Pengalaman Saya Berinternet yang Luar Biasa

19 Maret 2016, pukul satu siang, saya berada di dalam bis Semen Padang FC, klub sepakbola kesayangan kota yang terkenal dengan pabrik semennya itu. Saya dan rombongan dalam perjalanan keluar dari area bukit Kapur Putih yang menjadi area penambangan PTSP. Tujuan kami adalah makan siang di Wisma Indarung Padang. 45 menit yang lalu kami disuguhi demonstrasi peledakan batu kapur yang disebut dengan blasting serta penjelasan mengenai teknis penambangan PT Semen Padang. Sepanjang perjalanan, saya asyik berkicau di twitter karena hujan rintik menghindari pandangan kaca jendela. Tiba-tiba saya menerima sebuah Direct Message dari suami saya yang siang itu menggantikan saya sebagai peserta Fun Blogging 9.

“Mama, bantu retweet ya.”

Saya tersenyum, ah ya... tentu saja. Bagaimana mungkin saya lupa? Maka saya pun menuruti permintaannya. Saya membaca lalu me-retweet semua. Ilmu dari Fun Blogging sungguh mendaging. Saya klik hashtag #funblogging9 dan me-retweet kicauan teman-teman lain yang menurut saya informatif. 

ilmu-fun-blogging-9-semarang
Peserta Fun Blogging 9 Semarang
Melalui whatsapp, suami yang saat itu berada di Gedung Indosat Semarang di Pandanaran memberitahu saya bahwa workshop Fun Blogging 9 sangat sarat ilmu. Tema “Dari Hobi Menjadi Profesi” sangat pas karena ketiga narasumber menjabarkan ilmunya dengan gamblang. Apa saja ilmunya?

1. Writing Great Content (Haya Aliya Zaki)
2. Advancing Your Blog Platform (Shinta Ries)
3. How to Monetize Your Blog (Ani Berta)

Jika saya di Padang, apa hubungan saya dengan Fun Bloggingg 9 dan untuk apa saya di Padang bahkan naik bis klub sepakbola juara Liga Prima Indonesia gelaran PSSI tahun 2011 itu? Hohoho.... ini sangat berkaitan dengan pengalaman saya berinternet selama ini

Saya di area Blasting Semen Padang sementara suami menggantikan saya di Fun Blogging Semarang

Saya salah satu blogger Jawa Tengah yang paling semangat menunggu workshop Fun Blogging di Semarang. Sejak Fun Blogging 6, saya selalu usul pada Cikgu Shinta Ries agar mengadakan di kota Semarang. Meski saya berdomisili di Jepara, saya akan dengan senang hati datang. Maka ketika pendaftaran Fun Blogging 9 Semarang dibuka, saya segera mendaftarkan diri dan alhamdulillah menjadi salah satu peserta. Bagaimana rasanya? Saya tak sabar menanti tanggal 19 Maret tiba. Saya sudah membuat planning perjalanan dengan suami dan apa yang harus ia lakukan karena workshop hampir seharian, dari jam 8:30 sampai jam 16:00 sore.

Tanggal 7 Maret, saya menerima sebuah “surat cinta” dari Komunitas We Green Industry, yang intinya saya menjadi pemenang pertama tiket Wisata Edukasi dan Heritage Industry senilai Rp 5.000.000,-. Tentu saja saya bahagia. Saya mendapat kesempatan berlibur di Bukit Tinggi, Padang dan Jakarta selama 3 hari secara gratis. Siapa pun pastilah bangga, terlebih saya. Tetapi saya memiliki ganjalan kecil karena waktu wisata tersebut bersamaan dengan workshop Fun Blogging 9 di Semarang. Saya sedemikian mengidam-idamkan ikut acara ini. 

