DIY Gardenia : Sebuah Tutorial Membuat Bunga Pita

Sejak tahun berganti ke angka 2016, saya memutuskan keluar dari gemerlap dunia kriya bunga pita dan teman-temannya. Saya ingin fokus menulis dan berkegiatan. Titik. Keputusan ini di dukung oleh suami dan seperti teman-teman lihat di lini masa media sosial, saya lebih sibuk dari biasanya. Salah satunya adalah membagi tutorial membuat bunga Gardenia dari pita  sore kemarin.

Sudah 2 kali Perpusdes Insan Baca yang dipimpin Mbak Ella Sofa meminta saya mengajari ibu-ibu PKK desa Purwogondo membuat bunga pita. Yang pertama saya tidak sanggup karena hari Jumat yang ditentukan sudah ada acara lain bersama ibu-ibu di Perpusda dan kebetulan saya pengisi acaranya. Jumat setelahnya saya masih belum bisa. Ndilalah, ketemu waktu yang pas, yaitu hari Selasa. Hari Jumat, Sabtu dan Minggu memang saya jarang bisa karena biasanya sudah ada janji. #tsahsoksibuk

Bunga Gardenia menjadi pilihan pertama saya. Bunga ini cukup mudah dan kelopaknya bisa menjadi bunga apa saja sesuai imajinasi kita. Dari bunga di atas kita bisa membuat bunga-bunga Gardenia Pita lain yang tak kalah indah.


Tutorial Bunga Gerbera dari Pita

Alat yang dibutuhkan:  gunting, korek/lilin, penggaris, pinset, tembakan lem.

Bahan yang dibutuhkan: pita satin ukuran 2,5 cm (1 inch) warna sesuai selera, pita satin hijau ukuran 2 cm untuk daun, sebuah Mutsin ukuran 10 , selembar kain flanel berwarna hijau, isi tembakan lem, kain keras, peniti/jepit rambut/bando

Cara membuat kelopak bunga Gardenia pita:
1. Potong pita ukuran 2,5 x 6,5 cm sebanyak 22 pcs. Siapkan alat untuk membakar/membentuk kelopak. 
2. Ambil selembar pita ukuran 2,5 x 6,5 cm. Bagian mengkilap menghadap bawah. Bentangkan dengan menahan sudut dengan jari tangan kanan dan kiri.

3. Lipat pita sebelah kanan ke depan. Kira-kira tepat di tengah ukuran pita. Lipat kembali ke depan. Satukan kedua ujung. Balik hasilnya lalu rapikan. Kelopak harus terlipat rapi dengan kemiringan sama.
5. Rapikan kedua ujungnya sebelum dibakar. Pastikan pita merekat satu sama lain dan ukuran tidak berubah.
6. Lakukan untuk semua kelopak yang tersisa.




Cara satukan kelopak menjadi bunga
1. Siapkan lingkaran ukuran 3,8 dari kain keras atau kain lainnya yang tipis. 
2. Satukan 8 kelopak menjadi 1 bulatan dengan bantuan kain keras. 
3. Tumpuk 8 kelopak di sela-sela lingkaran kelopak pertama.
4. Tumpuk 6 kelopak di atas tumpukan kedua
5. Sematkan mutiara sintetis atau hiasan tengah lain sesuai selera.


Kita bisa langsung memasang ke peniti, jepit rambut, bando atau yang lainnya. Atau bisa juga menghias lagi dengan daun dan yang lain sesuai selera.

Caranya sangat mudah kan? Hasilnya juga cantik. Monggo dicoba. Seperti ibu-ibu PKK desa Purwogondo Jepara ini.


Selamat mencoba tutorial bunga pita Gardenia ala saya ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan menulis di kolom komentar. 

Semoga bermanfaat ya

Share:

20 comments:

  1. wehhhh perlu dipraktekkan nih mbak tutorialnya...
    trima kasih bnyak ya mbak.e ^_^

    ReplyDelete
  2. Keren banget Mba ^^ suka ngiri sama yg kreatif kayak mba hehehe

    ReplyDelete
  3. Kapan2saya undang ke pkk saya utk pelatihan buat bunga ini berkenankah bu susi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Mbak. Jika sekiranya memberi manfaat. Japri saja ya

      Delete
  4. G yakin kalau aku yg bikin bisa sesimetris itu lekukan kelopaknya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada caranya agar rapi di atas Mbak. Menurut saya sejelas video

      Delete
  5. Aku minta jadi sajaaaaa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajeg, melu jane, ketemu calon mantumu sing liyane :v

      Delete
  6. Oh gitu ya mba..pintanya apa sih namanya?

    ReplyDelete
  7. Bunga pita karya Mba Susi cantik2 ya.. piawai banget bikinnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Rita. Ini hobi yg menyenangkan

      Delete
    2. Terima kasih Mbak Rita. Ini hobi yg menyenangkan

      Delete
  8. bermanfaat sekali mbak, mau aku coba buat ngajarin ibu2

    ReplyDelete
  9. aku pingin bikin bunga tulip mbak, punya tutorialnya gak?

    ReplyDelete
  10. 8 kelopak di lingkaran pertama, 8 kelopak di lingkaran kedua, dan 6 kelopak di lingkaran ketiga. aku tadinya mikir itu ditempelin di mana, ternyata di kain keras to mbak. Oo begitu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra