10 Penyebab Rambut Rontok pada Pria dan Solusinya

Rambut rontok menjadi masalah di mana-mana, terutama saat usia sudah banyak bertambah. Tak terkecuali para pria. Biasanya rambut rontok terjadi pada pria mulai usia 30 tahun. Berbeda dengan perempuan yang mulai pada usia yang lebih awal.

10 Penyebab rambut rontok pada pria dan solusinya


Mungkin di antara pembaca Cakrawala Susindra ada yang sedang mencari tips mengatasi rambut rontok. Atau penasaran mengapa terjadi. Tahu apa penyebabnya membuat kita bisa menghindarinya.

Saya lihat, rambut suami juga mulai rontok. Jika dulu hanya helai rambut tipis saya yang berjatuhan di depan cermin, sekarang ada helai rambut tebal suami di antaranya. Perbedaannya cukup terlihat. Rambut saya amat sangat tipis dan halus, sedangkan helai rambut suami berkarakter kaku dan sangat tebal. Saya cukup kaget mendapati fenomena ini. Saya lihat selama ini rambutnya baik-baik saja. Selalu panjang dan dikuncir kuda. Ikatannya tampak tebal sekali.

Usut punya usut, ternyata ada beberapa penyebab rambut rontok pada pria. Saya menghitung, setidaknya ada 10 penyebab.

1. Genetik/keturunan

Beberapa pria secara genetik punya bentuk kebotakan U-Shape. Bahkan dengan segala perawatan untuk mencegah, tetap saja kebotakan ini sulit dihindari. Jadi memang lebih baik diterima saja. Botak juga manis, kok, dan tampak seperti seorang profesor atau berpendidikan tinggi.

2. Masalah kesehatan

Memiliki darah rendah atau anemia memiliki kecenderungan mengalami kerontokan rambut. Selain itu, tiroid dan  diet rendah protein juga menjadi salah satu penyebab. Jadi, usahakan obati penyebab ini untuk mencegah dan atau mengurangi jumlah rambut yang berjatuhan

3. Pertambahan usia

Usia yang bertambah juga bisa membuat rambut rontok. Ini terjadi pada pria maupun wanita. Setahu saya, untuk pria, pertumbuhan rambut melambat dan volume berkurang mulai usia 30 tahun. Jadi... jangan panik ya. Bisa dikurangi kok, jumlah kerontokannya. Dengan pola hidup sehat

4. Makan semaunya dan seadanya

Ini adalah gaya hidup yang sering dipilih oleh para laki-laki. Meski punya istri yang ketat dengan pola hidup sehat, beberapa di antaranya “nakal” dengan makan semaunya dan seadanya saat di tempat kerja atau jauh dari istri. Padahal, nutrisi itu kunci.

5. Depresi

Sulit mencari orang yang tidak pernah depresi. Pasti ada suatu masa ketika mengalaminya. Sebaiknya memang jangan lama-lama depresi. Turunkan ekspektasi, dan bekerja sepenuh hati. Cari partner yang sehati, bisa mencegah depresi, dan membuat rambut tidak rontok.

6. Sering dikuncir

Rambut dikuncir bisa menyebabkan kerontokan karena rambut ditarik oleh karet. Suami saya rambutnya selalu panjang. Sejak kami kenal pertama sampai sudah menikah selama hampir 17 tahun ini. Saya sering mengingatkan agar tidak selalu menguncir rambut. Jika sedang di rumah, dilepas saja. Atau potong rambut yang gondrongnya masih nyaman untuk digerai. 


7. Menata rambut secara berlebihan

Diluruskan atau dikeriting, diberi pommade atau hair spray. Banyak juga laki-laki dandy yang suka menata rambut ala oppa Korea. Kerontokan terjadi karena ada perawatan yang menggunakan hot oil treatment sehingga merusak folikel rambut.

8. Berketombe yang parah

Ketombe menjadi masalah kedua terbesar selain kerontokan. Sering tiba-tiba menyerang, lalu hilang setelah dilakukan perawatan. Ketombe yang berjenis kering sehingga ada lapisan putih yang bisa dilepas dari rambut bisa membuat kerontokan yang parah.

9. Menyisir rambut saat basah

Selesai keramas langsung disisir, adalah kebiasaan sejuta umat. Termasuk kebiasaan saya dulu. Setelah tahu, saya tak melakukannya lagi. Kadang suami masih melakukannya. Mengapa menyisir rambut saat basah bisa membuat rambut rontok, tak lain karena saat itu, rambut sedang mudah lepas/patah, dan kita memicunya.

10. Memakai shampoo sembarangan

Menggunakan shampoo rambut secara sembarangan bisa membuat rambut rontok, dan itu tidak menyenangkan. Penyebabnya adalah rambut tidak toleran terhadap zat kimia dalam shampoo.

Rambut yang sehat dimulai dari shampoo pilihanmu


Saya perkenalkan sebuah shampoo harian yang bagus dalam merawat rambut pria, terutama membuat rambut menjadi selalu sehat, kuat, dan anti rontok. Ada 3 bahan aktif yang terdapat di dalam shampoo ini antara lain yaitu Saw Palmetto, Niacin, dan Rosemary Oil

Ketiga bahan perawatan rambut di atas sudah terbukti hasilnya. Rambut sehat dan kuat secara signifikan terlihat setelah pemakaian rutin selama 1 bulan. 

Silakan coba dan beritahu saya hasilnya ya..... 

Post a Comment

23 Comments

  1. Biasanya yang gaduh rambut rontok adalah perempuan, ternyata pria pun bisa banget mengalami dilema rambut rontok ya Mbak. Alhadmulillah rambut suami saya tidak mengalami dilema ini, tapi mulai tumbuh warna lain yang menghiasi kepala beliau.

    ReplyDelete
  2. Wuaahh... aku ni lg rontok rambut, kirain aman2 aja, tp diperhatiin kok tiap hari rambut rontok dgn jumlah lumayan, akhirnya coba makanan yg nutrisi lbh sehat deh, tdr cukup, dan dan sbnrnya emang kudu ya nemu shampoo yg tepat jg hehhe..

    ReplyDelete
  3. Saya perhatikan rambut suami belakangan juga rontok. Kelihatan dari sisa-sisa rambut di lantai saat nyapu. Saya pernah baca juga deh, ternyata laki-laki lebih berisiko mengalami kebotakan. Untungnya kalau laki-laki bisa dibotaki ya,hehe

    ReplyDelete
  4. Wah, suaminya mba kayak kakak saya yang senang kalau bermodel rambut gondrong. Dia juga pernah merasakan rontok di kala stres melanda. Makanya kalau stres datang, dia memilih untuk menepi dengan naik gunung. Wah, saya baru tahu kalau rambut basah, enggak boleh langsung disisir. Terima kasih atas informasinya ya, mba.

    ReplyDelete
  5. ooh ternyata gak boleh nyisir rambut saat rambut basah. aku baru tahu loh.
    makasih infonya.
    BTW saya suka cowo botak kok hihihi...

    ReplyDelete
  6. Saya udah mulai botak nih
    Kayaknya masalah awal salah sampo, trus stress juga and faktor usia, lengkap dah haha
    Btw endingnya kok ga disebut sampo apa ? Hehe

    ReplyDelete
  7. Eh shampoo apa Mba? Daku nyari-nyari merk shampoonya ga nemu dong. Apakah rahasia?

    ReplyDelete
  8. Rambut rontok ini jadi masalah umum, ya, ternyata enggak hanya perempuan, laki-laki pun mengalami kerontokan juga. Memang kebiasaan mengikat rambut, ganti sampo juga bikin rambut rontok, selain genetik, penyakit kayak anemia. Ternyata depresi pun bisa bikin rambut rontok, ya. Penting banget pilih shampo yang cocok. Trims infonya, Mnak

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya, jadi tahu dalam merawat rambut. Saya sendiri sama rambut agak kurang mungkin krn di kerudung meski sodara pada bilang rambut saya bagus. Tapi merawat rambut sangat penting, karena kalau saya, klu lg sakit Kepala, salah satu obatnya keramas.

    ReplyDelete
  10. Malah rambutku yg sering rontok mbak...
    Rambut g kuat akarnya, oanjang dikit langsung sering rontok

    ReplyDelete
  11. Secara umum penyebab rambut rontok pada pria dan wanita sama ya mba. Cuma kalo cowok yg rambut rontok, mereka takut banget botak khususnya di bagian ubun-ubun itu. Hehehe. Terima kasih rekomendasi samponya. Bisa buat referensi kalo suami nanti mengalami gejala serupa.

    ReplyDelete
  12. Nanti saya coba buat suami.
    Kalau karena pakai helm pengaruh ga sih bikin rontok? Suami saya kayaknya mikirin takut botak gitu..hehehehe

    ReplyDelete
  13. Berhubung aku nggak punya suami, kayaknya bisa kuterapkan untuk diriku sendiri biar rambut nggak rontok :D

    ReplyDelete
  14. Wah, rambut lelaki pun rentan rontok, ya? Kukira hanya rambut perempuan aja karena ya itu lebih tipis. Ternyata faktornya banyak ya, Mbak. Makanya merawat rambut tuh susah-susah gampang. Mesti menemukan produk yang cocok juga dong. Salah satu yang direkomendasikan Mbak Susi mungkin ada yang cocok.

    ReplyDelete
  15. Dari makanan pun pengaruh juga ya kak soal kerontokan. Jadinya perlu antisipasi cepat, kalau nggak bisa mengalami kebotakan

    ReplyDelete
  16. Jadi inget kang William, suaminya Kate Middleton sekarang juga botak
    He he kok jadi ingat suami orang
    Rambut saya rontok paska pakai jilbab mbak, mau coba ah advice nya, Terimakasih ya

    ReplyDelete
  17. Suami saya juga mengalami kerontokan rambut. Ini lebih karena faktor keturunan. Selama ini dia sudah pakai shampoo untuk menguatkan akar rambut sih. Sejauh ini cocok. Besok lusa bisa juga dicoba rekomendasi shampoo dari Mbak Susi.

    ReplyDelete
  18. Saya kalau sudah datang bulan rambut pasti rontok mba, mungkin akan cocok kalau pakai shampoo yang direkomendasikan ini

    ReplyDelete
  19. Terima kasih infonya Mbak Susi, relate banget sama saya yang rambutnya juga rontok. Coba saya pakai produk sampo ini.

    ReplyDelete
  20. duhhh bagiku rambut adalah mahkota kak, paling serem kalau sampe rontok. Pokoknya berupaya banget mencari perawatan yang cocok deh supaya ngga memperburuk kerontokan

    ReplyDelete
  21. Wah gak nyangka kalo ketombe itu bisa bikin rambut rontok ya. Aku jadi harus cari shampoo yg bener2 cocok dan gaya hidupnya berubah ya

    ReplyDelete
  22. Akutu kalau beli shampoo suka-suka yang beli aja gitu...
    Kalau pas aku belanja sendiri, tentu aku memilih yang cocok denganku. Tapi sekarang lagi gak boleh kemana-mana, jadi yang belanjain suami.

    Hiiks~
    memang rambutku rontok parah, huhuu~

    ReplyDelete
  23. Walaupun rambut pada pria rata2 pendek namun tetap saja ya bisa terkena rambut rontok karena sebab2 di atas. Dengan sampo yang cocok bisa sedikit membantu :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)