Play Day for Kids with Morinaga Chil-Go! : Saatnya Bermain Bersama!

Halo Ayah Bunda,
Sudah menanti cerita lengkap Play Day for Kids with Morinaga Chil-Go! yang cerita persiapannya saya tulis diposting sebelumnya? Saya juga sudah tak sabar menceritakan Kemeriahan Berbagi Morinaga Chil-Go! favorit anak-anak.

Jika belum membaca Persiapan Play Day for Kids Bersama Morinaga Chil-Go!, Ayah Bunda harus membaca posting tersebut terlebih dahulu. Jadi, lebih mudah memahami cerita tentang anak-anak generasi Platinum dari Jepara yang ibunya tergabung dalam komunitas Institut Ibu Profesional Jepara.
Saya mulai ceritanya ya, Ayah Bunda...


***

Sejak diberitahu akan ada Play Day for Kids with Morinaga Chil-Go! bersama teman-teman dari komunitas bundanya, Kak Binbin sering bertanya untuk memastikan kebenaran rencana tersebut. "
Besok Minggu jadi, Ma? Beneran main bersama teman-teman "jauh"? Nanti Reza ikut? Kalau Regi? Nanti bermain apa saja? Boleh membawa bola? Boleh membawa Android? Nanti minum Morinaga Chil-Go! bersama teman?" tanyanya. 

Ada saja pertanyaan yang diberikan sejak seminggu sebelum acara dimulai. Kak Binbin yang senang berteman dan senang bermain di luar rumah memang tipe anak yang senang membuat rencana liburan sehingga sering tidak sabar menunggu hari H. Apalagi di acara yang sangat dia nanti ini dia akan bertemu teman-teman yang hanya bertemu jika ada pertemuan luring komunitas Bundanya. Dia harus menunggu 2 bulan baru bisa bertemu, kecuali jika kebetulan bertemu di Perpusda. Saya dan suami memiliki 1 hari khusus menghabiskan waktu di Perpusda dalam 1 minggu, yaitu di hari Sabtu. Beberapa teman komunitas Institut Ibu Professional Jepara yang memberlakukan homeschooling atau semi homeschooling juga sering membawa anaknya ke Perpusda. 


Kak Binbin dan susu Morinaga Chil-Go! favoritnya

Hari ini, Kak Binbin bangun dengan ceria dan langsung mandi. Di hari Minggu biasa, Kak Destin selalu bangun terlebih dahulu dan harus memberi contoh harian yaitu mandi terlebih dahulu. Kali ini terbalik. Jam 6 pagi, Kak Binbin sudah siap. Padahal.... malam sebelumnya dia masih terjaga ketika saya mengecek ke kamarnya pada jam 10 malam. Memang Kak Binbin yang paling bersemangat. Kesempatan bertemu teman lama dan membagi susu cair favorit membuatnya merasa sangat penting. Dia merasa wajib bersiap sebelum semuanya siap. Saya bahkan belum mandi dan masih menyiapkan sarapan. Kak Destin yang melihat adeknya tiba-tiba mandi sebelum disuruh langsung sibuk meledeknya.

Pukul 7:30, kami sudah sampai di lokasi, yaitu rumah Bunda Rindha di desa Bandengan Jepara. Tak banyak persiapan yang kami lakukan di lokasi. Tak ada dekorasi rumah. Rencana awal, acara akan dibuat di luar rumah jika cuaca cerah, atau di dalam rumah jika tiba-tiba hujan. Di situlah salah satu yang saya sukai dari komunitas Institut Ibu Profesional Jepara. Kami lebih suka mengajak anak berkegiatan di luar rumah agar anak bebas bermain. Sepanjang acara pun anak boleh sambil melakukan apa yang mereka mau. Prinsip acara IIPJ adalah dari anak untuk anak. Jadi persiapan lebih banyak dilakukan anak-anak. Tikar masih rapi di dalam rumah, pun demikian dengan jajan, minuman, dan susu Morinaga Chil-Go!. Anak-anak nanti yang akan menentukan acaranya di bagian rumah mana, menggelar tikar, mengangkat piranti pesta, dan menata sandal/sepatu semua tamu.



Anak-anak dan ibunda mulai berdatangan pada pukul 8 pagi. Registrasi bersama Bunda Mujtahidah dilakukan para ibu sementara anak-anak yang berusia 6-12 tahun langsung menjadi tuan rumah dan menyiapkan tikar, makanan dan balon. Setelah persiapan kecil selesai, Bunda Ratih langsung mengajak anak-anak dengan ditemani bundanya melakukan Energizer/senam penyemangat berupa gerakan tertentu untuk mengiringi lagu Pada Hari Minggu. Energizer ini sebagai tanda bahwa acara sudah bisa dimulai, memanggil anak-anak yang asyik bermain sendiri, dan membuat anak lebih berkonsentrasi.



