5 Hal Yang Menarik di Kuta Bali Versi Jomblo-Ku Dan Tips Membuat Url Blog yang Ciamik

Hai.. hai.. tak terasa, saya sudah punya hutang 3 posting review sesama teman bloger. Tugas yang mudah ini bisa jadi susah jika kurang berkomitmen, ya? Bagaimana dengan tugas para sahabat blogger perempuan yag lain? Aman?

Kali ini saya akan mengulas tentang Yang Menarik di Kuta Bali Versi Jombloku plus sedikit tutorial membuat url yang ciamik dan enak dibaca. Ciyeee… akhirnya saya bisa mengkombinasikan review blog dan tutorial kecil lagi. Semoga bermanfaat, yes?

foto pinjam dari jombloku.com
First thing first, saya mau ulas posting Mbak Inuel, pemilik blog Jombloku yang sudah tidak jomblo lagi. Ia sudah menerima pinangan pria ganteng namun tak bisa melepas blog yang telah membesarkan namanya ini. Lagian, siapa yang mau melepas domain sebagus ini. Mau dijual berapa, Mbak? (Benerin kerudung). Saat mengunjungi blognya, mata saya terpaku oleh posting terbarunya hari ini: Menurut saya Ini Hal-hal Paling Menarik di Kuta

Saya baru tahu bahwa Mbak Inuel ternyata pernah tinggal di Kuta Bali. Ehm… ini informasi yang menarik. Underline, yah, karena Bali itu punya arti khusus bagi saya. Setelah 2 kali hanya melintas di perjalanan darat Jepara – Lombok (2001-2002), sekali gagal ke sana, dan sekali berhasil di sana, jelas, kota ini punya arti khusus bagi saya. Apalagi pasca liburan istimewa di Launching Asus Zenfone 3 bulan September lalu. Kota Bali punya arti khusus bagi saya. Tapi… lagi-lagi, saya gagal menikmati Kuta Bali. Iya, saya pernah berada di Kuta Bali hanya untuk transit saja sebanyak 4 kali. 4 kali! Makanya, saya penasaran, seperti apa sih Kuta itu?
Menurut Mbak Inuel, inilah yang menarik di Kuta:
1.  Pantai Kuta. Pantai Kuta menjadi menarik karena luasnya yang luar biasa dan jalan-jalan menuju ke sana yang dipenuhi pusat-pusat perbelanjaan seperti Discovery Shopping Mall, Pasar Seni Kuta, dan hotel-hotel. Tak hanya itu, dari yang pernah saya baca, keistimewaan pantai Kuta adalah pemandangan alam yang indah, sunset yang cantik, dekat dengan hotel dan pusat hiburan, cafe, dan pesawat yang take off dan landing menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

5-yang-menarik-di-bali-versi-jomblo-ku
Pantai Kuta by Astama81 di Pixabay

2. Waterbom Bali. Waterbom Bali adalah tujuan rekreasi keluarga yang menawarkan berbagai ukuran water slide, bahkan merupakan salah satu water park terbesar di Indonesia. Letaknya di jalan Kartika, yang tidak jauh dari Discovery Shopping Mall. Tak hanya itu, ada juga beberapa wahana permainan seru dan menantang yang ada di waterbom Bali antara lain: 
  • Super Bowl
  • Double Twitst
  • Double Twitst
  • Shamsh Down
  • Pipeline
  • Race track
  • Boomerang, dll.

3. Pabrik kata-kata Joger menjadi hal istimewa di Kuta Bali. Pabrik ini sangat terkenal dengan kata-katanya yang menggelitik, unik, dan lucu yang ditempel di kaos dan di berbagai aksesoris yang lain. Jogger sudah menjadi oleh-oleh khas Bali yang harganya terjangkau. Tak hanya itu, desain yang menarik dan unik membuatnya pas banget dijadikan sebagai buah tangan. Letak pabrik kata-kata Joger tidak jauh dari pantai Kuta Bali. Lokasinya ada di Jalan Raya Kuta. Biasanya selalu ramai dikunjungi oleh terutama wisatawan lokal. 

