Salam sobat Cakrawala Susindra. Sudahkah mengecek kaki-kaki mobil di bengkel resmi Suzuki Sun Motor Jakarta? Kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting terhadap kelancaran jalannya kendaraan. Salah satu bagian terkecil dari kaki-kaki mobil adalah mur dan baut roda. Saya ada tips nih, lanjut baca sampai akhir ya.

Mur dan Baut Roda Mobil Macet Ini Tips Bongkar Pasangnya
Kemacetan pada mur dan baut tentu akan sangat mengganggu ketika ingin mengganti sendiri ban mobil yang mungkin saja gembos atau pecah. Padahal jumlah mur dan baut pada sebuah roda bisa empat hingga enam buah. Nah lho. Ga boleh slip atau kurang.

Bagaimana cara sobat Susindra bisa membuka mur dan baut roda mobil bisa cek berikut ini. 


Tips Bongkar Pasang Mur dan Baut Roda yang Mulai Macet 

Mur dan baut pada roda mobil bisa kapan saja mengalami kemacetan. Sebagian besar penyebabnya adalah faktor usia yang membuat timbulnya karat. Jarang melakukan perawatan pada kaki-kaki mobil juga bisa jadi penyebab utamanya. 

Roda adalah bagian mobil yang paling sering terkena lumpur cuaca panas. Tidak heran jika bagian mur dan baut yang menempel pada bagian pelek mobil cepat berkarat. Kemacetan ketika membuka mur dan baut akan menghambat proses penggantian ban mobil. 

Supaya  bisa lancar menggantinya, ikuti tips membukanya berikut ini. 


1. Pergunakan Alat Bantu Putar Mur 

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan alat bantu putar untuk mur. Alat ini memiliki pipa besi yang panjang dengan bagian ujung menyambung pada kunci roda. 

Alat ini dibentuk seperti itu supaya memiliki daya putar yang lebih dan bekerja sebagai pengungkit untuk membuka mur yang keras. Hanya saja perlu diingat, sobat bisa mencoba untuk membukanya sekuat tenaga. 

Namun ketika mur tetap tidak mau berputar sebaiknya jangan dipaksakan. Alasannya alat bantu ini bisa patah atau kunci roda mengalami bengkok. Jika masih terasa keras, coba tips berikutnya. 

Cara aman bepergian di masa pandemi


2. Menyemprotkan Cairan Penetran

Benda yang sulit untuk dilepaskan biasanya membutuhkan pelumas. Dalam hal ini cairan penetran yang tepat  bisa dimanfaatkan untuk material mur dan baut pada roda. Cairan ini bisa disemprotkan pada bagian mur yang ingin dilepaskan. 

Semprotkan cairan dan tunggu beberapa saat sampai debu halus bahkan karat perlahan mulai rontok. Ketika kotoran sudah mulai hilang maka cobalah untuk membuka kembali mur dengan alat yang sama seperti di atas. 


3. Manfaatkan Kunci Momen

Kedua cara di atas sudah bisa membantu melepaskan mur dan baut. Nah, pada saat pemasangannya kembali sobat bisa memanfaatkan kunci momen atau kunci torsi yang dianjurkan dari pabrikan.

Kunci ini akan membantu memasang mur dan baut roda dalam kekuatan yang pas. Sedangkan jika sobat tidak memiliki alat tersebut dan terpaksa memasang dengan manual pastikan tidak sampai terlalu keras. 


4. Pasang dengan Urutan Menyilang

Urutan pemasangan roda juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika urutannya salah maka akan membuat posisi pelek tidak merata pada as roda. Efeknya ban mobil akan goyang ketika melaju di kecepatan tinggi. 

Bahkan efeknya bisa membuat baut roda menjadi patah. Solusi yang bisa dilakukan adalah memasak dengan cara menyilang. Tujuannya adalah supaya daya tekan saat pemasangannya bisa lebih seimbang. 


Praktis, Ini Cara Test Drive Dari Rumah Bersama Suzuki


5. Membersihkan Rotasi Ban secara Berkala 

Perawatan ban secara berkala bukan hanya menjaga kebersihan saja. Supaya mur dan baut tidak mengalami kemacetan lagi ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama adalah membersihkan mur dan baut pada roda. 

Pada saat mencuci kita harus menghilangkan semua lumpur atau kotoran lain yang menempel. Tidak lupa pelek harus segera dikeringkan sehingga tidak muncul karat. Kedua adalah melakukan rotasi ban. 

Rotasi ban perlu dilakukan setiap 10.000 km atau enam bulan sekali. Biasanya rotasi ban juga dilakukan ketika sedang servis mobil. Tujuannya adalah supaya mencegah timbulnya karat atau bahkan mur dan baut mengeras sehingga sulit dilepaskan. 

Perawatan berkala ban ini bisa sobat lakukan di bengkel resmi Suzuki. Tujuannya agar ditangani langsung oleh teknisi profesional. Silakan langsung memilih bengkel resmi Suzuki terdekat berikut ini. 

Cara Beli Asuransi Kendaraan Secara Online



1. Sun Motor Jakarta - Jakarta, https://suzukisunmotor.com/ 

2. Citra Asri Buana - Jakarta, https://suzukidealercab.co.id/ 

3. Trimitra Sejahtera Mobilindo - Jakarta, https://suzukitrimitra.co.id/ 

4. Pusaka Motor Utama - Sukabumi https://suzukipusaka.co.id/ 

5. Restu Mahkota Karya - https://suzukimahkota.co.id/ 

6. Armada Banda Jaya - Aceh, https://suzukiaceh.co.id/ 

7. Arista Sukses Abadi - Medan, https://suzukiarista.com/ 

8. Trans Sumatra Andalan - Suamtera Utara, https://tsasuzuki.com/ 

9. Rodamas Makmur Motor - Batam, https://suzukimobilbatam.co.id/ 


Pastikan sobat Susindra mengunjungi salah satu bengkel resmi Suzuki terdekat ini untuk pemeriksaan kendaraan lebih lengkap.