Mencari Klinik Gigi yang Ramah Anak

Gangguan sakit gigi sesekali dialami oleh anak. Makanya penting banget bagi orang tua untuk memiliki kontak klinik perawatan gigi yang ramah anak. Masukkan ke dalam catatan informasi penting keluarga yang bisa diakses semua anggota keluarga untuk keperluan darurat. 

Mencari Klinik Gigi yang Ramah Anak


Ketika anak mengalami sakit gigi, mereka cenderung offensif dan defensif sekaligus. Mudah menangis, tak mau makan karena takut sakit, dan sering sekali mengaduh dan mengadu kalau sakit. Membuat orangtua merasa seperti ikut sakit.

Itu yang saya rasakan saat si kecil sakit. Kebetulan saat ini kami punya anak usia 5 tahun juga, sehingga pengalaman menemani anak sakit gigi memang nyata adanya.

Untuk sobat Susindra yang punya pengalaman serupa, saya punya tips mencari klinik gigi yang ramah anak, nih. 


Klinik gigi untuk anak

Meskipun tahu pentingnya perawatan gigi, namun pada umumnya klinik gigi diingat saat ada yang sakit gigi. Padahal menurut anjuran dokter, anak mulai diperkenalkan pada klinik dental mulai saat tumbuh gigi pertamanya. Kira-kira 6 bulan, lah. Makanya penting untuk mencari klinik gigi keluarga yang ramah anak. 



Cirinya adalah punya pedodontis atau dokter gigi spesialis anak yang berpengalaman dalam mendiagnosis dan mengobati masalah gigi pada bayi, anak-anak, dan remaja. Merekalah yang akan memastikan tumbuh kembang gigi dan mulut anak agar tetap normal. 

Dokter gigi anak juga dibekali dengan ilmu psikologi untuk menangani anak yang tentunya butuh perhatian lebih daripada orang dewasa. Perlu diketahui bahwa perawatan gigi anak di dokter gigi dimulai ketika anak berusia 6 bulan sampai 1 tahun, atau saat gigi pertama anak tumbuh. Bahkan saat gigi anak sehat.

Pada kunjungan pertama tersebut, dokter gigi akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui kondisi gigi anak secara keseluruhan. Dengan tugas ini, dokter harus bisa menjadi sahabat dan orang kepercayaan rakyat, klinik gigi juga harus membangun atmosfer menyenangkan bagi kanak-kanak yang secara alami hanya mau dipegang oleh orang terdekatnya.


Klinik Damessa 

Melihat kondisi psikologis anak sangat penting. Bagaimana mereka merasa nyaman dan percaya pada orang lain termasuk dokter yang akan membantu tumbuh kembangnya.

Klinik yang memiliki memiliki peralatan lengkap dan dokter terbaik saja tidak cukup. Memberi dekorasi ramah anak dengan aneka mainan, buku cerita, dan hiasan dinding yang berwarna-warni juga sudah banyak dipakai oleh klinik yang mengaku ramah anak. Tapi masih ada yang perlu ditambahkan, lho, kalau ingin memberikan pengalaman ternyaman bagi anak saat memeriksakan giginya. Apalagi anak yang datang karena giginya sakit takkan dengan mudah mempercayai orang yang baru dilihatnya. 



Klinik Damessa mengetahui kekurangan ini dan melengkapinya dengan staf klinik gigi yang terlatih untuk berinteraksi dengan anak-anak. Mereka serasa mengunjungi teman. Teman dokter gigi. Bahkan interior dan peralatan periksa pun membuat anak nyaman di sana, sebagaimana foto di atas.

Iya, teman dokter gigi bagi anak, karena sabar, ramah, dan telaten. Semua demi kenyamanan anak. Anak dan orangtua juga diberi edukasi agar merasa nyaman dan tidak takut lagi. Orangtua juga diajari cara membantu anak menyelesaikan perawatannya. Berikut ini daftar yang didapatkan orangtua dan anak yang memeriksakan gigi di Damessa:

1. Dokter mengedukasi anak agar dapat menghilangkan ketakutannya pada alat-alat gigi.

2. Sebelum memulai, dokter akan memberikan informasi awal dan uji coba dulu sebagai persiapan.


Klinik gigi terdekat damessa memastikan semua anak mendapatkan: 

  1. Memberi pengalaman pertama yang menyenangkan untuk anak
  2. Menyediakan playground yang memberikan kesan nyaman tanpa trauma
  3. Ruang tunggu yang luas dan nyaman seperti di rumah.
  4. Memberikan dental rapor untuk setiap anak
  5. Ruang perawatan khusus untuk anak
  6. Selesai perawatan anak diberi hadiah



Semua anak diharapkan akan merasa seperti sedang dibantu teman dokter gigi untuk menyembuhkan sakitnya. Dengan perawatan yang setelaten ibu serta ruangan yang senyaman rumah, anak akan tetap senang saat perawatan gigi. Apalagi ada hadiahnya, kan?

Rapor gigi juga diterima anak agar ia tahu kondisi giginya dan semangat untuk merawat gigi di rumah serta mau diajak mengunjungi dokter 6 bulan kemudian. Check up dan perawatan gigi memang seharusnya dilakukan setahun dua kali terutama mulai usia 6 bulan agar sejak awal diketahui pertumbuhan giginya. Jangan sampai anak mengalami aneka masalah gigi seperti karies, gigi berlubang, gigi tak rata dan sebagainya. Jadi bukan hanya saat anak sakit gigi saja.


16 Komentar

  1. Ruangan dokter giginya bagus. Anak pasti nyaman dan tidak takut. Jarang-jarang ada dokter gigi yang ramah dengan anak. Jadi sungkan kalau anak malah nangis karena takut 🤭

    BalasHapus
  2. Dokter gigi tuh kalau menurutku memang cocok-cocokan juga sih, karena anakku waktu periksa gigi pertamanya gak suka sama dokternya. Begitu ganti dokter dia lebih suka dan senang, jadi kalau diajak ke dokter gigi gak ada dramanya.

    BalasHapus
  3. Klinik gigi Damessa kelihatan bagus dan nyaman ya. Cocok banget buat konsultasi gigi anak, mereka jadi ga takut sama dokter deh. Ada playground juga dan fasilitas oke. Anak kecil harus diperkenalkan ke dokter gigi sedini mungkin supaya terbiasa jika ada keluhan atau kontrol biasa. TFS.

    BalasHapus
  4. Sampai sekarang, saya belum pernah bawa anak-anak ke klinik gigi, hehehe... beneran deh emang ke klinik gigi tuh cuma kalau anak sakit gigi aja. Dan karena mereka nggak pernah sakit gigi, jadinya belum pernah.

    Menarik kalau ada klinik gigi yang nggak cuma menyediakan interior yang ramah anak, tapi juga staf yang ramah anak.

    BalasHapus
  5. Dulu pernah malem2 anakku tiba2 ngeluh sakit gig ikan. Waduk langsung panik dong. Emang memilih klinik gigi buat anak agak tricky sih, kan anak2 tuh moody banget. Kalau klinik gigi Damessa ini sabar ya dokternya, pasti anak lebih nyaman karena telaten juga. Apalagi ada playground nya.

    BalasHapus
  6. pilihan klinik yang bikin nyaman jadi penting banget klo urusan gigi anak mba. anak2 tuh harus nyaman dulu sm dokter dan tempat parktikya supaya lancar proses perawatan.

    BalasHapus
  7. Anak-anak jadi punya kenangan yang menyenangkan ketika ke dokter gigi kalau kliniknya semenyenangkan Klinik Damessa yaa.. Peralatan dan dokter yang bikin anak-anak berani dan semangat ke Dokter Gigi.

    BalasHapus
  8. Anak bakalan senang diajak ke dokter gigi kalau ada klinik yang ramah anak seperti ini. Termasuk juga apalagi ada playground ya. Jadinya nggak perlu takut ke dokter gigi

    BalasHapus
  9. Saya sudah nemu juga kala anak mau ke dokter gigi dan enggak takut
    Cuma yang bingung sekarang untuk anak balita saya yang masih 1.5 tahun
    Soalnya kudu spesial dokternya karena berisiko

    BalasHapus
  10. Menemukan dokter gigi yang nyaman buat anak emang PR banget, makanya kalau sudah cocok udah bener2 gak mau pindah deh. Alhamdulillah saya sudah ketemu juga. Sekarang sudah 7 tahun langganan sama dokter gigi tersebut.

    BalasHapus
  11. Aku masih PR nih kalau urusan gigi anak. Lha aku orang dewasa aja beraniin diri ke dokter gigi tuh butuh waktu yang lama. Kudu nyari yang bener-bener nyaman biar anaknya juga gak takut ya

    BalasHapus
  12. nah iya sama, pr ku masih banyak buat urus gigi anakku yang udah remaja ini, takut banget dia ke dokter gigi

    BalasHapus
  13. Kalau ketemu klinik gigi anak yang sesuai itu rezeki sekali, terutama dokternya ramah anak dan paham psikologis anak plus ortunya soalnya kadang ada dokter yang gak paham soal itu. Mungkin saking sibuknya.

    BalasHapus
  14. klinik gigi ramah anak sekarang sudah mulai bermunculan ya mba termasuk klinik Damessa ini. Aku beberapa kali ajak anak sulung ke klinik gigi ramah anak dan sangat membantu agar anak2 gak takut ke drg sih

    BalasHapus
  15. Urusan cari klinik Gigi untuk anak ini memang masalah yang rumit. Kalau anak sudah nangis baru lihat klinik giginya aja. Sudahlah auto pening kepala. Untunglah ada klinik Damessa yang ramah anak. Dokter dan paramedis selain paham dengan urusan Gigi juga paham dengan psikologis anak.

    BalasHapus
  16. kalau kliniknya fasilitasnya wah kaya gini, semua anak pasti akan suka dan merasa nyaman, karena kalau udah nyaman nggak akan takut kalau disuruh cek gigi

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)