Asuransi Kematian: Pengertian dan Beragam Manfaatnya untuk Nasabah

Dewasa ini selain asuransi kesehatan dan jaminan hari tua, asuransi kematian juga semakin diminati oleh nasabah. Asuransi tersebut akan memberikan biaya pertanggungjawaban terhadap risiko kematian seseorang yang telah didaftarkan sebagai objek asuransi. Dalam hal ini, nantinya akan ada juga ahli waris yang turut didaftarkan dalam asuransi tersebut. Caranya sangat mudah dan pastinya memiliki berbagai macam manfaat yang akan membuat nasabah merasa nyaman.

Asuransi Kematian AXA Mandiri Pengertian dan Beragam Manfaatnya untuk Nasabah
Persiapan lebih baik dengan asuransi (sumber gambar: Healthinnovationnetwork)


Manfaat Asuransi Kematian

Perlu diketahui bahwasannya keberadaan dari asuransi kematian tidaklah dapat disepelekan. Asuransi ini akan memberikan berbagai macam kemudahan untuk nasabahnya. Manfaat yang diberikannya sangatlah beragam. Jika masyarakat menggunakan asuransi ini, manfaat yang akan didapatkan yakni sebagai berikut:


1. Membantu Mengelola Keuangan dengan Tepat

Manfaat asuransi kematian yang pertama adalah untuk membantu nasabah mengalokasikan dana untuk masa depan. Untuk nasabah yang sulit menabung dan cenderung boros dalam mengelola keuangan pada kehidupan sehari-hari mereka, dengan memiliki asuransi kematian tentunya nasabah akan seolah-olah dipaksa menyisihkan sebagian penghasilan nasabah untuk membayar premi asuransi secara berkala.

Dengan begitu, maka secara tidak langsung nasabah akan menabung melalui premi asuransi kematian yang dibayarkan itu. Tabungan yang telah dikumpulkan nantinya akan memberikan keuntungan bagi keluarga mereka ketika sang nasabah telah meninggal dunia. 


2. Sebagai Sarana Investasi

Perlu diketahui secara umum bahwa beberapa produk asuransi kematian ada yang berjenis unit link di mana produk ini merupakan gabungan antara produk asuransi dan investasi. Dengan membeli produk asuransi jiwa unit link tentunya nasabah akan memperoleh manfaat proteksi sekaligus investasi. Menariknya, nilai investasi ini dapat nasabah ambil sewaktu-waktu di kala nasabah sedang membutuhkan uang tunai.

Pengambilan asuransi sebagai investasi tersebut juga sangat mudah dan cepat. Syaratnya tidaklah berbelit-belit dan pengambilannya bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus nasabah datang sendiri secara langsung. Oleh sebab itu, jenis asuransi kematian utilink ini sangatlah direkomendasikan bagi nasabah yang memiliki usaha yang mana mereka kerap kali membutuhkan dana secara mendadak.


3. Untuk Menjaga Penghasilan Keluarga yang Ditinggalkan

Manfaat asuransi kematian berikutnya adalah mencegah hilangnya penghasilan keluarga yang ditinggalkan oleh sang nasabah asuransi. Jika pemberi nafkah utama keluarga meninggal dunia, tentunya income keluarga juga menjadi hilang. Dengan memiliki asuransi kematian, keluarga nasabah akan mendapatkan manfaat berupa uang tunai yang dapat digunakan untuk melanjutkan kehidupan. 

Hal ini berarti keluarga nasabah tidak perlu harus menjual aset atau bahkan berhutang jika terjadi sesuatu dengan nasabah sebagai pemberi nafkah utama. Dengan mendapatkan biaya pertanggungjawaban asuransi kematian, kehidupan nasabah akan terjamin dan pendidikan serta kesehatan keluarga bisa terpenuhi dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, nasabah diharapkan memilih asuransi kematian saat akan mendaftar asuransi. 

Asuransi keluarga (sumber: Turnerinsurance)


4. Melindungi Kehidupan Ahli Waris

Manfaat yang akan didapatkan nasabah selanjutnya adalah melindungi ahli waris. Dengan menggunakan asuransi kematian, maka nasabah dapat melindungi ahli waris nasabah dari beban-beban finansial yang menyulitkan jika terjadi sesuatu dengan pemberi nafkah utama keluarga. 

Untuk pencairan biaya pertanggungjawabannya sendiri, ahli waris yang akan mencairkan klaim asuransi harus sudah didaftarkan secara resmi saat nasabah bergabung dalam asuransi kematian.

Itulah ulasan mengenai asuransi kematian yang dapat disampaikan di dalam artikel edisi kali ini. Semoga informasi tersebut memberikan tambahan informasi bagi masyarakat luas yang ingin mendaftar dalam asuransi kematian. Jangan ragu untuk melakukan pendaftaran asuransi ini karena prosesnya sangat mudah, cepat, dan pastinya menguntungkan pihak tertanggung.  

Anda bisa mendapatkan produk asuransi kematian terbaik dari AXA Mandiri. Tidak hanya dalam asuransi kematian, AXA Mandiri dalam asuransi pendidikan juga bisa memberikan perlindungan yang maksimal kepada kualitas pendidikan nasabahnya.

12 Komentar

  1. Buanyaaakkk manfaatnya ya Mba
    Tapi memang belum banyak orang yg paham mengenai serba/i asuransi kematian ini sih
    Masyarakat memang Harus terus diedukasi ya mba

    BalasHapus
  2. iya betul manfaatnya banyak yan asuransi kematian, hanya memang awareness nya cukup kurang mengenai manfaat dari asurani kematian ini di masyarakat

    BalasHapus
  3. manfaatnya sungguh banyak, jika kita menyayangi orang yang ada disekitar kita, asuransi ini sudah pasti jadi pilihan. perlu pemahaman lebh

    BalasHapus
  4. Aku dan suami sadar banget, karena kami suka traveling, resiko kami kecelakaan saat bepergian itu gede. Makanya kami berdua bikin asuamtansi kematian masing2, dengan ahli waris ya anak2. Sengaja dr awal cari yg uang pertanggungan gede, semua buat menjamin anak2 ga akan kekurangan setidaknya sampe mereka selesai kuliah.

    Alasan lain kenapa kami ambil asuransi kematian, Krn kami sudah nabung utk urusan begitu mba. Selama ini kami hanya fokus investasi, dan ngumpulin dana traveling :p.

    Dgn adanya asuransi kan ga ush mikir lagi, utk nabung buat masa depan anak2. Krn jika kami ga ada, anak2 udh kami tinggalin warisan cukup setidaknya dr asuransi.

    BalasHapus
  5. Kalau selama ini kenalnya asuransi jiwa, ternyata udah makin mengerucut dan pas hadirnya asuransi kematian yang bisa menjadi investasi kepada ahli waris

    BalasHapus
  6. aku gak kepikiran sama asuransi kematian, ternyata penting juga ya..
    dan banyak manfaatnya..

    BalasHapus
  7. asuransi jiwa mungkin lebih halus bahasannya wkwkwk, klo asuransi kematian aku agak takut nih bacanya...tapi maupun bahasannya yg ptg manfaatnya

    BalasHapus
  8. Asuransi jiwa penting banget ya mba. Bener sih mungkin sekarang belum terasa tapi setelah keluarga ada yang meninggal baru terasa banget.

    BalasHapus
  9. Huhu bener banget nih, ngga kerasa kalau belum kehilangann. Jadi emang harusnya ini jadi prioritas yaa kak

    BalasHapus
  10. Iya aq setuju bgt nih, proteksi asuransi jiwa Itu penting bgt terutama utk org2 yg Kita cintai kedepannya

    BalasHapus
  11. life insuranse itu asuransi paling murah dari semua jenis asuransi yang ada. dan manfaatnya luar biasa sih, wujud tanggung jawab kita juga sama keluarga utamanya anak yaa

    BalasHapus
  12. Axa mandiri banyak ya variannya. Ada asuransi jiwa juga. Memang perlu banget proteksi semacam ini biar saat ada hal2 yang tak diinginkan, keluarga tetap terlindungi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)