ASUS ROG Phone 7, Ponsel Gaming yang Imersif

Manusia itu, secara default selalu ingin lebih dan lebih. Ibarat setiap orang diberi satu bukit emas, akan ada yang mencari bukit kedua, ketiga, dan seterusnya. Dalam urusan perponselan juga gitu. Buktinya ASUS Rog Phone sudah sampai seri ketujuh. 

I want more! I want more! 

Dari sifat alami inilah makanya teknologi menjadi semakin canggih, tak terkecuali teknologi mobile gaming

Selalu ada yang mendedikasikan hidupnya untuk sesuatu yang diyakini. Seperti saya yang mendedikasikan hidup untuk Cakrawala Susindra ini. Uhuk, sampai ke sini pula.... sedikit memaksa, ya. Hahahaha...

Fokus... fokus.... Mau bahas ponsel gaming kualitas sultan, lho ini. Ponsel ASUS yang paling ditunggu kehadirannya di Indonesia sejak bulan April lalu.


ASUS ROG Phone 7, Ponsel Gaming yang Imersif


Memaksimalkan pengalaman bermain game kelas atas

Manusia memang akan terus berevolusi. Teknologi juga demikian. Akan selalu ada yang baru dan terbarukan. Akan selalu ada pemain-pemain game baru yang melesat prestasinya sehingga merajai turnamen kelas dunia. Akan selalu ada perubahan tren dan lain sebagainya. Akan selalu ada deal-deal luar biasa agar selalu berkembang, seperti misalnya kerjasama ASUS ROG Phone dengan MOONTON.  

Demi meningkatkan pengalaman bermain game bagi para pengguna di seluruh dunia, ASUS Republic of Gamers (ROG) bekerjasama dengan MOONTON. Tentu saja untuk mengoptimalkan kinerja ponsel ini dan terutama untuk penggunaan turnamen, sehingga para pengguna ponsel ROG bisa merajai turnamen. Ada empat turnamen esports internasional yang disiapkan, yaitu Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup 2023 dan 2024, serta Kejuaraan Dunia M-Series M5 dan M6. 

MOONTON adalah perusahaan video game global yang didedikasikan untuk pengembangan, publikasi, dan esports game. Perusahaan  ini telah memiliki kantor di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Amerika Latin, Hong Kong, dan Cina daratan. Pasti tahu dua game mereka, yaitu Mobile Legends: Bang Bang dan game mobile multiplayer online battle arena (MOBA).

Bayangkan potensi hasil kerjasama Tim ROG Gaming dengan MOONTON ini.... 


Pengalaman gaming yang imersif

“Di ROG, kami mengembangkan smartphone ROG Phone dengan fokus utama pada kinerja, efisiensi daya, dan menghadirkan pengalaman gaming yang imersif,” kata Shawn Chang, ASUS Global Sales and Marketing Director of Phone Business Unit.
Lebih lanjut ditambahkan, "Kami bertujuan untuk menyediakan ponsel dengan fitur-fitur canggih untuk meningkatkan pengalaman bermain game MLBB dan membawa turnamen esports ke level berikutnya."


Dari cuplikan di atas, jelas bahwa ponsel ROG memang didesain dengan sangat serius sebagai ponsel gaming kelas turnamen. Malahan sasarannya bukan turnamen kaleng-kaleng tapi turnamen kelas dunia. Ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat bagus bagi calon-calon atlet esport untuk membiasakan diri menggunakan ponsel gaming kelas dunia sejak awal.

Dengan target market spesifik seperti itu, apa saja yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 7? Sebagus apa sih? Bagaimana spesifikasinya?


