Lakukan Ini Sebelum Menambal Gigi

Tahu nggak kalau gigi berlubang bisa menjadi pemicu sakit jantung? Malahan, para ahli telah lama meneliti hubungan antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan organ tubuh lainnya seperti diabetes, demensia, gangguan kehamilan, osteoporosis, dan stroke. Ngeri, ya? Makanya buruan ditambal deh kalau gigi berlubang. Ini lho tips yang harus dilakukan sebelum menambal gigi. Baca sampai selesai, ya.

Lakukan Ini Sebelum Menambal Gigi


Saya tahu kalau gigi berlubang banyak disepelekan. Dikira cuma hal remeh, padahal sangat besar pengaruhnya, lho. Bayangkan saja, gigi adalah gerbang awal semua nutrisi dalam tubuh kita. Saat sakit gigi, di area mulut terjadi penumpukan bakteri yang bisa terbawa dan menyebar ke seluruh tubuh.


Pentingnya kesehatan gigi

Masih penasaran dengan penyataan saya di atas yang mengagetkan? Iya sih, saya awalnya juga kaget, kok. Apa sih kaitan gigi berlubang dengan penyakit jantung?  Memang bukan spesifik gigi berlubang tetapi juga kesehatan gusi dan seluruh area mulut. Setidaknya ada 2, yaitu:

1. Bakteri dalam mulut ternyata mirip dengan bakteri di jantung. Saat gigi dan gusi sakit, bakteri penyebabnya dapat masuk ke aliran darah dan menuju jantung. Bakteri tersebut dapat menginfeksi katup jantung dan memengaruhi kinerjanya. 

2. Penumpukan bakteri terjadi saat gigi sakit. Hal ini bisa menyebabkan peradangan hebat, dan peradangan jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah jantung dan otak. Jadi dapat memicu penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis atau penyempitan pembuluh arteri. Saat gusi mengalami peradangan, pembuluh darah di gusi bisa tersumbat dan  memengaruhi kinerja jantung. Kebetulan saya ada pengalaman menemani suami yang melakukan kateterisasi jantung. Beliau punya 3 risiko pemicu yaitu darah tinggi, gigi berlubang dan (dulu) perokok aktif yang selalu bergadang sampai jam 2 pagi.


Di sinilah pentingnya menjaga kesehatan gigi. Dalam artikel saya tentang memutihkan gigimemutihkan gigi, saya mengulas 8 cara memutihkan gigi. Tips tersebut juga merupakan 7 di antaranya adalah tips untuk menjaga kesehatan gigi, yaitu:

1. Menyikat gigi dengan benar,

2. Rajin menyikat lidah atau flossing,

3. Sering minum air putih,

4. Membatasi konsumsi gula,

5. Lebih banyak makan buah, salah satu rekomendasinya adalah strawberry

6. Perbanyak makan sayur 

7. Mengurangi minum teh dan kopi


Lakukan 7 hal di atas untuk kesehatan mulut yang paripurna. Semuanya adalah bentuk perawatan gigi harian yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut. Bonusnya adalah kita bisa menjadi lebih percaya diri karena gigi sehat, jauh dari bau mulut, dan senyum bisa lebih lepas.


Sebelum menambal gigi

Menambal gigi merupakan sebuah pilihan yang tepat jika terjadi gigi berlubang. Hal ini bukan hanya mengobati sakit gigi selanjutnya tetapi juga untuk kesehatan diri secara utuh. 

Gigi berlubang saat sedang tidak sakit memberikan ancaman berupa bersembunyinya bakteri jahat dalam gigi yang berlubang. Lagian, jika dibiarkan, lubang akan makin besar, lho. Tapi yang paling ditakuti adalah bau mulut yang susah dihilangkan. Iya, kan? Jadi, menambal gigi adalah solusi yang harus dilakukan jika terjadi gigi berlubang.

Sebelum memutuskan menambal gigi pastilah tahu bahwa menunggu saat gigi dan gusi sudah tidak sakit, ya. Sambil menunggu itu, lebih baik lakukan hal di bawah ini:

1. Pahami risiko dan manfaat tambalan gigi

Menambal gigi dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada gigi. Biasanya jadi solusi yang pertama disarankan. Menambal gigi berlubang dapat memperbaiki retakan atau keripik serta dapat membantu menghentikan penyebaran pembusukan yang terjadi saat sakit gigi. 

Perlu dipahami bahwa saat sakit gigi, prosedur penambalan gigi tak dapat dilakukan. Ada juga yang perlu dipertimbangkan yaitu risiko jika punya gigi sensitif. Di sinilah kita perlu mencari dokter, klinik gigi, atau rumah sakit spesialis gigi yang terbaik, dan yang berpengalaman menangani gigi sensitif.

Melakukan prosedur menambal gigi dengan dokter yang berpengalaman dan punya pelayanan komprehensif juga penting untuk kualitas tambalan gigi. Yang takkan memberi risiko tambalan longgar atau copot. Istilah awamnya, lakukan di tempat terbaik saja. Cari yang harganya kompetitif, ya. Penting ini. Contohnya di RS Odonto.




2. Pilih tambalan gigi yang tepat

Risiko penambalan gigi juga terkait dengan jenis tambalan yang digunakan. Tiap jenis tambalan memiliki risiko dan manfaatnya masing-masing. Misalnya tambalan amalgam logam. Meski tak menarik tapi daya tahannya tinggi. Tambalan ini kadang bisa terlihat di area tertentu di mulut. Di area tertentu yang terekspos ada pilihan bahan tambalan lainnya. Misalnya tambalan komposit yang dapat menyatu sempurna dengan gigi asli. Bahan ini terbuat dari bahan resin dengan berbagai corak yang serasi dengan warna gigi, sehingga tidak terlalu mencolok.

Tapi untuk hal-hal semacam ini memang lebih baik berkonsultasi dengan dokter gigi. Dokter akan memberikan rekomendasi yang paling tepat. Biasanya rekomendasi diberikan berdasarkan lokasi rongga, berapa banyak pembusukan yang perlu dihilangkan, dan faktor individu lainnya.

Apalagi sekarang ada tambalan keramik atau porselen yang memberikan tampilan yang lebih alami dibandingkan tambalan komposit karena tambalan ini dapat menyerupai gigi asli hingga detail terkecil seperti tembus cahaya atau variasi warna dalam satu struktur gigi. Wah, makin menarik, ya, karena estetika juga menjadi pilihan.

Tapi tak hanya estetika, lho. Pastikan juga untuk mendapatkan tambalan gigi yang tepat sesuai kebutuhan gigi kita. Pertimbangkan juga daya tahan, dan keterbatasan anggaran. Tanyakan dengan jelas berapa estimasi yang perlu disiapkan untuk membayar prosedur penambalan gigi. 

Kalau bicara berapa biaya penambalan gigi, saya bisa merekomendasikan RS Odonto yang menawarkan pelayanan terbaik dan komprehensif dengan biaya yang kompetitif. RS odonto melayani semua kalangan masyarakat sehingga jadi pilihan tepat bagi semua orang. 


Rumah Sakit Gigi RS Odonto

RS Odonto yang menawarkan perawatan gigi berkualitas tinggi. Rumah sakit gigi ini menjadi pilihan utama karena sudah berpengalaman, memiliki perawatan yang ramah, komprehensif, dan personal. Ada satu lagi nilai plusnya yaitu harganya kompetitif.

Berikut adalah keunggulan yang ditawarkan di sini:

1. Fasilitas Kenyamanan 

Memberikan suasana yang nyaman dan ramah dengan fasilitas seperti ruang tunggu yang bersih dan nyaman, televisi atau musik di ruang perawatan.




2. Teknologi Canggih

Rumah sakit gigi dilengkapi dengan peralatan terkini seperti sinar-X digital, pencitraan 3D, dan sistem pencadangan digital untuk memberikan diagnosis yang akurat dan perawatan yang terbaik.


3. Pemeriksaan Gigi Komprehensif

Tim ahli gigi yang terampil melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mendeteksi masalah gigi dan gusi serta memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai.


4. Complete Dental Care Tenaga Medis yang Berkualitas

Dokter gigi kami memiliki pengalaman yang luas dan berkomitmen untuk menyediakan perawatan terbaik untuk setiap pasien.


5. Harga yang Kompetitif

Kami selalu berkomitmen untuk menjaga harga yang kompetitif dan terjangkau bagi semua orang




RS Odonto menyediakan berbagai pelayanan yang berkualitas, yaitu:

a. Teeth ehitening atau layanan untuk mencerahkan warna gigi. 

b. Teeth checkup atau kesehatan dan kondisi gigi secara rutin, sehingga membantu mencegah masalah gigi dan menjaga kebersihan mulut yang optimal.

c. Teeth implants atau implan gigi yaitu layanan untuk menggantikan gigi yang hilang dengan implan buatan yang menyerupai gigi asli secara fungsional dan estetis.

d. Orthodontics atau layanan untuk memperbaiki susunan gigi dan rahang yang tidak rata menggunakan kawat gigi atau alat ortodontik lainnya.

e. Dental crown atau layanan untuk memperbaiki gigi yang rusak atau lemah dengan menutupi dan melindungi gigi menggunakan mahkota buatan yang kuat dan tahan lama.


Pelayanan untuk tambal gigi di RS Odonto sangat bagus. Tak hanya memperbaiki gigi yang berlubang atau rusak, tetapi juga menyediakan pilihan tambalan yang paling tepat untuk mengisi area yang rusak menggunakan bahan tambalan khusus. Berbagai informasi tentang hal ini dapat diakses di rsodonto.com

Ketersediaan informasi yang memadai di situs ini bisa memberikan pilihan penting bagi kita untuk tahu lebih banyak mengenai kesehatan gigi serta apa yang perlu dilakukan jika gigi sedang tidak baik-baik saja. 

Saya banyak terbantu, mendapatkan berbagai informasi tentang kesehatan gigi di RS Odonto, dan semuanya dapat saya akses dari rumah. Nanti untuk konsultasi yang lebih komprehensif, bisa langsung membuat janji temu. Scroll ke bawah, nanti ketemu bagaimana caranya.





1 Komentar

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan jejak di sini. Mohon tidak memasang iklan atau link hidup di sini. :)