Percakapan saya dengan Mbak Haya di inbox facebook
Ketika saya mengungkapkan kegalauan di grup whatsapp komunitas, beberapa teman mengirimi saya pesan pribadi yang intinya sangat ingin menggantikan posisi saya sebagai peserta. Full refund ditawarkan, bahkan ada yang bersedia menambahkan uang terima kasih. Mendapatkan pesan semacam ini membuat saya semakin bingung. Setelah berpikir keras beberapa hari, tanggal 12 saya mengirimkan inbox pada Mbak Haya berisi permintaan maaf dan permohonan bisa diwakili oleh suami saya. Alhamdulillah diperbolehkan. Saya lega sekali. Syukurlah saya dapat semua “harapan” yang saya inginkan. 

Naik official bus Semen Padang FC membuat saya merasa keren
Meski saya tak ikut kelas Fun Blogging, syukur alhamdulillah saya tetap bisa mengikuti materi melalui rekaman yang dibuat suami serta slide yang dikirimkan melalui email. Maka, edisi belajar pun bisa saya lakukan meski tetap ada keterbatasan. Tetapi setidaknya, inti tersampaikan. Dan ketika bonus masuk ke secret grup Fun Blogging tiba, mata saya semakin bercahaya. Subhanallah.... 3 Cikgu ini benar-benar baik hati membuka sedemikian banyak ilmu di sana. Terima Kasih Mbak Haya, Mbak Shinta dan Mbak Ani. Sedekah ilmu kalian sangat bermanfaat. Tak heran jika kelas Fun Blogging menjadi kelas yang sangat diminati.

Pengalaman saya berinternet

Jika menilik ke belakang, pengalaman saya berinternet bermula dari pekerjaan saya sebagai marketing plus-plus di perusahaan mebel milik saudara. Meski perusahaan mebel kecil, namun pelanggan utamanya adalah 3 buyer dari Perancis yang setahun memesan 2 kali. Hanya 2 kali, tetapi total pesanannya bisa mencapai satu milyar (pada tahun 2005). Tugas saya adalah memastikan mereka memesan dan meng-handel semua dokumen dari akan pesan sampai pesanan tiba di Perancis. Jika dijabarkan, tugas saya adalah marketing yang merangkap sebagai sekretaris, administrasi, akunting, kasir, humas dan costumer service. Makanya saya menyebut marketing plus-plus. Hanya saya satu-satunya pegawai dengan kemampuan komputer! Hahahahaha



Karena jaringan internet nunut di warnet sementara perbedaan waktu Indonesia - Perancis adalah 6:30 jam, saya pun sering ngantor di warnet mulai jam 10 malam. Saya sering di warnet sampai pagi. Mengapa sampai pagi? Saat itu biaya warnet Rp 5000,- per jam pada jam 5 pagi sampai jam 12 malam. Pada jam 12 malam sampai jam 5 pagi ada "paket kalong" dengan biaya Rp 10.000,-. Saya dan suami sama-sama kalongers yang doyan melek semalaman. Maka setiap malam jumat kami menghabiskan waktu di warnet, karena hanya pada malam itu ibu bisa datang ke rumah untuk menjaga anak kami. Alasan lainnya karena hari Jumat adalah hari libur pilihan. 

Selama ngalong di warnet tersebut, saya lebih sering membaca-baca saja. Saat itu saya tergabung dalam beberapa milis. Asyik, sih, menurut saya. Kegemaran saya membaca buku jadi agak berkurang. Cara mencari uang dari internet menjadi salah satu bahan bacaan wajib saya. Jika bosan ya bermain game saja. Jika mengantuk? Pulang dong... jadi belum tentu saya di sana sampai pagi.

Jalan-jalan gratis hasil ngeblog
Pengalaman berinternet saya yang paling seru malah beberapa tahun belakangan ini, ketika saya mulai paham cara mengurus blog dengan baik. Saya mengkombinasikan kemampuan menulis saya dengan personal branding dan aktif di media sosial wajib seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, dan G+. Akhirnya saya merambah klout dan linkedin. Hasilnya lumayan. Saya bisa menghasilkan uang dari blog personal saya dan menikmati beberapa keuntungan seperti uang, barang, jalan-jalan, workshop, bahkan menjadi pengajar ilmu blogging lokal di Jepara. Menurut saya itu benefit yang luar biasa. Saya yang menjadi blogger daerah bisa mendapat kesempatan jalan-jalan gratis ke Jakarta, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Padang, dan Bukit Tinggi dari berkah ngeblog. Internet mengantarkan saya pada dunia tanpa batas.


IM3 Ooredoo: “Yang lain penuh batasan, kami beri kebebasan”

Pengalaman berinternet saya tak seberapa sering bersinggungan dengan paket data dari Indosat IM3. Jujur saja, saya masih menjadi pencari paket data termurah. Jadi, saya tidak fanatik pada satu provider saja. Bisa dikatakan, tergantung pada kantong saya saat paket data habis. Pemakaian rata-rata saya perbulan adalah 6 GB. Hehehe... 

Freedom Combo dari IM3 Ooredoo untuk kamu - sumber foto 
Tetapi agaknya saya perlu berpikir ulang tentang kebiasaan saya itu. Di Fun Blogging 9, suami mendapatkan gratis kartu IM3 Freedom Combo paket M. Sekedar informasi, Indosat IM3 meluncurkan paket Freedom Combo dengan rincian sebagai berikut:

Paket M, 1 GB + bonus di jaringan 4G-LTE 1 GB, tarif Rp 59.000
Paket L, 3 GB + bonus di jaringan 4G-LTE 3 GB, tarif Rp 99.000
Paket XL, 5 GB + bonus di jaringan 4G-LTE 5 GB, tarif Rp 149.000
Paket XXL, 10 GB + bonus di jaringan 4G-LTE 10 GB, tarif Rp 199.000

Paket Freedom Combo ini sangat memanjakan pengguna Smartphone 4G, ya. Apalagi semua pengguna IM3 lama maupun baru bisa mendaftarkan kartunya ke paket Freedom Combo yang juga disebut dengan IM3 Ooredoo ini. Selain paket data yang bonusnya cihui, pemakai kartu ini juga bebas menelpon dan SMS. Unlimited ke semua pengguna Indosat. Menarik, bukan?


Mengapa paket IM3 Ooredoo ini disebut juga dengan paket Freedom Combo? Jawaban lengkapnya ada di situs resmi Indosat Ooredoo. Berikut penjelasannya, saya ambilkan sedikit cuplikan dari sana tanpa editing. Untuk lebih jelas, silakan langsung membuka di artikel Kenapa Im3 Ooredoo.

Operator selalu punya banyak aturan yang membatasi kebebasanmu internetan di hp. Aturan seperti tarif berbeda pada jam-jam tertentu dalam sehari atau dikenakan biaya untuk nelpon dan SMS ke sesama operator. Ini nggak masuk akal. So, di IM3 Ooredoo, kami punya cara yang lain. Kami membebaskanmu dari aturan-aturan itu.

Paket ribet dengan biaya tersembunyi? Batasan waktu dalam menggunakan data? Ini nggak ada di IM3 Ooredoo. Dengan kami, kamu bisa dapat kuota dengan harga tetap seharian, jadi kamu bisa bebas streaming, browsing, update status, sampai nge-tweet sesukamu. Nggak perlu lagi harus ngebatasin diri untuk internetan. Nggak perlu lagi ngalamin pulsa lenyap tanpa sebab.
Untuk lebih jelasnya lagi, saya akan mengambilkan 3 keterangan Bapak Syarif Mahfud, Division Head Data Services Indosat Ooredoo pada saat peluncuran IM3 Freedom Combo pada tanggal 13 januari 2016 lalu, yang saya sarikan dari Liputan 6, yaitu:

1. Tarif ini bukan promosi. Tidak ada terms and conditions apapun. Semuanya berlaku 24 jam, kapan pun, di mana pun
2. Semua jenis paket freedom combo dapat kuota dobel, yang didukung oleh jaringan data terkuat 4G Plus, yang berlaku 24 jam di semua area cakupan Indosat Ooredoo. Tidak ada restriksi (pembatasan) apapun seperti jam malam.
3. Paket ini berlaku bagi pelanggan baru ataupun pelanggan lama. Kami tahu bahwa pengguna sudah cukup disibukkan oleh aktivitasnya. Karena itu, paket ini kami hadirkan dengan konsep yang mudah, jelas, dan transparan.

Sudah jelas kan kelebihan IM3 Freedom Combo ini? Nah... informasi bagi kamu yang ingin mengaktifkan kartu IM3 lamamu agar menjadi IM3 Ooredoo, kamu bisa mengakses *123# atau melalui mycare.indosatooredoo.com. Mudah, kan? Jika kamu pengguna baru, silakan mengunjungi gerai Indosat Ooredoo terdekat. 

Bagaimana dengan saya? Heu.. heu.. sampai saat ini saya masih memakai kartu Im3 dengan paket Super Internet kuota karena belum memiliki HP 4G. Tak apalah, namanya masih blogger survival, yang masih berburu hadiah HP 4G. Jika suatu saat dapat hadiah HP dengan koneksi wus wus wus itu, saya bisa mendaftarkan kartu IM3 lama saya ke paket Freedom Combo. Meski masih HSDPA, tetapi koneksinya lancar sekali, padahal saya tinggal di suatu desa dengan pepohonan rimbun bernama desa Kecapi Juwetan di kota Jepara. 

Jaringan Indosat di desa Kecapi Jepara
Nah, jika kamu mau memiliki pengalaman berinternet seperti saya, ayo ah, yang semangat. Pencapaian saya bisa kamu lampaui jika kamu rajin menulis blog secara teratur, memaksimalkan media sosial, memiliki personal branding yang kuat, dan aktif menggunakan internet. Kamu percaya bahwa hasil takkan pernah mengingkari usaha, kan? Psst... izinkan saya berbisik lirih padamu sebelum menutup tulisan ini, “Terima kasih sudah membaca Pengalaman Saya Berinternet yang Luar Biasa sampai akhir. Semoga kamu mendapat manfaat dari tulisan ini. Dan tak lupa, doakan saya menang lomba Blog Khusus peserta Fun Blogging 9 ini.”

Psst.... Kamu cakep banget deh jika berdoa begitu. Terima kasih.... sun sayang untuk yang di sebelah kamu, jika dia memang halal bagimu. ;)

Share:

50 comments:

  1. Amin mba. Memang sekarang klo ke mana-mana yg penting inet ya mba. Biar jauh klo ada internet bisa kompakan terus sama suami...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali Mbak Ira. Yang penting tersambung internet.

      Delete
  2. Mbak uang 1 M itu gimana ngitungnya ya? #gagalfokus

    Mbak susi memang keren, pencapaiannya banyak sekali. Saya masih begini2 aja. Hikz

    Semoga berjaya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... kalau ekspor mebel memang gitu mbak

      Delete
  3. kemarin aku ke gn Muria juga udah nyampe sana lho Mbak sinyalnya, 4G lagi

    ReplyDelete
  4. Dirimu memang keren dan luarbiasa, Mba Susi! Sayang kita ga jadi ketemuan wkt dirimu di Jakarta kemarin yaaa?
    Sukses selalu yaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah keinginan meramaikan sekitar diapresiasi mbak

      Delete
  5. widihhh kata-kata terakhir bikin baper mbak.. hhee

    Sukses ya mbk Susi ^_^

    ReplyDelete
  6. Aamiin...semoga menang ya mba :) ngiler nih sama jalan2nya Mba Susi ke Padang. Doakan suatu saat aku bisa jalan2 gratis begitu sepertimu ya mba, biar nggak kurang piknik hihiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga seger bisa piknik dari blog mbak

      Delete
  7. Bravo,
    Im3 ku sdh ganti im3 ooredoo tnpa merubah nomer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pelanggan lama bisa migrasi ke Ooredoo

      Delete
  8. Wah..suami istri sehobi itu emang mantaap ya

    ReplyDelete
  9. Keren bisa jalan-jalan dari hasil nulis. Semoga hokinya mba Susi ikut nular, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak, bisa jalan2 karena ngeblog. Senang banget tentunya

      Delete
  10. Replies
    1. Datang ke Perpusda tiap Sabtu jam 2-4 sore. Gratis.