4. Pantai-pantai Indah nan cantik. Jangan menganggap pantai Kuta sebagai satu-satunya keelokan pantai di Kuta. Masih ada banyak pantai indah lainnya seperti: 
  • Pantai Double Six
  • Pantai Seminyak
  • Pantai Petitenget
  • Pantai Padang Padang
  • Pantai Dreamland
  • Pantai Balangan yang punya ombak cukup besar dan pasir putih yang bersih
  • Pantai Blue Point yang unik dan menarik serta
  • Pantai Uluwatu yang kelihatan eksotis banget
keindahan-pantai-uluwatu-bali
Pantai Uluwatu By Moritzklassen di Pixabay
Semua pantai di atas berada di kota Kuta, lho. Tipikal pantai di sini berpasir putih dengan karang-karang yang indah dan ombak yang besar. Makanya jangan heran jika banyak peselancar di sini.

5. Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah daya tarik lain di Kuta. Di sering diadakan even besar seperti konser, pagelaran budaya, atraksi dan lain-lain. Berbagai atraksi seni khas Bali seperti tari kecak atau pertunjukan tari yang lainnya juga ada di sini setiap hari. Bisa dikatakan, Garuda Wisnu Kencana merupakan wajah kota Kuta sebagai kota budaya Bali.

Duh, menarik sekali ya, 5 Hal Paling Menarik di Kuta versi Mbak Inuel Jombloku. Sekarang saya mau singgung sedikit tentang kebiasaan beberapa teman blogger yang kurang memperhatikan proses penciptaan tautan atau url posting. Contoh kecilnya, (dan kebetulan saya ambil) adalah di posting yang saya bahas ini. Posting berjudul Menurut saya Ini Hal-hal Paling Menarik di Kuta mempunyai url: http://www.jombloku.com/2016/10/menurut-saya-ini-hal-hal-paling-menarik.html. Secara awam, url ini rapi, dan memang rapi, sih. Makanya saya ambil contoh. Hehehehe…. Padahal aslinya, link tersebut terpotong karena judul yang terlalu panjang ya Mbak? ;) :kedipkedipmanja. 

Saya punya ciri khas membuat judul yang panjang agar memuat banyak keyword. Hasilnya tidak serta merta terlihat dalam waktu dekat. Tentu saja tidak. Hasilnya akan terlihat beberapa lama kemudian ketika keyword yang saya pilih dipanggil di google search. Jika diperhatihan, url posting saya pendek. Contohnya: 

Judul posting: 

Tips Mengajak Anak Berwisata Alam di Sekitar Jepara Tanpa Khawatir Demam Berkat Tempra

yang-menarik-di-kuta-bali-versi-jombl
Ini namanya Long tail keyword vs shorten links
Atau  contoh lainnya:

Judul Posting: 

Foto Percikan Air di Water Blow Nusa Dua Bali Gunakan Kamera Zenfone 3 ZE520KL


Atau... posting ini saja deh ya.
Judul: 

5 Hal Yang Menarik di Kuta Bali Versi Jomblo-Ku Dan Tips Membuat Url Blog yang Ciamik

url: 
http://www.susindra.com/2016/10/yang-menarik-di-kuta-bali-versi-jomblo.html

Alasan saya memendekkan tautan agar mudah membaginya di media sosial. Juga, menargetkan keyword tertentu dengan singkat. Kabarnya, jumlah kata untuk url yang bagus, maksimal 6 kata. Yang jelas, saya tetap ingin tulisan saya terdeteksi google dengan baik. Jadi… begini cara saya: 

1. Saya memilih judul sesuai kebutuhan. Bisa di awal, bisa di tengah menulis, bisa juga diakhir. Mengalir saja idenya. Biasanya saya tuntaskan dulu tulisan dan edit semua sampai puas. Setelah saya rasa siap tayang, baru saya memperhatikan kolom di samping kanan yang berisi: 

  • Label
  • Jadwal posting
  • Link/tautan
  • Lokasi, 
  • Deskripsi penelusuran
  • Pilihan
Cara edit link blog yang ciamik dan letak tautan permanen khusus
Saya sengaja memfokuskan di akhir agar tidak lupa. Sudah menjadi warning tersendiri bagi saya, dan semoga selalu begitu. Tautan permanen khusus lebih sering saya pakai daripada yang otomatis. Alasannya ajeg, saya ingin judul yang panjang namun tautan yang pendek. Saya bermain-main di situ saja.

2. Klik link dan lanjutkan ke Tautan Permanen Khusus. Saya ubah kata yang ada di sana sampai sreg di hati. Dengan mengubah tautan permanen khusus, kita bisa membuat link yang panjang maupun pendek. Suka-suka kita, yang penting rapi. Pernah membuat link yang terpotong karena kepanjangan seperti http://www.jombloku.com/2016/10/kamu-blogger-yang-butuh-gambar.html yang judul posting-nya Kamu Blogger yang Butuh Gambar Berkwalitas, Pake JasaShutterstock.com Aja. Hihihi... Maaf Mbak Inuel, saya pinjam 2 link-mu yang terputus karena lupa bagian ini. 

Oke, segitu saja, ya. Semoga cukup jelas diterima. Dan untuk Mbak Inuel yang jadi contoh secara khusus, jangan marah, ya. 

Semoga bermanfaat...
Sebelum ditutup, doakan saya bisa mengunjungi Bali lagi ya. Kuta dan pantai nya menjadi destinasi impian saya sejak lama. 

Jika ingin berkenalan dengan Mbak Inuel, silakan ke sini:

Blog: www.jombloku.com
IG:  @jombloku_com
Twitter:  @inuels
FB: Husnul Khotimah

Disclaimer: Tips ini saya buat semampu saya dan sesuai kebiasaan pemula seperti saya. Jika bermanfaat, silakan pakai. ;)
Share:

18 comments:

  1. Tipsnya noted mbak... ntar kalo mau praktek balik lagi kesini hehehe...

    Tak doain mbak Susi ke Bali lagi sekeluarga malah... tapi doain aku juga ya mbak #pamrih hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang baca ini, semoga segera jalan-jalan ke Bali gratis sekeluarga. Aamiin....

      Silakan balik kapan saja. :D

      Delete
    2. Kok berasa jadi Pak Kyai eh Bu Nyai, ya. Hahahaha

      Delete
  2. Berarti link yang sudah terpublish tidak bisa diubah lagi ya Mbak? harus sebelum publish kita harus mengutak-atik dulu. Ok noted. Makasih ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak ada yang melarang jika mau mengubah link, tapi... at your own risk, ya....
      AKu pernah ubah link kok, karena typo parah

      Delete
    2. tapi kalo udah terlanjur share, share-nya harus dihapus juga to, krn link-nya jadi beda? (ituh akyuhhh banget...sering dah share, baru ganti URL he he he)

      Delete
  3. noted tipsnya Mba Susi :)
    saya masih sering lupa mengganti link tulisan yang akan saya publish, akibatnya kata-kata di linknya kadang kurang lengkap :(

    ReplyDelete
  4. Asseekkkk... nambah ilmu. Berarti pakai judul panjang asal perma link nya disingkat gak apa-apa ya mba?

    ReplyDelete
  5. Tipsnya keren nih. Aku seringnya pake URL bawaan. Gak menarik dan gak seo friendly kayaknya. Nyoba praktekin ah...

    ReplyDelete
  6. wah ada hal tentang jalan-jalan ada pula tips ngblognya... terima kasih, mba

    ReplyDelete
  7. Makasi tipsnya mba aku juga mulai belajar mainin di permalinknya cuman gitu kadang lupa kadang ga *lahh hahaha
    semoga aku juga ke Bali sama2 y mba :)

    ReplyDelete
  8. Aku juga sering perbaiki linknya, mba. terutama pas dicek setelah posting ternyata linknya kepotong, hehe.

    ReplyDelete
  9. Bener.. saya juga gak perhatian sama link, mau pendek mau panjang males rubah haha.. thanks tips nya mami Susi.. trimakasih juga reviewnya :D

    ReplyDelete
  10. top markotop..
    banyak yang pakai link gak sesuai judul postingan tapi kepotong gitu jadinya gak enak ya mbak, jadi emang fokus aja ke kata kunci

    ReplyDelete
  11. mantap tipsnya nih mba :)

    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  12. Makasih tipsnya Mbak Susi :*
    keren banget postingannya

    ReplyDelete
  13. tetiba jd pgn pulang ke bali nih aku mbk,

    ReplyDelete
  14. Aku sering lupa nulis deskripsi....
    Mbak Inul udah knal lamaaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)

Sahabat Susindra