Terapi Mata Minus dengan Ortho-k Therapy di Vio Optical Clinic

Jumlah penderita mata minus terus meningkat sepanjang waktu. Bahkan Clearly dalam sebuah presentasi di London menyatakan bahwa pada tahun 2050 nanti, lebih dari 500 juta anak usia sekolah di dunia akan mengalami rabun jauh atau mata minus. Ngeri-ngeri sedap, ya. Mata minus bisa menurunkan tingkat produktivitas, dan yang jelas sering memberi perasaan tidak nyaman dengan berbagai alasan.

Terapi Mata Minus dengan Ortho-k Therapy di Vio Optical



Presentasi Clearly diamini oleh Brian Holden Institute, yang memberi angka perkiraan hampir setengah dari populasi dunia akan memiliki rabun jauh pada 2050, akibat gaya hidup dan kelekatan pada layar gawai. 

Mari kita bicara di tahun-tahun terdekat saja. Liputan 6 memberitakan prevalensi mata minus pada anak sekolah meningkat tajam sejak pandemi. Angka peningkatannya mencapai 3 kali lipat. Mata minus atau miopi sudah mulai sejak usia kelas 1. 

Bagaimana rasanya mengetahui itu? Lebih seram mana dengan cerita atau curhatan ibu yang baru saja tahu kalau anaknya punya angka minus yang besar dan harus pakai kacamata tebal? Saya beberapa kali sih mendengar curhatan seperti ini saat silaturahmi lebaran. Bagaimana dengang sobat Susindra semua? Pernah dengar juga atau malah sedang mengalaminya? Semoga tulisan ini bisa membantu.

Mengenal mata minus/miopia/rabun jauh

Mata minus, sudah banyak dengar pastinya. Saat kecil kata yang akrab di saya adalah rabun jauh. Baru setelah sering membaca dan menulis blog barulah saya tahu kalau namanya miopia. Ketiganya mengacu pada suatu kondisi spesifik mana.

Saya tidak tahu apakah tepat menyebut penderita mata minus. Mungkin yang tepat pengidap mata minus. Lebih mudah diingat daripada rabun jauh dan miopia. Seseorang yang mengidap mata minus mempunyai kesulitan melihat benda dengan jarak jauh. 

bentuk mata minus



Berikut ini adalah ciri ciri mata minus:

    1. Selalu menyipitkan mata saat melihat sesuatu,
    2. Sering tidak menyadari keberadaan benda yang jauh,
    3. Sering menggosok mata,
    4. Menonton televisi terlalu dekat,
    5. Sering mengedipkan mata.

Mengapa jumlah pengidap mata minus terus bertambah?

Jumlah pengidap mata minus terus bertambah dan usia pengidapnya semakin muda. Dahulu usia termudanya adalah usia anak sekolah dasar kelas 3. Itu sudah kasus luar biasa. Sekarang yang termuda adalah usia kelas 1 SD. Hal ini menjadi salah satu keprihatinan bersama. 

Peningkatan jumlah pengidap terjadi karena gaya hidup sekarang ini yang semakin "masuk ke dalam kotak". Waktu anak bermain di luar ruangan semakin sedikit bahkan ada yang ditiadakan, karena berbagai kekhawatiran. Kegiatan bermain banyak diambil oleh kegiatan belajar. Waktu senggang lebih banyak memegang gawai. 

Jika tak segera dicegah dan diatasi, hal ini bisa mengurangi produktivitas dan menghambat menggapai cita-cita masa depan. Nyaris semua aktivitas manusia mengandalkan mata. 

lensa mata vs kacamata



Mengatasi mata minus dengan Ortho-k Therapy

Mata minus perlu diperbaiki. Ini penting sekali karena setiap aktivitas anak (dan semua  manusia) berkaitan dengan mata. Cara yang paling lazim dipakai adalah pakai kacamata dan makan wortel sebanyak-banyaknya. Paling tidak seperti itulah di sekitar saya. Cara atau anggapan yang konservatif sekali.

Kacamata secara umum digunakan sebagai alat bantu penglihatan, tapi bukan pengobatan. Kalau mau diobati, saya punya rekomendasi bagus, tanpa operasi, yaitu dengan metode orthokeratology atau biasa disebut dengan terapi Ortho-k. Terapi dengan menggunakan lensa kontak khusus yang disebut dengan lensa Ortho-k. 

Terapi Ortho k adalah sebuah proses membentuk ulang permukaan kornea menggunakan lensa khusus, untuk mengkoreksi kelainan miopia (mata minus) dan astigmatism (silinder). Lensa tidak dipakai sepanjang hari, lho. Koreksi penglihatan terjadi selama memakai lensanya sehingga harus dipakai secara teratur. 

Setelah memakai lensa Ortho-k dalam waktu yang ditentukan, penglihatan menjadi nyaman meski tanpa memakai lensa khusus kembali, dalam waktu tertentu pula. Pasalnya, koreksi penglihatan bersifat sementara. Oleh karena itulah, pemakaian lensa diatur sesuai rekomendasi dokter. Dan ada satu lagi disklaimernya, yaitu terapi dapat memulihkan bentuk kornea mata serta dapat dihentikan kapan saja. 

Lensa Ortho-k


Terapi Ortho-k Therapy di VIO Optical Clinic

Vio Optical Clinic punya tagline "Membantu Indonesia Melihat Lebih Jelas". Tagline yang tepat karena membuat semua anak bisa beraktivitas bebas tanpa kacamata. Bisa disebut sebagai rahasia bebas kacamata tanpa operasi.

Mengutip dari situsnya, berikut ini 5 alasan memilih Terapi Ortho K di VIO Optical Clinic: 

    1. Aman, tanpa operasi dan obat-obatan
    2. Tingkat keberhasilan yang tinggi
    3. Menghambat kenaikan mata minus secara alami
    4. Dipakai hanya pada saat tidur, sehingga Anda bisa beraktifitas tanpa kacamata
    5. Bebas kacamata bebaskan mimpi


VIO Optical Clinic adalah Eyecare Professional yang siap membantu meningkatkan kualitas penglihatan melalui layanan Vision Therapy. Sudah 10 tahun ini, VIO Optical Clinic membantu penglihatan menjadi lebih baik. Dimulai dari arapan Indah dan Grand Galaxy City – Bekasi, optik ini terus berkembang dan berdiri di banyak kota di Indonesia. 

Yang disebut Vision Therapy adalah dukungan peralatan pemeriksaan yang up to date dan lengkap yang sekaligus berfungsi untuk mendeteksi penyakit yang membahayakan kesehatan mata, serta ditangani oleh Eyecare Professional terlatih. Selain menyediakan alat bantu penglihatan seperti kacamata dan lensa kontak, VIO Optical Clinic melayani terapi mata seperti Orthokeratology (Terapi Mata Minus), Myopia Control, Terapi Mata Malas, Terapi Mata Juling, dan rehabilitasi penglihatan untuk penyandang Low Vision dengan menggunakan alat bantu penglihatan Low Vision seperti Jordy, Bioptic Telescope, Pebble Magnifier, dan lain-lain. 

bentuk Lensa Ortho-k



Minimal ada 4 alasan mengapa VIO Optical Clinic harus dipilih daripada yang lainnya, yaitu: 

1. Pemeriksaan terlengkap

Optical dengan Pemeriksaan setara Klinik Mata mulai dari screening retina sampai pemeriksaan ukuran mata

2. Professional staff

Ditangani oleh staff professional di bawah pengawasan Chief Optometry Doctor berpengalaman lulusan Fellow American Academy Optometry pertama dari Indonesia.

3. Peralatan canggih & Lengkapl

Peralatan yang lengkap yang dapat mendeteksi berbagai macam keluhan dan penyakit mata sehingga dapat terdeteksi lebih dini dan diberikan solusi yang tepat.

4. Best price guarantee

Harga yang terjangkau dengan kualitas terbaik serta garansi terpercaya

Kesimpulan

Dengan banyaknya nilai plus serta keunggulan terapi mata minus menggunakan Ortho-k Therapy, terapi yang satu ini menjadi rekomendasi yang bagus untuk menyembuhkan mata minus tanpa operasi. Terapi ortho-k terbaik saat ini ada  di Vio Optical Clinic. Kabar baiknya, klinik mata ini sudah ada di banyak kota di Indonesia. Coba cek di Google Map untuk tahu klinik terdekat.

 

18 Komentar

  1. Ternyata mata minus bisa disembuhkan Ortho-K Terapy, ini kabar yang menggembirakan yang mengalami mata minus

    BalasHapus
  2. Serem banget ya sekarang pengidap mata minus justru di usia sangat muda karena penggunaannya yang sering terhadap gawai. Untungnya di VIO Optical Clinic punya terapi Ortho-K yang bisa melihat dengan lebih jelas ya.

    BalasHapus
  3. Menarik informasinya, ini bisa untuk segala umurkah? ingin coba terapinya juga, agar minusku ga tambah naik nih

    BalasHapus
  4. Oh jadi itu pake lensa kontaknya kalau pas lagi tidur? wah menarik sekali. Soalnya makin hari entah kenapa aku merasa silindrisku tuh makin banyak aja..

    BalasHapus
  5. Kira-kira mahal g ya kak. Kebetulan saya penderita minus yang udah gede banget. G suka pakai softlens, kacamata saja. Tapi ya gitu kacanya jadi tebel banget hiks

    BalasHapus
  6. Kalo melihat pemakaian gawai masa kini peluang mata minus ini memang memungkinkan terjadi ya. Jadinya perlu antisipasi sejak dini juga biar gak memperparah keadaan

    BalasHapus
  7. Kebetulan aku udah pernah cek kesehatan mata di Vio Optical Clinic. Cabangnya banyak di pulau Jawa. Di sana sekalian aku nanya gimana kok bisa pengobatan mata minus tanpa operasi, kalau lasik kan lumayan yah harganya plus ngerinya itu...operasi gitu. Rupanya dengan hard lens di Vio pengobatan bisa mengurangi mata minus bahkan bisa sembuh. Cocok buat anak sampai dewasa.

    BalasHapus
  8. Baru tahu tentang terapi ortho-k di Vio optical clinic, kayaknya bakalan banyak yang butuh terapi ini karena makin banyaknya penderita mata minus, di kelasnya anakku yang masih kelas 2 SD saja sudah ada tiga anak yang pakai kacamata minus

    BalasHapus
  9. Waw mengejutkan sekali kelas 1 dah kena minus. Anak sekarang memang susah lepas dari gawai dan gak banyak lapang buat bermain seperti dulu yah. Kasihan deh. Untung ada therapi ortho k ini. Tapi lokasi Vio Optical Clinic ini dimana ya?

    BalasHapus
  10. anakku kelas 3 SD udah mulai pakai Mbak, dan shock juga sih matanya udah minus 2 :( padahal emaknya ini udah berkoar-koar buat jaga matanya, jangan keseringan main gadget.
    bahkan di TK, saya lihat ada anak yang udah pakai kacamata, mbuuh itu anak udah minus atau buat modis aja sih, habisnya lihat pakainya itu tiap hari :(

    jadi pengen deh terapi mata anakku dengan Ortho K, apalagi ini penggunaannya hanya di malam hari saja ya, jadi gak repot lagi ya dengan kacamata.

    BalasHapus
  11. Mata merupakan alat yg sangat vital dalam menjalankan aktivitas ya, kak.makanya sangat penting sekali u merawat kesehatan mata. Ortho K terapi ini bisa dijadikan salah satu solusi perawatan agar mata tetap cerah.

    BalasHapus
  12. Wah seneng banget ini klo mata minus ada thherapinya. Paling enak gak bergantung dgn kacamata.

    BalasHapus
  13. Terima kasih infonya mba, jadi tau nih ada klinik Vio yang memiliki layanan terapi Ortho-K.
    Baca bagian ciri-ciri mata minus jadi keinget teman kerja yang sering nyipitin mata jika ingin melihat atau memastikan sesuatu.

    BalasHapus
  14. Di Daerah Jember Jawa Timur apakah sudah ada cabngnya gitu? Penasaran pengen cobain agaimana terapi mata minus dengan Ortho K-Therapy ini

    BalasHapus
  15. Boleh juga nih, kebetulan saya kena minus nih mbak, nggak bisa liat jauh jadi gak bisa lepas kacamata hehehe.. cek ah di deket rumahku ada gak ya..

    BalasHapus
  16. baru tahu tentang Ortho-k Therapy, mata minus memang menggangu banget yaa, semoga terapy ini segera ada di kota saya.

    BalasHapus
  17. Sebagai pengidap mata minus plus sepertinya aku bakal kepo sama harga therapy ini. Soalnya aku galfok sama poin harga yang terjangkau. Semoga memang benar ramah di kantong ya..

    BalasHapus
  18. Sebagai penderita minus gw merasa tertarik dengan terapi ini kak, apa di Kalimantan ada ?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)