Mur dan Baut Roda Mobil Macet? Ini Tips Bongkar Pasangnya

Salam sobat Cakrawala Susindra. Sudahkah mengecek kaki-kaki mobil di bengkel resmi Suzuki Sun Motor Jakarta? Kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting terhadap kelancaran jalannya kendaraan. Salah satu bagian terkecil dari kaki-kaki mobil adalah mur dan baut roda. Saya ada tips nih, lanjut baca sampai akhir ya.

Mur dan Baut Roda Mobil Macet Ini Tips Bongkar Pasangnya
Kemacetan pada mur dan baut tentu akan sangat mengganggu ketika ingin mengganti sendiri ban mobil yang mungkin saja gembos atau pecah. Padahal jumlah mur dan baut pada sebuah roda bisa empat hingga enam buah. Nah lho. Ga boleh slip atau kurang.

Bagaimana cara sobat Susindra bisa membuka mur dan baut roda mobil bisa cek berikut ini. 


Tips Bongkar Pasang Mur dan Baut Roda yang Mulai Macet 

Mur dan baut pada roda mobil bisa kapan saja mengalami kemacetan. Sebagian besar penyebabnya adalah faktor usia yang membuat timbulnya karat. Jarang melakukan perawatan pada kaki-kaki mobil juga bisa jadi penyebab utamanya. 

Roda adalah bagian mobil yang paling sering terkena lumpur cuaca panas. Tidak heran jika bagian mur dan baut yang menempel pada bagian pelek mobil cepat berkarat. Kemacetan ketika membuka mur dan baut akan menghambat proses penggantian ban mobil. 

Supaya  bisa lancar menggantinya, ikuti tips membukanya berikut ini. 


1. Pergunakan Alat Bantu Putar Mur 

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan alat bantu putar untuk mur. Alat ini memiliki pipa besi yang panjang dengan bagian ujung menyambung pada kunci roda. 

Alat ini dibentuk seperti itu supaya memiliki daya putar yang lebih dan bekerja sebagai pengungkit untuk membuka mur yang keras. Hanya saja perlu diingat, sobat bisa mencoba untuk membukanya sekuat tenaga. 

Namun ketika mur tetap tidak mau berputar sebaiknya jangan dipaksakan. Alasannya alat bantu ini bisa patah atau kunci roda mengalami bengkok. Jika masih terasa keras, coba tips berikutnya. 

Cara aman bepergian di masa pandemi


2. Menyemprotkan Cairan Penetran

Benda yang sulit untuk dilepaskan biasanya membutuhkan pelumas. Dalam hal ini cairan penetran yang tepat  bisa dimanfaatkan untuk material mur dan baut pada roda. Cairan ini bisa disemprotkan pada bagian mur yang ingin dilepaskan. 

Semprotkan cairan dan tunggu beberapa saat sampai debu halus bahkan karat perlahan mulai rontok. Ketika kotoran sudah mulai hilang maka cobalah untuk membuka kembali mur dengan alat yang sama seperti di atas. 


3. Manfaatkan Kunci Momen

Kedua cara di atas sudah bisa membantu melepaskan mur dan baut. Nah, pada saat pemasangannya kembali sobat bisa memanfaatkan kunci momen atau kunci torsi yang dianjurkan dari pabrikan.

Kunci ini akan membantu memasang mur dan baut roda dalam kekuatan yang pas. Sedangkan jika sobat tidak memiliki alat tersebut dan terpaksa memasang dengan manual pastikan tidak sampai terlalu keras. 


4. Pasang dengan Urutan Menyilang

Urutan pemasangan roda juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika urutannya salah maka akan membuat posisi pelek tidak merata pada as roda. Efeknya ban mobil akan goyang ketika melaju di kecepatan tinggi. 

Bahkan efeknya bisa membuat baut roda menjadi patah. Solusi yang bisa dilakukan adalah memasak dengan cara menyilang. Tujuannya adalah supaya daya tekan saat pemasangannya bisa lebih seimbang. 


Praktis, Ini Cara Test Drive Dari Rumah Bersama Suzuki


5. Membersihkan Rotasi Ban secara Berkala 

Perawatan ban secara berkala bukan hanya menjaga kebersihan saja. Supaya mur dan baut tidak mengalami kemacetan lagi ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama adalah membersihkan mur dan baut pada roda. 

Pada saat mencuci kita harus menghilangkan semua lumpur atau kotoran lain yang menempel. Tidak lupa pelek harus segera dikeringkan sehingga tidak muncul karat. Kedua adalah melakukan rotasi ban. 

Rotasi ban perlu dilakukan setiap 10.000 km atau enam bulan sekali. Biasanya rotasi ban juga dilakukan ketika sedang servis mobil. Tujuannya adalah supaya mencegah timbulnya karat atau bahkan mur dan baut mengeras sehingga sulit dilepaskan. 

Perawatan berkala ban ini bisa sobat lakukan di bengkel resmi Suzuki. Tujuannya agar ditangani langsung oleh teknisi profesional. Silakan langsung memilih bengkel resmi Suzuki terdekat berikut ini. 

Cara Beli Asuransi Kendaraan Secara Online



1. Sun Motor Jakarta - Jakarta, https://suzukisunmotor.com/ 

2. Citra Asri Buana - Jakarta, https://suzukidealercab.co.id/ 

3. Trimitra Sejahtera Mobilindo - Jakarta, https://suzukitrimitra.co.id/ 

4. Pusaka Motor Utama - Sukabumi https://suzukipusaka.co.id/ 

5. Restu Mahkota Karya - https://suzukimahkota.co.id/ 

6. Armada Banda Jaya - Aceh, https://suzukiaceh.co.id/ 

7. Arista Sukses Abadi - Medan, https://suzukiarista.com/ 

8. Trans Sumatra Andalan - Suamtera Utara, https://tsasuzuki.com/ 

9. Rodamas Makmur Motor - Batam, https://suzukimobilbatam.co.id/ 


Pastikan sobat Susindra mengunjungi salah satu bengkel resmi Suzuki terdekat ini untuk pemeriksaan kendaraan lebih lengkap. 


24 Komentar

  1. Ini nih yang sering terjadi, saat mobil macet berniat bongkar, tetapi selalu sulit untuk memasangnya kembali. Auto pusing suami, haha terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Duh dua komponen kecil ini suka hilang-hilangan pas masang kembali mobil :)

    BalasHapus
  3. Nah ini masalah banget sih pas mobil ngadat, berniat bongkar tapi imbasnya ga bisa masang lagi dan ada aja yang hilang.

    BalasHapus
  4. Ini nih yang dibutuhkan banget tipsnya biar gak bermasalah pas bongkar mobil, terima kasih.

    BalasHapus
  5. Nah ini mah urusan suami sih, cuma kalau pas mau berpergian ada masalah sama mobil duh pengin marah. Apalagi benerinnya lama banget dan berimbas gagal jalan-jalan.

    BalasHapus
  6. Mbak Susiiii....how r u. Kangeeen. Btw kl doal perawatan mobil mah bunda serahin aja ke cucu yg hobi utak atik mobil dan juga menantu tuh. Bunda tinggal duduk manus di mobil dan melaju bersama anak cucu -- itu juga kl lg gak Pandemi lho. Kl sekarang? Jalan2? No way!

    BalasHapus
  7. Perawatan mobil harus maksimal termasuk dalam dan bagian rotasi ban, kalau ada sedikit bermasalah kalau aku lebih mending ke ahlinya, khawatir bisa bongkar ga bisa masang :D

    BalasHapus
  8. Jadi cairan penetrant itu penting ya Mbak, sedia di rumah buat jaga-jaga kalor Mur Baut kita berkarat 😆😆🤣

    BalasHapus
  9. Kendaraan kudu di servis rutin ya mba. Biasanya klo motor sering pak su yg servis, klo mobil belum punya 😁 mudah2an segera amiin. Infonya jadi tau deh aku kali inii tentang perawatan ban. Makasih ya mbaa☺

    BalasHapus
  10. Sebelum bepergian wajib cek kendaraan secara detail ya, mbak. Dan bagian kaki paling wajib diperiksa.

    Btw, di Banjarnegara belum ada bengkel resmi Suzuki. Qiqiqiqi

    BalasHapus
  11. wah wah iya
    penting banget tips ini
    soalnya suami kadang main bongkar aja, lalu yg sudah sudah g bisa masangnya, hahaha

    BalasHapus
  12. Kendaraan perlu servis rutin biar engga bermasalah seperti mur dan bait roda mobil macet. Makasih ya Mba Susi tipsnya. Kendaraan juga perlu sih diasuransikan sama kaya yang lain buat jaga-jaga di kemudian hari.

    BalasHapus
  13. Aku cuma bisa pakai aja mbak kalau mobil hihihi kalau urasn cek-cek ke bengkel aja. Harus rutin service juga ya. Wah ada tips bongkar pasang mur dan baut roda.

    BalasHapus
  14. Aku pernah banget kak Susi, ngalamin ban kempes gak tertolong lagi di sekolah anak-anak.
    Hampir putus asa rasanya...membuka ban. Alhamdulillah, ada yang bantuin sebagai pertolongan pertama.

    Pertolongan selanjutnya, tetep kudu ke bengkel. Tapi paling enggak, mobilnya gak perlu di derek.

    BalasHapus
  15. Wah saya baru dapet istilah2 baru nih buat otomotif. Soalnya saya ga pernah bawa mobil.. Xixixi.. Saya simpen buat ntar kalau perlu bisa baca lagi.

    BalasHapus
  16. Harus teliti ya kalau cek kondisi kendaraan. Dari benda kecil kayak mur dan baut sangat penting diperhatikan demi keselamatan berkendara.

    BalasHapus
  17. Mur dan baut pada roda mobil memang harus diperhatikan benar-benar pemasangannya. Meski bendanya kecil-kecil, tapi kalau enggak lengkap dan enggak kuat masangnya ya bisa jadi berabe di perjalanan.
    Makasih tipsnya, Mbak :)

    BalasHapus
  18. caiiran aku biasanya pakai oli mba lumayan pelumas bikin licin jadi bisa mengurangi
    biasanya yang macet gini pas masange ga pas ya

    BalasHapus
  19. Wah aku baru tahu kalau ganti mur dan baut bisa dikerjakan sendiri. Dan sepakat sih kalau pemeriksaan kendaraan berkala perlu banget dan sangat penting untuk dilakukan. Demi safety

    BalasHapus
  20. Pemeriksaan berkala wajib yah supaya kendaraan tetap aman ketika digunakan, Thanks a bunch mbak tips nya.

    BalasHapus
  21. Urusan kaki kaki mobil ini jadi PR banget mbak, apalagi kalau mobilnya lawas.. harus rutin diperiksain ke bengkel.

    BalasHapus
  22. Alat Bantu Putar Mur memang selalu Ada d mobil Alat kyk pipa besi yang panjang dengan bagian ujung menyambung pada kunci roda.

    Tapi klo misalkan sudah gk bisa pasti ke bengkel resmi

    BalasHapus
  23. Karena saya tidak punya mobil maka saya baca dan share ke adik yang baru saja punya mobil
    Saya cukup memahami dan jika kelak diberi kesempatan punya, baru deh kemudian mempraktikkannya

    BalasHapus
  24. Saya sebagai orang awam soal otomotif,artikelnya sangat membantu kalau ada kendala mengenai mur atau baut bila macet nantinya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)