1. Desain baru yang epik

a. Cover belakang yang futuristik

ROG Phone 7 tak pernah salah dikenali meski dari jauh karena desain futuristiknya. Kali ini pun begitu. Pada punggung ponsel diberi panel yang terlihat mencolok, khas Republic of Gamers. Panel kamera di punggung bagian atas, khas ponsel kelas atas. Desainnya sederhana, futuristik, dan tetap epik.


desain cover rog phone 7


Khusus untuk ROG Phone 7 Ultimate, ada tambahan berupa 'ROG Vision'. Bentuknya adalah layar OLED 2 inci di punggung belakang untuk menunjukkan informasi waktu, level pengisian daya, panggilan masuk, serta beberapa animasi estetik. Gamer dapat membuat animasi yang dipersonalisasi sendiri. ROG Vision bisa menjadi bentuk ekspresi gaya hidup pemiliknya. 


b. Layar 

ROG Phone 7 memiliki layar berukuran 6,78 inci. Jenisnya adalah AMOLED. Tepatnya AMOLED buatan Samsung Display. Layar ini punya refresh rate hingga 165Hz dengan resolusi 2448 x 1080 piksel. Angka tertinggi pada saat ini. Bahkan untuk tingkat kecerahan juga ditingkatkan. 

Masih ada tambahan lainnya yaitu efek legendaris yang dihasilkan AI dalam game, tombol haptic AirTrigger yang dapat disesuaikan, dan pembaruan pengaturan game berkelanjutan oleh tim ROG Gaming. Ini melambangkan semangat inti ROG, yaitu mengutamakan pemain!



Untuk yang tanya tentang pelindung ponsel dari potensi rusak akibat jatuh atau pemakaian yang barbar, pelindung Corning Gorilla Glass Victus masih dipercaya untuk menjaga keamanan ponsel. Ponsel ini tetap tahan banting. Tak hanya itu, ASUS ROG Phone 7 juga dilengkapi dengan sertifikasi IP54 yang melindunginya dari percikan air.


2. Evolusi performa tinggi ponsel gaming

Tidak bisa dibantah jika pihak vendor mengklaim bahwa Rog Phone 7 merupakan evolusi performa tinggi untuk ponsel gaming. Performanya tak bisa dikompromi saking mantapnya. Bayangkan, Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform, up to 16 GB LPDDR5X RAM, 512 GB UFS 4.0 ROM, 165 Hz Samsung AMOLED display, masih ditambah dengan sistem pendinginan GameCool 7 yang ditingkatkan levelnya. Tapi khusus untuk sistem pendingin akan masuk dalam bahasan lain tentang efisiensi daya. 


Desain cover belakang ROG Phone 7 Ultimate


a. Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform

ROG Phone 7 paling ditunggu karena ada banyak peningkatan "keperkasaan" ponsel gaming, yang memberikan pengalaman bermain game yang cepat, stabil, hiper-realistis, dan lebih lama mainnya. Snapdragon® 8 Gen 2 memberikan proforma 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya dibandingkan generasi ROG Phone sebelumnya. 

Berkat teknologi Snapdragon Elite Gaming™, ROG Phone 7 mendukung ray tracing percepatan komputasi waktu nyata pada perangkat keras. Artinya, untuk game yang didukung, gamer dapat menikmati pantulan hiper-realistis terutama pada permukaan air dan logam yang menambahkan dimensi baru pada pengalaman bermain game.


b. RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB

Snapdragon® 8 Gen 2 terbukti unggul dalam hal performa. Dengan tambahan pasangan berupa RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB, hasilnya lebih maksimal. Dalam hal ini, tambahan layar Samsung AMOLED 165 Hz turut memaksimalkannya.

Tak banyak data yang bisa saya sampaikan untuk RAM dan ROM kecuali banyak pereview gadget terkenal seperti Cari Sinyal, Hybrid, Hitekno, Uzone dan masih banyak lagi sepakat bahwa ponsel yang rilis tanggal 18 Juli 2023 ini merupakan "peningkatan signifikan untuk seri sebelumnya".


c. Konektivitas yang terbaru

ROG Phone 7 menggunakan jaringan 5G. Dengan Bluetooth 5.2 dan NFC, sekilas tampak tak beda dengan ponsel kelas atas lainnya. Namun ada perbedaan signifikan untuk konektivitas dengan Wi-Fi. 



ASUS ROG Phone 7 sudah dibekali Wi-Fi 7 atau 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7 dengan tri-band dan Wi-Fi direct. Hal ini sangat mempengaruhi kecepatan transfer data mencapai 46 GBps. Jauh lebih tinggi dibandingkan ponsel gaming kelas atas lainnya.

Masih ada tambahan Kemudian HyperFusion yang dapat membantu meningkatkan kecepatan koneksi internet dengan menggabungkan koneksi 4G/5G dan Wi-Fi, dan Operasi Multi-Link yang bisa menghubungkan pita frekuensi yang berbeda secara bersamaan. 


d. Speaker kelas teater 

Ada peningkatan signifikan pada teknologi suara di ROG Phone 7. Dengan jack headphone 3,5 mm hingga Dirac Virtuo™ For Headphone , suara yang dihasilkan sudah seperti layaknya teater. Tim ROG Gaming telah meningkatkan volume efektif speaker seri ROG Phone 7 sebesar 50%, dan menyetel sistem bekerja sama dengan spesialis audio Dirac. Sangat memanjakan penggunanya. 

Speaker kembar depan 12 x 16 mm dengan volume 50% lebih efektif dari sebelumnya, serta dibantu oleh sub-woofer lima magnet super-linear 13 x 38 mm dalam pendingin AeroActive 7, yang meningkatkan volume bass hingga 77 % untuk suara 2.1 yang tidak ada duanya dalam game atau film saat pendingin terpasang. Penyempurnaan bekerja sama dengan pakar audio di Dirac memastikan kualitas suara yang tak tertandingi.

Masih untuk memanjakan, pengguna akan sangat terbantu dengan adanya dua port USB Type-C, yang terdiri dari USB Type-C 3.1 (di samping) dan USB Type-C 2.0 (di bawah). Pengguna dapat menggunakan earphone atau headset.

Gaming tanpa kompromi: subwoofer built-in baru di AeroActive Cooler 7 untuk channel suara 2.1 yang kuat dan kontrol haptic AirTrigger yang tak tertandingi


e. Kamera yang jauh lebih mumpuni

Ponsel gaming kelas atas sering mengabaikan fungsi kamera karena fokusnya adalah user experience saat bermain. Kali ini Tim ROG Gaming dengan serius menambahkan kekuatan kameranya. 

selfie dengan rog phone 7
Selfie dengan rog phone 7


Memang tidak ada fitur kamera kekinian seperti OIS atau telefoto, tapi peningkatan hardware kamera diberikan pada kamera selfie, yaitu 32 MP. Dengan sistem pixel-binning, hasil fotonya lebih bagus dari seri ponsel gaming lainnya.

Perubahan pada kamera belakang tidak dilakukan. Masih sama dengan pendahulunya, yaitu:

1) Kamera beresolusi 50MP (Sony IMX766) dengan menggunakan sensor IMX766, 

2) Kamera 13MP (ultrawide) dengan sudut pandang hingga 120 derajat, dan 

3) Kamera 5MP (macro). 




Dalam hal kamera, ASUS ROG Phone 7 masih menggunakan sensor utama yang sama dengan ROG Phone 6, yaitu Sony IMX 766


3. Efisiensi daya tanpa kompromi

a. Sistem pendingin GameCool 7

ROG Phone 7 telah sampai pada evolusi mobile gaming terbaik dengan efisiensi daya tanpa kompromi. Sistem pendingin GameCool 7 merupakan sistem pendingin dari segala arah. Hal ini bisa meningkatkan efisiensi pembuangan panas hingga 168%.

Sistem pendingin GameCool 7


Penjelasan teknisnya, ada tiga tugas atau metode pendinginan CPU, yaitu sesi pertama, senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU mengurangi pelambatan. Sesi tengah atau kedua, vapor chamber yang bekerja. Sesi ketiga atau terakhir, yaitu pada saat sesi maraton, AeroActive Cooler 7 yang dilengkapi dengan kipas bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI. 

Khusus untuk ROG Phone 7 Ultimate, sistem pendinginan ditingkatkan lebih jauh lagi. Ada AeroActive Portal yang terkemuka dunia. Saluran masuk udara ini aktif secara otomatis saat AeroActive Cooler terpasang. Aliran udara secara konstan dialirkan dari pendingin ke sirip pendingin vapor chamber. 

AeroActiv Portal secara secara efisien menghilangkan panas yang dihasilkan oleh So. Hal ini sangat meningkatkan kinerja game dan daya tahan baterai. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi termal ponsel dapat meningkat hingga 20%.

Jangan berkecil hati untuk yang baru bisa membeli seri ROG Phone 7 yang bukan ultimate series, karena baik reguler (disebut Phantom Black) maupun ultimate series, tetap mengalami pendesainan ulang dalam vapor chamber-nya. ROG Phone 7 telah didesain ulang sepenuhnya, menjadi lebih besar, dan menggunakan teknologi baru di dalamnya. Alih-alih struktur berbentuk pilar biasa, ia menggunakan kolom sumbu berbentuk trisula khusus di tepi panjang ruangan untuk meningkatkan efisiensi. 

Malahan ada enam saluran pengembalian cairan yang berfungsi sebagai jalan raya bagi air untuk mengalir kembali ke SoC yang siap untuk siklus termal berikutnya. Lembaran grafit yang hemat panas di ROG Phone 7 juga dibuat lebih besar, dan dibentuk ulang untuk memaksimalkan perpindahan panas dari mainboard dan RF board. Jadi secara performa dan ketahanan tetap tanpa kompromi. 

Efisiensi Daya Tanpa Kompromi: Penyesuaian CPU dan desain pendinginan yang canggih menciptakan ponsel gaming paling bertenaga dan hemat energi di tahun 2023

 


 

b. Baterai berteknologi HyperCharge 65 watt

Bermain game kelas dunia menjadi fokus utama Tim ROG Gaming. Untuk menyokong dayanya, ponsel gahar ini disematkan baterai dengan kapasitas 6.000 mAh. Baterai ini dapat diisi dengan singkat karena menggunakan fast charging 65W. 

Teknologi HyperCharge 65 watt mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 40 menit. Sebuah waktu jeda yang sangat singkat untuk ukuran ponsel game, bahkan yang kelas dunia. 


Dua seri ROG Phone 7 yang di-launching bulan ini

Dari penjelasan di atas saya sesekali menyebut ROG Phone 7 Ultimate. Untuk yang baru kenal seri Republic of Gaming milik ASUS, atau yang sedang tak sabar menanti menggunakan ponsel ini, saya akan menjelaskannya secara singkat.

desain rog phone phantom


Bulan ini ada dua seri ROG Phone 7 yang dirilis di pasar Indonesia, yaitu Phantom Black dan Ultimate. Phantom Black merupakan seri reguler, sedangkan Ultimate adalah varian tertinggi ROG Phone 7 . Bedanya apa? 

Kalau dibilang tidak banyak beda memang ada benarnya karena semua penjelasan di atas selain yang saya beri tambahan informasi ultimate series merupakan spesifikasi semua varian ROG Phone 7. Bedanya yang varian Ultimate ada Aero Active Portal untuk sistem pendinginnya, dan di bagian belakang ada ROG Vision. 


desain rog phone ultimare putih


Kata hanya dua juga tidak tepat karena bedanya cukup signifikan. Kurang lebih sama dengan besaran selisih harga dua seri tersebut. Bedanya apa? Sudah saya jelaskan di atas, ya. Boleh dibaca kembali. Yang jelas, saya sangat merekomendasikan varian/seri ultimate untuk pengalaman bermain game kelas dunia yang lebih immersive


paket bundling rog phone 7


Harga ROG Phone 7

Setelah ditunggu-tunggu sejak 13 April 2023 lalu, saat ASUS Republic of Gamers membuka misteri ROG Phone 7 Series di ajang For Those Who Dare Virtual Launch di Taipei Taiwan. Sejak launching di pasar dunia tersebut digelar, beragam spekulasi harga ditulis di media mainstream maupun blogger pereview ponsel. 
Dengan kualitas sebagus itu, dengan potensi yang luar biasa, berapa ya, harga ROG Phone 7? Akhirnya siang ini di Atrium Gandaria City Mall, daftar harga secara resmi dibuka. Berikut daftar harganya:
1. ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) Rp 18.999.000, 
2. ROG Phone 7 (12/256GB) Rp 13.999.000, 
3. ROG Phone 7 (8/256GB) Rp 10.999.000

Untuk ROG Phone 7 Ultimate hanya ada satu warna yaitu storm white,  sedangkan ROG Phone 7 Phantom, tersedia dalam dua warna, yaitu panthom black dan storm white.

Promo ROG Phone 7

Akhirnya, hari ini misteri untuk pasar Indonesia terkuak, bahkan ada dua promo menarik yang sayang dilewatkan. Penasaran? Ada 2 promo untuk ROG Phone 7, yaitu:

1. Early Bird Promo:

Periode tanggal 18-31 Juli 2023

Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series, konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah. Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.


2. Consumer Launch Promo :

Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall 

Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise, yaitu:

ROG exclusive jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds, dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah. Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl.8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.


Saatnya membeli ROG Phone 7

Mumpung baru launching dan ada banyak promo menarik, segera lakukan pembelian sekarang juga. Ponsel gaming kelas turnamen dunia sudah hadir di Indonesia. Tak boleh dilewatkan. 

Apalagi jika sobat Susindra punya cita-cita menjadi atlet esport nasional maupun kelas dunia. Membiasakan diri berlatih dengan ponsel gaming sebagus ini akan meningkatkan proforma permainan. 

Lebih-lebih dengan kerjasama antara ASUS dengan MOONTON Games, merupakan langkah kongkret ASUS dalam menggarap lini turnamen esport dengan mobile gaming secara serius. Pasti tahulah pemilik dan pengembang Mobile Legends: Bang Bang dan game mobile multiplayer online battle arena (MOBA) terkemuka di seluruh dunia ini.... 

Bukan tak mungkin produk ini akan menjadi standar esport dunia. Kita persiapkan mulai sekarang, mulai dari beli ROG Phone 7 sekarang juga. Ingat, turnamen MSC 2023 di Phnom Penh Kamboja bulan Juni lalu adalah sejarah dunia esport yang berhubungan dengan produk ROG Phone. Lakukan pembelian sekarang juga, sebelum Juli berganti menjadi Agustus.


Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

Sumber bacaan:

1. Press release "ASUS Republic of Gamers dan MOONTON Mengumumkan 2 Tahun Kerjasama untuk Pengalaman Mobile Gaming Tak Tertandingi di ROG Phone"

2. Press release "ASUS Republic of Gamers Ungkap ROG Phone 7 Series di Ajang For Those Who Dare Virtual Launch"

3. https://uzone.id/asus-rog-phone-7-bakal-rilis-di-indonesia-gamer-udah-siapin-duitnya-

4. https://hybrid.co.id/post/asus-rog-phone-7-series-hadir-dengan-gamecool-7

5. https://www.planetgadget.store/blog/post/spesifikasi-dan-harga-hp-asus-rog-phone-7-ultimate

6. https://primaradio.co.id/tekno/gadget/asus-rog-phone-7-terbaru/

7. https://carisinyal.com/perbedaan-asus-rog-phone-6-dan-rog-phone-7/2/




28 Komentar

  1. Menjadi Gamers profesional saat ini banyak cara ya. Diadakannya gadget canggih Asus ROG Phone 7 ini beneran memanjakan para Gamers nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau main pro gadgetnya harus pro juga, Mbak.

      Hapus
  2. Wah lagi ada promo ya mba kalau beli di event venue, cuss ahh byk eksklusif merchandise nya nh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Promonya sangat menarik, dan banyak banget. memang enak beli di venue, tapi untunglah yang jauh tetap bisa dapat bonus menarik asal belinya di mitra resmi.

      Hapus
  3. Top deh ASUS ROG Phone 7. Banyak keunggulannya, terutama baterainya yang awet ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baterai hanya salah satu, teknologinya yang super unggul dibandingkan yang lainnya. Tiada banding dan tiada kompromi

      Hapus
  4. Gamers profesional kudu punya ASUS ROG Phone 7 nih, kita yang emak-emak aja pengen banget punya ponsel yang spesifikasinya keren banget. Baterainya itu lho, awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya emak-emak yang kadang suka main game juga, sih. wkwkwk, dan memang ngidam punya ASUS ROG Phone 7.

      Hapus
  5. Para gamers profesional emang harus banget punya ASUS ROG phone 7 ini ya mbak
    Hebat banget semua spesifikasi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini yang terbaik dari yang terbaik, Mbak

      Hapus
  6. gak hanya untuk gamers, untuk korea drama addict juga harus punya ASUS ROG Phone 7, karena suaranya bagus banget
    Dan tampilannya, wuih pakai layar amolednya Samsung gitu lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suaranya sangat memanjakan telinga Mbak, apalagi kejernihan gambarnya. Wuih.... ngiler...

      Hapus
  7. Ponsel gaming tuh selain canggih banget, karena semua tampilannya kudu diperhatikan. Sekeren ini ASUS ROG Phone 7 tuh ya.. Memasuki era gaming yang kini uda semakin pesat bahkan bisa menjadi sebuah profesi yang menghasilkan prestasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, segala sisi diperhatikan dan dibuat semaksimal mungkin memenuhi segala ekspektasi liar para user-nya.

      Hapus
  8. Punya ponsel dengan jeroan cadas seperti ini bikin aktivitas main games maupun lainnya jadi bisa diandalkan ya, karena memorinya cakep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, Mbak, ga ada kompromi, semuanya yang terbaik.

      Hapus
  9. Sungguh desainnya memang modern nih, futuristik banget sih,kak. Rasanya engga sabar mau coba langsung bisa main games di ASUS ROG Phone 7. Fitur-fiturnya pun pasti uda paling kekinian deh,harus coba langsung nih biar rasakan experience nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudahnya, dari kejauhan orang sudah tahu kalau ROG Phone 7 yang dipegang.

      Hapus
  10. Ganteng banget sih memang ponsel ASUS seri ROG-nya ini. Udah gitu performanya memang mantap. Pantas sih saudara-saudaraku yang pada suka main game tuh mengidolakan ponsel ASUS ROG buat dimiliki.

    BalasHapus
  11. Setahuku emang pihak ASUS ini keren banget ya, tahu banget kebutuhan para gamers dalam membutuhkan perangkat ngegame yang mumpuni. Hadirnya Asus ROG Phone 7 menurutku adalah jawaban tepat untuk membantu para gamers bermain game lebih maksimal. Apalagi sekarang banyak sekali lomba2 e-Sport, tentu perangkat ngegame juga pastinya harus andal.

    BalasHapus
  12. Wah, kalo soal ponsel, emang ASUS ini juaranya sih. Aku aja mupeng liatnya. Desainnya berdamage sekali kalo kata anak-anak jaman sekarang, hehehe. Ponsel ini pasti langsung jadi incaran mereka yang hobi e-sport. Keren.. keren...!!

    BalasHapus
  13. Dengan segala keunggulan phone ini sungguh beruntung para pejuang E-Sports, ya, Mba. Istilah kata, persiapan sedini mungkin sudah ada fasilitasnya. Jadi bisa lebih menguasai medan sesungguhnya.

    BalasHapus
  14. Lagi rame ini ASUS ROG Phone series terbaru. Sempat nulis juga dikaitkan dengan kohor Gen Z ;)

    BalasHapus
  15. Duh .. mupeng banget sama ASUS ROG 7 ini, Mbak Susi .... sayangnya masih mimpi dulu. Harganya belum terjangkau tetapi semoga ada rezeki buat mendapatkannya.

    BalasHapus
  16. Wow spesifikasinya keren banget dan memang ditujukan untuk para gamers profesional yang butuh smartphone canggih, kapan ya punya smartphone dengan kualitas keren seperti Asus ROG 7 tapi sebandinglah dengan spesifikasinya yang di atas rata-rata.

    BalasHapus
  17. Kalau soal smartphone terbaik untuk bermain game memang ASUS ROG dari dulu rajanya. Spesifikasi yang dimiliki bisa bikin main game gak pake lag.

    BalasHapus
  18. Desain dan juga spesifikasi dari yang diberikan oleh ASUS untuk seri ROG ini memang tak pernah gagal ya. Mereka yang jadi atlet e-sport pasti juga punya nih hp untuk menunjang performa gaming mereka.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)