      Delete
  11. Semoga tertular kekerenannya mba Susi...aku belajar banyak darimu mbak. Terutama sifat down to earth mba Susi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak cara untuk menginspirasi mbak, dan selalu dimulai dari yg terkecil dan terdekat di sekitar kita

      Delete
  12. Mbak Susi keren, jalan-jalan gratis karena nulis *jempol*
    kapan saya bisa seperti itu yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kapan saja mbak, yang pertama adalah jangan lelah menulis dan memperbaiki tulisan.

      Delete
  13. Saya setuju dengan pernyataan mba Susi jika hasil takkan pernah mengingkari usaha. Buktinya mba Susi bisa dapat banyak keuntungan dari ngeblog. Saluut, deh!
    Doakan saya bisa sepertimu ya, mba..he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Mbak Nurul, usaha kita menentukan hasilnya. Pasti bisa kok Mbak.

      Delete
  14. Mbak Susi keren bingit pengalamannya, aku mau dong ditulari kerennya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesempatan yg saya dapatkan itu terbuka untuk umum mbak. Ayo saling menyemangati

      Delete
  15. Luar biasa Mbak Susi ini dengan segala kegigihan, keseriusan dan kebolehannya berinternet-ria. Kepiawaian menulis pun gak tanggung-tanggung sampai bisa muncul jadi Pemenang lomba dan menggaet hadiah lima jeti rupiah. Alhamdulilah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Bund. Rejeki yg luar biasa

      Delete
  16. wow asik banget jalan-jalan ke padang gratisan dapat banyak ilmu lagi

    ReplyDelete
  17. Selamat ya Jeng Susi, menikmati Indarung hingga Bikittinggi. Semua berkat ngeblog. Gegara Internet sy juga bisa mengagumi kiprah Jeng Susi. Salam

    ReplyDelete
  18. Maju terus, Bu.
    Rajin, tekun, kerjakeras, dan sabar itu kuncinya.
    Salam hangat dari jOmbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam sayang & tazim untuk Pakde & Budhe di Jombang. ♡_♡

      Delete
  19. Subhanallah...Banyak sekali jasa internet dalam kemajuan pribadi ya Mbak Susi. Semoga dengan makin kencangnya akses internet, prestasi juga kian berkilat. Amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... alhamdulillah Mbak. Saya juga kadang cubit pipi agar yakin benar

      Delete
  20. pengalaman yang kereeenn
    Memang Internet sangat bermanfaat
    salam sehat dan semangat amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... terima kasih Mas Han.. tuk do'anya

      Delete
  21. Inspiratif sekali Mba Susi... (y)

    semoga bisa meniru kerennya mba Susi di dunia tulis menulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah diapresiasi... aduh senengnya....

      Delete
  22. Semua orang punya pengalaman yang menarik dengan internet ya. Termasuk bu susi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah iya Mas. Setiap pengalaman itu menarik, tergantung bagaimana kita menikmati dan mengisahkannya

      Delete
  23. seru banget perjalanannya mbak. banyak hal baru dan menyenangkan. semoga tetep semangat buat jalan jalan trus dan nulis terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... semoga Mas. Semoga tetap konsisten menulis

      Delete
  24. Asal ada internet memberi kemudahan meski harus berjauhan

    ReplyDelete
  25. Pengalaman blogging yg menyenangkan sekali mbak.. Saya sendiri pernah mengalami kegamangan tsbt ketika tidak bisa ikut "Garut Blogger Gathering" padahal sudah jauh2 hari daftar. Pasalnya bersamaan dgn tanggal gelaran acara ada pekerjaan di studio yg gak bisa ditunda. Kecewa memang, tidak bisa hadir di acara yg diidamkan.. Terimakasih Mbak Susi. Salam kenal dari pemula

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra