Sudah lama saya tahu manfaat punya deposito. Tapi baru di masa pandemi ini yang benar-benar ingin punya. Makanya saya buka Deposito di BPR Kommunal dari rumah. Semua secara online



Selama pandemi ini saya lebih melek finansial dan mengambil beberapa produk finansial untuk membentuk kepercayaan pihak bank. agar mau meminjamkan dana sesuai target saya jika saatnya tepat. 

Salah satu langkah saya adalah punya deposito. Tapi mager-nya enggak ketulungan. Males banget ke bank di masa sekarang ini karena antrian dan … tahulah, si virus yang memaksa kita nyaman di rumah dan melakukan segalanya menjadi serba online

Bahkan membuka deposito pun bisa secara online, dan tidak harus dari kotanya sendiri. Bebas pilih mau ambil di BPR mana. Saya jadi deposan di sebuah BPR di Bali tanpa harus ke Bali.

Inilah zaman digital. “Zaman edyan!”, kalau orang jadoel bilang. Karena semua tiba-tiba bisa dilakukan tanpa punya batasan waktu dan tempat. Kalau orang yang cukup literate akan bilang ini zaman disrupsi. Zaman ketika segala macam bisa di-online-kan. 

Di zaman disrupsi, jarak tak memiliki arti. Saya bisa jalan-jalan ke Musée du Louvre tanpa ganti daster sambil makan croissant lokal saus sambal ditemani wedang jahe. 

Saya juga bisa membuka rekening bank di kota mana pun tanpa keluar rumah. Pakai daster juga? Tentu! Daster adalah pakaian andalan. Meskipun sekarang saya sudah terbiasa dandan, tapi belum bisa melepas kenyamanan dari pakaian segala suasana itu.

Emak berdaster buka deposito dari rumah

Mengenal deposito

Deposito adalah produk keuangan berupa simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan syarat-syarat tertentu. Jangka waktu deposito disebut dengan tenor. Jumlah bulannya akan ditulis di penawaran, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Bisa diperpanjang secara otomatis jika ingin praktis. Namanya ARO. 

Mudahnya itu kita mengambil tawaran suatu bank untuk menabung dan bank tersebut berhak menahan uang kita sesuai dengan jumlah waktu kita pilih sendiri sebagai nasabahnya. Nasabah deposito disebut deposan. 

Tenor atau lamanya uang ditahan juga beragam, mulai dari satu bulan sampai dua belas bulan Jika menggunakan sistem ARO, maka deposito akan diperpanjang secara otomatis. Jika tidak ada tawaran ARO, maka dana akan dilepas kembali ke tabungan yang kita daftarkan secara otomatis, sesuai tanggal yang tertera di produk deposito yang kita ambil. 

Cara memahami informasi deposito
Cara memahami informasi deposito



Jadi kita tak susah meminta dana dicairkan. Uang akan kembali sendiri ke rekening yang kita daftarkan.


Ternak deposito?

Zaman sekarang semua bisa diternakkan. Ternak blog sudah jadi istilah lazim di blogosphere. Ternak emas sudah sering disebut di kelas perencanaan keuangan. Ternak deposito? Ini sangat mungkin dilakukan di era disrupsi ini.

Kalau sobat Susindra pernah ingin punya deposito di BPR – kita sebut BPR konvensional saja – harus punya dana minimal tiga juta, sekarang ada deposito dengan uang satu juta. Dan ini akan dengan mudah kita temukan di komunal.id – sebuah platform agregator yang menghubungkan seribuan BPR di seluruh Indonesia. 

Deposito BPR Komunal


Bayangkan jika sebulan sekali kita bisa menyisihkan 1 juta dan mengambil 1 deposito dengan penempatan dana minimal satu juta.

Atau setiap bulan bisa mengumpulkan 250 ribu untuk mengambil deposito sejutaan setiap 4 bulan sekali.

Setiap waktu tenor habis kita bisa menyatukan recehan deposito tersebut. Ini bisa disebut dengan ternak deposito juga.


Deposito bisa untuk jaminan kredit 

Saya pernah ikut kelas ternak emas, ternak rumah dsb dsb dan saya putuskan untuk ternak deposito meski tak diajarkan. Untuk saya yang tak ada harta, tak ada sertifikat atau penjamin, saya perlu membuat pondasi dulu yang kuat. 

Tapi mengapa ternak deposito, bukan ternak emas? Deposito tak ada uang administrasi, sedangkan emas ada, yaitu 4% setiap 4 bulan sekali. Uang di deposito tidak akan berkurang, sedangkan harga emas fluktuatif.



Salah satu alasan kami berencana ternak deposito adalah agar bisa membeli rumah secara cash. Tidak benar-benar cash tapi dari uang kredit. Jika punya jaminan, bisa pilih kredit yang paling menguntungkan. Deposito adalah jaminan kredit yang terpercaya.

FYI, kalau punya deposito minimal 3 juta dengan tenor 3 bulan biasanya akan ditawari kartu kredit dari beberapa bank. Tapi saya tidak mau punya CC. Godaan belanja pakai CC bisa saya tangani, tapi annual fee yang saya kurang rela. 

Saya punya beberapa pembayaran sistem paylater dengan nominal besar juga jarang saya pakai. Saya lebih suka serba cash. Jadi memang tidak butuh CC sih. Kalau deposito kan beda. Itu uang simpanan kita sendiri.

Saya dan suami memang berencana membeli rumah dengan cara kredit tapi tidak melalui KPR. Di sistem KPR ada biaya ini itu yang mencapai 30% dari harga rumah. Bisa sampai 40% kalau ada plus ini dan plus itu. Saya sudah pernah menghitungnya. Serupa dengan membeli rumah di perumahan, ada biaya ini itu yang tidak terlihat. Lagian, saya lebih suka beli rumah lawas di desa dengan halaman yang sangat luas….

Ternak deposito akan terus berlanjut selama masih ada yang menawarkan deposito dengan dana penempatan sejutaan. Dan saya yakin selamanya pasti ada. Ini juga cara kami menyiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, dan dana tak terduga di luar tabungan. 

Ada satu lagi nilai plusnya deposito yaitu bisa untuk jaminan kredit multiguna dan konsumtif. Apakah sudah ada gambaran? Lanjut ya sambil dipahami pelan-pelan. 


Deposito juga bisa untuk pemulihan ekonomi Indonesia

Pandemi tak selalu berkaitan dengan hal buruk. Banyak hal yang perlu disyukuri juga karena pandemi membuat kita jadi makin terbuka. Bahkan yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi nasional. Yang terakhir ini bisa saya lakukan dengan menjadi deposan di suatu BPR atau Badan Perkreditan Rakyat.

Para deposan ini bisa membantu pemulihan ekonomi melalui dana yang kita titipkan. Dana tersebut digunakan untuk memberi pinjaman modal usaha bagi masyarakat dan UKM setempat.  FYI, BPR punya konsep yang dekat dengan koperasi, yaitu penghimpun dana masyarakat.



Produk yang ditawarkan BPR ada tiga, yaitu simpanan, deposito berjangka dan kredit. Kredit yang ditawarkan cukup beragam mulai dari kredit untuk usaha, kredit multiguna, dan kredit lain yang mirip dengan dana talangan (untuk biaya resepsi pernikahan, misalnya). Asuransi dan reksadana tidak ada di BPR.

Dulu saudara saya beberapa kali ambil kredit jenis ketiga ini saat akan melakukan pengiriman mebel ke Perancis dan hanya butuh pinjam uang selama satu bulan. Ia selalu melunasi dana talangan ini tepat waktu sehingga dipercaya oleh BPR setempat. Jauh lebih baik daripada meminjam uang ke keluarga, kan? Ini salah satu contoh penggunaan dana kredit untuk UMKM karena meski mengirim mebel ke Eropa namun omzetnya masih 1 milyar per tahun.


Deposito dari BPR Komunal

Di setiap kota pasti ada sejumlah BPR yang didirikan sebagai Badan Usaha Milik Daerah. BPR-BPR ini sebagiannya telah berkumpul dalam sebuah institusi keuangan bernama Komunal. Lengkapnya PT Komunal Sejahtera Indonesia. Mudahnya cara memiliki deposito dan jumlah uangnya, membuat banyak sekali deposan yang tertarik menanamkan dananya di sini. 

Komunal


Komunal memberi sebuah alternatif menyimpan uang yang sangat menarik. Dengan uang satu juta bisa memiliki deposito. Penempatan dana minimal sejumlah ini membuat orang-orang yang ingin belajar menyisihkan uang dengan sistem deposito menjadi sangat tertarik.

Komunal adalah sebuah perusahaan fintech yang mewadahi seribuan BPR di seluruh Indonesia, untuk menawarkan produk depositonya kepada masyarakat secara global. Kesempatan dibuka lebar untuk semua warga negara Indonesia di mana pun ia berada. Kelihatannya selama beralamat di Indonesia. 

Sebagai contoh, saya mengambil deposito BPR Komunal di Bali tanpa harus ke Bali. Bilyet sebagai tanda kepemilikan dikirimkan ke alamat saya, selain dapat saya akses dan simpan dari akun depositobpr saya. Deposito BPR Aman, kok. Sebelas dua belas dengan tabungan hanya saja kalau mengambil uang sebaiknya setelah tenor habis. Kalau kepepet banget juga bisa diambil. Sebaiknya diambil dengan cara back to back alias meminjam uang deposito kita sendiri.


Deposito BPR saja 

Deposito BPR adalah platform aggregator pertama di Indonesia yang menghubungkan masyarakat dengan lebih dari 1500 produk deposito. Dijamin keamanannya karena sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor S-178/MS.72/2021.

Sesuai namanya, BPR dikumpulkan dalam platform yang memiliki sifat komunal atau bergabung bersama dengan satu tujuan. Tujuannya sudah saya sebutkan di atas. 

Untuk menarik masyarakat, karena ini adalah sesuatu yang baru, maka dibuatlah beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan BPR konvensional, yaitu:

  1. Deposito BPR dapat diakses dengan mudah dan nyaman, karena melalui platform komunal. 
  2. Semua produk deposito dapat diakses dengan informasi yang transparan dan aman.


Deposito BPR Komunal juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan produk deposito lainnya, yaitu:

  1. Imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk deposito dari bank konvensional di Indonesia. Sebagai contoh saja, deposito di bank konvensional biasanya memberi imbal dana 3,5%. 
  2. Dana dijamin aman sepenuhnya, karena dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sampai dengan dua milyar. Saya pernah cek di BPR lokal, yang dijamin hanya 750 juta. 


Bisa dikatakan bahwa Deposito BPR Komunal adalah salah satu platform penghubung para deposan (para investor deposito) dalam menyalurkan investasinya (funding) dengan masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana (lending). 


Pengalaman mengambil deposito sejutaan di BPR Komunal

Saya sudah memulai aksi nyata dengan mengambil deposito bernilai satu juta di sebuah BPR beralamat di Bali. Saya tak ada kekhawatiran karena yakin sekali kalau Deposito BPR Aman. Saya juga bisa ambil yang di Papua jika saatnya tepat. Tak perlu ke sana kok, semua transaksi melalui smartphone. Seperti deposito pada umumnya, saya juga mendapatkan bilyet fisik, dikirim ke rumah.

Saya tak sembarang pilih, karena butuh cermat jika berkaitan dengan uang. Meskipun saya tahu itu aman, namun saya tetap memilih yang menurut saya menarik. Bagi saya kategori menarik adalah:

  1. Dana penempatan 1 juta rupiah
  2. Nilai imbal (suku bunga) 6%
  3. Situs web-nya jelas dan dapat dibuka
  4. Neraca keuangan transparan, 
  5. BPR punya aset besar 
  6. Nilai serapan tinggi (loan deposite ratio)
  7. Ada ARO atau automatic roll over (perpanjang otomatis). 

Buat saya ini penting, karena saya juga ingin dana saya berguna bagi UMKM setempat untuk pemulihan perekonomian Indonesia. 


Cara mengambil deposito di Deposito BPR

Tak sulit kalau mau memiliki deposito di zaman sekarang. Bisa dimulai dengan mengunjungi situs depositobpr. 

Bisa melihat-lihat dahulu penawaran deposito di sana, tapi kalau mau melihat detailnya memang harus sign up dulu. Kalau saya sih mending langsung daftar saja. Pakai voucher saya bisa langsung dapat cashback Rp100.000,-

Lumayan sekali, kan?

Berikut cara mengambil deposito di Deposito BPR. Saya bagi menjadi 3 term agar mudah.

A. Membuka akun di DepositoBPR

Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan foto KTP, foto diri dan nomor rekening bank yang digunakan
  2. Buka website depositobpr
  3. Gunakan kode SE0666 untuk mendapatkan cashback Rp100.000,-
  4. Isi data yang diminta (nama, email, no HP, NIK, nomor rekening bank untuk pengembalian dana
  5. Verifikasi email
  6. Buat akun di PrivyID jika belum pernah punya.

Deposito BPR Komunal


Verifikasi rekening sangat cepat, kok. Saya hanya hitungan jam saja meski dikatakan maksimal 2x24 jam. Kebetulan saya daftar pada jam kerja. Pembuatan akun di PrivyID juga termasuk cepat. Saya sudah punya saat membuat rekening bank secara online sebelumnya.


B. Pengajuan deposito

Cara pengajuan/pengambilan deposito 

  1. Pilih penawaran deposito di depositobpr
  2. Cermati informasi di sana, karena penawarannya beda-beda. Sesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Klik ajukan deposito
  4. Masukkan kode promo jika punya.
  5. Baca dan setujui S&K yang tertera ketika akan mengajukan deposito.
  6. Masukkan tanda tangan Privy di bagian bawah

Deposito BPR Aman


Setelah 6 langkah di atas, maka proses pengajuan/pengambilan deposito sudah selesai. 


C. Pembayaran deposito

Usai menyelesaikan langkah B di atas, pengajuan deposito kita akan masuk dalam tinjauan. Bisa dicek kembali 1-2 jam untuk memastikannya disetujui. Tanda disetujui tampak seperti gambar. 

Selanjutnya adalah melakukan pembayaran produk deposito yang kita ajukan.

  1. Masuk ke akun depositobpr
  2. Klik Depositoku lalu deposito yang diajukan
  3. Untuk membayar, klik kata “di sini”
  4. Lakukan pembayaran sesuai langkah yang tertera melalui Xendit.
  5. Pilih rekening yang kita gunakan untuk mentransfer sampai muncul kode VA-nya
  6. Bayar sesuai instruksi yang tertera jelas
  7. Tak perlu mengirim bukti karena sudah otomatis
  8. Tunggu telpon/ WhatsApp dari BPR yang kita pilih untuk mengonfirmasikan alamat pengiriman bilyet.
  9. Simpan bilyet yang sudah diterima dengan baik seperti menyimpan buku tabungan/dokumen keluarga.

Deposito BPR Aman


Kesimpulan

Memiliki deposito bisa jadi langkah maju menuju kebebasan finansial yang kita impikan sembari membantu perekonomian negeri kita melalui jalur komunitas. Kita bisa #TumbuhBersamaKomunitas. Ini wujud nyata kita sebagai anak bangsa untuk memajukan UMKM dan komunitas di Indonesia melalui permodalan usaha mereka. Pastikan melakukannya melalui platform komunal di komunal.id.

Uang yang kita jadikan deposito aman karena dijamin LPS. Aman juga dari tangan kita sendiri yang kadang gatal ingin jalan-jalan jika melihat nominal uang di tabungan yang sudah lumayan. 

Lagian kita bisa memilih tenor deposito sesuai rencana kita. Misalnya ada rencana mudik lebaran dan sudah ada uangnya, bisa dijadikan deposito dengan tenor 1 bulan yang otomatis perpanjangan (ARO) sampai waktu yang ditentukan. Atau, bisa ambil deposito dengan tenor 3 bulan. Pas banget saat bulan Ramadhan uang tersebut sudah kembali ke rekening kita secara otomatis. Tak perlu mengajukan. 

Lagian, buka deposito sekarang #BisaDimanaSaja dan kapan saja. Bisa ambil dari luar kota juga tanpa biaya tambahan. Saya percaya kalau seluruh BPR yang ada di Komunal sudah diseleksi dengan ketat. Seluruh penawaran deposito juga sudah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Yuk mulai ternak deposito seperti saya  untuk memperkuat pondasi keuangan keluarga. Ambil langkah pertamamu dengan memasukkan kode referal saya SE0666 dan bagikan pada saudara atau sahabat, ya… Lumayan banget nih langsung dapat cashback Rp100.000,-.