Usai Energizer, anak-anak diajak Ice Breaking dengan bermain Tangkap Apel. Ice Breaking Tangkap Apel bisa melatih anak konsentrasi. Teknisnya, Bunda Ratih mengajak anak-anak (boleh ditemani bundanya) membuat lingkaran. Kedua tangan diletakkan di samping; tangan kiri lebih tinggi daripada tangan kanan. Telunjuk tangan kiri menghadap ke bawah, tepat di atas tangan kanan teman sebelahnya. Posisi tangan kanan sama seperti posisi tangan temannya, yaitu yang siap menangkap jika nanti mendengar kata apel. Setelah semua siap, mulailah Bunda Ratih bercerita. Setiap mendengar kata APEL, anak harus mengangkat tangan kirinya agar tidak ditangkap teman sebelah kirinya, sementara tangan kanannya akan berusaha menangkap tangan kiri teman di sebelahnya. Ice breaking Apel ini membuat anak-anak banyak tertawa karena tangannya sering berhasil menangkap tangan teman, tapi tangannya juga sering ditangkap. Antara senang dan kecewa, berusaha konsentrasi namun sering lupa, dan terus berusaha mengungguli teman tapi harus waspada dengan telunjuk tangan kirinya.




Usai energizer, anak-anak dipersilakan mengambil susu Morinaga Chil-Go! dan snack ringan berupa roti pisang dengan Kak Binbin, Alma, dan Reza sebagai koordinator kecil. Di acara ini, Kak Binbin sangat menikmati tugasnya!




Karena lokasi dan waktu tidak memungkinkan anak memasak Puding jeli Morinaga Chil-Go, sesi memasak puding diwakili oleh Bunda Eva dan Bunda Dhiela. Kedua bunda memasak di dapur sementara anak-anak asyik mendengarkan dongeng. 




10 menit kemudian, Bunda Chalis Sukriwati, guru dari MIN Bawu mulai mendongeng. Kali ini, Bunda Chalis mulai mendongeng dengan tema Si Kancil dan 4 sehat 5 sempurna. Cara mendongeng Bunda Chalis unik, interaktif, dan disukai anak-anak. Secara bergantian, Bunda Chalis berperan sebagai Bunda cerdas dan kancil yang enerjik karena sehat. Anak-anak diajak menebak dan menjawab pertanyaan di sepanjang dongeng. Bisa dibayangkan jawaban anak-anak yang beraneka ragam. Ada yang pelan tapi benar, keras tapi salah, benar dan keras, bahkan yang asal bunyi. Sepanjang dongeng, beberapa anak tampak asyik bermain sendiri, namun mereka rupanya tetap mengikuti cerita. Buktinya tetap bisa menjawab ketika ditanya. Jawaban mereka terkadang aneh dan lucu. Misalnya ketika beberapa anak diminta menyebut 3 jenis sayur yang pernah mereka makan, ada anak yang menjawab “sayur durian”. Sontak semua tertawa. Setelah ditanya lebih lanjut, ternyata maksudnya adalah sayur lodeh durian muda yang tidak berhasil matang. Sebagai salah satu penghasil durian, di beberapa desa sentra durian mempunyai menu sayur lodeh durian muda. 






Dongeng Si Kancil dan 4 Sehat 5 Sempurna


Setelah dongeng usai, Bunda Chalis melanjutkan acara bagi-bagi doorprize. Anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan diberi hadiah. Anak-anak cowok langsung mengerumuni beliau untuk mendapatkan hadiah berupa mobil lego yang disumbang oleh kakak Oyyan dan Ayyash. Meski kecil, mereka berjualan mobil lego ke teman-teman dan tetangga loh. Kak Reza dan Kak Nilna yang hobi membuat jus buah juga menitipkan jus buahnya ke toko oleh-oleh di Saripan Jepara. Anak-anak para Bunda dari IIPJ hebat-hebat, ya? Mereka anak generasi platinum multi talenta. Kelihatannya asyik sendiri, tetapi mereka anak yang multitasking, lho. Otak anak generasi Platinum telah berkembang sedemikian rupa sehingga pada usia 3 tahun, kinerja otak mereka sudah lebih canggih dari pada otak orang dewasa. 


Berikut paparan Alison Gopnik,Ph.D pada buku berjudul Keajaiban Otak Anak : Rahasia cara anak balita mempelajari benda, bahasa dan manusia. Saya mengutip penjelasan pada bab VI yang berjudul: Yang Telah Dipelajari Ilmuwan Mengenai Otak Anak.




***
Luar biasa sekali ya, Ayah Bunda. Makanya tak heran jika anak-anak sekarang sangat-sangat cerdas. Oke, saya lanjutkan kembali cerita saya tentang Play Day for Kids with Morinaga Chil-Go!, ya.  


***



Usai membagi doorprize, anak-anak diajak makan puding jeli Morinaga Chil-Go! buatan Bunda Eva dan Bunda Dhiela. Tak hanya itu, anak-anak juga dipersilakan mengambil susu Morinaga Chil-Go dan arem-arem bagi yang mulai lapar. Anak laki-laki yang sudah sedari tadi menanti acara bermain bebas, sudah berlarian membawa bola di tanah kosong depan rumah. Anak-anak perempuan yang cantik memilih berkerumun dengan ibundanya. Ada yang berfoto-foto, melihat kembali video dongeng yang disyuting ibundanya. Ada yang asyik ngerumpi bersama teman. Ada yang asyik bermain balon juga. Nah... yang sangat senang dengan dongeng Bunda Chalis, memilih nempel terus bersama beliau dan bermain kereta-keretaan. Waah... Bunda Chalis jadi primadona anak-anak super ini! 



Sementara anak-anak bersenang-senang, ibu-ibu berkumpul untuk saling mengenal lebih dekat lagi, juga sesi perkenalan anggota-anggota baru. IIPJ memang komunitas yang lebih banyak berkumpul di grup WhatsApp dengan anggota sekitar 200 orang. Jadi meski sudah akrab di grup, tetapi beberapa jarang ikut kegiatan luring semacam ini. 



Pukul 11:30, Bunda Ratih sebagai instruktur Energizing & Ice Breaking segera mengumpulkan anak-anak kembali. Anak-anak kembali dikondisikan sebagai tuan tamu yang baik. Tamu yang baik adalah tamu yang tidak meninggalkan sampah dan kekacauan di rumah yang disinggahi. Jadi, anak wajib membersihkan semua sampah yang mereka buang tadi. Anak-anak yang lebih besar bertugas melipat kembali tikar yang tadi digelar. Tugas para ibu adalah memastikan anak melakukan pekerjaan mereka masing-masing. Setelah semua bersih, semua diajak berfoto bersama sebelum bubar. Maka, acara Play Day for Kids with Morinaga Chil-Go! selesai sudah. 



Alhamdulillah, anak-anak sangat senang dan siap menantikan acara Komunitas ibunda mereka selanjutnya. Apa itu? Ibunda dari IIPJ sedang menyiapkan kegiatan bersama anak kembali pada bulan Mei mendatang dengan nama Pesantren Rajab. Apa itu? Waah... pasti penasaran ya.... yang jelas acaranya akan lebih seru jika dibandingkan Pesantren Kilat Tahun Baru kemarin. Padahal, acara sanlat yang itu super seru dan masih sering dibicarakan anak-anak, lho... asyik kan kegiatan Kak Binbin, teman-teman dan para Bundanya? 



Terima kasih ya Morinaga Chil-Go! & Kalbe Nutritionals yang sudah mensupport acara ini dengan memberikan susu cair sehat Morinaga Chil-Go!. Tak lupa, terima kasih pada Bunda Devi Agustina yang sudah menjadi penghubung kami. Juga terima kasih pada Ayah Bunda semua yang tekun membaca cerita saya sampai akhir.


Ayah Bunda, 


Masa perkembangan anak dari 0 sampai 1000 hari itu luar biasa cepat sekali. Pada masa ini, otak anak membutuhkan nutrisi ekstra banyak untuk mendukung kerja otak mereka yang lebih cepat. Mereka juga membutuhkan lebih banyak nutrisi agar tumbuh tinggi, cerdas, sehat, dan tidak mudah sakit. Jika Ayah Bunda cermati penjelasan Alison Gopnik,Ph.D tentang otak anak di atas, Ayah Bunda pasti waswas, apakah nutrisi yang disiapkan untuk anak sudah bagus atau tidak. Ayah Bunda tidak perlu khawatir. Gabung saja dengan program Kalbe Family dari Kalbe. Kalbe family Reward Card bisa dipakai untuk membeli produk-produk Kalbe dan kita mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan produk lainnya. Ada promo-promo di Kalbe E-Store dan ratusan manfaat. Bulan maret ini ada reward berupa 300 welcome point. Nah... di mana lagi bisa membeli produk lengkap Kalbe jika bukan di Kalbe E-Store?

logo-kalbe-nutritionals

Tahu kan kalau Kalbe itu memiliki banyak produk untuk anak yang berkualitas? Apa saja hayo......


Kalbe Nutritionals adalah anak perusahaan Kalbe yang dikhususkan untuk membuat makanan dan minuman kesehatan untuk keluarga Indonesia. Kalbe Nutritionals memiliki laboratorium canggih untuk penelitian dan menghasilkan produk bermutu. Tak hanya sampai di situ, Kalbe Nutritionals juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan nutrisi terkemuka, seperti Morinaga Milk Industry Co. Ltd. (Morinaga Jepang) dan BENECOL (Finlandia), untuk bersama-sama memproduksi produk nutrisi terbaik, seperti susu Morinaga, yang berfokus pada produk susu formula untuk bayi dan anak (infant, follow-on dan growing-up milk), dan Nutrive BENECOL untuk pasar Indonesia. 



logo-morinaga-chi-go

Morinaga Platinum adalah brand identity untuk susu pertumbuhan anak terbaik. Anak zaman sekarang disebut anak zaman Platinum. Disebut generasi Platinum karena mereka bukan hanya akrab dengan teknologi canggih: televisi, ponsel dan juga komputer, namun juga mampu menyerap dan mengembangkan kemampuan teknologi dengan dahsyat.


Morinaga Platinum adalah rangkaian susu terbaik untuk anak sehat dan cerdas dari Kalbe Nutritionals. Produknya terdiri atas rangkaian lengkap susu untuk bayi dan anak dengan formulasi lengkap - seimbang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak Generasi Platinum, yaitu Morinaga Chil Kid, Morinaga Chil Kid Platinum, Morinaga Chil Kid P-HP, Morinaga Chil Kid Soya, Morinaga Chil School, Morinaga Chil School Platinum, Morinaga Chil School P-HP, Morinaga Chil School Soya, hingga rangkaian produk terbaru, susu anak siap minum: Morinaga Chil-Go! UHT.




Morinaga Chil-Go! yang diminum anak-anak sehat dari Jepara ini memang merupakan produk terbaru dari Morinaga Platinum. Morinaga Chil-Go adalah susu pertumbuhan anak on the go! yang menggabungkan brain care dan body defense yang akan mendukung si kecil menjadi generasi Platinum multi talenta sehingga dapat menghadapi perkembangan dunia. Sebagaimana kita tahu, dunia anak-anak sekarang sudah sangat jauh berbeda. Kesempatan mereka belajar sangat luas dan kompetitif. Anak-anak harus berusaha lebih keras menaklukkan dunia. Agar dapat mengikuti laju dunia mereka butuh nutrisi tumbuh kembang, nutrisi otak dan pertahanan tubuh ganda.

susu-morinaga-chil-go

Susu Morinaga Chil-Go! merupakan inovasi terbaru karena berbentuk susu cair yang siap diminum kapan saja. Kemasannya praktis, dengan ukuran 140 ml sehingga anak bisa membawanya ke mana saja. Botolnya ramping dan masuk ke dalam saku anak. Juga muat di wadah bekal makanan mereka di sekolah. Sangat cocok jika dikatakan Morinaga Chil-Go! Whereever you Go! karena kemana pun anak pergi, dia bisa membawanya serta.

Kelebihan Susu Morinaga Chil-Go!:



  1. Formula platinum. Sinergi nutrisi tepat untuk mendukung pertumbuhan si kecil menjadi generasi premium muti talenta
  2. Kecerdasan multitalenta. Morinaga Chil-Go! dilengkapi dengan Kolin, Zat Besi, Vitamin B Kompleks, Yodium, dan Inositol – vitamin dan mineral penting untuk mendukung kegiatan belajar Si Kecil.
  3. Pertahanan tubuh ganda. Saluran cerna yang sehat membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Morinaga Chil-Go! juga dilengkapi nutrisi seperti Prebiotik Inulin 1000 mg, Zinc dan Kalsium tinggi
  4. Inovasi unggulan. Dukungan Morinaga Research Centre untuk terus menciptakan produk-produk berkualitas.
sumber foto dari http://morinagaplatinum.com/

Ayah Bunda ingin menciptakan anak multi talenta? Sekarang sudah tahu produk terbaik yang cocok untuk anak, kan? 
Menurut Ayah Bunda, bagaimana acara Play Day for Kids with Morinaga Chil-Go! kami? Seru, kan? 

Pantau terus informasi mengenai produk, kuis, resep,  tips anak platinum, dan life chat dengan dokter yang terupdate di: 

Instagram @Morinagaplatinum
Twitter : @MorinagaID
Facebook : Morinaga Platinum
Website : http://morinagaplatinum.com/
Share:

40 comments:

  1. Acaranya seru ya Mbaaak. Pasti anak-anak pada seneng :))

    ReplyDelete
  2. Waa, ada acara dongengnya, aku suka...aku sukaaa *lope lope*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mbak... bisa dibuka langsung di Youtube ...

      Delete
  3. sayur durian muda itu klo ga salah namanya tempoyak kan ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Jepara namanya lodeh durian saja mbak

      Delete
  4. Seru ya mba acaranya....jd pengen nyobain susu itu buat anakku yg masih 3 taun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mbak. Susunya lezat sekali. Saya suka. Hehehe....

      Delete
  5. All works no play makes Jack a dull boy.
    Anak-anak memang harus mendapatkan porsi yang cukup untuk bermain agar mereka tidak menjadi anak yang membosankan dan bosan
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peribahasa yag bagus sekali Pakde. Saya pinjam ya untuk next posting tentang anak

      Delete
  6. untuk jd anak hebat, di mulai dr 0-1000 hari. buat persiapan ini mah. hiks jd pengen ngajak ponakanku main kaya anak2 ibu profesional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecerdasan anak bisa dibentuk mulai dari perilaku dan cara hidup calon ibunya, Ji. 4 bula sebelum menikah, siap2. Perbanyak nutrisi dan do'a. Jangan nunggu hamil dulu... apalagi nunggu lahir. Ingat ya

      Delete
  7. Baru tau klo otak anak lbh sibuk dr otak kita yg orang dewasa. Bener2 golden age ya, saat tepat utk ngajarin apa aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Otak mereka sangat sibuk menyambung koneksi. Kita harus membuja lebih banyak jalur agar anak lebih cerdas lagi

      Delete
  8. Waaaa.. Acaranya asyik banget mbak buat anak-anak. Jarang banget ada acara beginian kalau ngga di sekolah atau di sebuah outbond

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah komunitas saya punya banyak program semacam ini mbak.

      Delete
  9. ah acaranya bagus mbak mendidik anak2, sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Saya dan teman IIPJ punya konsep sama perihal mendidik anak bersama.

      Delete
  10. Seru banget acaranya, Mbak... Saya kok gak punya komunitas kayak gini yaa...hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin mbak. Saya membuat beberapa komunitas da aktif di beberapa komunitas. Senang berkumpul dengan teman2 agar pikiran lebih terbuka

      Delete
  11. Seru ya acara kumpul bareng anak2 dan teman sekolahnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Mereka bukan teman sekolah, anak2 para angota Institut Ibu Profesional Jepara

      Delete
  12. sayur durian ada juga di Jepara ya Mba? Kalo di Palembang namnaya gulai tempoyak.. Btw, acara play day for kids-nya sukses ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini namanya sayur durian saja mbak.
      Terima kasih ya. Alhamdullilah acaranya bisa membuat anak happy

      Delete
  13. Keren acaranya, anak-anak sekarang memang harus diajak untuk sering bermain di luar.. Selamat ya sukses acaranya.

    ReplyDelete
  14. seru banget...pasti anak-anak suka...betewe saya baru tahu kalau durian muda bisa disayur heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mbak. Hehe... ikut ngakak waktu ada anak yg jawab sayur durian.

      Delete
  15. Anak anak jd tambah pengetahuannya ya, selain itu jd belajar utk tdk meninggalkan sampah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Salah satu pelajaran pertama untuk anak

      Delete
  16. itu kan susu untuk anak yaa.
    kalo diminum sama usia 20 tahun boleh kah?
    hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak.... tidak masalah. Tapi benefit terbesar didapat anak. Kebutuhannya kan beda. Saya juga senang banget susu ini.

      Delete
  17. keren bisa mengadakan acara dengan dongeng, anak-anak pasti suka dan mudah menyerap ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah bisa mbak. Persiapannya serius. Hehehehe.... inginnya agar acara kami selalu dikenang dan ditunggu snak-anak

      Delete
  18. Acaranya komplit, ada olah gerak dulu. Sharingnya jadi makin semangat ya, keren deh mbak Susi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak, punya komunitas dan tim panitia yang hebat.

      Delete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra