian padahal udah lama liat ini dan tau namanya, tapi taunya hanya sebatas aksesoris. Boleh tuh diy nya versi mak Susi, siapa tau lebih mudah daripada yg di youtube.. :D

    ReplyDelete
  5. Cantik y klo udah dibikin accessories. Jd pengen memiliki :-)

    ReplyDelete
  6. Lho aku puengen ini dari lama Mak Susi. Kesannya hippies banget hihihi

    ReplyDelete
  7. aksesoris aja saya gak terlalu suka, Mbak. Apalagi jimat hehe

    ReplyDelete
  8. Wah cantik yaaa... Saya suka sama aksesoris, suka bikin bikin juga, terutama manik manik...tapi sayang, saya kurang telaten kalo harus pake aksesoris, ribet, repot, dan takut melukai kulit anak saya kalau lagi menggendong. Hmmm...bisa jadi ladang bisnis ya Mbak

    Salam kenal

    ReplyDelete
  9. wah itu namanya dreamcatcher ya mba, baru tahu namanya hihihi...

    ReplyDelete
  10. informasinya sangat menarik dan bermanfaat, menambah wawasan saya.
    thanks ya

    ReplyDelete
  11. wah keren juga nih cincin nya, kapan ya aku bisa memakaikan cincin kepada kekasihku hehehe

    ReplyDelete
  12. saya juga punya kalungnya ,, entah apa benar atau tidak misteri si dreamcatcher ini ,, saya beli karena lucu aja tanpa maksud misterinya :D

    ReplyDelete
  13. Sumber inspirasi itu bisa dari mana saja ya, Mbak, termasuk dari legenda dunia :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra