Belajar Python, Langkah Awal Menjadi Data Analyst, Data Scienties, Data Expert dan lainnya

Apa sih pekerjaan yang paling diidamkan di dunia? Paling banyak adalah pekerjaan yang berkarakteristik “sedikit kerja besar gajinya”. Tentu saja pekerjaan seperti Data Analyst, Data Scienties, Data Expert dan semacamnya. 

Psst... sobat bisa pilih belajar Python, lho, kalau mau dapat gaji yang besar. Yang saya tahu, pegawai entry level rata-rata gajinya di awali angka 6. 6 ratus? Bukan! 6 juta! Itu baru awal masuk kerja, kalau sudah lebih senior langsung belasan juta dan bahkan puluhan juta.



Memang ya, pekerjaan seperti Data Analyst, Data Scienties, Data Expert dan lainnya itu menjadi incaran para fresh graduated zaman sekarang. Jenis pekerjaan incaran, "sedikit kerja banyak pikniknya". Bisa kerja sambil jadi pelanggan tetap Starbuck juga. 

Python, apa itu? Yang jelas bukan ular, lah.... Mana mungkin pekerjaan populer zaman now seperti Data Analyst, Data Scienties, dan Data Expert butuh ular. Ngawur saja.

Jadi, phyton itu bahasa pemrograman yang sedang populer saat ini. Malahan mendapatkan peringkat ke-5 dunia untuk kategori bahasa program yang paling populer di dunia. 

Ayok sobat Cakrawala Susindra, kita petualangan sedikit di dunia pemrograman. Karena banyak aktivitas digital kita yang dimulai dari sini.


Python, apaan tuh?

Kalau menurut Wikipedia, Python adalah bahasa pemrograman interpreatatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Bahasa pemograman Python disebut sebagai bahasa yang kemampuan, menggabungkan kapabilitas, dan sintaksis kode yang sangat jelas, dan juga dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

Python menjadi keterampilan dasar yang harus dikuasai kalau mau bekerja di bidang Data Analytics. Biasanya perlu paham SQL juga. 

Salah satu keunggulan Python sehingga banyak dipilih adalah karena desainnya yang sangat mudah dibaca dan dipahami. Tak banyak penggunaan rumus atau syntac pula. 



Yang menarik lagi adalah mendukung Internet of Things dengan baik dan open source. Makanya banyak yang berminat belajar bahasa pemrograman ini. Biasanya peminat akan belajar di sebuah tempat kursus yang punya program dan materi lengkap seperti Skill Academy Camp. Meski bahasa pemrogramannya dengan bahasa Inggris, namun mudah dipahami, kok.


Belajar Data  Analytics di Skill Academy Camp

Untuk sobat Cakrawala Susindra yang sedang berminat dengan SQL, JOIN, dan Python, saya ada rekomendasi tempat kursus yang sangat bagus. Konsep belajarnya adalah Bootcamp online. Jadi peserta kursus akan mendapat sesi belajar yang komprehensif bersama instruktur yang mumpuni. 

Sebut saja Yudi Yunardi dan Syahrul Hamdani. Keduanya sudah dikenal keunggulannya sebagai data analyst expert dengan spesialisasi masing-masing. Keduanya akan mengampu kelas The Fundamental of Data Analytics di Skill Academy Camp.

Pelatihan The Fundamental of Data Analytics menyasar para peminat yang ingin mempelajari dasar-dasar data analitik dengan pendidikan yang terkini, yaitu melalui kelas-kelas online sebanyak 8 kali. Ada video pembelajaran yang mengulas dengan detail sebagai materi kelas, dan intruktur akan menjelaskan detailnya melalui kelas yang terjadwal. 

Sebagai pemantik semangat, diadakan Final Project untuk membangun portfolio peserta kursus. Dan seperti standar Skill Academy, peserta juga mendapatkan e-Certificate dan Career class. Jadi, semua peserta diharapkan langsung bisa masuk ke dunia kerja di bidang Data Analytics, yang membutuhkan sangat banyak tenaga kerja.



Pelatihan bootcamp online terbaik ini akan memulai dengan dasar-dasar Data Analytics, seperti:

  1. Introduction to Data Analytics
  2. Introduction to database and Basic SQL
  3. Fundamental SQL Commands
  4. Group By and Conditional Statements in SQL
  5. Merge your data by JOIN
  6. What statistics is all about?
  7. Basic Statistics for Data Analysis
  8. Working with data using Python

Semua itu umumnya digunakan di dalam kegiatan bisnis dari pengetahuan dasar mengenai tipe-tipe Analitik, konsep basis data rasional untuk menarik data dari RDBMS dan melakukan operasi SQL. Jadi ga Cuma belajar python saja, melainkan lengkap sesuai dengan kebutuhan peserta kursus programmer ini. 


Keterpakaian di dunia kerja

Agar bisa langsung praktik sebagaimana di dunia kerja, materi-materi dasar analisis statistik yang ada dijadikan data sampel/populasi lalu dilakukan interpretasi hasil. Hasil inilah yang kalau di dunia kerja dibutuhkan oleh para pengusaha untuk meroketkan bisnisnya. 

Pada dasarnya python digunakan untuk melakukan analisis statistik, manipulasi data untuk analisis eksploratif terhadap data. Buat apa? Untuk membuat prediksi-prediksi yang dibutuhkan. Jadi ga perlu jadi Doktor Strange apalagi mengalami berbagai pengalaman sendiri dulu untuk mengolah data sebelum mengalahkan Tanos.



Makanya banyak pengusaha yang membutuhkan Data Analyst, Data Scienties, Data Expert dan lainnya untuk menguasai target pasar. Pasti tahu lah di era digital gini persaingan antar brand semakin seru. Mereka saling mempelajari karakteristik pelanggan sendiri dan pelanggan rival yang sejenis. Dan para penganalisa data ini yang kebanjiran job akibat adanya kecenderungan ini.

Dan ini juga yang membuat kursus Python maupun Data Analytics mempunyai banyak peminatnya, dan kebutuhan expertisnya juga selalu tinggi. Jadi ga cuma kampus impian, pekerjaan impian juga jadi idaman semua orang, ya.


Btw, kalau ada yang kurang paham bisa ditanyakan di kolom komentar. Kalau tahu akan saya usahakan jawab. Kalau berminat, langsung secepatnya, sekarang juga, lanjut ke https://camp.skillacademy.com/ lalu lihat daftar programnya. Data analytics ada di sana. Ada voucher diskon 83% yang siap diredem bulan ini.

Atau bisa juga lanjut baca-baca tulisan saya tentang kursus atau ragam sekolah singkat yang menarik bagi para lulusan SMA atau sarjana baru. 



5 Komentar

  1. Baru dengar tentang python, ternyata termasuk bahasa pemrograman seperti assembly. Kurang paham kalau soal komputer cuma tahu basicnya aja, jadi pengetahuan baru, nih. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Jenis pekerjaan yg ada hubungannya dg data pemrograman ini memang masih langka dan susah dicarinya, sehingga mahal harganya

    BalasHapus
  3. Saya dulu pernah belajar phyton ini mbak, saat masih sering berurusan dengan jaringan komputer, karena untuk konfigurasi keamanan data dan jaringan bagus juga phyton ini.

    Terus pindah bidang pekerjaan, lebih banyak main di visual, phyton jadi nggak pernah ditengok lagi, padahal asyik ya ngulik phyton ini

    BalasHapus
  4. Aplikasi phyton sangat membantu menganalisis data dan menampilkan sehingga mudah dibaca. Bagi awam, ini sangat membatasi. Wah, kudu coba nih. Makasih ya kak artikelnya. Jadi tau informasi yang bermanfaat ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)